Pengalaman Konsultasi Layanan SIRKA untuk Raih Hidup Sehat

Salah satu goals saya tahun ini adalah bisa rutin olahraga. Makanya poin ini sengaja saya masukkan di list tantangan tahun 2024 yang saya buat sendiri. Tidak lain dan tidak bukan, biar bisa lebih sehat. Yaa kali bonusnya bisa turunkan berat badan yang rasanya jarum pada timbangan itu makin ke kanan aja terus kalau lagi nimbang. Belum lagi masalah perut yang terus membuncit karena kebanyakan lemak. Wal hasil, beberapa minggu lalu saat acara nikahan adik sepupu, saya disangka hamil lagi karena perut saya yang gendut nyaingin si Adik yang sedang hamil, hihihh.

konsultasi di SIRKA



Nah, makanya pas gak sengaja baca review tentang SIRKA, saya langsung tertarik untuk ikutan konsultasi juga. Apalagi konsultasinya gratis lho! Kan jadi bisa sekalian sesi curhat nih tentang masalah (baca=perut buncit) yang saya hadapi tadi sekaligus diberi gambaran solusi apa yang seharusnya saya lakukan untuk mengatasinya.

Kenalan dengan SIRKA, Layanan Digital untuk Hidup Sehat


Jujurly, saya pun baru mengenal SIRKA kok. Nah, apa sih SIRKA?

SIRKA merupakan layanan kesehatan berbasis digital yang menggabungkan layanan kesehatan dan produk nutrisi yang dikurasi oleh tenaga medis yang profesional dan terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan. Tidak hanya itu saja, SIRKA diawasi oleh Kementerian Kesehatan dan KOMINFO lho.

Program SIRKA tidak hanya untuk permasalahan berat badan saja ya, tapi juga beberapa masalah kesehatan wanita dan program diet penyakit kronis lainnya yang sering dikeluhkan. Penasaran apa aja programnya? Berikut beberapa program yang ada di SIRKA yaitu:

  • Weight Management: Penurunan Berat Badan dan Maintain Berat Badan
  • Women’s Health: Program PCOS, Program Hamil (Prekonsepsi)
  • Diet Penyakit Kronis: Program Diabetes, Program Gastritis dan GERD, dan Program Hipertensi

Hmm, gimana? Program SIRKA selengkap itu ya. Jadi bingung sendiri gak sih, mau ambil program mana dulu, hehehh.


Keunggulan Layanan SIRKA

Oh ya, di SIRKA itu tidak hanya menyediakan program-program yang sesuai dengan permasalahan yang kita hadapi saja. Tapi SIRKA juga mendampingi secara komprehensif dari pola makan, aktivitas fisik, hingga manajemen stress juga dipantau dengan menggunakan teknologi untuk melihat progress harian secara praktis dengan edukasi kesehatan dari para praktisi yang terakreditasi.


SIRKA membantu kita untuk membangun kebiasaan hidup sehat secara bertahap, mudah dan menyenangkan. Paling penting juga nih ya, semua bimbingan yang diberikan di SIRKA berdasarkan bukti ilmiah dan keilmuan terbaru di ilmu gizi dan medis. Jadi, selama program itu kita bakalan punya private coach untuk olahraga dan juga dokter ahli gizi pribadi gitu, lho.


Cara Mendaftar Layanan Konsultasi di SIRKA

Setelah kita kenalan secara singkat tentang SIRKA, pasti jadi tertarik juga dong ya ingin mencoba menggunakan layanannya? Nah, di post kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan layanan konsultasi kesehatan di SIRKA ya.

Untuk menggunakan layanan konsultasi SIRKA, kita harus mendaftar terlebih dahulu ya. Tenang, sesi konsultasinya GRATIS dan tidak sulit kok daftarnya karena kita hanya membutuhkan nomor HP dan atau email saja untuk memulainya. Setelah itu akan ada verifikasi untuk sesi konsultasi.

cara daftar SIRKA

Namun sebelum memulai konsultasi kita harus mengisi assessment atau penilaian awal dulu ya sebagai bahan acuan untuk tim gizi SIRKA mengenai gambaran kesehatan kita saat ini. Akan ada beberapa pertanyaan seputar kondisi kita seperti berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, konsumsi harian, aktivitas olahraga apa saja yang biasa kita lakukan, jam tidur, dan lain sebagainya. Paling penting juga nih ya SIRKA ingin tahu berapa berat badan ideal yang ingin kita capai setelah mengikuti pendampingan dari SIRKA.

