Explore the blog
Tuesday, July 26, 2022

Program Beasiswa dari JNE Dukung Pendidikan Siswa SMK

Liburan sekolah telah usai! Kalau untuk Kota Kendari sendiri sebagian sekolah sudah mulai melakukan proses pembelajaran tahun ajaran baru sejak dua minggu yang lalu yaitu 11 Juli 2022. Namun ada juga sebagian yang memulainya seminggu kemudian atau 18 Juli 2022, tepatnya sekolah yang di bawah naungan Kementerian Agama, seperti sekolah ponakan saya di salah satu MTSN Kota Kendari. 

beasiswa JNE untuk SBK Parigi


Tahun ini, Si Tengah juga sudah mulai masuk sekolah Taman Kanak-Kanak. Hampir dua minggu ini aktivitas saya di pagi hari pun berbeda karena menunggui anak-anak di sekolah. Syukurnya sih sekolah kedua anak saya berdampingan jadi tidak begitu ribetlah. Kayaknya bakalan beda urusan deh jika nanti mereka lulus SMP dan memilih sekolah lanjutannya. Mereka nanti bakalan pilih SMA atau SMK ya? Hohohh. 

Memilih Sekolah Setelah SMP: SMA atau SMK, Mana yang Lebih Baik? 


Hmm, anaknya baru kelas 2 SD dan TK B aja udah repot mikir SMA atau SMK, Mak? Ribet amat hidupnya!

Hahahahay, sebenarnya bukan ribet sih tapi gak ada salahnya dong ya dari sekarang menyiapkan bekal ataupun gambaran pendidikan mereka nantinya. Secara, anak zaman sekarang kan pada kritis-kritits kan ya pemikirannya. Makanya nih kalau suatu hari nanti mereka bertanya baiknya masuk mana, ke SMA atau SMK setelah lulus SMP? Sebagai orang tua harus bisa ngasih gambaran real tentang kedua sekolah ini dong ya karena sebagai orang tua tentu ingin dong memberikan yang terbaik untuk anak-anak tercinta.  

Kalau mamanya dulu sih sekolahnya di SMA, begitupula dengan Bapaknya yang juga bersekolah di SMA. Tapi kalau pada akhirnya anak-anak ingin memilih SMK tentu gak boleh ditentang juga dong karena SMK juga tidak kalah bagus kok dengan SMA. Apalagi SMK kan punya banyak jurusan yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakat anak. Jebolan dari SMK juga bisa kok lanjut ke perguruan tinggi dan bisa memilih jurusan yang sesuai dengan basic pendidikan maupun minat mereka. 


7 Jurusan di SMK yang Paling Banyak Diminati 


Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK memiliki begitu banyak jurusan yang bisa diambil oleh peserta didik. Dari sekian banyak jurusan tersebut ada beberapa yang paling diminati karena memiliki prospek yang baik di bidang karir masa depan antara lain: 

1. Jurusan Akuntansi 

Bagi anak SMK, jurusan Akuntansi ini jadi idola. Ibarat kata di SMA sih jurusan akuntansi inilah unggulannya yaitu IPA. Banyak yang memilih jurusan akuntansi karena peluang kerja yang sangat besar karena tentu saja semua perusahaan membutuhkan tenaga akuntan. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu keuangan yang meliputi pencatatan transaksi, mengelompokkan, mengelola dan menyajikan data transaksi keuangan. 

2. Jurusan Administrasi Perkantoran 

Jurusan berikutnya yang paling banyak diminati ialah administrasi perkantoran yang mana profesi yang bisa digeluti antara lain admin, sekretaris maupun reception atau front office. Di jurusan ini peserta didik akan belajar banyak hal seputar lingkungan kerja di perkantoran seperti menyusun dokumen, pengelolaan surat menyurat hingga pengelolaan arsip kantor. 


