Pentingnya Memiliki Asuransi Bagi Freelancer

Halo Temans, apa kabar? Semoga semua sehat ya, kalaupun ada yang kurang sehat atau sedang menjalani pengobatan semoga segera pulih seperti sedia kala agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa, Aamiin. Sebulan tidak update blog disini karena 11 Juli kemarin sudah mulai kembali bekerja lagi setelah tiga bulan cuti melahirkan, kembali harus bisa mengatur waktu antara urusan domestik dalam rumah dan juga kerjaan di kantor, pun begitupula dengan menjalankan hobi ngeblog ini.


Jika kita bahas soal hobi ngeblog, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hobi yang satu ini patut dipertimbangkan ketika seseorang ingin menggelutinya menjadi sebuah pekerjaan tetap maupun paruh waktu atau lebih dikenal dengan freelance. Bagaimana tidak, jika kegiatan yang satu ini dapat dikerjakan dari  mana saja dan kapan saja.

Sudah banyak cerita dari teman-teman Blogger tentang pendapatan mereka dari aktivitas yang satu ini. Dari yang awalnya cuma menjalaninya sebagai hobi biasa hingga sekarang menjadikannya sebagai pekerjaan yang mendatangkan income yang jumlahnya tidak bisa dibilang kecil lagi. 

Berhubung tahun depan project tempat saya bekerja sejak tahun 2016 lalu ini akan berakhir, saya berencana untuk kembali bekerja dari rumah saja ataupun menjadi freelancer dari kegiatan-kegiatan yang saya senangi agar waktu kerja juga lebih fleksibel dan bisa lebih dekat dengan anak-anak, salah satunya adalah menjalankan hobi ngeblog ini lebih serius lagi dari sekarang. 


Menjadi freelancer berarti harus siap menerima segala kemungkinan yang akan terjadi kedepannya termasuk jika job yang masuk berkurang ataupun nilai yang didapatkan tidak stabil. Belum lagi jika harus menunggu invoice cair yang waktunya kadang tidak seakurat seperti ketika masih bekerja tetap. Gajian tetap di tanggal yang sudah ditentukan perusahaan, disamping itu mendapatkan segala fasilitas yang selama ini diberikan perusahaan salah satunya adalah asuransi kesehatan

Saya dan keluarga memang sudah memiliki BPJS Kesehatan, tetapi selama ini fasilitas itu belum pernah kami gunakan. Dua kali melahirkan kemarin pun semua biaya ditanggung oleh asuransi, dari pertama konsul kehamilan hingga melahirkan. Begitupula jika saya, suami dan anak-anak sakit, kami memilih ke klinik dokter ahli lalu kemudian menclaim semua biaya pada asuransi kesehatan yang telah dipilih oleh tempat saya bekerja #mamakogahrugi hihih. Bukannya tidak mau menggunakan BPJS sih, tapi mengantri untuk mendapatkan pelayanannya itu yang buat saya gemes, capek duluan membayangkannya, huhuhuh.

liputan6.com
Oleh karena itu saya sudah mempersiapkan diri untuk tetap memiliki asuransi tambahan selain dari BPJS, kelak jika sudah tidak bekerja lagi dan memilih menjadi freelancer. Emang kenapa sih seorang freelancer tetap harus memiliki asuransi? Well, menurut saya ada beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan kenapa seorang freelancer sebaiknya memiliki asuransi? Yuks, kita lanjut! 🤓

1. Proteksi Diri dari Segala Risiko Sakit

Sebagai freelancer, kita bisa mengatur sendiri kerjaan mana yang akan kita ambil ataupun tidak. Tetapi kita tidak pernah tahu mengenai kesehatan kita, setiap saat kita bisa saja mengalami yang namanya sakit baik ringan maupun berat. Apalagi saya adalah seorang Ibu dari tiga balita yang masih sangat butuh perhatian, tahu sendirilah ya kalau emak itu harus selalu strong dan jika memungkian tidak boleh sakit karena harus bisa selalu mendampingi anak-anak dan mengurus keluarga. Nah, jika kita sakit dan harus berobat, baik itu rawat jalan apalagi rawat inap kan butuh biaya. Meskipun ada BPJS, tetapi yang dicover BPJS biasanya jumlahnya lebih kecil daripada yang bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan.

