5 Langkah Mudah Mengembalikan Jadwal Haid yang Tidak Teratur

Halo! Bagi seorang wanita mendapatkan haid adalah salah satu tanda bahwa wanita tersebut telah beranjak  dari fase anak-anak menjadi remaja dan organ reproduksinya  telah siap jika terjadi sebuah  kehamilan. Biasanya seorang wanita akan mengingat dengan jelas kapan pertama kali dirinya mendapatkan haid karena ini adalah salah satu momen penting dalam sejarah hidup seorang wanita.

menstruasi.com

Sama halnya dengan saya, saya pun juga masih ingat saat pertama kali haid itu adalah ketika saya duduk di bangku kelas 2 SMP.  Waktu itu sedang libur sekolah karena para kakak kelas melaksanakan ujian akhir. Sebenarnya waktu pertama kali dapat haid sudah  tidak kaget dan panik karena sudah sering lihat orang sekitar yang mengalaminya. Saat itu, teman-teman sekolah juga rata-rata sudah mendapatkan haid pertamanya dan mereka cerita seperti apa sih haid itu. Jadilah waktu si bulan datang untuk pertama kali saya sudah cukup siap untuk menjamunya. Oh iya, saya juga ingat waktu itu pas lagi musim hujan dan yeaahh pastinya segala cucian jadi lama keringnya dong ya? Mana waktu itu diajarin sama Ibu pakai duk dari kain, heheheh.

Normalnya siklus haid pada wanita terjadi antara 21 hingga 35 hari, namun pada beberapa orang sering kali mengalami masalah dengan siklus haid tersebut, datang terlalu cepat atau justru sebaliknya terlalu lambat atau bahkan juga tidak teratur. Sebenarnya penyebab haid tidak teratur ini sendiri juga berbeda-beda setiap orang, mulai dari kondisi pikiran atau stress hingga kemungkinan terkena penyakit serius. Untuk itu memang ada baiknya bagi kita melakukan pemeriksaan ke dokter.


Langkah yang Bisa Diterapkan Agar Siklus Haid Kembali Normal


Namun juga tidak perlu khawatir karena nyatanya ada beberapa langkah yang bisa kita terapkan untuk menormalkan siklus menstruasi atau haid yang tidak normal tersebut kembali seperti semula. Diantaranya adalah: 

1. Istirahat secara cukup

Stress atau mengalami lelah secara psikis mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh, untuk itu kita dianjurkan mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga nantinya siklus haid bisa normal kembali. 

2. Meditasi

Langkah yang satu ini nyatanya juga cukup efektif di dalam mengatasi haid yang tidak lancar, karena membantu untuk mengurangi stres dan menormalkan produksi hormon di dalam tubuh kembali seperti semula. 

3. Latihan Yoga

Menurut sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa olahraga seperti yoga ini bisa membantu untuk mengendalikan hormon yang ada di dalam tubuh, bagus untuk kembalikan jadwal haid agar bisa normal kembali. 

4. Jaga Berat Badan

Perubahan berat badan secara signifikan, seperti penurunan berat badan drastis atau sebaliknya berat badan yang tiba-tiba naik juga mempengaruhi siklus menstruasi, jadi pastikan menjaga berat badan Temans ya agar tetap dalam kondisi ideal. 

5. Konsumsi Vitamin D Secara Cukup

Karena vitamin D ini juga bermanfaat di dalam mengatur ovulasi sehingga terjadi secara normal.

Nah, gimana? Ternyata mudah saja ya langkah yang dapat kita tempuh agar jadwal haid yang tidak teratur bisa kembali normal.  Di samping itu, dengan melakukan kelima langkah tadi manfaat yang dirasa bagi tubuh juga pasti akan terasa. Jika perlu nantinya Temans juga dapat mengonsumsi obat memperlancar haid di apotik. Selama haid berlangsung jangan sembarangan dalam memilih pembalut yang digunakan, karena ini juga mempengaruhi kesehatan organ reproduksi, cari yang sudah teruji keamanannya seperti dari Laurier. Apalagi brand yang satu ini sudah lama dikenal masyarakat dan juga mudah mendapatkannya. Saya juga pakai ini lho, hehehehh.

Semoga ini bisa bermanfaat untuk kita para wanita ya dan khususnya lagi bagi para Ibu agar bisa memberikan informasi yang tepat ke anak-anak gadisnya mengenai masalah haid ini.