Selanjutnya kita bisa memilih jadwal konsultasi kita selama 30 menit sesuai dengan waktu luang kita miliki melalui Gmeet. Nah, saat sesi konsultasi nanti akan dimunculkan deh hasil assesment yang telah kita isi.


Pengalaman Menggunakan Layanan Konsultasi di SIRKA

Saya memilih sesi konsultasi pada Jumat, 26 Januari 2024 pukul 16.00 WITA dan konsultan gizi saya dari SIRKA yaitu Kak Himawati Harisatul Ihsani Alfaruqi, biasa disapa Kak Hima

Dimulai dengan perkenalan singkat dan Kak Hima bertanya tentang goals yang ingin saya capai bersama SIRKA ini. Seperti yang saya sebutkan di awal postingan ini bahwa goals utama saya adalah menurunkan berat badan dan fokusnya pada perut yang berlemak ini.


Penjelasan Hasil Assessment SIRKA


hasil assessment SIRKA diahalsa

Kak Hima menyampaikan dari hasil assessment awal saya menunjukkan bahwa goals saya yang ingin menurunkan berat badan sebesar 8 kg itu estimasi waktu yang dibutuhkan selama 16 minggu. Kenapa harus 16 minggu? Kak Hima kemudian lanjut menjelaskan bahwa menurut rekomendasi WHO, untuk menurunkan berat badan dalam 1 minggu itu direkomendasikan sebanyak 0,5 - 1 kg. Jadi, dalam 1 bulan maksimal bisa turun 2 - 4 kg, sehingga membutuhkan estimasi waktu selama 16 minggu.

Namun akan kembali pada penerapan pola makan, pola olahraga, dan juga metabolisme tubuh saya karena setiap orang akan berbeda metabolisme tubuh dan pembakaran kalorinya yang nanti akan berpengaruh pada estimasi waktu penurunan berat badan yang ingin dicapai tadi.

Sedangkan untuk informasi komposisi tubuh saya yaitu Indeks Massa Tubuh (IMT) masih masuk dalam kategori normal karena idealnya kisaran IMT untuk usia saya saat ini yaitu 18,5 - 24,9. Tapi kata Kak Hima nilai IMT itu bukan satu-satunya patokan kesehatan secara holistik, karena kita perlu melihat lagi komposisi lemak, massa otot yang ada di dalam tubuh kita. Karena bisa jadi nilai IMT normal tapi saat kita cek lingkar pinggang ternyata berlebih. Oh iyah, kemarin saya sedikit salah input tinggi badan sih, makanya hasil pas di assessment awal menunjukkan angka ratusan gitu, tapi saat konsultasi langsung dihitungkan ulang dan hasil IMT saya masih masuk kategori normal kok. 

Nah, sama banget nih yang saya alami karena lingkar pinggang saya berlebih, sebab lingkar pinggang pada wanita itu sebaiknya < 80 cm sedangkan pada pria itu > 90 cm. Lingkar pinggang ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif dan kronis seperti diabetes, jantung, stroke dan lainnya. Makanya, Kak Hima pun juga mengiyakan concern saya yang ingin menurunkan massa lemak di bagian perut ini.

Selanjutnya masuk pada pembahasan hasil assessment awal kondisi fisik/klinis saya yaitu kurang gerak dan kurang tidur, sedangkan untuk tekanan darah masih tergolong normal. Nah, makanya disarankan agar melakukan olahraga minimal 150 menit/minggu untuk terhindar atau menurunkan risiko diabetes dan penyakit lainnya. Saran dari Kak Hima, olahraga yang pas untuk masalah saya yaitu dengan melakukan workout.

