Explore the blog
Thursday, April 06, 2023

Tips Membuat Ending Skrip Film yang Memukau

Menulis skenario film bukanlah hal yang mudah. Memerlukan waktu dan ketekunan untuk mengembangkan sebuah cerita yang menarik dan dapat memukau penonton. Tidak hanya harus memiliki alur cerita yang menarik, tetapi juga harus memiliki ending yang memukau dan tak terlupakan. 

Telkom Indonesia
pic: pexels

Lalu, gimana sih cara membuat ending skrip film? Nah, mari kita bahas yuk tips tentang cara membuat ending skrip film yang memukau dan menggunakan tools untuk penulisan yang efisien.


Tips Membuat Ending Skrip Film yang Memukau

Salah satu bagian penting dari sebuah film yaitu ending yang memukau. Bagaimana penonton merasa puas dan mendapatkan pesan yang diinginkan oleh penulis. Berikut tips membuat ending skrip film yang memukau. 

1. Pahami Karakter dan Arahan Cerita

Karakter dalam sebuah cerita film sangat penting untuk dikembangkan dengan baik. Dalam membuat ending yang memukau, penulis harus memahami karakter utama dengan baik dan menggali emosi yang ingin ditampilkan pada akhir cerita. Sebagai contoh, jika karakter utama memiliki sifat introvert dan menyendiri, maka penulis dapat membuat ending yang menunjukkan pertumbuhan karakter menjadi lebih berani dan sosial.

2. Buat Ending yang Konsisten

Pastikan ending yang dibuat sesuai dengan arah cerita yang telah ditetapkan sejak awal. Jangan membuat ending yang terlalu berbeda dari alur cerita karena dapat membingungkan penonton dan membuat mereka merasa kecewa. Sebagai contoh, jika film memiliki tema tentang cinta, pastikan endingnya juga berkaitan dengan tema tersebut.

3. Jangan Takut untuk Membuat Kejutan

Kejutan dalam ending dapat membuat penonton terkesan dan membicarakan film tersebut. Namun, jangan hanya membuat kejutan untuk sekedar membuat kejutan. Pastikan kejutan tersebut memiliki alasan yang kuat dan tidak hanya untuk memenuhi ekspektasi penonton.

4. Jangan Mudah Terjebak Klise

Hindari ending yang sudah terlalu sering digunakan dalam film dengan genre yang sama. Usahakan untuk membuat sesuatu yang baru dan segar. Sebagai contoh, jika film memiliki tema tentang kehidupan, jangan membuat ending yang klise seperti tokoh utama yang meninggal. Cari ending yang lebih unik dan tidak terduga.

5. Buat Ending yang Membangkitkan Emosi

Ending yang membangkitkan emosi dapat membuat penonton merasakan emosi yang ingin disampaikan oleh film. Sebagai contoh, jika film memiliki tema tentang persahabatan, ending yang menunjukkan bagaimana persahabatan tersebut membuat tokoh utama merasa bahagia dan damai dapat membuat penonton merasa haru dan terharu.

6. Hindari Ending yang Terlalu Dipaksakan

Ending yang dipaksakan hanya akan merusak keseluruhan cerita yang sudah dibangun. Jangan memaksakan ending hanya untuk memenuhi deadline atau ekspektasi penonton. Pastikan ending yang dibuat masih logis dan konsisten dengan arah cerita yang telah ditetapkan sejak awal.

7. Lakukan Revisi dan Pengeditan


IndiHome
pic: pexels

Revisi dan pengeditan akan membantu memperbaiki ending dan keseluruhan cerita. Jangan takut untuk mengubah atau menghapus bagian cerita yang tidak tepat atau tidak diperlukan. Revisi dan pengeditan akan membantu menemukan kelemahan pada cerita dan memperbaikinya.