  

Diah
Next Post Previous Post
33 Comments
  • Okti Li
    Okti Li 10:22 PM

    Point' latihan yoga nih yang tidak bisa saya lakukan. Secara saya memang tidak pernah melakukan yoga. Kalau meditasi ala ala gitu ya saya lakukan diam diam sambil dzikir hehehe...

    Haid tidak teratur pastinya kemana2 harus siap bawa pembalut ya

  • Linimasaade
    Linimasaade 1:37 AM

    Ya ampun informasinya bermanfaat banget. 2 bulan terakhir haid aku juga tidak teratur bund. jadi suka parno sendiri. Mantul banget informasinya.

  • nurul rahma
    nurul rahma 6:35 AM

    Iyak betul mbaaa, istirahat itu puentiiing banget.
    Haidku sempat kacau, gegara minum obat penunda haid (ketika umroh)
    Alhamdulillah, sekarang balik normal lagi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 5:40 PM

    Kalau aku dulu minumnya bukan memperlancar, tapi yang gak bikin sakit aja pas lagi haid. Pertama pastinya istirahat dulu dan jangan stres2 banget lah

  • Mugniar
    Mugniar 10:21 PM

    Waktu masih sekolah (SMA - kuliah), saya beberapa kali minum obat pelancar haid dari sinshe. Memang ya soal haid ini harus diperhatikan. Selain mengenai durasinya, volumenya juga harus dalam kategori normal. Waspada jika tidak.

  • Mechta
    Mechta 6:41 AM

    Jadi ingat..saat haid pertama awal SMP..malu2 senang gitu..tapi sedih juga habis itu karena tiap kali haid selaluuuu sakit sekali. Baru hilang rasa sakitnya setelah di masa kerja..hm, lama juga ya? Hehe.. TFS tips nya mba, bisa kushare ke teman2 ni ..

  • Rini Novitasari
    Rini Novitasari 7:40 AM

    Beruntungnya aku selalu teratur. Tapi ladang dismenorhea gtu..

  • Helena Magdalena
    Helena Magdalena 7:54 AM

    Waktu jaman masih gadis sering sekali mengalami haid tidak teratur. Kadang ya itu kurang istirahat atau stres. Tp kalah sdh berkepanjangan gak ada salahnya cekup ke dokter utk dpt treatment yg lebih tepat

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 8:32 AM

    Aku juga sering mengalami haid tidak teratur mbak. Kadang maju kadang juga mundur, namun lebih sering maju. Benar mbak faktor psikis kadang menjadi pemicu tidak teraturnya haid. Dan kita memang harus menjaga organ kewanitaan kita supaya tetap sehat dan terbebas dari penyakit. TFS mbak.

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 8:45 AM

    Makasi tipsnya, Mbak. Aku nih yang selama ini jadwal haidnya berantakan banget. Malah kalau keseringan begadang, sebulan bisa dua kali. Mesti segera ubah pola tidur juga dan olahraga kali ya, Mbak, biar haid bisa teratur lagi

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 9:31 AM

    Balik lagi memang ke pola hidup yang sehat yaaa... Perempuan memang memiliki beban kerja dan perasaan yang tinggi, makanya rawan nih mengalami gangguan di siklus haid

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 9:56 AM

    Aku kalo mo mens suka baperan (alias super sensi) sama sakit pinggang dan perut bagian bawah. Ga sakit banget, tapi cukup mengganggu aktivitas.
    Bawaannya pengin rebahaan aja..
    Hahaha...ini modus bukan yaa...?

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 10:15 AM

    Mba baru ngeh kalau kenaikan berat badan secara drastis atau sebaliknya teryata juga emmpengaruhi siklus haid ya mba. Nice infonya mba

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 11:22 AM

    alhamdulillah kalau aku jadwal mensnya teratur sih, pernah gak teratur pas abis lahiran faktor hormon kali ya

  • Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita 11:28 AM

    Eh kok samaan ya Mbak. Saya haid pertama kali juga kelas 2 SMP. Tapi waktu itu saya malah belum siap dan nggak tahu harus bagaimana karena merasa malu.

  • Diah Woro Susanti
    Diah Woro Susanti 12:36 PM

    Alhamdulillah aku ngalamin haid ga teratur cuma waktu awal dapet haid aja. Sampe skrg teratur. Makasih infonya mba

  • April Hamsa
    April Hamsa 12:46 PM

    Bener mbak aku kalau stres jadwal haid langsung deh gak karuan. Oh ternyata konsumsi vitamin D cukup mempengaruhi ya? Belum pernah mencoba sih. Kira2 makanan apa yang disarankan utk dikonsumsi yang banyak mengandung vitamin D ini ya?

