, Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Seru dan Menyenangkan - Diah Alsa - Lifestyle Blogger Kendari ,

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Seru dan Menyenangkan

Hello! Kayaknya dari kemarin saya bahasnya tentang belajar Bahasa Inggris mulu ya? Iyah, siapa tahu aja kan ya ada yang ingin belajar tapi masih maju mundur karena merasa berat atau bingung mau mulai dari mana. Mau ikut kursus tapi terkendala waktu karena kesibukan harian atau alasan lainnya yang bisa jadi justifikasi makanya belum juga mulai untuk belajar bahasa Inggris, yekaaan? :)

Padahal yang namanya belajar itu gak ada kata terlambat untuk memulai. Apalagi sekarang era digital yang mana kita bisa belajar sendiri kapan saja dan di mana saja melalui gawai atau smartphone kita. 

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Seru Terpopuler

Untuk belajar bahasa Inggris sendiri kita bisa belajar dari berbagai media baik itu website, medsos, podcast atau YouTube. Paling seru lagi kalau belajarnya lewat aplikasi yang bisa kita download dari smartphone kita. Jadi bisa belajar kapan saja dan di mana saja gitu kan jadinya apalagi kalau udah langganan aplikasinya pasti jadi makin semangat karena bebas gangguan iklan. Tapi kalau mau yang gratisan juga oke aja sih, kan bisa ganti-ganti aplikasi gitu kalau salah satunya udah lewat batas penggunaan hariannya. 

Nah, dari sekian banyak aplikasi yang bisa kita pakai untuk belajar bahasa Inggris berikut 10 rekomendasi aplikasi belajar yang paling banyak diminati.


1. Duolingo

Pasti udah gak asing kan ya dengan aplikasi Duolingo? Yup, aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa paling populer di dunia. Duolingo tidak hanya dikhususkan untuk belajar bahasa Inggris saja tapi juga bahasa internasional lainnya. Belajar di aplikasi Duolinggo ini menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif sebab Duolingo mengajarkan bahasa Inggris melalui permainan dan tantangan. 

Aplikasi ini cocok untuk pemula hingga tingkat lanjutan lho, jadi semua bisa berkesempatan untuk belajar bahasa melalui aplikasi Duolinggu. Oh ya, latihan yang diberikan Duolinggo mencakup empat keterampilan utama: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara yang pastinya mudah dipahami dan menyenangkan. Anak-anak saya aja jadi suka lho belajar bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Duolinggo ini. 


2. Babbel

Aplikasi Babbel fokus pada pengajaran bahasa untuk situasi sehari-hari yaitu penguasaan kosakata (vocabulary) dan juga percakapan (conversation) sehingga pengguna dapat langsung mengaplikasikan keterampilan yang mereka pelajari. 

Aplikasi ini menawarkan kurikulum yang terstruktur dan diajarkan oleh native speaker atau penutur asli, sehingga membantu pengguna memahami bahasa Inggris dengan konteks yang nyata. Menariknya karena materi-materi percakapan yang disediakan pada aplikasi Babbel bisa diaplikasikan langsung pada berbagai situasi sehari-hari seperti saat kita sedang bepergian, belanja dan lainnya. 


3. Rosetta Stone

Rosetta Stone terkenal dengan metode pengajarannya yang imersif dan fokus pada kemampuan berbicara atau speaking. Aplikasi Rosetta menggunakan gambar, kata-kata, dan suara untuk membangun pemahaman yang holistik terhadap bahasa Inggris.  

Meskipun berbayar, Rosetta Stone sering dianggap sebagai investasi berharga untuk pembelajaran bahasa yang mendalam sebab aplikasi ini cocok bagi mereka yang  memang sedang fokus ingin melatih kepercayaan diri dalam berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan. Tidak hanya itu, aplikasi Rosetta Stone juga dilengkapi dengan teknologi TruAccent yang mana dapat memberikan umpan balik terhadap pronunciation atau pelafalan bahasa Inggris yang kita ucapkan.


