6 Tips Jitu Lolos Psikotes, Job Seeker Wajib Tahu!

Mendapatkan pekerjaan impian pastilah menjadi harapan semua orang. Namun sebelum memasuki dunia kerja akan banyak hal yang harus dilalui sebelumnya, seperti mencari pekerjaan yang benar-benar cocok dengan background pendidikan, perusahaan yang punya peluang karir baik, dan masih banyak lagi pertimbangan sebelum memutuskan memilih salah satu tempat untuk bekerja. 

tips lolos psikotes

Psikotes menjadi salah satu tahapan yang wajib dilewati oleh para job seeker saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Bahkan saat mengikuti seleksi CPNS sekalipun tes ini juga menjadi salah satu syarat. Itulah mengapa tips lolos psikotes sangat dibutuhkan supaya para job seeker bisa mendapatkan pekerjaan impian tanpa perlu melewati banyak drama.

Trik Menghadapi Psikotes

Psikotes itu sendiri merupakan salah satu tahapan tes yang dilakukan perusahaan untuk mengenali individu berdasarkan personality dan intelegensinya. Terkadang psikotes dianggap mudah padahal sebenarnya cukup sulit untuk dilewati apalagi dengan hasil yang memuaskan. Berikut ini 6 tips jitu yang bisa diterapkan agar bisa lolos psikotes:
 

1. Tetap Tenang

Pertama-tama, tetaplah tenang saat ujian psikotes ini dimulai. Psikotes memang menjadi momok besar bagi banyak orang, namun bukan berarti jenis tes ini harus ditakuti. Sebagian besar orang yang akan menghadapi ujian ini memang biasanya merasa takut dan pada akhirnya tidak bisa mengerjakan dengan tenang.

Cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Pahami bahwa ujian ini sama saja dengan tes-tes lain yang mudah untuk dikerjakan. Sebelum mengikuti tes, coba cari tahu dulu sebenarnya apa itu psikotes dan jenis pertanyaan apa saja yang akan dihadapi. Ini lebih memudahkan Temans untuk menghadapi psikotes secara tenang.
 

2. Perhatikan Setiap Soal yang Ada

Selanjutnya perhatikan setiap soal yang ada dalam ujian psikotes tersebut. Jangan terburu-buru mengerjakan namun luangkan waktu sebentar untuk memeriksa semua soal yang diberikan. Ini akan membantu kita untuk mengenali apa saja jenis soal yang harus dikerjakan.

Pada dasarnya memang semua psikotes memiliki bagian-bagian soal yang sama. Itulah mengapa kita perlu banyak berlatih sehingga bisa mengenali jenis-jenis soalnya dengan mudah. Ini akan membantu untuk mengetahui strategi pengerjaan seperti apa yang bisa dilakukan.
 

3. Baca Instruksi dengan Cermat

Pastikan untuk selalu membaca instruksi pengerjaan soal dengan cermat. Ini sangat penting mengingat psikotes terdiri dari beberapa bagian soal dan petunjuk pengerjaannya berbeda-beda. Oleh sebab itu bacalah instruksinya terlebih dahulu dan pahami bagaimana agar bisa menyelesaikan soal-soal tersebut.

Jika Temans sudah banyak berlatih sebelumnya, hal ini tentu tidak akan sulit untuk dilakukan. Hanya dengan melihat tipe soalnya saja kita sudah bisa tahu tujuan soal tersebut dan bagaimana langkah pengerjaannya. Jadi memang sebelum masuk ke pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, penting sekali untuk memahami dulu perintah pengerjaan dan petunjuk yang tertera di soal.
 

4. Kerjakan Sesuai Urutan

Lebih disarankan untuk mengerjakan psikotes sesuai urutan. Perlu diketahui bahwa soal-soal psikotes biasanya akan disajikan dengan waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Manajemen waktu dalam mengerjakan soal psikotes sangatlah penting supaya kita bisa mengerjakan semuanya tanpa ada yang terlewat. Jadi lebih baik kerjakan saja secara berurutan supaya semua soal bisa selesai tepat waktu.

psikologi tes
pic: freepik.com

Pengerjaan sesuai urutan soal juga akan mempermudah dalam menyelesaikan soal. Lain halnya jika dikerjakan tidak berurutan, Temans mungkin bingung mana tadi yang sudah dikerjakan dan mana yang belum. Ingat, setiap kali berpindah ke bagian soal yang lain perhatikan alokasi waktunya sehingga bisa tahu berapa lama waktu yang dimiliki untuk mengerjakan bagian soal tersebut.
 

