Layanan Rapid Test Tanpa Antri? Via Halodoc Aja!

Wednesday, April 29, 2020

Hampir dua bulan ya Indonesia disibukkan dengan virus Corona (Covid-19). Dimulai dengan ditetapkannya pasien pertama, penerapan belajar dari rumah bagi para siswa sekolah dan juga mahasiswa. Bekerja dari rumah, bahkan beribadah pun juga dilakukan #dirumahaja. Lebih spesial dan berbedanya lagi adalah tahun ini Ramadhan kita lalui dengan tanpa Tarawih di Masjid, berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk buka puasa bersama dan terakhir dengan adanya larangan mudik jelang hari Raya Lebaran nanti. Oh iya, Lebaran pun juga nanti #dirumahaja ya, huhuhuh. Sungguh, hal yang sangat luar biasa ini dikarenakan oleh Si Covid-19, makhluk kecil yang tak terlihat itu.



Berbagai media massa pun menyuguhkan update berita mengenai Covid-19 ini. Jumlah pasien yang dinyatakan positif pun terus bertambah meski ada juga pasien yang dinyatakan telah sembuh, tapi yang gugur pun juga sudah banyak termasuk mereka para pejuang di garda terdepan yang merawat dan mengurus pasien. 

Banyak hal telah berubah selama kurang dari dua bulan ini. Semua pun telah merasakan dampak dari pandemi ini. Di kehidupan sosial, ekonomi bahkan sehari-hari pun sudah terasa berbeda. Adanya pernerapan social distancing mengharuskan kita mengatur jarak dengan orang terdekat terlebih lagi jika berada di ruang umum. Anak-anak sekolah rindu berkumpul dengan teman-temannya, bermain dan bercanda bersama. Si Kakak aja yang masih TK A sudah berulang kali bertanya kapan masuk sekolah lagi? Kapan bisa ke mall lagi? Kenapa kita di rumah terus? Dan sederet protes kecilnya, huhuhuh.

Tidak hanya itu saja, sudah banyak karyawan/pekerja yang terpaksa harus dirumahkan bahkan tanpa upah karena tempat bekerja mereka pun terpaksa harus ditutup demi kebaikan bersama demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sangat cepat ini. Tentunya ini jadi hal yang sangat menyedihkan bagi perekonomian, ditambah lagi harga-harga di pasaran pun juga tidak stabil, hiks. Di Kendari sudah ada beberapa hotel yang tutup, pusat perbelanjaan yang besar disini pun juga melakukan penutupan. Kebayang deh berapa jumlah orang yang kehilangan mata pencahariannya sekarang dikarenakan si Corona ini, sediih.

Meskipun demikian, sebenarnya ada juga dampak positif dari pandemi ini antara lain:

1. Lebih Dekat dengan Keluarga, Bonding Lebih Terasa

Dengan adanya belajar dari rumah dan bekerja dari rumah *meski belum semua orang bisa merasakan bekerja dari rumah*, hal ini bisa mendekatkan anggota keluarga. Apalagi yang selama ini bertemunya hanya di malam hari saja, weekend pun juga punya kesibukan masing-masing. Sekaranglah saatnya bisa merasakan kedekatan dan hangatnya bersama keluarga, bonding bisa lebih terasa karena seringnya bersama.

Setelah lelah melakukan tugas sekolah dan meeting online, semua anggota keluarga biasa melakukan hal-hal kecil bersama yang selama ini terlewatkan. Bukankah ini secara tidak langsung bisa meningkatkan imun tubuh kita juga kan? 😊

Meski sih ya, di media sosial banyak Mamak yang sudah mulai stress karena pusing menghadapi kelakuan anaknya dalam belajar. Belum lagi Mamak harus lebih rajin di dapur untuk memenuhi permintaan seluruh anggota keluarga, hihihih. Mau tak mau, Mamak pun harus eksplor dan improve lagi dong skill memasaknya, hihihih.