4. BBC Learning English

BBC Learning English adalah rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang dikembangkan oleh BBC untuk membantu pembelajar bahasa Inggris di seluruh dunia agar dapat belajar bahasa Inggris sehari-sehari. 

Aplikasi ini menyediakan berbagai konten pembelajaran, seperti cerita, video, dan materi pelajaran, dengan aksen yang bervariasi untuk membiasakan pengguna dengan beragam aksen bahasa Inggris. Salah satu fitur menarik dari BBC Learning English yaitu adanya “mini daily lesson” yang berisi materi pembelajaran dalam format video berdurasi 3 menit. Dengan  konsistensi belajar setiap hari, meski hanya 3 menit setiap hari tentu  akan membantu kemampuan bahasa Inggris kita akan menjadi semakin meningkat.


5. Memrise

Memrise memadukan pembelajaran bahasa dengan teknik pengingatan visual yang efektif. Aplikasi Memrise menawarkan berbagai kursus, termasuk meningkatkan kosakata khusus seperti yang berhubungan dengan kosakata bisnis atau kosakata bahasa Inggris akademik, serta pelajaran percakapan sehari-hari. 

Keunikan Memrise terletak pada pendekatannya yang menarik dan kreati yang mana menggunakan teknik belajar yang berulang atau speech repetition yang dapat membantu kita dalam mengingat kosataka secara lebih efektif.



6. FluentU

FluentU memanfaatkan video autentik seperti klip berita, video musik, dan wawancara untuk mengajarkan bahasa Inggris. Pengguna dapat belajar melalui konten yang aktual dan mendengarkan penutur asli menggunakan bahasa dalam konteks sehari-hari. Ini membantu meningkatkan pemahaman mendengar dan kosa kata.


7. Busuu

Busuu menawarkan kursus yang dikembangkan oleh para ahli bahasa serta memungkinkan pengguna berlatih berbicara dengan penutur asli melalui fitur pertukaran bahasa. Aplikasi ini menekankan interaksi sosial dalam pembelajaran, memberikan pengalaman belajar yang lebih terlibat.



8. HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris melalui obrolan teks, suara, dan panggilan video. Ini menciptakan lingkungan belajar yang nyata dan membantu pengguna merasa lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.



9. Tandem

Tandem menghubungkan pengguna dengan penutur asli bahasa Inggris melalui platform pertukaran bahasa. Aplikasi memberi kita kesempatan untuk dapat langsung berlatih berbicara, menulis, dan mendengarkan dengan mitra pembelajaran yang ramah, menciptakan pengalaman belajar yang terpersonal.

Keunggulan dari aplikasi Tandem yaitu kita dapat mencari teman berbicara yang juga ingin belajar bahasa Inggris sehingga kita berkomunikasi langsung baik melalui pesan teks ataupun panggilan suara yang mana kita bisa saling memberi dan menerima koreksi dari teman berbicara kita. Hmm, gimana? Kayaknya seru ya kalau punya teman yang sefrekuensi gini yang sama-sama ingin belajar. 


10. Lingodeer

Lingodeer awalnya dirancang untuk pembelajaran bahasa Asia, namun saat ini juga telah menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang mana menggunakan pendekatan yang menyenangkan, terstruktur dan efektif, terutama bagi pemula termasuk anak-anak

Aplikasi ini menawarkan pelajaran yang dirancang dengan baik dengan memadukan gambar, teks, penekanan pada tata bahasa, pengingkatan kosakata, dan audio untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan. Hmm, bisa dibilang hampir mirip dengan aplikasi Duolinggo yang mana memberikan latihan menulis kata, mengedengarkan juga mentraskripsi. Biar gak bosan diselingi juga dengan berbagai macam teka-teki yang tentunya berguna untuk meningkatkan kosakata kita. 


Penutup




Next Post Previous Post
30 Comments
  • Kang Sugianto
    Kang Sugianto 5:41 PM

    Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak ya, Kak. Selain bisa dilakukan kapan saja, juga bisa dilakukan secara fleksible.