5. Hindari Terlalu Lama Mengerjakan Satu Soal

Banyak sekali orang yang terbiasa berdiam diri terlalu lama di satu soal. Stuck di satu soal akan membuat mereka menghabiskan terlalu banyak waktu. Biasanya ini terjadi karena soal tersebut sulit dan peserta harus menggunakan banyak waktu untuk memikirkan jawabannya. Padahal lamanya waktu berpikir tidak akan mengubah soal tersebut, pasti tetap sulit.

Lebih baik putar otak lebih cepat agar bisa menjawab pertanyaan tersebut. Meskipun mungkin jawabannya kurang yakin, tidak masalah. Temans nantinya masih punya kesempatan untuk mendapatkan jawaban benar di soal-soal lainnya. Jangan menguras waktu dan energi di satu soal saja.
 

6. Jangan Menunda Jawaban

Seringkali disebutkan bahwa salah satu tips lolos psikotes adalah dengan mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Sebenarnya tips ini tidak terlalu tepat karena seringkali peserta justru membuang banyak waktu untuk kembali ke soal-soal yang belum dikerjakan. Belum lagi jika soal tersebut malah terlewat dan pada akhirnya tidak dikerjakan sama sekali.

Daripada mengerjakan soal dengan metode lompat-lompat seperti ini, lebih baik kerjakan saja secara berurutan dan jangan menunda jawaban. Perlu diketahui bahwa menunda jawaban dan lompat ke soal yang lebih mudah hanya membuang waktu. Pada akhirnya sama saja, soal tersebut juga tetap akan terasa sulit. Jadi lebih baik langsung kerjakan saja sesuai kemampuan dan ambil jawaban yang terbaik.


Penutup

Psikotes memang tidak mudah untuk dilewati. Namun dengan adanya tips lolos psikotes ini, semoga Temans yang sedang mempersiapkan menghadapi ujian psikotes bisa lebih mudah menjalaninya ya. Jangan lupa, selalu berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan tes agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi dan dinyatakan lolos.

Ada yang punya pengalaman seru ketika mengikuti ujian psikotes? Atau punya tambahan tips lolos psikotes juga boleh banget lho tambahin di kolom komentar. 


Semoga bermanfaat.



Diah

Next Post Previous Post
18 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 9:41 AM

    Tes yang sering bikin gagal paham dan menegangkan ini mah, apalagi kalau udah berhadapan sama psikotes perusahaan rasanya keringat dingin keluar. Padahal yang kita butuhkan adalah tetap tenang dan cermat. Terima kasih sharingnya!

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 11:20 AM

    Ada temenku yg HRD bilang, psikotes itu sbnrnya ga ada salah ga ada bener. Dari jawaban2 yg dikasih peserta, mereka bisa menilai seperti apa karakter orang tersebut. Bukan tes yg hasilnya saklek kayak tes biasa.

    Itu yg bikin aku tenang pas dulu rutin ngikutin tes2 psikotes ini 😁. Dan ngerasain banget psikotes yg diadain Ama company besar dan asing, beda Ama psikotes yg aku coba di perusahaan kecil 😅. Belum lagi soal2 yg ditulis dlm BHS Inggris pas ikut tes di foreign companies.

    Paling sebel kalo tesnya bikin gambar mba 🤣. Soalnya aku ga jago blaaaas menggambar hahahaha. Lebih suka yg hitungan atau nalar.

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 9:08 AM

    Lolos psikotes ini gampang-gampang susah ya dan soalnya banyak juga jebakannya karena penilaiannya sebenarnya termasuk ketelitian, kemampuan logika, daya ingat, juga kemampuan mental. Selain itu tentu saja karakter kandidat pelamar kerjanya. Tips ini bisa bantu banyak nih buat yang mau melamar kerja.