3. Jurusan Pariwisata

Saat ini bisnis pariwisata semakin banyak diminati oleh masyarakat seiring dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik perhatian untuk dikunjungi. Hal ini pula yang membuat jurusan pariwisata yang memang sejak dulu banyak diminati siswa semakin menjadi pilihan bagi siswa SMK yang nantinya lulusan dari jurusan ini bisa menjadi tour guide, bekerja di sektor pariwisata dan perhotelan, ataupun membuka sendiri bisnis biro perjalanan. Siswa di jurusan pariwisata akan banyak mempelajari penguasaan bahasa asing, pelayanan, komunikasi, dan juga informasi seputar lokasi wisata. 

4. Jurusan Multimedia 

Teknologi yang semakin berkembang membuat jurusan multimedia pun juga menjadi sebuah jurusan yang saat ini banyak diminati oleh siswa SMK. Dimana pada jurusan ini nantinya mereka akan belajar seputar pengembangan web, multimedia, pembuatan animasi, video komersil dan industri media lainnya yang mana nantinya lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu melanjutkan karier sebagai designer, videographer, animator, dan masih banyak lagi peluang karier yang bisa digelutinya. 

5. Jurusan Boga 

Tidak jauh beda dengan pariwisata, jurusan tata boga juga banyak diminati oleh siswa SMK. Jurusan ini juga salah satu jurusan yang sudah lama eksis dan sejak dahulu memiliki banyak peserta didik. Di jurusan ini siswa nantinya tidak hanya belajar masak saja tapi juga tentang menghitung nilai gizi, mengelola bisnis kuliner, penyajian makanan agar lebih menarik dan lain sebagainya. Karier yang potensial untuk jurusan boga yaitu menjadi koki utama, asisten koki, pelayan resto atau bahkan juga bisa membuka usaha di bidang kuliner. 

6. Jurusan Tata Busana

Sama seperti jurusan boga, administrasi perkantoran, akuntansi, nah jurusan tata busana ini juga sudah lama menjadi pilihan jurusan di SMK dan banyak diminati oleh para siswa. Terlebih lagi saat ini dunia fashion semakin berkembang, tentu saja banyak yang ingin untuk lebih dalam belajar mengenai pengetahuan dasar tekstil, dasar desain, membuat pola, teknik menjahit, desain busana dan lainnya. Lulusan dari jurusan tata busana ini nantinya bisa menjadi fashion designer, fashion stylist, ataupun juga membuka usaha dibidang tekstil. 

7. Jurusan Farmasi

Pada jurusan ini nantinya siswa akan banyak belajar  tentang obat-obatan, bahan-bahan kimia, dan yang berkaitan dengan kesehatan. Meski jurusan farmasi di SMK terbilang belum terlalu lama namun saat ini menjadi jurusan banyak diminati karena memiliki peluang kerja besar di masa yang akan datang seperti dapat menjadi asisten apoteker, bahkan bisa menjadi apoteker jika nantinya melanjutkan kuliah di jurusan farmasi. Selain itu lulusan SMK jurusan farmasi ini nantinya bisa bekerja sebagai peneliti farmasi dan bekerja di Badan Pusat Obat dan Makanan serta punya peluang kerja di bidang lainnya.  


Tips Memilih Jurusan SMK yang Pas 

Peluang kerja di SMK memang dikenal luas, olehnya itu sangat penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ketika anak akan memilih jurusan yang pas saat belajar di bangku SMK nantinya. 

  • Lihat bakat dan minat Anak; pertama-tama lihatlah bakat dan minat yang dimiliki oleh anak, agar nantinya anak bisa belajar dengan tidak merasa terbebani melainkan belajar seperti sedang melaksankaan hobi. 
  • Sesuaikan dengan cita-cita Anak; Jika anak ingin menjadi chef profesional,  Atau fashion designer? Atau bekerja di bidang multimedia? Bisa banget nih mewujudkannya dengan memilih jurusan di SMK yang sesuai dengan cita-cita.  Hal ini tentu anak membuat anak memiliki motivasi tinggi untuk belajar dan semangat meraih cita-citanya. 
  • Mengumpulkan banyak informasi tentang jurusan yang ingin dipilih; Misalnya dengan bertanya kepada orang yang bersekolah atau mengajar di SMK, membaca profil jurusan pada SMK tertentu yang mana biasannya akan menyajikan prospek kerja di masa depan juga perusahaan apa saja yang bekerja sama dengan SMK. 
  • Pilih jurusan yang paling banyak peminatnya; biasanya jurusan yang paling banyak diminati mengindikasikan bahwa jurusan tersebut memiliki peluang kerja tinggi yang luas sehingga dapat dijadikan rujukan saat memilih jurusan SMK. 