  • Ainun
    Ainun 9:09 AM

    jadi inget waktu aku kuliah dulu, meskipun udah kuliah tapi tetep pengen cas cis cus ngomong english, malah daftar di 2 tempat les berbeda. Zaman dulu belum ada android, seandainya udah ada pasti milih belajar via online

  • hani
    hani 7:59 AM

    Lah...ternyata banyak sampai 10 aplikasi belajar bahasa Inggris. Aku tahunya Duolingo doang. Buat anak-anak bagus nih coba aplikasi yg lain, biar engga bosen. Trims sharingnya...

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 3:35 PM

    sekarang bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah karena sudah banyak aplikasi yang bisa didownload dan diinstal di smartphone. Tinggal konsistensi dan kemauan untuk belajar dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris saja sih kalau sudah begini

  • Deeva Collection
    Deeva Collection 3:57 PM

    Aplikasi belajar bahasa inggris bisa jadi solusi oengen belajar bahasa inggris kapan saja ya, Kak. Daya suka pakai BBc Learning English. Sudah sejak lama sekali.

  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar 4:09 PM

    Dari dulu pengen bangat belajar speaking bahasa inggris. Kalau untuk grammar sedikit lebih mduah sih, tapi aku pengen bisa ngomong hehe. Aku ga pengen anakku kayak aku, kayaknya aplikasinya bermanfaat ini, harus aku kenalin ke anakku nanti. Thankss

  • HendraDigital
    HendraDigital 6:57 PM

    Era digital kayak sekarang, belajar bahasa Inggris semakin mudah aja ya. Udah banyak aplikasi maupun platform yang bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

    Saya pribadi belum pernah denger satu pun aplikasi tersebut. Namun setelah membaca artikel super keren ini, jadi tau dah. Setidaknya ada beberapa pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia. Very nice info

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 3:01 AM

    Duolingo termasuk yang banyak dikenal juga sepertinya sebagai aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris. Zaman sekarang belajar tinggal ada kemauan, ya. Online atau offline semuanya tersedia bahkan dengan beragam pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan cocoknya belajar kita

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 7:48 AM

    Sekarang semakin dimudahkan untuk belajar bahasa inggris ya. Apalagi dengan kehadiran berbagai aplikasi Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bisa di mana saja dan kapan saja. Kalau saya sudah pakai duolinggo. Nanti coba yang lainnya juga.

  • rejekingalir.com
    rejekingalir.com 9:06 AM

    yang duolinggo ada aplikasinya daku
    seneng pakainya karena terdiri dari beragam bahasa juga yang bisa dipelajari
    cuma belakangan ini lagi belum ceki-ceki lagi aplikasinya hehe

  • Didik
    Didik 11:57 AM

    Aku tahunya hanya duolingo aja tuh kak buat belajar bahasa asing. Ternyata banyak banget ya aplikasi utk belajar bahasa. Bahkan kita ga perlu kursus ke tempat jauh hanya utk belajar bahasa asing.

    Cukup rebahan dan kuota internet doank, kita bisa mahir bahasa asing dgn cara sederhana.

  • Yustrini
    Yustrini 1:01 PM

    Banyak aplikasi seru ternyata. Belajar bahasa inggris jadi lebih menyenangkan kalo ada aplikasi seru gitu.

  • Lintang
    Lintang 1:03 PM

    Aku juga udah nyobain lho Duolingo ini. Lebih fun sih menurutku karrena bisa belajar melalui games dan challenges. Cocok buat pemula juga, cocok buat anak-anak yang baru mulai belajar. Tandem juga lumayan buat latihan speaking sama writing. Bisa cari temen speaking juga.

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 4:02 PM

    Sekarang mah belajar bahasa inggris bisa lebih mudah. Kita bisa memanfaatkan aplikasi belajar bahasa inggris yang sudah direkomendasikan ini. Mantap

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 5:42 PM

    Aku baru pernah nyoba Duolingo. Asik, sih, tapi kayaknya mau nyoba aplikasi belanar bahasa Inggris yang lain juga.