2. Meningkatnya Kepedulian Terhadap Sesama

Secara tidak langsung, dengan adanya pandemi ini bisa memupuk rasa solidaritas sesama. Meski #dirumahaja kita pun bisa turut membantu sesama yang terdampak Corona ini dengan cara menggalang donasi dan memberikannya kepada mereka yang membutuhkan. Terlebih lagi kepada para petugas medis yang sangat membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) yang jumlahnya terbatas yang disediakan oleh Pemerintah sementara kebutuhan mereka sangat banyak mengingat alat semacam ini hanya bisa digunakan sekali saja. Tidak hanya itu saja, hasil dari donasi bisa juga untuk membeli keperluan sehari-hari yang akan dibagiakan kepada warga yang membutuhkan lainnya.

Baca juga: Say Yes Tuk Jaga Jarak, Demi Keselamatan Bersama!

3. Melakukan Hobi yang Selama ini Tertunda

Yang hobi baca dan sering beli buku/novel tapi bukunya masih tersegel dan belum terbaca satu halaman pun, ngacung! Hayoo, pasti ada di antara kita yang seperti itu kan? Nah, sekaranglah saatnya kita bisa menuntaskan membaca koleksi yang selama ini hanya kita timbun saja. Atau, bisa juga belajar fotografi dan belajar bahasa secara online. Yakin deh feed di IGnya bisa makin kece dan captionnya juga jadi beragam tidak hanya sekdar no caption aja, heheheh. Bisa juga dengan belajar menjahit lalu kemudian membuat masker dari kain dan membagikannya ke orang sekitar.

4. Lebih Peduli Kebersihan dan Kesehatan 

Pasti bosan dong ya kalau #dirumahaja dan cuma rebahan. Saatnya bergerak dan lebih care terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggal kita, yuk! Coba cek tumpukan barang yang sudah tidak digunakan lagi. Nah, daripada numpuk dan jadi sarang nyamuk mending disingkirkan aja deh. Atau bisa juga dengan merubah posisi ruangan keluarga dan tentunya kamar kita juga doong. Yakin deh, setelah itu pasti bakalan terasa lebih fresh lagi dan bisa buat kita betah walau #dirumahaja.

Dengan adanya pandemi ini kita juga jadi lebih peduli dengan kesehatan kan ya? Sebagai Ibu, pastinya ingin menyuguhkan yang terbaik untuk semua anggota keluarga. Sebisa mungkin masak makanan sendiri, buat cemilan sendiri biar gak perlu lagi beli di luar, meminimalisir hal yang tak diinginkan. Mencegah lebih baik, bukan?

Gak cuma itu saja, yang selama ini kurang aware dengan anjuran minum air putih, ayoo lebih rajin lagi minumnya dan jangan lupa vitaminnya juga ya. Sadar banget deh kalau saat ini tuh ya, semua merindukan sehat. Gimana nggak, kalau sakit kita jadi takut untuk pergi ke fasilitas kesehatan kan? Secara risiko penularannya lebih tinggi disana. Eits, tapi kalau ingin memastikan kondisi kita sih gak ada salahnya juga kok untuk lakukan rapid test biar lebih jelas dan bisa cepat penangannya kan semisal jika kita harus isolasi mandiri, misalnya. Apalagi sekarang rapid test juga dianjurkan bagi semua. Owh iyah, kabar baiknya lagi nih bagi warga Jabodetabek yang ingin melakukan rapid test tapi tidak ingin antri lama, langsung aja gunakan layanan dari Halodoc.

Baca juga: Chat Langsung dengan Dokter di Aplikasi Halodoc

Yups, tidak hanya layanan konsultasi kesehatan dengan ratusan dokter dan pembelian obat, Halodoc sekarang  juga menyediakan layanan baru untuk membantu Pemerintah dalam menekan laju peningkatan Covid-19 ini melalui rapid test drive thru yang saat ini berlokasi di Jabodetabek dan bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit. Pemeriksaan rapid test yang dilakukan Halodoc ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Sampel darah yang diambil inilah yang akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin yaitu antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Jadi, dengan begini pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat.