pixabay.com

2. Risiko Cacat dan Kematian Dini

Namanya manusia, kita tidak pernah tahu nasib dan juga ajal kita. Begitupula dengan seorang freelancer. Kita tidak pernah tahu, ketika kita sedang bekerja dan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat atau kehilangan nyawa. Oleh karena itu, kita harus selalu bersiap diri menghadapi hal semacam ini. Seorang freelancer, apalagi jika dirinya adalah kepala keluarga yang merupakan tulang punggung keluarga haruslah memikirkan tentang masa depan keluarga yang ditinggalkan kelak. Dengan memiliki asuransi jiwa ini bisa menjadi salah satu solusi dan produk keuangan yang dapat diandalkan sebagai rencana cadangan. 

3. Tidak Ada Perusahaan yang Menjamin Freelencer

Namanya juga kerja mandiri, jadilah semua ditanggung sendiri. Tidak ada jaminan kesehatan ataupun manfaat kesehatan yang bisa diandalkan seperti ketika bekerja sebagai karyawan perusahaan. Maka dari itu, seorang freelancer sebaiknya memiliki asuransi jiwa untuk menjaga segala kemungkinan yang akan terjadi sebagai bentuk perlindungan diri dan bantuan keuangan ketika kita tidak dapat bekerja selama periode tertentu. 
Saya sudah merasakan sendiri manfaat dari asuransi kesehatan yang selama ini saya gunakan. Oleh karena itu, sebagai persiapan kedepan ketika saya memilih untuk menjadi freelancer, saya wajib memiliki asuransi terlebih dahulu, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

Memiliki asuransi berarti ada post khusus yang harus dikeluarkan setiap bulannya? Eits, tapi gimana jika pemasukan bulanan tidak cukup untuk membayar premi dari asuransi itu? 


Oh, tenang. Itulah gunanya kita harus mencari tahu segala hal tentang asuransi sebelum kita memutuskan memilih asuransi mana yang akan kita gunakan. Menurut informasi yang saya dapatkan bahwa asuransi bisa dibayarkan setiap bulan dan ada pula pilihan tahunan. Jadi, tidak ada alasan lagi mengenai pembayaran. Kembali ke personalnya aja lagi gimana cara mengatur keuangannya dengan baik. Jangan lupa juga sebelum memilih asuransi kita harus mencari tahu dan mempertimbangkan segala hal yang kita butuhkan mengenai fasilitas yang akan kita dapatkan nantinya. 

Semoga bermanfaat dan kita selalu diberi kesehatan agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 


 
Next Post Previous Post
51 Comments
  • nurul rahma
    nurul rahma 9:50 PM

    Setiap orang pasti butuh asurnsi ya Mba
    Apalagi freelancer yg kudu mandiri bgt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 11:17 PM

    Eh kupikir dirimu ASN say, nggak terusin ikut proyek lagi?
    Kusalut ih padamu, punya bayi, anak segerombol, tapi masih sempat update blog, sempat belajar foto, sempat ini itu.

    Saya mah, nyaris sutris kerjain semuanya hiks

    Betewe, beneran, asuransi itu penting ya :)

  • Mami Darrell / Rey
    Mami Darrell / Rey 11:19 PM

    Kayaknya enakan bayar bulanan deh, jadi disisihkan perbulan gitu, lebih ringan.
    Dan memang kudu patuh sih.

    kalau bayar tahunan juga boleh, tapi sama aja kudu bisa sisihkan nabung sebulan sekali ya.

    Asuransi itu penting banget emang, terutama bagi freelancer :)

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 4:48 PM

    Awalnya bukan hobi malah ya, kebanyakan iseng ngisi waktu hihihi itu aku dulu. KArena ngeblog bisa kenal Diah juga kan.
    SAma aku juga BPJS kesehatannya cuma buat jaga2 aja, soalnya punya asuransi kantor. Asuransi pribadi juga ada sebenernya .