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 5:47 PM

    Wah iya bisa belajar kapan dan di mana saja dengan pilihan aplikasi yang beragam. Menarik banget nih aku jadi pengen download, haha. Udah lama nggak di ranah publik, merasa banyak yang lupa bahasa Inggrisnya. Harus terus di upgrade lagi nih.

  • Okti Li
    Okti Li 6:04 PM

    Kalau banyak aplikasi begini bisa mencoba semuanya nih. Mana yang cocok dan bisa dipahami sistem pembelajarannya.
    Secara bahasa inggris emang bahasa profesi ya jadi dibutuhkan banget untuk skala internasional

  • Han
    Han 8:04 PM

    Waah bisaa nih dipake anakku juga yaa. soalnya selama ini dia les bahas inggris di sekolah kayak ngga ada kemajuan wkwkwk emang sih, sambil main, karena masih TK juga mungkin yaa

  • Sabrina
    Sabrina 8:29 PM

    Saya hanya menggunakan duolinggo mba Diah, helpful banget sih dna belum permah cobain lainnya, penasaran banget pengen cobain aplikasi lainnya pasti banyak juga manfaatnya ya terutama buat anak anak

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 8:36 PM

    Rupanya banyak aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris nih. Makin mudah nih karena bisa belajar English secara praktis dan mudah. Cocok buat anak-anak yang sibuk sekolah dg berbagai kegiatan, belajar bahada Inggrisnya mdnggunakan aplikasi biar bisa kapan saja dan do mana saja.

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 9:24 PM

    Pernah cobain duolingo, lumayan efektif sih. Tapi penasaran juga sama yg lain akutuh, yg sepertinya juga bagus.

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 9:38 PM

    AKu addict banget dulu sama duolingo trs entah kenapa somehow jadi jarang buka hehe.. saatnya aktif lagi nih belajar bahasa asing melalui aplikasi!

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 10:36 PM

    Sejauh ini, aplikasi belajar bahasa inggris dan bahasa asing lainnya yang sudah pernah kucoba tuh baru Duolinggo. Ternyata ada beberapa apps lainnya yang bisa dicoba sesuai kebutuhan ya.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 10:57 PM

    makin banyak pilihan aplikasinya nih, jadi lebih praktis belajar. tinggal niat dan semangat belajarnya aja ya :)

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 11:06 PM

    Seru ya, banyak pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris sekarang ini.
    Anak-anak pasti makin bersemangat ikut belajar bhs Inggris...

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 11:16 PM

    Nah iya, belajar itu gak ada kata terlambat untuk memulai. Apalagi sekarang era digital, jadi kita bisa belajar sendiri kapan saja dan di mana saja melalui gawai atau smartphone kita. Lebih praktis, ya.

  • Allaely Hardhiani
    Allaely Hardhiani 11:22 PM

    Diantaranya aplikasi yg disebutkan aku baru nyobain Duolingo sama Busuu. Ternyata sudah ada banyak aplikasi buat belajar bahasa asing. Jd pengin belajar bahasa Inggris lagi nih biar makin jago.

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 11:22 PM

    Banyak juga ya aplikasi untuk belajar Bhs Inggris, aku baru tahu beberapa saja.
    Meskipun belajar melalui app tapi kalau rutin pasti kemampuan kita pun akan meningkat secara signifikan..

  • April Hatni
    April Hatni 3:09 AM

    Sekarang kalau mau belajar bahasa inggris tak perlu bingung lagi ya, banyak pilihan tempat kursus.

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 6:51 AM

    Auto save tulisannya Kak Diah nih, karena emang lagi cari-cari aplikasi untuk belajar bahasa. Udah pake Duolingo sih, cuma lagi pengen yang lengkap dengan grammernya gitu

Add Comment
comment url