Menjajal Aplikasi MGI TV, Aplikasi Kajian Online di Indonesia

Tuesday, April 14, 2020

Bismillahirrahmanirahim..... 

Pemerintah telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghentikan kegiatannya sementara. Seperti kegiatan sekolah, keagamaan, perkuliahan dan lain sebagainya. Sebagai gantinya, proses kegiatan belajar dilakukan secara online.



Bagi lembaga dakwah pun saat ini diberhentikan kegiatan kajian nya sementara dan menganjurkan supaya menerapkan metode belajar online atau kajian online. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya virus Covid-19.

Salah satu aktivitas saat ini yang telah banyak dilakukan lembaga dakwah lain adalah kajian berbasiskan video rekaman.

Saya yakin, sebagian dari kita sudah sering nonton kajian via Youtube atau media sosial, bukan? Namun, saat ini sudah ada  lho beberapa aplikasi yang dikhususkan untuk mendengarkan sekaligus belajar kajian. Emang beda ya? Oh jelas berbeda, kalau di Youtube atau medsos sudah jelas ya dimana didalamnya banyak konten diluar kajian. Sedangkan aplikasi yang memang khusus diperuntukkan untuk kajian, ya pastinya akan fokus bahas tentang kajian saja. Nah, salah satu aplikasi yang fokus untuk kajian itu adalah Aplikasi MGI TV Official.



Aplikasi MGI TV menyediakan beberapa layanan dan salah satunya adalah Live Streaming MGI TV. Ada banyak program acara didalamnya diantaranya Muslim Remainder, Asumsi, Al Qiraat dan masih banyak konten lainnya. 

Namun, untuk jadwal live streaming disesuaikan dengan jadwal kajian di parabola. Disamping itu, Temans tetap bisa menyimak dan bertanya langsung kepada Ustadz melalui telepon atau SMS. Waah, keren ya bisa dua arah gini. 

Mulai Menjalankan Aplikasi MGI TV
Untuk menjalankan aplikasi MGI TV, kita harus membuat akun di aplikasi tersebut. Setelah membuat akun, login dengan akun yang sudah dibuat sebelumnya.

Tapi, di halaman login ini pengguna bisa memilih membuat akun atau tidak kok. Tapi pasti akan berbeda, bagi yang tidak membuat akun tidak akan bisa menikmati fitur favorit konten. Disarankan sih membuat akun karena tidak sulit kok, cukup dengan email saja. 

Setelah melewati halaman login, nanti ada tampilan home yang dimana disana ada deretan konten pilihan dan banner informasi terkait jadwal kajian. 

Berhubung aplikasi MGI TV ini merupakan aplikasi kajian online berbasiskan video jarak jauh, sudah sewajarnya jika aplikasi ini sangat bergantung kepada koneksi internet yang stabil. Beberapa pengguna kadang kesulitan ketika koneksi internet kurang stabil.

Fitur di aplikasi ini cukup sederhana diantaranya Live streaming, category konten dan favorit konten yang banyak di apresiasi oleh penggunanya.


Ketika pengguna memilih fitur live streaming, pengguna dapat membuka aplikasi lain sambil mendengarkan kajian dari belakang ketika kamu membuka aplikasi lain (namun hal ini hanya untuk live streaming) menariknya live streaming ini mengambil data live dari parabola langsung. Sehingga tayangan di televisinya dengan di aplikasi sama. Sehingga aplikasi ini memfasilitasi bagi yang tidak bisa menonton melalui parabola.

Kemudian bagi Temans yang mempertanyakan aspek penggunaan kapasitas memory apakah besar atau tidak? Jawabannya aplikasi MGI TV ini hanya menggunakan memory smartphone sebesar 3 -6 MB jadi tidak memberatkan. 

Kapan Perlu Memakai Aplikasi MGI TV ?
Tentu saja, jika kita cermati baik-baik, kajian datang langsung ke majlis tidak bisa tergantikan dengan kajian online. Namun, untuk situasi saat ini yang dimana kita tidak bisa keluar bahkan pemerintah menghimbau untuk tetap dirumah saja. Situasi ini tepat untuk menggunakan aplikasi MGI TV, karena menuntut ilmu agama hukumnya wajib bagi setiap Muslim.