  • skhaor
    skhaor 6:06 PM

    nah pas banget baru2 ini saya sering mikir, apa perlu ya asuransi selain bpjs.... sempat juga kepoin lifepal dan ternyata opsinya banyak banget, bisa disesuain sama budget kita dan keinginan kita yg diprotek tuh apa aja...
    cuman problemnya masih belum bisa baca kebutuhan diri bagusnya asuransi kayak apa :")

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 9:12 PM

    Semua emang harus punya asuransi ya kak ga hanya freelancer. Alhamdulillah saat ini sudah ounya asuransi soale buat jaga2 aja.

  • Anne Adzkia
    Anne Adzkia 9:29 PM

    Infonya penting nih mbak, karena kadang freelancer kan nggak dapat tanggungan asuransi ya. Nggak seperti karyawan, sehingga kadang lupa kalo suatu saat bisa sakit juga. Sementara biaya pengobatan itu lumayan banget menguras kantong. Jadi memang harus prepare asuransi kesehatan yang terjamin dan bisa diandalkan

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 3:05 AM

    Setuju banget sama tulisan ini mbak, Freelancer butuh asuransi untuk memenuhi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Apalagi pekerjaan freelancer itu enggak pasti dan kadang2 bergadang kalau deadline hehe.

  • Mpo Ratne
    Mpo Ratne 5:20 AM

    Hidup freelancer penuh tidak kepastian yang akan bencana kalau tidak di persiapkan secara matang masa depan

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 6:32 AM

    Asuransi merupakan jaminan bagi setiap orang ya mbak, tak terkecuali bagi freelancer. Meski pendapatan freelancer tak tentu, tapi wajib memiliki asuransi. Saya setuju bahwa berapapun besarnya penghasilan kita kalau kita sendiri tidak pantai mengaturnya pasti tidak akan cukup. Harus selalu bersyukur dengan rezeki yang Allah berikan kepada kita ya mbak.

  • Okti Li
    Okti Li 9:14 AM

    Kesehatan itu teramat mahal. Selain menjaganya memang kewajiban kita juga untuk terus berupaya supaya bisa menikmati kehidupan jnj dengan lebih baik. Asuransi hanya sebagai penjaga ya. Yg utama tetap kesadaran pribadi untuk menjaga kesehatan itu sendiri...

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 9:40 AM

    Setuju aku.. walaupun freelancer juga penting punya asuransi, karena kita ngga akan pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan ya mba.. persiapan itu jauh lebih baik.. semangat kerja baik kerja sehat mbakku

  • Indira W
    Indira W 10:20 AM

    Semuanya sih wajib ya punya asuransi.
    Cuma ya buat freelancer agak bingung juga naturnya karena pendapatan yg gak pasti.

  • April Hamsa
    April Hamsa 11:47 AM

    Menurutku penting banget krn pekerjaan freelancer itu naik turun gak pasti ya dan kita gak punya dana pensiun jd asuransi ada buat perlindungan utk diri kita gtu

  • Rosanna Simanjuntak
    Rosanna Simanjuntak 1:12 PM

    Jadi ingat dulu, aku termasuk yang alergi asuransi, karena tak kenal maka tak sayang.
    Untunglah cepat sadar, bahahaha

    Setuju sama memiliki asuransi karena eh karena hidup itu serba tak pasti, apa saja bisa terjadi.

    Ada banyak tipe asuransi, tinggal pilih sesuai kebutuhan!

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 1:19 PM

    Kadang susahnya jadi freelancer tuh kerap ga ada yang mau memberikan perlindungan. Padhaal kerjaan ini juga beresiko ya mba

  • Ida
    Ida 1:51 PM

    Asuransi memang penting ya.. seperti payung di musim hujan buat jaga jaga banget yak..

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 1:55 PM

    Memang penting banget ya karena kita ga tahu besok bakal terjadi apa gitu.

