Explore the blog
Friday, January 26, 2024

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Seru dan Menyenangkan

Hello! Kayaknya dari kemarin saya bahasnya tentang belajar Bahasa Inggris mulu ya? Iyah, siapa tahu aja kan ya ada yang ingin belajar tapi masih maju mundur karena merasa berat atau bingung mau mulai dari mana. Mau ikut kursus tapi terkendala waktu karena kesibukan harian atau alasan lainnya yang bisa jadi justifikasi makanya belum juga mulai untuk belajar bahasa Inggris, yekaaan? :)

Padahal yang namanya belajar itu gak ada kata terlambat untuk memulai. Apalagi sekarang era digital yang mana kita bisa belajar sendiri kapan saja dan di mana saja melalui gawai atau smartphone kita. 

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Seru Terpopuler

Untuk belajar bahasa Inggris sendiri kita bisa belajar dari berbagai media baik itu website, medsos, podcast atau YouTube. Paling seru lagi kalau belajarnya lewat aplikasi yang bisa kita download dari smartphone kita. Jadi bisa belajar kapan saja dan di mana saja gitu kan jadinya apalagi kalau udah langganan aplikasinya pasti jadi makin semangat karena bebas gangguan iklan. Tapi kalau mau yang gratisan juga oke aja sih, kan bisa ganti-ganti aplikasi gitu kalau salah satunya udah lewat batas penggunaan hariannya. 

Nah, dari sekian banyak aplikasi yang bisa kita pakai untuk belajar bahasa Inggris berikut 10 rekomendasi aplikasi belajar yang paling banyak diminati.


1. Duolingo

Pasti udah gak asing kan ya dengan aplikasi Duolingo? Yup, aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa paling populer di dunia. Duolingo tidak hanya dikhususkan untuk belajar bahasa Inggris saja tapi juga bahasa internasional lainnya. Belajar di aplikasi Duolinggo ini menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif sebab Duolingo mengajarkan bahasa Inggris melalui permainan dan tantangan. 

Aplikasi ini cocok untuk pemula hingga tingkat lanjutan lho, jadi semua bisa berkesempatan untuk belajar bahasa melalui aplikasi Duolinggu. Oh ya, latihan yang diberikan Duolinggo mencakup empat keterampilan utama: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara yang pastinya mudah dipahami dan menyenangkan. Anak-anak saya aja jadi suka lho belajar bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Duolinggo ini. 


2. Babbel

Aplikasi Babbel fokus pada pengajaran bahasa untuk situasi sehari-hari yaitu penguasaan kosakata (vocabulary) dan juga percakapan (conversation) sehingga pengguna dapat langsung mengaplikasikan keterampilan yang mereka pelajari. 

Aplikasi ini menawarkan kurikulum yang terstruktur dan diajarkan oleh native speaker atau penutur asli sehingga membantu pengguna memahami bahasa Inggris dengan konteks yang nyata. Menariknya karena materi-materi percakapan yang disediakan pada aplikasi Babbel bisa diaplikasikan langsung pada berbagai situasi sehari-hari seperti saat kita sedang bepergian, belanja dan lainnya. 


3. Rosetta Stone

Rosetta Stone terkenal dengan metode pengajarannya yang imersif dan fokus pada kemampuan berbicara atau speaking. Aplikasi Rosetta menggunakan gambar, kata-kata, dan suara untuk membangun pemahaman yang holistik terhadap bahasa Inggris.  

Meskipun berbayar, Rosetta Stone sering dianggap sebagai investasi berharga untuk pembelajaran bahasa yang mendalam sebab aplikasi ini cocok bagi mereka yang  memang sedang fokus ingin melatih kepercayaan diri dalam berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan. Tidak hanya itu, aplikasi Rosetta Stone juga dilengkapi dengan teknologi TruAccent yang mana dapat memberikan umpan balik terhadap pronunciation atau pelafalan bahasa Inggris yang kita ucapkan.