8. Cari Feedback dari Orang Lain

Setelah melakukan revisi dan pengeditan, cobalah untuk mencari feedback dari orang lain. Feedback dapat membantu menemukan kelemahan dan kesalahan yang tidak terlihat sebelumnya. Cari feedback dari orang-orang yang bisa memberikan kritik konstruktif seperti teman, keluarga, atau bahkan dari penulis skenario profesional.


Tools Membantu Penulisan Skrip Secara Cepat dan Efisien

Dalam dunia penulisan skenario film, terdapat berbagai tools yang dapat membantu penulis skenario dalam mengembangkan cerita dengan lebih cepat dan efisien. Beberapa tools tersebut antara lain Final Draft, Celtx, dan Scrivener. Tools ini menyediakan fitur-fitur yang memudahkan penulis dalam menulis skenario seperti template format, fitur outlining, dan fitur collaboration.

Dilansir dari situs perbandingan harga gadget, tools membantu penulisan skrip secara cepat dan efisien


Peran Internet IndiHome

Internet IndiHome dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para penulis skenario film dalam memaksimalkan penggunaan tools dan mencari referensi untuk mengembangkan cerita. IndiHome menawarkan kecepatan internet yang tinggi, stabil, dan dapat diandalkan.

situs perbandingan harga
pic: pixabay

Hal ini memudahkan penulis dalam mengakses tools dan mencari referensi secara online. Selain itu, IndiHome dari Telkom Indonesia juga menyediakan fitur TV Kabel dan aplikasi streaming yang dapat membantu penulis skenario film dalam mencari referensi dan inspirasi dari film-film terbaik.

Penutup

Menulis ending skenario film yang memukau bukanlah hal yang mudah. Dalam menulis ending yang memukau, penulis harus memahami karakter, membuat ending yang konsisten, tidak takut untuk membuat kejutan, tidak mudah terjebak klise, membuat ending yang membangkitkan emosi, dan menghindari ending yang terlalu dipaksakan.

Selain itu, penulis skenario dapat memaksimalkan penggunaan tools seperti Final Draft, Celtx, dan Scrivener untuk menulis skenario secara cepat dan efisien. Dalam mengakses tools dan mencari referensi secara online, IndiHome dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para penulis skenario film karena menawarkan kecepatan internet yang tinggi, stabil, dan dapat diandalkan.


Nah, sudah siap untuk membuat ending skrip film yang memukau? Cobalah perlahan praktikkan tips ini ya. 


Semoga bermanfaat.



Diah

Whould you like to comment?

  1. Wah, ternyata ada tools-nya. Saya pikir itu beneran hasil bikinan penulis skenarionya.
    Kalo ending yang klise dan terlalu dipaksakan, biasanya seperti di film-film rasa sinetron itu ya, hehehe.

    ReplyDelete
  2. hm pasti ada tantangan tersendiri saat membuat skrip film ya mba, apalagi merumuskan endingnya yang mana jga harus bagus untuk penonton

    ReplyDelete
  3. Ending cerita yang mengejutkan di akhir film emang keren sih. Tapi ga smua sutradara mau mengarahkan penulis skrip ke arah situ. Nah ini bekal banget tuh buat penulis skrip biar filmnya makin booming.

    ReplyDelete
  4. Setiap habis nonton film dan ketika endingnya memukau, yang paling kucari siapa penulis skenario nya, karena seberapa hebat aktor dan sutradara tetap lebih hebat penulis script nya hehehe

    ReplyDelete
  5. Salah satu kekuatan sebuah cerita, termasuk cerita film adalah endingnya. Kalau saya, justru suka ending yang mengejutkan. Misalnya saya mengira endingnya A, ternyata diplintir jadi B atau C. Makanya saat menentukan sebuah ending film, memang harus banyak belajar, agar nantinya endingnya tidak biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu, kadang ada cerita yang bagusss banget tapi karena endingnya ngga ngena jadii hilang bagus di awalnya tadi hehehe..