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 12:16 PM

    ketenangan adalah koentji yaa mba hahah aku dulu juga pernah beberapa kali ikut psikotes, bukan buat job sih. itu kudu tenang banget dan yang penting sehat.. malamnya kudu tidur cukup juga

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 5:53 PM

    tes psikotest emang suka bikin nervous yaa, kadang karena gugup ya malah ga bisa jawab soal, stay calm and cool wajib banget emang yaa

  • HendraDigital
    HendraDigital 7:54 PM

    Paling deg-degan memang menghadapi tes wawancara dan juga tes psikotes. Padahal kuncinya memang tetap tenang. Tapi tetep aja rasa grogi terus hinggap. Psikotes ini lebih ke jawaban yang kreatif ya. Terima kasih atas tipsnya ya...

  • Manik Swadiaya
    Manik Swadiaya 5:55 AM

    psikologis ini memang di jaman sekarnag sangat penting, sebab tak semua orang sama loh meskipun nilai di atas kertas baik akademisnya belum tentu mentalnya bagus juga ketika menerima banyak tekanan

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 1:43 PM

    Benar juga ya. Psikotest tu kayak ujian rumit yang paling kita takuti. Dulu, aku dapat masukan (lupa dari siapa). Emang katanya kerjakan saja yang mudah terlebih dahulu. Tapi kalau dipikir-pikir lagi. Apakah dengan begitu, kita lantas bisa mengerjakan soal yang sulitnya.

  • lendyagassi
    lendyagassi 4:38 PM

    Memang kalau judul besarnya adalah "tes" ini kerap bikin panik dan deg-degan sehingga kadang tau banget, tapi karena keringat dingin, jadi berakibat fatal.

    Yang perlu dipahami bahwa psikotes harus tenang dan semoga dalam kondisi badan yang fit sehingga bisa berpikir jernih. Benar sekali yaa.. jangan terlalu lama di satu soal. Karena waktu yang disediakan terbatas dan ada sejumlah soal yang harus diselesaikan. Seringkali kalau uda stuck rasanya semakin panik sendiri.

  • R Palupi
    R Palupi 7:48 PM

    Aku kalau menghadapi soal psikotes justru excited banget. Rasanya kayak main kokologi gitu lho mbak.

  • Narasi Nia
    Narasi Nia 8:02 PM

    Setuju banget sama poin pertama yang harus tetap tenang. Karena sesuai pengalaman, psikotes itu sebenarnya uadalah ujian untuk dri sendiri. Jadi dibawa santai aja. Gak usah tegang

  • gemaulani
    gemaulani 8:23 PM

    Wah, makasih tipsnya mba, saya kadang ngerjainnya ada yang lompat2 kalau susah, ternyata emang malah buang waktu buat balik lagi ke soal yang terlewat, bahkan bisa nggak kekejar untuk dikerjakan :(. Noted banget tips terakhir.

  • Sabrina
    Sabrina 9:03 PM

    Tipsnya pastinya bermanfaat sekali buat para pencari kerja apalagi buat pemula niy mba Diah, saya juga mau melamar kerja lagi bisa bermanfaat niy

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 9:34 PM

    Yuppp psikotes sudah beberapa kali ikut, yaaa emang ada rasa tegang sih tp.memang harus fokus santai kalau gugup tegang malah tidak bisa berfikir.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 10:49 PM

    Mencari pekerjaan di zama sekarang ini lumayan susah ya mbak
    Salah satu tesnya ya psikotes ini
    Tips ini bisa membantu untuk lolos psikotes

  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani 11:39 PM

    jadi inget pernah psikotes sekali waktu baru wisuda hahaha ya Allah itu ngerjain soal sambil flu parah mbak, udah pasrah banget sama hasilnya, pas hasilnya keluar, eh directornya bilang "maaf kamu nggak cocok kerja di sini" hahahaha

  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah 11:58 PM

    DIbutuhkan konsentrasi penuh untuk bisa mengerjakan psikotes memang. Kalau bagian nalar, logika, atau hitungan bisa lah dikondisikan. Aku selalu lemah saat sudah bagian gambar, Mbak. gak masok blasss gambarku :D

  • Damar Aisyah
    Damar Aisyah 12:12 AM

    Ohh, jadi tetep urut soal aja ya. Jaman dulu aku seringnya loncat2. Ya sih, kalau buat psikotest kadang2 malah jadi mumet sendiri kalau bolak-balik nyari soal yg blm dikerjakan.

Add Comment
comment url