JNE Dukung Pendidikan Anak Indonesia, Donasi Beasiswa Untuk SMK Karya Bakti Parigi Pangandaran


Sudah punya gambaran jurusan apa yang akan direkomendasikan untuk anaknya? Saya pribadi tentu tak pernah ragu dong ketika anak ingin memilih SMK sebagai pilihan pendidikan menengahnya nanti. Apalagi SMK juga berpeluang lho mendapatkan beasiswa pendidikan sama seperti sekolah lainnya. Sebut saja beasiswa dari JNE, salah satunya. 

Yups, benar kok beasiswa dari JNE. Sebagai perusahaan yang selalu berinovasi dan melakukan pengembangan, JNE berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas agar terbentuk ekosistem yang dapat menghasilkan manfaat dan kolaborasi yang berkesinambungan. Sebagai bentuk rasa syukur. 

JNE dengan tagline Connecting Happiness yang tahun ini akan memasuki usia 32 tahun, hingga saat ini masih terus konsisten untuk berbagi kebahagiaan kepada pelanggan setia maupun masyarakat Indonesia terlebih lagi di masa pandemi ini.  Salah satu bentuk kepedulian JNE di bidang pendidikan yaitu dengan memberikan donasi beasiswa kepada SMK Bakti Karya (SBK) Parigi Pangandaran yang dilakukan baru-baru ini. 


SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran, Sekolah Multikultural Indonesia


SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran adalah sekolah kejuruan yang menyediakan beasiswa penuh bagi para siswa yang berasal dari seluruh penjuru nusantara dengan latar belakang beragam budaya yang mana mewakili ke Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia. 


Penyerahan beasiswa sekaligus silaturahmi ini berlangsung di Ballroom kantor JNE, Selasa 19 Juli 2022. Siswa SMK Bakti Karya Parigi ini juga berkesempatan melakukan office tour sekaligus berkenalan dengan Presiden Direktur JNE - Bapak M. Feriadi Soeprapto, Doedi Hadji selaku Head of Marketing Communication JNE, Ayu Prasetyo selaku Human Capital Operation Division Head, serta dihadiri pula oleh pegiat literasi yang selalu menjunjung tinggi toleransi keberagaman di Indonesia,  Maman Suherman atau dikenal juga dengan sapaan Kang Maman. Kehadiran Kang Maman di acara silaturahmi ini juga sekaligus memberikan banyak sekali inspirasi dan motivasi kepada seluruh siswa yang hadir. 

silaturahmi SMK Bakti Karya


Pada kesempatan silaturahmi ini, Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE menyampaikan pesan bahwa “Dalam menjalankan bisnis, langkah JNE akan tetap memberikan kebahagiaan bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan semangat Connecting Happiness. JNE akan berkomitmen untuk terus memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan keunikan dan kekhasansiswa-siswi SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran yang berasal dari berbagai suku dan daerah Indonesia,mulai dari Sabang sampai Merauke.”

Tidak hanya itu, Ai Nurhidayat selaku pendiri SMK Bakti Karya (SBK) Parigi Pangandaran yang berdiri sejak tahun 2016 mengatakan bahwa tahun ini memasuki angkatan ke-7 kelas multikultural yang berasal dari 7 kota yaitu: Jayapura, Sorong, Ambon, Kupang, Ujungpandang, Palembang dan Pekanbaru. Ditambahkannya pula bahwa SBK merupakan sekolah multikultural yang membuka beasiswa bagi siswa yang ingin mengenyam pendidikan di SMK ini. "Kami membuka akses beasiswa penuh dengan melibatkan publik seluas-luasnya agar transparan diketahui segala proses belajar mengajar serta memberikan kesempatan kepada siswa bersekolah selama 3 tahun" ungkapnya. 