Sedangkan untuk tidur juga disarankan bisa mencukupi tidur selama 7 - 8 jam per harinya agar terhindar dari stress atau moody yang ujung-ujungnya mencari pelarian ke ngemil atau makan yang kurang sehat. Jadi malu sendiri nih, ketahuan suka moody dan emang ujung-ujungnya ya ikut makan camilan anak-anak, apalagi kalau lagi kerja paling enak tuh ya sambil ngemil. Padahal sebenarnya sih udah tahu kalau sering ngemil itu gak baik untuk kesehatan (apalagi lemak perut), heheh.

Sesi curhat eh konsultasi selanjutnya juga membahas tentang asupan makan dan frekuensi, nah di sini Kak Hima kembali menanyakan beberapa poin pertanyaan yang ada pada assessment seperti makanan harian, apa suka buah dan sayur, suka manis atau asin? Sesi konsultasi gini jadi gak bisa ngeles deh, secara emang konsultasinya buat kesehatan dan mendapatkan bimbingan yang tepat untuk mencapai goals kita yekan.

Nah, Kak Hima pun menjelaskan bahwa tidak ada salahnya makan makanan yang sudah saya sebutkan (makanan yang banyak mengandung gula), namun perlu memperhatikan porsi dan frekuensinya. Jadi, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sering. Konsumsi gula yang berlebihan, ketika energinya tidak digunakan secara optimal akan tersimpan dalam bentuk lemak. Apalagi tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang sistematis. Kak Hima juga menambahkan bahwa untuk perempuan biasanya penyimpanan lemak itu banyak di bagian perut ke bawah. Duuuh ya, pantesan aja deh makin hari, makin makin deh ini lemak di perut, huhuh.

Oh ya, Kak Hima juga bilang kalau mau ngemil sih boleh aja kok tapi bisa diganti-ganti atau selang-seling dengan buah dan sayur, raw food atau real food sebagai alternatif snack, seperti kacang-kacangan yang punya kandungan tinggi serat dan tinggi protein yang bisa stabilkan tekanan darah, mempertahankan hemoglobin, juga bisa membantu menurunkan massa lemak. Namun begitu bukan berarti gak boleh ngemil cookies lho tapi harus memperhatikan nutrition fact-nya. Begitu juga dengan gorengan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Catatan penting dari Kak Hima juga yaitu agar bisa menerapkan mindful eating, menyadari secara penuh apa yang kita konsumsi dan kita benar-benar concern dengan kandungan apa yang kita konsumsi. Sehingga makanan tersebut bisa memberi manfaat untuk tubuh kita. Sebab dengan kita tahu kandungan dan manfaat apa yang kita konsumsi maka kita akan lebih aware!

Duuh, jadi berasa kayak dicubit deh! Sebab selama ini tuh pola makan saya emang sesuka hati bangat dah, kalau suka ya dimakan, kalau gak suka ya ditinggalkan. Belum begitu terhadap detail komposisi makanan yang masuk ke perut. Padahal gak boleh gitu dong ya kalau mau sehat, yekaaan.



Penjelasan Program Pendampingan SIRKA


program pendampingan SIRKA

Setelah semua poin-poin pada assessment dijelaskan dengan sistematis, Kak Hima pun lanjut menerangkan program pendampingan SIRKA beserta benefit yang bisa kita dapatkan selama mengikuti program pendampingan.

Pada sesi ini, Kak Hima meng-highlight beberapa poin penting pendampingan SIRKA yaitu:

  • Konsultasi gizi melalui video call dan juga chat; termasuk di dalamnya konsultasi dengan sport coach karena nantinya akan ada olahraga yang dipersonalisasi sesuai dengan kondisi fisik.
  • Panduan makan plus opsi menu sesuai dengan target sehat.
  • Habit building task harian untuk membangun gaya hidup sehat secara bertahap; jadi harapannya dengan adanya habit task harian ini nantinya akan berkelanjutan tidak hanya selesai saat sesi pendampingan program SIRKA berakhir.
  • Monitoring evaluasi di setiap minggu, bulan dan akhir program agar terlihat bagaimana progress yang telah dilalui.

Untuk program pendampingan SIRKA sendiri terdiri dari 3 bulan, 6 bulan dan maksimal 12 bulan.