  • Novitania
    Novitania 2:17 PM

    aku sebagai freelancer memang ngerasa banget butuh asuransi yang bisa memproteksi kita mba. makanya masih cari cari asuransi yag cocok nih

  • Sri Untari
    Sri Untari 6:14 PM

    Walaupun kerjanya ga di tempat yang tetap alias nge-free tapi penting juga ya punya asuransi

  • susie ncuss
    susie ncuss 8:51 PM

    Bener banget nih...
    Sebagai freelancer, proteksinya justru harus lebih banyak lagi dibanding yg kerja kantoran.

    Salut buat yg bisa survive dg jadi freelancer <3

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 10:03 PM

    Freelancer butuh juga asuransi mandiri, tapi emang kudu sehat finansial dulu deh. Karena kan penghasilannya tergantung juga dengan job yang diterimanya ya. Kudu pilih yang bayar premi pertahun kayaknya

  • Sitatur Rohmah
    Sitatur Rohmah 7:24 AM

    Betul, semacam tabungan yang jika dibutuhkan sudah siap. Salah satu perencanaan keuangan yang penting ya mbak?

    Btw selamat bersiap jadi Freelencer yaa... semoga sukses

  • Mis Juli
    Mis Juli 10:16 AM

    Benar ya selain Allah yang menjamin freelance tetap masih harus berusaha maksimal sedia payung sebelum hujan

  • Miftah
    Miftah 10:48 AM

    Iya bener banget mba, pembayaran tahunan bisa jadi pilihan yang pas ya bagi yg mengkhawatirkan pendapatan bulanan, semoga tulisan ini bisa menjadi insight baru baru yang lagi galau soal berasuransi atau tidaknya. Nice share mba ^^

  • Arif Rudiantoro
    Arif Rudiantoro 4:03 PM

    Tertarik sih ingin bener2 menekuni ngeblog karena memang hobi dan menjadi Freelencer, tapi kyaknya sebagai sampingan aja, takut kalau nggak ada JOB hehe

  • Haeriah
    Haeriah 5:18 AM

    Asuransi bisa dibilang semacam tabungan, ya. Mba? Selama ini saya gak ikut asuransi kecuali BPJS aja.

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 8:15 PM

    yes setuju, minimal freelancer punya asuransi kesehatan :)

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana 10:01 PM

    kalau aku sih mbak, tergantung bentuk asuransinya. selama ini juga pakai asuransi, tapi ya cuma kesehatan aja, lainnya nggak. aku termasuk yang pilihpilih banget sih soal ini.

  • innaistantina
    innaistantina 10:21 AM

    sejak kakak saya meninggal dan bisa tetap *menghidupi* anak-anaknya dengan asuransi yang dipersiapkan, bahkan sampe anak-anaknya lulus kuliah, ini yang membuat mata saya terbuka lebar tentang manfaat asuransi ini mba

  • Andrie Kristianto
    Andrie Kristianto 10:59 AM

    Bener banget tuh, memiliki asuransi memang penting banget apalagi kerjaan yang kita kerjakan sebagai freelance gak mesti selalu dateng. Dengan adanya asuransi kehidupan bisa menjadi lebih terjamin dan soal biaya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak terduga bisa lebih mudah untuk dipersiapkan, ak suka banget deh.. Jadi menjalani hari jadi lebih bersemangat dan tidak takut lagi akan biaya yang tiada ada ataupun tidak tercukupi :D

  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah 8:51 AM

    So far, aku prefer buat saving uang di bank dan beli asset mbaa, karena sempat trauma sama asuransi gitu huhuu. Mungkin, kedepannya mesti lebih jeli ya mba saat memilih. Thanks mbaa sharingnyaa, bermanfaat banget nih buat freelancer kayak kita-kita.

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 4:16 PM

    Tidak ada perusahaan yang menjamin freelance. Duhhhh iya banget.