Bagaimana? Berminat ingin melakukan Rapid Test Via Halodoc? Mudah kok, begini caranya:

halodoc.com

  • Buka aplikasi Halodoc dan klik tombol "COVID-19 Test".
  • Pilih lokasi fasilitas rapid test yang diinginkan. 
  • Pilih jenis test COVID-19 (PCR atau Rapid Test)
  • Pilih waktu tes sesuai keinginan. 
  • Kemudian unggah foto/scan informasi diri (KTP bagi orang dewasa dan Kartu Keluarga bagi anak di bawah umur), lalu lakukan pemesanan. 
  • Setelah berhasil mengunggah informasi yang dibutuhkan, kita akan diarahkan ke tahap pembayaran. Biaya yang dibayarkan bergantung pada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit yang kita pilih. 
  • Langkah selanjutnya setelah melakukan pembayaran adalah kita akan menerima SMS konfirmasi jadwal tes dan detail pesanan. SMS inilah nanti yang harus ditunjukkan kepada petugas medis saat akan melakukan pemeriksaan. 

Gimana, mudah aja kan cara melakukan rapid test via Halodoc? 

Owh iya, sebelum berangkat ke lokasi  tes yang sudah kita tentukan sebelumnya, pastikan kita datang tepat waktu ya! Kalau biasanya kita lebih baik menunggu di tempat janjian, untuk hal ini lebih baik dihindari ya. Gunakan masker 😷dan bawa KTP juga Kartu Keluarga (untuk anak yang ingin melakukan tes). Eitss, jangan lupa bawa handphonenya juga ya karena nanti kita akan diminta menunjukkan SMS notifikasi sebelum melakukan tes sebagai bukti pemesanan. Setelah tes, segera tinggalkan lokasi tes dan tidak perlu menunggu hasilnya ya, karena hasil tes akan dikirimkan melalui SMS sehari setelah tes dilaksanakan ke nomor yang kita gunakan untuk mendaftar. 

Simple banget ya. Jangan khawatir, rapid test via Halodoc dijamin aman kok. Nah, tunggu apalagi segera periksakan diri ya jika merasa tidak nyaman. 

Semoga kita semua selalu dalam lindunganNya ya agar bisa menjalani semua ini dengan sebaik-baiknya dan pandemi ini segera berakhir, Aamiin. 

Stay Safe, Stay Healthy ya Temans! πŸ€—


You Might Also Like

47 Comments

  1. Banyak juga hal positif yang bisa ambil dari pandemi ini ya Mbak. Semoga kebiasaan baik yang telah terbentuk bisa diteruskan setelah pandemi ini berlalu.

    ReplyDelete
  2. Halodoc, saya juga suka cari info disini, ternyata makin lengkap ya layanannya:-)

    ReplyDelete
  3. Banyak hal positif selama pandemi yang bisa dipetik, aku dulu sudah mulai males nulis kini jadi rajin bikin cerpen lagi. Info-info kesehatan aku juga sering lihat di Halodoc, lengkap dan langsung dijawab oleh dokter-dokter yang ahli di bidangnya.

    ReplyDelete
  4. Memang yah mbak terkurung di rumah selama sebulan lebih, bonding sama keluarga jadi terasa lebih berkualitas. Jadi makin sering cuci tangan dan cuci baju nih, saking parno haha.

    Wah, ternyata bisa Rapid Test via Halodoc yah. Praktis juga yah

    ReplyDelete
  5. Bondingnya kerasa banget say.
    Bonding dengan sebentar-sebentar anak-anak ketawa, sebentar kemudian jerit-jerit lalu nangis, lalu ngakak lagi, lalu berantem hahahahaha.

    Tapi memang hikmah covid-19 ini, anak-anak jadi hepi bermain bersama, biasanya mereka nggak punya waktu main bareng, si kakak kan pulang sore terus.

    Sekarang puas deh mereka main dan berantem hahaha.

    Btw, asyik banget ya layanan rapid test covid-19 di halodoc, bebas antri dan bebas resiko tertular saat mau test :)

    ReplyDelete
  6. Iyaa diah sekarang jadi lebih rajin jaga kebersihan, anak-anak juga mulai terbiasa cuci tangan. Ada hikmahnya juga ya

    ReplyDelete
  7. wah keren ya, saya sering cari info kesehatan di halodoc juga mbak, tapi sayang ga ada kisaran biayanya ya, biar bisa di persiapkan kurang lebihnya gitu

    ReplyDelete
  8. Betul jugaa, secara tidak langsung pandemi ini membuat kita menjadi lebih peduli dengan kebersihan ya, dan juga hal2 lainnya.
    Btw rapid test melalui Hlodoc ini membantu sekali ya buat yang ingin melakukan test, nggak perlu antri dan pasti bakal lebih aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau loh kak bisa rapid test di halodoc. itu sangat membantu yah kak. secara nih kita diharapkan banget untuk tetap dirumah aja. Happy stay at home. Semoga kita sehat selalu dan diberikan rejeki berlimpah. Amin