Penutup

Setiap orang pasti punya tujuan atau goals hidup sehatnya masing-masing. Untuk mencapai tujuan tersebut juga punya cara yang berbeda, salah satunya dengan melakukan diet yang dibarengi dengan olahraga teratur. Saya pribadi, saat ini punya goal ingin menurunkan berat badan dan juga mengurangi lemak di perut. Biar lebih sehat dan tidak cepat merasa lelah kalau pas lagi jalan di luar. Plus, gak dibilangin sedang hamil teruuuusss lagi dah. Apalagi saya memang sehari-hari tidak melakukan olahraga rutin, semakin jadi deh perkembangan lemak di perut.

Makanya poin ini juga saya masukkan sebagai tantangan saya di tahun 2024, hidup sehat dengan olahraga. Nah, pas banget saya nemu review layanan kesehatan digital gitu yang mana di tahap awal ada sesi konsultasi gratisnya untuk tahu keadaan, tujuan dan solusi sehat kita yaitu SIRKA.

Setelah mengikuti sesi konsultasi kemarin, saya jadi makin sadar untuk tidak menunda lagi hidup sehat dan memulai lakukan arahan dan tips dari ahli gizi SIRKA yang bertugas kemarin, Kak Hima. Ada tiga poin penting sebagai catatan saya dari penjelasan Kak Hima kemarin yaitu olahraga, tidur yang cukup, dan menerapkan mindful eating secara bertahap.

Nah, Temans pasti sudah membaca pengalaman saya menggunakan layanan konsultasi gratis dari SIRKA kan? Saatnya Temans ambil kesempatan untuk mendapatkan konsultasi dengan ahli gizi SIRKA sesuai tujuan yang ingin Temans capai yaitu manajemen berat badan, kesehatan perempuan, dan juga penyakit kronis.




Salam sehat,



Diah
Next Post Previous Post
39 Comments
  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 6:02 PM

    Layanan Kesehatan SIRKA ini secara online ya kak, jadi lebih mudah untuk konsultasinya bisa dari mana saja dan waktunya juga fleksibel, jadi kepo mau coba juga

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 2:43 PM

    jadi penasaran pengen cobain Layanan SIRKA ini ya. Sepertinya sangat mudah digunakan dan pastinya juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk memperbaiki kesehatan melalui pola makan yang sehat dan berimbang

  • Windi astuti
    Windi astuti 5:10 PM

    dengan memanfaatkan SIRKA bisa menjadi jalan untuk mendapatkan sehat lahir dan batin ya kak. Aku penasaran, diajarinengwlola stressnya seperti apa. Kalau soal BB insha Allah masih ideal, cuma masalah pemenuhan gizi yang menurutku masih butuh konsultasi

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 5:51 PM

    Saya rekomen nih aplikasi Sirka ke istri. Kebetulan istri baru pulang opname dan diharuskan menjaga pola makannya untuk menjaga kesehatan, terutama kadar gula darahnya. Sepertinya akan cocok sekali didampingi Sirka untuk pengontrolan kesehatannya

  • hani
    hani 9:33 PM

    Wah...makasih nih infonya tentang SIRKA. Lagi program nurunin bb, tapi turun naik gitu deh. Mungkin salah caranya...Belum lagi kalau tengah diet trus cheating. Gagal deh...

  • Keke Naima
    Keke Naima 12:11 AM

    yuk ah sama-sama konsisten olahraga. Saya juga pengen mulai lagi. Pengen menjaga berat badan juga. Coba ah install aplikasi Sirka. Asik nih bisa konsultasi secara online.

  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas 3:32 AM

    Wah, baru tahu banget saya kalau ada layanan konsultasi kesehatan selengkap ini tetapi gratis konsultasi. Ini gratis sejak awal atau ada pembayaran selanjutnya jika ingin upgrade kepesertaan, Mba?

  • Amicytia Nadzilah
    Amicytia Nadzilah 7:24 AM

    Adanya sirka sangat membantu banget ya mbak.
    Bisa konsultasi langsung via video call jadi lebih jelas kebutuhan apa yang perlu dilakukan untuk program diet.
    Pendampingan untuk program ini berapa lama ya mbak?