  • Natrarahmani
    Natrarahmani 7:27 AM

    Ahhh jadi kepikiran deh kak buat asuransi biarpun maish dipertimbangkan. Ngerasa harusndi proteksi lebih dini

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 7:42 AM

    Setuju mbak kl freelance pun harus punya asuransi agar kesehatan pun ttp terjamin, dg tidak tentunya pemasukan tiap bulan lebih baik ketika ada pemasukan besar segera bayarkan premi untuk setahun jd tgl fokus untuk mengurus kerjaan saja setelah itu krn kesehatan sdh aman terjammin

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 11:17 AM

    Asuransi jiwa dan asurasni kesehatan adalah keharusan buat profesi apapun mbak :)

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 4:50 PM

    asuransi kesehatan memang sangat penting, karena sakit sekarang mahal biaya rumah sakit belum obat - obatannya

  • Antin Aprianti
    Antin Aprianti 5:15 PM

    Zaman sekarang asuransi memang penting banget buat jaga-jaga, apalagi sekarang banyak penyakit aneh-aneh.

  • Keke Naima
    Keke Naima 6:40 PM

    Sebelum mempertimbangkan manfaatnya juga saya biasanya mikirin preminya dulu. Sanggup atau enggak membayarnya. Kalau udha gitu baru deh lihat manfaat yang didapat dengan premi yang dibayar

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 8:26 PM

    Freelancer modelan kita gini sih penting banget punya asuransi ya mbak, apalagi kalau ada yang bayar bulanannya ramah kantong. Kalau aku sih pada dasarnya asuransi itu wajib punya, karena selain kita melindungi diri sendiri juga memberikan rasa aman

  • Kanianingsih
    Kanianingsih 9:17 PM

    Penting bgt mba asuransi buat freelancer. Pilih yg sekalian nabung

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 6:41 AM

    Benar banget nih, tidak seperti karyawan perusahaan atau ASN yang dapat tanggungan kesehatan, kita harus mikirin sendiri ya makanya asuransi penting dimiliki sayangnya belum banyak orang yang melek asuransi

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 7:00 AM

    Memang benar ya, asuransi kesehatan,jiwa dan asuransi pendidikan anak penting semua buat bekal nanti di masa depan.

  • Qoty Intan Zulnida
    Qoty Intan Zulnida 10:20 AM

    Asuransi ini penting gak penting sih ya mbak. Saya 4 tahun lalu juga pake bpjs. Tapi belum pernah dipake. Hingga akhirnya kami memutuskan gak pakai lagi. Tahun kemarikemarin ketika harus kuretase pun kami memilih jalur mandiri ketimbanng pake bpjs. Entah .. Hehe

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 11:28 AM

    Suka serem yaa...kalau mendadak divonis sakit yang berat dan tidak memiliki biaya yang cukup untuk berobat.
    Semoga Allah melindungi selalu dan menjauhkan dari kesulitan.

  • Efa Butar butar
    Efa Butar butar 12:23 PM

    Setuju bahwa tidak ada perusahaan yang menjamin seorang freelancer. Sebuah bahasan yang jarang terlintas Mba. Ulasan yang menarik

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 5:48 AM

    Intinya meski ada BPJS, asuransi tetap diperlukan ya mba? We dunno what will happen later, better safe than sorry yaa

  • Diah Agustina
    Diah Agustina 11:22 AM

    Semenjak suami dan aku memutuskan untuk freelance, Semenjak itu pula asuransi dan BPJS.. Sekarang mulai mencari-cari lagi asuransi yang cocok untuk kita miliki

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 11:52 AM

    Daku sebagai freelance baru punya asuransi kesehatan aja mbak. Yang asuransi jiwanya belum sih, masih bingung hihi

  • Silvia Putri
    Silvia Putri 11:13 AM

    Yap aku setuju banget tuh kalau ada yang bilang asuransi itu penting. Soalnya kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. dan asuransi merupakan salah satu cara untuk mencegah kantong bolong kalau ada sesuatu yang terjadi sama kita. Ya kan???

  • Antung apriana
    Antung apriana 2:43 AM

    Soal kesehatan ini pastinya yang paling sering bikin was-was ya, mbak. Makanya perlu banget kita punya persiapan entah berupa asuransi atau tabungan khusus buat jaga-jaga

Add Comment
comment url