      Delete
  6. Ending yang unpredictable di film pastinya membuat penonton jadi sangat terhibur dengan mengikuti alurnya dan ternyata di luar perkiraan, ternyata peran skrip film dalam menentukan ending film sangat besar ya

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu kalau ada tools buat membantu menulis skrip secara cepat dan efisien. Fiturnya juga banyak yah. Bisa nih jadi solusi ngebantu bikin ending skrip film yang memukau.

    ReplyDelete
  8. Ah, penasaran dengan tools buat bikin script ini. Teringat dulu belajar nulis skenario sambiil bolak-balik lihat "primbon".

    ReplyDelete
  9. Pernah ketemu yang ending ceritanya asik, ada juga yang di luar ekspektasi. Namun kalau jalan ceritanya gereget tetep sih jadi sebuah tayangan yang bisa ditonton ulang

    ReplyDelete
  10. Aku tuh berpikir bikin skrip film tuh emang nggak mudah. Secara kita harus menulis untuk menghasilkan karya audio visual yang menarik. Beda banget sama bikin cerita di mana kita memaksa pembaca buat menerjemahkan sendiri gimana visual dari cerita yang terbaca. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Penting banget itu hindari ending skrip film yang dipaksakan biar ceritanya enggak terkesan janggal ya,Mba. Pengen deh bisa serius buat skrip film gitu apalagi kalau nonton suka kagum sama jalan cerita yang dibuat penulis skenarionya.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih Tips nya
    Menggunakan tools biar hasilnya makin maksimal ya. Apalagi kemampuan yg didapat secara otodidak, kalau didampingi tools mumpuni hasilnya pasti jadi karya besar dan membanggakan

    ReplyDelete
  13. Menentukan eding sebuah film itu perlu pandangan lain yang segar ya, Mbak. Biar kata genre yang sama, tapi ending beda. Juga jangan dipaksakan, biar menarik dan penonton jatuh hati.

    ReplyDelete
  14. Jalan cerita dan skenario film itu memang sulit. Apalagi klo dah bicara skrip..kadang butuh inspirasi. Untung ada IndiHome, jd cocok buat para pembuat skrip film. Bisa cri referensi di internet

    ReplyDelete
  15. Ternyata pakai bantuan tools ya biar makin oke skripnya. Ini pengetahuan baru buatku sih

    ReplyDelete
  16. Untuk jadi penulis skenario film itu ternyata gak mudah, ya...
    Harus bisa menciptakan alur cerita termasuk ending yang memuaskan penonton.

    ReplyDelete
  17. Sekarang lebih mudah mau belajar apapun, dan tersedia software yg memudahkan pekerjaan, salah-satunya tools untuk membantu dalam pembuatan skrip film

    ReplyDelete
  18. Setuju banget sama bikin ending yang bikin emosi. Model film begini bikin geregetan penonton. Bahkan, terkadang bikin para penonton penasaran juga kalau buat film yang akhirnya bersambung nanti.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah belajar nulis skrip film meski sebenarnya tertarik. Semoga bisa pny kesempatan untuk belajar skenario dan mempraktekkan tips di atas.

    ReplyDelete
  20. Senangnya kalau bisa memanfaatkan internet cepat dari IndiHome ini
    Membuat ending skrip film jadi mudah ya

    ReplyDelete
  21. Jangan takut bikin kejutan ini work banget ya Mbak,, karena kalau ending skrip filmnya mudah ditebak jadi kurang seru, hehe... Nice!

    ReplyDelete
  22. saya suka banget ending film yang plot twist, berarti di pembuat skrip film nya keren dan cerdas nih, hehe

    ReplyDelete
  23. penasaran eh caranya bikin skrip film itu soalnya pasti beda ya, mbak dengan bikin cerpen atau fiksi gitu

    ReplyDelete
  24. Keren ya teknologi sekarang, ada banyak tools yang sangat membantu para penulis skrip film. Dan memang koneksi internet cepat apalagi dari IndiHome membantu aktivitas kita tanpa batas ya, Mbak

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^