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 2:23 PM

    saya kira Sirka itu aplikasi aja ternyata ada pendampingannya juga, pas nih untuk orang seperti saya yang kalau melakukan hal seperti ini butuh pendampingan kalau ga gitu sayanya kendor dan ga jadi diet

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 5:56 PM

    oh konsultasinya gratis nih ya, mbak. mau daftar ah. saya plan diet selalu gagal. padahal udah 1 bulan jalan, habis tu balik lagike habit lama. keknya butuhpembimbing

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 9:11 PM

    Samaaa mbaaakk jadi tantangan aku di tahun 2024 juga untuk menjaga pola hidup yang sehat dan olahraga yang teratur. Begitu sulit hingga menjadi tantangan tersendiri, hihi. Alhamdulillah di Sirka ada layanan konsultasi gratis juga ya mbak. Bisa tanya-tanya dulu nih terkait pola hidup sehat.

  • Sabrina
    Sabrina 8:34 AM

    Pas banget Mba Diah saya ingin melakukan konsultasi gizi untuk badan saya, belakangan ini jarang olahraga, sebenarnya kondisi badan cukup beratnya hanya saja konsumsi nutrisinya yang belakangan ini sering berantakan, jadi wajib banget konsultasi nutrisi sama ahlinya, wajib cobain instal Sirka ini kayaknya

  • Topik Irawan
    Topik Irawan 8:37 AM

    Zaman sekarang memang banyak banget ya aplikasi yang membantu kita menjadi sehat, apalagi kemudahan kemudahan yang menyertainya, tetap sehat yak kak

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:18 AM

    Oh ternyata gak hanya buat diet aja ya?
    Asik dah nih buat hal kesehatan lainnya.
    Jadi bisa makin semangat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Cuss kak semangat berolahraga 💪

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 10:00 AM

    Aplikasi Sirka sebagaia layanan kesehatan digital lengkap juga, ya. Sampai ada managemen stres, aku butuhin banget, nih. Apalagi konsultasinya gratis, terpenting si memudahkan untuk konsultasi karena cukup lewat Hp.

  • Efa Butar butar
    Efa Butar butar 10:26 AM

    Aku suka bagian program pendampingan di SIRKA ini mba. Dengan begitu, pengguna yang ingin menargetkan naik atau turun berat badan bisa terkontrol dengan baik. Saya baca bahkan ada kisaran waktu 16 Minggu normalnya untuk mengurangi berat badan sesuai target mba Diah. Keren. Semangat olahraganya ya Mba. Semoga tercapai goalsnya

  • Farhati Mardhiyah
    Farhati Mardhiyah 11:12 AM

    mindful eating itu beneran ngaruh deh bikin kenyang lebih lama, dan kita juga bisa ngontrol makanan yang masuk lebih sehat dan emang butuh untuk tubuh. tertarik juga nih mau cobain SIRKA

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 11:19 AM

    Wah, ternyata fiturnya lengkap ya. Bahkan bisa konsultasi secara langsung face to face secara secara online. Saya mau coba ah. Badan sudah mulai harus dipenuhi kebutuhannya, tapi sebelumnya harus tahu mana yang harus dipenuhi dan runtutan tindakannya.

  • @blogger_eksis
    @blogger_eksis 3:39 AM

    Bisa konsultasi gratis untuk buat tubuh makin sehat? Masa gak diGAS sih!

    Terima kasih sudah berbagi pengalaman pakai layanan digital seperti ini..

  • Yayu Arundina
    Yayu Arundina 2:35 PM

    Keren nih tantangannya. Program yang sangat sulit suksesnya (bagi saya meren 😂) Dengan pendampingan Sirka lengkap dengan segala informasinya, sepertinya program penurunan berat badan akan sukses besar yah mbak. Btw, dah turun berapa kilo nih?

  • Yustrini
    Yustrini 11:49 AM

    Bagus banget ya programnya. Jadi bisa mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan lebih sehat.

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 6:17 PM

    Menarik nih. Aku memang merasa badanku sering lemes. Kayaknya mencoba layanan Sirka bisa jadi solusi untuk hidup lebih sehat.

