Explore the blog
Monday, January 23, 2023

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Selain ketombe, rambut rontok merupakan permasalahan lain yang sering dikeluhkan seputar rambut. Nyatanya, banyak yang bingung bagaimana mengatasi rambut rontok. Masalah rambut memang bisa menjadikan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Karena itu tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk atau datang ke klinik khusus perawatan rambut.

mengatasi rambut rontok

Padahal ternyata kita bisa melakukan beberapa cara mudah lho untuk mengatasinya tanpa harus keluar uang banyak untuk perawatan di klinik kecantikan. Penggunaan bahan alami jauh lebih aman dan murah. Tanpa harus keluar rumah, mahkota kepala akan berkilau dan lebat kembali. Dengan beberapa langkah, kulit rambut akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok lagi.


6 Cara Mudah Agar Rambut Tidak Rontok

Rambut rontok bisa karena banyak faktor. Kamu perlu mengenalnya sebelum melakukan perawatan. Tujuannya agar kerusakan tidak semakin parah. Semua orang pasti menginginkan rambut lebat, hitam dan menawan. Ternyata untuk merawatnya cukup mudah.

Akar rambut yang rapuh dan kulit kepala kurang sehat bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika tidak segera mendapat penanganan, bukan hanya menjadikannya tipis, namun juga kepala menjadi botak. Rambut yang sehat bisa mendukung penampilan sehingga seseorang terlihat semakin menarik. Berikut cara mudah mengatasi rambut rontok secara alami.


1. Tidak Terlalu Sering Keramas

Kebersihan rambut memang perlu dijaga, tetapi mencucinya terlalu sering justru bisa merusak rambut. Nutrisi pada rambut bisa hilang bersama shampo saat proses pencucian. Pertimbangkan untuk mencucinya dua hari sekali agar sehingga mempunyai jeda untuk mengembalikan nutrisi yang hilang.

Air yang paling bagus untuk keramas adalah air dingin. Meski air panas cepat menghilangkan kotoran, terutama lemak dan minyak, namun akan membuat akarnya rapuh sehingga mudah rontok. Jika tubuh kurang sehat dan tidak tahan dingin namun harus keramas, gunakan air yang tidak terlalu hangat sehingga membuat setiap helai tetap sehat.

2. Jangan Mengikat Terlalu Kuat


rambut rontok
source pic: dove.com

Ikatan rambut yang kuat dapat menariknya sehingga akar rapuh dan mudah rontok. Rambut yang selalu terikat akan menjadi kurang sehat karena sirkulasi udara tidak lancar. Selain itu, kotoran akan terjebak, menempel dan membuat kulit kepala kurang sehat. Ini menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

3. Pastikan Kulit Kepala Selalu Bersih

Menjaga kebersihan kulit kepala sangat penting. Jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel. Debu dan kotoran lain menyebabkan pori-pori tertutup dan sirkulasi udara serta darah terganggu. Ini yang menyebabkan rambut rapuh. Selain mudah rontok juga patah dan bercabang.

Penggunaan kondisioner dan vitamin bisa membantu mengatasinya. Lapisan rambut yang normal dan sehat menjadikan debu dan kotoran lain tidak mudah menempel sehingga tetap bersih. Vitamin khusus rambut juga bisa menyediakan berbagai bahan penting untuk kesehatan rambut dan menjaga kulit kepala tetap bersih sehat tanpa ketombe.

Ketombe bukan hanya menyebabkan kulit kepala terlihat kotor dan rasa gatal, namun juga mengambil nutrisi sehingga rambut menjadi rusak. Kulit kepala yang berketombe menjadi tidak sehat dan menyebabkan rambut rusak.

4. Gunakan Shampo Sesuai Jenis Rambut

Shampo merupakan produk khusus rambut yang terbuat dari bahan tertentu. Jangan sembarangan memilihnya karena setiap varian mempunyai fungsi berbeda. Untuk rambut kering, pilih produk yang mengandung pelembab sehingga membuatnya selalu sehat. Begitu juga sebaliknya. Apabila berjenis rambut lembab, jangan memilih produk yang berminyak.

Pastikan setelah keramas mengeringkan rambut dengan benar. Penggunaan hair dryer yang terlalu panas membuat nutrisi hilang, kehilangan kelembaban, bercabang dan membuat akarnya rapuh. Sebaiknya gunakan sampai setengah kering atau biarkan kering secara alami.

5. Manfaatkan Bahan Alami


bahan alami rambut rontok

Berbagai bahan alami dapat membuat rambut menjadi kuat dan sehat. Urang-aring dapat membuat akarnya kuat sehingga tidak mudah terlepas. Lemon bisa menghilangkan ketombe yang membuat rambut menjadi rapuh dan patah. Manfaatkan bahan alami sesuai dengan kondisi masing-masing rambut sehingga nutrisi yang ada di dalamnya bisa bermanfaat untuk menyehatkan.

6. Perhatikan Nutrisi

Nutrisi makanan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut. Protein bisa membuat akar rambut menjadi kuat dan berkilau. Kesehatannya yang maksimal menjadikan setiap helai selalu terlihat indah, tidak bercabang dan tidak mudah patah.

Vitamin A, B. C, D dan E dapat membuat akar rambut menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok. Selain itu juga dapat membuat kulit kepala sehat, mencegah munculnya ketombe dan menjadikan rambut tumbuh subur.

Zinc merupakan zat yang mampu memperbaiki rambut rusak, mencegah kerontokan dan secara alami melindungi dengan memberi kelembaban. Perannya yang sangat penting bagi rambut perlu diperhatikan sehingga menjadikannya kuat.


Penutup

Masalah rambut rontok sering dialami oleh wanita, teruma pada masa kehamilan dan menstruasi. Penyebabnya karena kadar zat besi yang rendah. Sedangkan nutrisi tersebut sangat penting untuk mencegah rontok dan memperbaiki rambut yang rusak.

Mengatasi rambut rontok cukup mudah. Hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah kebersihan dan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Dengan perawatan di rumah dan memperhatikan beberapa poin di atas, akar rambut akan menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok.



Semoga bermanfaat, 



Diah

Whould you like to comment?

  1. Aku jadi rontok rambutnya sejak melahirkan anak pertama terus yang kedua. Sudah banyak sih usaha sampai akhirnya biarlah. Tapi rontoknya hanya sesudah melahirkan saja

    ReplyDelete
  2. Ini sempet jadi PR ku lamaaa mba. Rontok ga karuan sampe tipiiis. Tapi memang aku usahain banget utk ttp makan yg bergizi, trus minum suplemen biotin. Ini ngaruh utk menguatkan rambut.

    Aku juga Bbrp kali ganti shampo saking ga ada yg cocok. Akhirnya Nemu sih, tapi memang harganya masih lumayan mahal 😄. Cuma Krn utk saat ini, yang paling cocok itu, jadi udahlaah aku ttp pakai.

    Dan memang jgn terlalu sering keramas. Aku yg tadinya olahraga tiap hari, yg ujung2nya hrs keramas Krn keringetan, jadi ngurangin waktu workout. Jadi 2 hari sekali supaya samaan dgn jdwal keramas 😁

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^