    ReplyDelete
  10. Oooh, aku kira awalnya ada tim yang dateng ke rumah gitu. Ternyata hanya meminimalisir antri di RS ya. Jadi dateng sesuai jadwal antrian ya kak

    ReplyDelete
  11. beruntung nya Pandemi ini ada di saat semua bisa serba online ya.. jadi, buat yang ingin periksa bisa pakai aplikasi halodoc dulu biar tidak antre.

    ReplyDelete
  12. Owh bisa juga ya pake halodoc? Tapi setelah itu tetap harus test ke rumah sakit juga ngga? Pengen coba juga...melumcur ke halodoc ah.

    ReplyDelete
  13. Betul banget, Mbak. Sejak pandemi setidaknya ada sisi positifnya, jadi bareng keluarga lebih lama. Bonding anak dan ortu jadi terbangun makin kuat. Orang-orang jadi lebih kreatif juga--trus makin peduli kesehatan. Keren inovasi dari Halodoc, bisa rapid test dengan praktis dan cepat. Bisa janjian. Website-nya juga bagus sih, simpel dan lengkap, sering jadi rujukan keterangan kesehatan di Internet.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya, sekarang bisa melakukan rapid test mandiri lewat halodoc. Semoga dengan layanan ini membantu masyarakat dalam menanggulangi wabah virus Corona pada OTG

    ReplyDelete
  15. Aku pikir kalau mau rapid test, petugas yang datang ke rumah.
    Sehingga kita tidak perlu kontak dengan lingkungan rumah sakit.
    Simplenya menggunakan Halodoc untuk rapid test.

    ReplyDelete
  16. Waduh ini mba ngebantu banget nggak perlu ribet tapi ini ringkes. Dan bisa dilakukan siapapun ya tanpa perlu kuatir antrian

    ReplyDelete
  17. Karena di kota kami untuk sektor industri dan farmasi para pekerja masih belum bisa Work From Home maka saya dan suami masih bekerja seperti biasa. Belum banyak kebiasaan yang berubah hanya masalah kebersihan saja jadi lebih aware.

    ReplyDelete
  18. Baru tau kl rapid test bisa tanpa antri. Salah satu yg ksh kesempatan itu ternyata halodoc y

    ReplyDelete
  19. Banyak orang yang ragu melakukan rapid test karena harus antri dulu saat pemeriksaannya. Kalau pakai aplikasi Halodoc, jadi lebih aman ya, tidak perlu antri dulu.

    ReplyDelete
  20. Layanan rapid test halodoc memudahkan bagi yang ingin melakukan test ya, ga usah antre, moga layanan ini ada juga di kota lain selain Jabodetabek

    ReplyDelete
  21. Berapa ya biaya utk tes nya ? Dan apakah memang utk Jabodetabek saja utk saat ini ? Semoga bisa menjangkau kota kota lainnya, biar yg was was tubuhnya ada virus atau tidak bisa tau apa yg harus dilakukan selanjutnya

    ReplyDelete
  22. Sedih ya mbak melihat kenyataan yang terjadi saat pandemi ini. Sedih karena keadaan ekonomi negara terpuruk. Banyak karyawan di PHK bahkan harga kebutuhan melambung...namun ada sisi positif dr pandemi ini. Quality time bersama keluarga menjadi lebih bagus, kita jadi betah di rumah...dan berbicara tentang rapit test sepertinya lewat aplikasi Halodoc ini sangat recommended ya...karena tanpa harus keluar rumah alias bisa dilakukan secara online.

    ReplyDelete
  23. Aplikasi halodoc ini bagus banget ya. Banyak manfaatnya. Makasih banyak ya, Mbak, atas infonya ini. Semoga wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  24. Asik banget rapid test tanpa antri dari Halodoc. Saya juga pakai aplikasi ini mbak membantu banget untuk informasi seputar corona virus.