    • April Hamsa
      April Hamsa 5:53 PM

      Baiklah mungkin akan muali meditasi kalau mislanya stres lagi memuncak haha. Beneran emang ngaruh gtu ke jadwal haid. Asal dipasikan gak hamil lagi aja sih wkwkkw

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 1:11 PM

    Ini aku bangetbnih dari awal haid itu ga pernah tepat jadwalnya jadi ya sedatangnya aja , kalau kecapean tuh suka cepat datangnya.

  • Novitania
    Novitania 2:16 PM

    Huhuhuhu aku banget nih mba. Haidku ngk lancar hiks hiks. Makasih tipsnya ga mba

  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati 6:46 PM

    Aku banget nih. Suka gak jelas haid. Meditasi yaa.. Pengen juga. Biar hati tenang n haid lancar ya kak

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 5:16 AM

    Istrahat yang cukup itu penting ya say, saya sering banget kalau kurang istrahat, stres, langsung ngaruh ke jadwal haid, udah gitu uring-uringan nggak jelas.

    Alhamdulillah sih jadwal haid masih teratur, hanya sekali dua kali saja kecepatan, tapi banyakan sih normal :)

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:10 PM

    Diakibatkan gak teratur haid nya karena kurang cukup bobo, akibat kebanyakan pe er 😭

  • rizhaa
    rizhaa 11:18 AM

    hi mbaa, duk dari kain itu apasih hehhee. oia baca ini aku jadi kembali terkenang pas baru dapat itu santai aja bilang ke mama karena seperti yang mbak bilang temen-temen sudah sering bahas ya. Eh besoknya dibuatkan bubur merah putih sama mama aku. ALhamdulillah sejak dulu haid saya lancar dan tidak terlalu berbeda tanggal dr waktu ke waktu tiap bulannya.

  • Hani S.
    Hani S. 2:44 PM

    Noted mba dengan semua point diatas, terutama yang mengkonsumsi Vit D yang aku seringkali skip, huhu.

  • dianisekaring
    dianisekaring 2:30 AM

    Stres dan kelelahan itu ngaruh banget sih Mbak. Aku pernah telat dari 10 hari sampai 3 bulan gak mens, auto panik bangeet. Tapi aku nggak pernah minum obat apapun. Setelah tanya ke dokter, katanya hal tersebut masih wajar. Aku kalau kelelahan banget biasanya mensnya jadi mundur.

  • Ika Gifka
    Ika Gifka 10:56 AM

    Pastinya bermanfaat sekali informasinya mbak. Aku baru tahu loh kalau yoga juga bisa untuk memperlancar haid. Aku baru aja ikut kelas yoga

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 8:01 PM

    aku belum pernah coba yoga mba, aku jadi pengen ikutan kelas yoga tapi di desaku sini ga ada Mba. Aku hadiku bermasalah dua bulan ini mba, biasanya tanggal akhir sekarang jadi tanggal 10an.

  • K. Niken
    K. Niken 9:24 PM

    Alhamdulillah saya termasuk siklus haidnya normal mba dan nggak pernah yang merasa sakit dengan sangat. Tapi kira-kira 2 bulan ini kalau lagi haid tiba-tiba bisa sangat merasa nyeri dan lelah banget. Padahal biasanya nggak seperti itu (seumur-umur). Kira-kira kalau meditasi itu seperti apa ya mba maksudnya?

  • ellynurul
    ellynurul 12:33 AM

    Olahraga.. iyes bener banget ini aku termasuk yang mengalaminya.. yoga termasuk olahraga juga jadi inget saat haid aku ngga teratur, teman menyarankan untuk saya berolah raga, dan bener lho.. haid aku jadi lancar, Alhamdulillah

  • Suzannita
    Suzannita 10:02 AM

    Terima kasih banyak untuk tipsnya ya Untuk mengatur agar jadwal haid lebih teratur kembali aku sih jadwalnya itu siklus haid yang panjang Mbak

  • Eni Martini
    Eni Martini 9:56 PM

    Oh ada obatnya ya mba. Semacam hormon atau ginana mba? Alhamdullilah haidmi dari remaja teratur

  • Anisa
    Anisa 1:42 PM

    Wah bener banget nih, memang biasanya stress itu bisa menjadikan jadwal haid tidak lancar ya

Add Comment
comment url