4. BBC Learning English

BBC Learning English adalah rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang dikembangkan oleh BBC untuk membantu pembelajar bahasa Inggris di seluruh dunia agar dapat belajar bahasa Inggris sehari-sehari. 

Aplikasi ini menyediakan berbagai konten pembelajaran, seperti cerita, video, dan materi pelajaran, dengan aksen yang bervariasi untuk membiasakan pengguna dengan beragam aksen bahasa Inggris. Salah satu fitur menarik dari BBC Learning English yaitu adanya “mini daily lesson” yang berisi materi pembelajaran dalam format video berdurasi 3 menit. Dengan  konsistensi belajar setiap hari, meski hanya 3 menit setiap hari tentu  akan membantu kemampuan bahasa Inggris kita akan menjadi semakin meningkat.


5. Memrise

Memrise memadukan pembelajaran bahasa dengan teknik pengingatan visual yang efektif. Aplikasi Memrise menawarkan berbagai kursus, termasuk meningkatkan kosakata khusus seperti yang berhubungan dengan kosakata bisnis atau kosakata bahasa Inggris akademik, serta pelajaran percakapan sehari-hari. 

Keunikan Memrise terletak pada pendekatannya yang menarik dan kreati yang mana menggunakan teknik belajar yang berulang atau speech repetition yang dapat membantu kita dalam mengingat kosataka secara lebih efektif.



6. FluentU

FluentU memanfaatkan video autentik seperti klip berita, video musik, dan wawancara untuk mengajarkan bahasa Inggris. Pengguna dapat belajar melalui konten yang aktual dan mendengarkan penutur asli menggunakan bahasa dalam konteks sehari-hari. Ini membantu meningkatkan pemahaman mendengar dan kosa kata.


7. Busuu

Busuu menawarkan kursus yang dikembangkan oleh para ahli bahasa serta memungkinkan pengguna berlatih berbicara dengan penutur asli melalui fitur pertukaran bahasa. Aplikasi ini menekankan interaksi sosial dalam pembelajaran, memberikan pengalaman belajar yang lebih terlibat.



8. HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris melalui obrolan teks, suara, dan panggilan video. Ini menciptakan lingkungan belajar yang nyata dan membantu pengguna merasa lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.



9. Tandem

Tandem menghubungkan pengguna dengan penutur asli bahasa Inggris melalui platform pertukaran bahasa. Aplikasi memberi kita kesempatan untuk dapat langsung berlatih berbicara, menulis, dan mendengarkan dengan mitra pembelajaran yang ramah, menciptakan pengalaman belajar yang terpersonal.

Keunggulan dari aplikasi Tandem yaitu kita dapat mencari teman berbicara yang juga ingin belajar bahasa Inggris sehingga kita berkomunikasi langsung baik melalui pesan teks ataupun panggilan suara yang mana kita bisa saling memberi dan menerima koreksi dari teman berbicara kita. Hmm, gimana? Kayaknya seru ya kalau punya teman yang sefrekuensi gini yang sama-sama ingin belajar. 


10. Lingodeer

Lingodeer awalnya dirancang untuk pembelajaran bahasa Asia, namun saat ini juga telah menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang mana menggunakan pendekatan yang menyenangkan, terstruktur dan efektif, terutama bagi pemula termasuk anak-anak

Aplikasi ini menawarkan pelajaran yang dirancang dengan baik dengan memadukan gambar, teks, penekanan pada tata bahasa, pengingkatan kosakata, dan audio untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan. Hmm, bisa dibilang hampir mirip dengan aplikasi Duolinggo yang mana memberikan latihan menulis kata, mengedengarkan juga mentraskripsi. Biar gak bosan diselingi juga dengan berbagai macam teka-teki yang tentunya berguna untuk meningkatkan kosakata kita. 


Penutup




Whould you like to comment?

  1. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak ya, Kak. Selain bisa dilakukan kapan saja, juga bisa dilakukan secara fleksible.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^