Situasi lain yang mendukung untuk menggunakan aplikasi MGI TV adalah ketika di sekitar kita tidak ada jadwal kajian di majlis dan untuk mengisi waktu luang, maka bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimak kajian yang disediakan. Bukan cuma itu aja, yang mau belajar Tahzin atau pelafalan Al Qurannya secara benar bisa juga lho, ada untuk dewasa dan anak-anak pula.

Pssst, gak itu aja lho. Menurut bocoran dari Developernya nih ya kalau di bulan Ramadhan nanti bakalan banyak program kajian seru yang bisa kita dengarkan dan pelajari lho. Ada Bahkan katanya akan ada TTSI, Teka Teki Seputar Islam.  Katanya kalau bisa jawab TTSI ini akan ada hadiahnya lho. MasyaAllah, keren ya. Jadi gak sabar menunggu nih.

Selamat mencoba ya, jangan lupa follow akun medsosnya juga ya untuk dapat info update seputar program MGI TV: @mediagemaislam untuk Instagram dan Facebook MGI TV.


You Might Also Like

15 Comments

  1. Saya sangat membutuhkan informasi seperti ini. Bisa menambah ilmu untuk kembali kami sampaikan kepada anak didik santri di rumah. Tahu sendiri anak jaman sekarang kritis. Dua puluh anak didik dengan kekritisan yg sangat unggul bikin kami kewalahan. Apalagi saat semua diliburkan, tetapi mengaji di rjmah kami tidak karena kebetulan daerah kami masih zona hijau. Orang tua lebih menekankan belajar Islam mendalam apalagi memasuki Ramadan

    Terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  2. Pengen deh nyoba aplikasinya ingin tahu program nya apa saja biar nambah ilmu😊

    ReplyDelete
  3. Kajian online bisa menjadi obat rindu juga Teh, Alhamdulillah ada MGI TV. Apalagi saat kondisi seperti ini agar siraman rohani tidak terputus.

    ReplyDelete
  4. MGT TV ya,wah solusi dan menjawab alasan ga ada waktu unt kajian. Karena hidup harus seimbang. Makasih infonya

    ReplyDelete
  5. MGI TV itu Media Gema Islam ya Mbak,, noted deh, bagus banget ini palagi ntar di bulan Ramadan bakal semarak kajian² keislaman😍

    ReplyDelete
  6. Wah makasih, install ah
    Selama ini cuma dengerin kajian ustaz Aam di apps percikan islam
    Cuma yaitu sering diulang ulang

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau nih ada aplikasinya, soalnya aku lebih sering nonton di youtube atau nonton livenya di instagram. Ini membantu banget kalau memang ada aplikasinya.

    ReplyDelete
  8. Subhanallah Mbak, dengan bantuan teknologi sekarang kajian pun sudah bisa via online jadi nggak ada alasan untuk tidak menimba ilmu ya.

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah, ada aplikasi MGI TV Kajian Online Indonesia ini bermanfaat banget pas kita nggak bisa datang kajian seperti sekarang. Jadi tetap bisa menambah ilmu agama, apalagi nanti di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  10. alhamdulilah ya mba sekarang jadi lebih mudah belajar bisa dimanapun dan kapan pun bahkan saat di rumah aja kaya gini.

    ReplyDelete
  11. Wah recommended banget dicoba di momen momen #dirunahaja seperti saat ini yah Mbak. Tetap bisa mendengarkan kajian online walau dirumahaja.

    ReplyDelete
  12. aku baru tahu aplikasi MGI Tv mba, ntar coba cek ah dan install apalagi buat ngisi pas istirahat Ramadan nih

    ReplyDelete
  13. subhanallah.. ini aplikasi yang sangat berguna. apalagi menjelang puasa ditengah pandemi kayak gini, tidak ada lagi alasan untuk malas mengaji

    ReplyDelete
  14. Kalo kajian enaknya bisa datang langsung menyaksikan petuah ustadz tapi lagi pandemi akhirnya online aja ya Mba Diah. Alhamdulilah ada MGI TV ini membantu banget

    ReplyDelete
  15. Aplikasi yang bermanfaat banget nih. Bisa puas dengar kajian lewat app ini. Apalagi buat yang nggak punya TV di rumah kayak saya.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community