Ai pun juga berharap dapat menemukan pola pembelajaran kontekstual dan menghargai karakteristik budaya yang menempel pada masing-masing siswa yang memiliki beragam suku. Jadi, di sekolah ini mereka tidak sekadar beburu ilmu atau nilai di sekolah saja, melainkan sebagai tempat mencari penghidupan, lebih jauh dari itu mereka pun justru memperoleh kebahagiaan dengan hidup yang penuh rasa damai, rukun dan selaras. 

Notulensi dari Kang Maman


Sedangkan Kang Maman memberikan notulensi acara silaturahmi ini dengan menyampaikan beragam inspirasi, "Banyak cerita di antara yang sering dikirimi buku pelajaran atau buku rohani dari beragam suku yang ada di Indonesia untuk saling berbagi dengan yang berbeda suku dan agama. Bahwa di Indonesia ke-Bhineka Tunggal Ika-an itu sangat luar biasa, berbeda bahwa kita satu dengan keberagaman ini dan tidak Bhineka maka tidak Indonesia."

Pesan dari Kang Maman bahwa dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan, setiap individu harus memiliki empati, ini berhubungan dengan bagaimana perhatian orang lain untuk saling mendukung terhadap sesama yang membutuhkan seperti halnya yang telah dilakukan oleh JNE kepada SMK Bakti Karya Parigi. Kang Maman pun juga menambahkan bahwa "Empati bukan hanya persoalan kita bersimpati kepada orang dengan apa yang dirasakannya akan tetapi empati itu adalah empat suku kata yang dibelakang nya, dan JNE dapat bertahan selama 32 tahun karena rajin untuk silaturahmi, berbagi, memberi dan menyantuni" jelasnya. 


...


Selalu salut dengan komitmen dari JNE yang selalu memberikan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat Indonesia. JNE bukan hanya mengedepankan profit semata tapi lebih dari itu bahwa selalu konsisten untuk bisa memberikan kebahagian, Connecting Happiness yang mana didalamnya selalu membawa kebaikan kepada semua dengan berbagi, memberi dan menyantuni termasuk didalamnya dengan memberikan beasiswa sebagai bentuk dukungan JNE pada pendidikan Indonesia, kepada SMK multikultural yang memiliki nilai Bhineka Tunggal Ika. 

Semoga dengan beasiswa ini siswa SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran bisa lebih semangat dalam belajar dan nantinya menghasilkan karya terbaik mereka untuk bangsa. Harapan lainnya pula, semoga di lain kesempatan sekolah lain pun juga bisa berkesempatan yang sama mendapatan beasiswa dari JNE. 



Diah

Whould you like to comment?

  1. Anak SMK hadir dan tunjuk jari, eh salah, mantan anak SMK, hahaha.
    Tapi jurusannya nggak masuk nih.

    Saya tuh dulu masuk SMK asal masuk aja sih, padahal SMK sebenarnya punya kelebihan, salah satunya kita jadi lebih punya skill khusus dibanding anak SMA.

    Senang banget liat JNE peduli dengan beasiswa pendidikan buat anak SMK, semoga makin banyak anak-anak sukses dari SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran ini ya

    ReplyDelete
  2. Salut sama JNE yang mendukung pendidikan anak2 SMK Bakti Karya melalui program beasiswanya. Memang benar, anak2 lulusan SMK semakin bagus kualitasnya, sudah fokus dengan minat dan keterampilan pilihannya. Semoga JNE berkesinambungan dengan program2nya kini dan nanti aamiin

    ReplyDelete
  3. Jurusan teknik malah banyak banget dibutuhkan di Cikarang Mba. Maklum kota industri, perusahaan lebih banyak mencari anak smk yang jurusan teknik.
    Btw, JNE keren ya udah dukung UMKm sekarang ngasih beasiswa untuk SMK.

    ReplyDelete
  4. Wah keren ya JNE seandainya dulu udah ada beasiswa JNE di sekolahku btw aku smk dulu jurusan pemasaran, emang bagus sih alhamdulillah bisa lanjut kuliah, yg lain juga bisa milih kuliah apa mau kerja.

    ReplyDelete
  5. JNE memang kereen..