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 12:28 AM

    Wah seru banget ada konsultasi via zoom dan juga pendampingan! Praktis sekali ya, nggak perlu ke luar rumah atau bolak balik ke RS.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 8:15 AM

    Semangat untuk salah satu goalnya di tahun 2024 ini. Apalagi sudah ada layanan SIRKA. Bisa terus konsultasi seputar programa yang sedang dijalankan.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:53 AM

    Sirkanya udah punya tinggal konsisten dengan pola hidup sehatnya juga nih ya, sehingga body goals yang ingin dicapai bisa terwujud sesuai harapan

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 3:07 PM

    Ternyata Sirka gak hanya membahas tentang masalah kesehatan aja ya. Kita bisa bahas tentang pola makan, aktivitas fisik, hingga manajemen stress juga yang dipantau dengan menggunakan teknologi

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 3:39 PM

    Duh baca ini jadi pengen juga merasakan konsultasi dengan SIRKA
    Biar bisa hidup sehat yang baik dan benar

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 3:50 PM

    ternyata untuk sehat sebenarnya mudah yah, tinggal ngikutin apa yang disarankan oleh layanan SIRKA ini. kudu banget ikutan mendaftar layanan ini biar bisa menjaga hidup sehat dan bahagia

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 7:50 PM

    Wah, konsultasi di SIRKA gratis ya. Mau cobain juga nih, biar abis konsultasi bisa langsung ada pendampingan untuk diet sehat.

    Kalau Mba Diah Alsa pengen turun 8 kg, saya pengen turun 5 kg aja dulu, itu aja kayaknya udah prestasi banget buatku.

  • Han
    Han 7:54 PM

    Aku sempet insecure sama berat badan karena gapernah sampai ke batas ini gitu, tapi kalo lihat IMT tuh masih normal, cuman kata temen2 "gemukan yaa kamu" wkwkwk jadinya bingung. Mau coba aah konsul ama SIRKA

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 9:28 PM

    Mangats kakakku. Semoga target bisa sehat terus sepanjang tahun ini tercapai dengan ikutan program layanan dari SIRKA. Asik banget ya, konsultasinya bisa dilakukan via digital alias daring. Semoga setelah sesi konsultasi, setiap program demi hempas lemak di perut bisa terjalani dengan baik. Aamiin.

  • GE MAULANI
    GE MAULANI 9:41 PM

    Wah aku baru tahu keadaan aplikasi namanya SIRKA ini bisa bisa buat konsultasi masalah kesehatan gizi. Jadi berasa kayak punya ahli gizi pribadi ya. Udah gitu aman pula karena diawasi juga oleh Kemenkes dan kominfo

  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar 11:01 PM

    Program sehat itu agak sulit ya, apalagi klo pola hidup dah ancur gak terjadwal. Apilkasi SIRKA bisa jd solusi buat yg mau teratur dan hidup sehat.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 11:16 PM

    mantap nih aplikasinya, keren deh yg bikin. aku sepertinya membutuhkannya hehe

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:00 AM

    Ya Allaah, kuterharuu, ka Di..
    Ternyata analisis kita mirip. Aku juga nih, pas konsul, nutrisionisnya komentar kalo kurang gerak dan kurang tidur. Berasa, iya sih.. Iya siih.. dan beneran senyaman itu curhat bersama nutrisionis Sirka.

    Rasanya kudu banget sih ikutan programnya.
    Supaya target-target yang selalu berulang di setiap tahun ini bisa COMPLETED.

  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom 12:36 AM

    Keren banget ya bisa dapetin panduan langsung dari ahli gizi dan coach olahraga, jadi bisa lebih terarah. Semoga bisa berhasil mencapai semua goals yang ditargetkan ya! Termasuk menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat!

  • Diary Prista
    Diary Prista 7:29 PM

    Wah, dengan hadirnya Sirka ini tentunya sangat membantu masyarakat ya mbak. Karena konsultasi bisa online. (April)

  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji 9:48 PM

    Zaman now, semua berbasis online, kehadiran SIRKA ini tentunya sangat bermanfaat sekali. Btw, sejujurnya aku juga baru tahu sih layanan kesehatan SIRKA ini.

  • Deny Ir
    Deny Ir 10:05 PM

    mantep nih aplikasinya, ternyata byk pilihan progam kesehatan yang bisa diakses di SIRKA, jadi semua orang bisa memilih progam yang dibutuhkan, makin lengkap layanan kesehatan berbasis digital nih,

Add Comment
comment url