    ReplyDelete
  25. Wah memudahkan banget nih layanannya Halodoc. Apalagi kalo harganya terjangkau

    ReplyDelete
  26. dengan platform ini semuanya jadiii praktis dan mudah yaaa mba. Kita jadi bisa lakukan rapid test segeraaa

    ReplyDelete
  27. Aku pas buka halofoc juga penasaran sama rapid testnya tapi belum kubuka krn akunbutuhnya beli obat hehehe

    ReplyDelete
  28. keren nih, andai setiap daerah bisa melakukan ini maka ga akan terjadi penumpukan masa, semoga wabah ini segera berakhir, salam sehat untuk kita semua

    ReplyDelete
  29. Udah nyobain rapid test, mbak? Di kotaku belum ada layanannya, euy, meskipun udah zona merah.

    ReplyDelete
  30. Wah, bisa ya melakukan reservasi untuk rapid test melalui aplikasi halodoc. Canggih banget niiiyy.. Coba ah kulik fiturnya sesuai petunjuk di atas.

    ReplyDelete
  31. ini lebih memudahkan banget, ngga perlu harus antri kerumah sakit dan kita bisa menentukan online. Selain menghemat waktu juga mencegah infeksi silang.
    Ini beneran membantu orang yang penasaran dengan masalah kesehatannya

    ReplyDelete
  32. Mudah dan praktis banget kalau mekanisme seperti ini. Tapi baru ada di wilayah Jabodetabek aja ya, Mbak?

    ReplyDelete
  33. Aplikasi Halodoc itu keren ya ..sangat membantu kita terlebih di suasana wabah seperti ini aplikasi ini sangat diperlukan.

    ReplyDelete
  34. Nah harusnya seperti ini. Jadi kita tidak capek-capek untuk mengantri. Tapi sayangnya layanan rumah sakit yang terintegrasi dengan halodoc di tempat saya tinggal belum ada. Semoga saja nanti segara ada. jadi mudah untuk melakukan rapid test

    ReplyDelete
  35. Waah keren ya kak, udah bisa rapid test dan daftar lewat online di Halodoc. Kalau boleh tau, itu bayarnya berapa ya kak?. Sayang banget di daerahku belum bisa.

    ReplyDelete
  36. Benar mba, tanpa antri..
    Aku sudah mencobanya..
    Rapid test di halodoc praktis

    ReplyDelete
  37. Ternyata banyak manfaatnya aplikasi Halodoc ini ya. Bisa melayani rapid test utk Covid-19

    ReplyDelete
  38. Bener banget, sejak belajar di rumah, bonding sama anak-anak makin erat, biasanya mereka lebih nurut sama guru, sekarang mau nggak mau nurut sama ibuknya kalau belajar

    ReplyDelete
  39. terobosan yang keren banget sih halodoc ini,mempermudah masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan. penasaran !

    ReplyDelete
  40. kalau daftar rapid test via halodoc begini jadi cepat prosesnya ya karena sudah hampir setengah jalan. Tinggal setengahnya lagi diselesaikan.

    ReplyDelete
  41. Wah halodoc sudah ada test untuk covid ya jadi bakalan lebih aman dong ya

    ReplyDelete
  42. semoga pandemi ini cepat berakhir, sehat selalu ya semua :D

    ReplyDelete
  43. Semoga setelah ini pun bisa tes swab juga ya Mba. Mengingat keakuratannya lebih tinggi. Halodoc membantu sekali dalam hal ini ya

    ReplyDelete
  44. Aih jadi mudah ya di aplikasi kesehatan digital ini, selain ada chat dokter bs rapid test juga, semoga membantu yang membutuhkan

    ReplyDelete
  45. Aku kok jadi parno bukan sama virusnya aja y, tp sama tesnya juga. Takuuut.. Apalagi belakangan ini beberapa hasil rapid tidak akurat. Teman saya tgl 4 mei kmren rapid di tanah abang, hasilnya negatif. 3 hari setelahnya swab keluar malah positif.

    ReplyDelete
  46. Halodoc memberikan kemudahan bagi kita yang ingin skrining mandiri dan rapid test. Kerahasiaan hasil bisa dipercaya

    ReplyDelete
  47. Makasih informasinya mbak, aku baru tau klo bisa menggunakan layanan rapid test via halodoc. Jadi klo misal kita perlu mendesak utk tes kesehatan covid, bisa lewat halodoc ya.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community