    Ikut seneng JNE peduli dengan pendidikan anak bangsa, khususnya dari SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran .. semoga kedepan manfaatnya bisa diterima lebih luas utk sekolah-sekolah lainnya

    ReplyDelete
  6. Saya nih termasuk jebolan smk jurusan tata busana yg lanjut kuliah teknik informatika.. Wkwkk,, gak ada hbungannya sama skali yaa.. Tp sampai saat ini smua ilmu itu masih bisa saya gunakan sampai saat ini.. Alhamduliah yaa :D

    ReplyDelete
  7. Menurutku sekarang SMK keren-keren sih. Terlebih daya serapnya di dunia kerja cukup tinggi, mereka juga cukup cakap melanjutkan di jenjang perguruan tinggi. Keren yah, CSR JNE meliputi banyak bidang, enggak cuma soal UMKM tapi juga pendidikan

    ReplyDelete
  8. Dulu saya juga anak lulusan SMA, tapi kalau saat ini anak-anak mau ke SMK pun nggak masalah. Apalagi jurusannya banyak banget. Salut buat JNE untuk beasiswanya. Pasti sangat membantu :)

    ReplyDelete
  9. ku jadi ingin kembali ke masa sekolah biar bisa ikutan merasakan beasiswa SMK dari JNE, semoga dukungan dari JNE dengan beasiswa ini ada terus setiap tahun

    ReplyDelete
  10. bagus nih mba, karena biasanya memang jurusan SMK yang banyak dicari ama perusahaan ya.. biar bisa langsung kerja gitu. kalau ada beasiswa, malah lebih ringan lagi nih orangtuanya

    ReplyDelete
  11. Wah beneran baru tahu aku kalau ada beasiswa ini. Kayaknya bakal aku infoin ke keponakan yang SMA barangkali bermanfaat

    ReplyDelete
  12. kalau sekolah SMK saya ngeliriknya farmasi sih soalnya kayaknya lumayan banyak lapangan pekerjaannya. sekarang kayaknya sekolah semakin banyak pilihan sih nggak harus SMA bahkan ada juga yang homeschooling ya, mbak

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ternyata JNE punya program di bidang pendidikan juga.Makin salut sama JNE jadinya.

    ReplyDelete
  14. Secercah harapan kembali ada berkat JNE. Bisa sekolah lagi, alhamdulillah

    ReplyDelete
  15. Gimana enggak makin berkah ya JNE, menebar kebaikan dimana-mana. Pantesan aja usahanya lancar dan sering mendapat penghargaan. Maju terus JNE untuk generasi bangsa yg cerdas

    ReplyDelete
  16. Salut banget sama JNE. SMK menurut aku tu menjanjikan juga loh. Kita belajar ketrampilan yang udah pasti kepake di dunia kerja. Jd udah siap tuh untuk lgsg kerja

    ReplyDelete
  17. Untuk langsung berkarir memang asiknya masuk SMK ya, karena langsung menjurus keahliannya sesuai minat. Apalagi ada dukungan beasiswa pendidikan dari JNE, jadi menambah semangat untuk belajar dan berprestasi

    ReplyDelete
  18. JNE penuh perhatian ya dengan anak bangsa. Senang kalau ada instansi yang perhatian seperti ini. Semoga generasi bangsa selanjutnya terus makin maju dan mampu mengembangkan negeri ini sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  19. Wah, jadi pengin sekolah lagi dan dapat beasiswa... hehe. Tapi jurusan di Smk sekarang keren-keren ya Mba. Eh, baru tahu JNE memberikan beasiswa. Mantap euy.

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah, salut buat JNE, bisa berbagi dan ikut mencerdaskan anak bangsa.
    Kalau dipikir-pikir, SMK memang bisa jadi lebih unggul dibanding SMA. SMK belajarnya lebih spesifik sejak awal. Apalagi kalau ditambah berkuliah di jurusan yang sama, mestinya lulusan yang dihasilkan lebih unggul dan mumpuni, karena belajar sesuai jurusan sudah lebih mendalam dan detail.
    Meski saya lulusan SMA, tapi gak masalah kalau nantinya anak-anak ingin lanjut ke SMK, asal jurusan yang dipilih memang sesuai bakat dan minatnya, tidak asal masuk aja.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^