Explore the blog
Thursday, December 02, 2021

Cara Meningkatkan Traffic Blog. Bekal Ngeblog di HUT BW Asik

Apa yang sering membuat galau para Blogger? Hmm, Backlink, DA/PA yang tiap bulan selalu berubah. Selain itu yang tidak kalah serunya dibahas juga adalah tentang traffic blog atau page view (PV) dari sebuah blog. Apalagi belakangan page view menjadi salah satu poin penilaian untuk sebuah job. Uhukk, makin banyak ya PRnya? Harus semangat dong! 

Cara-meningkatkan-traffic-blog-ala-bang-Doel

Sejak ganti template blog di awal tahun 2021 ini dan saya juga sedikit demi sedikit menerapkan ilmu SEO yang saya dapatkan di kelas SEO Moms dan juga kelas-kelas gratis lainnya,  Alhamdulillah page view blog ini pun mulai merangkak meski masih jauh berbeda dari beberapa teman dekat saya. 
Namun saya cukup senang ketika di akhir bulan melihat traffic blog saya selalu mengalami peningkatan. Terakhir di bulan November kemarin sudah mencapai angka 5.200. Ini ada kenaikan sebesar 600 views dibanding bulan Oktober. Senang dong, apalagi akhir bulan lalu itu dapat ilmu baru lagi dari Bang Doel saat memperingati HUT BW Asik. Hmm, BW Asik apaan tuh? Penasaran? Makanya baca sampai tuntas yak! 😁 


Lika-Liku Mengejar Traffic Blog


Saya itu termasuk yang progress ngeblognya terlambat karena di saat orang semua sudah punya PV puluhan ribu, hmm blog saya nilainya baru ribuan bahkan pernah malah traffic blog saya anjlok sampai dua bulan. Kebayang gak sih galaunya saya saat itu? Huhuh. Alhamdullillah sekarang sih sudah mendingan. Itu pun juga dapatnya dari hasil setengah begadang blogwalking ke sana kemari demi menuntaskan tugas. Secara jika memang ada artikel yang butuh PV tertentu untuk report, pasti saya bakalan drop link sana sini biar target bisa segera tercapai. Padahal jika tahu ilmunya dengan baik dan bisa menerapkannya pasti traffic blog akan meningkat. 


traffic blog diahalsa


Beruntunglah saya di tanggal 19 November 2021 lalu bisa ikut hadir di HUT Kedua BW Asik dan bisa menyimak ilmu daging dari Bang Doel yang memang punya traffic blog tinggi. Makanya Beliau diampuh jadi pembicara pada hari spesial itu. Nah, biar ilmunya juga mengalir dan sama-sama dapat pahala saya juga mau sharing nih tips-tips cara meningkatkan traffic blog aLa Bang Doel. Eh, siapa sih Bang Doel itu? Belum kenal? Cus gih langsung ke blognya aja: doel.web.id tapi wajib baca ini dulu yeee. 


Cara Meningkatkan Traffic Blog aLa Bang Doel


Bagi Blogger yang memang mengoptimasi blognya atau dikenal juga dengan monetize blog, pasti traffic menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi si pemilik blog. Tapi jika ngeblognya just for fun aja tidak mengingkan transferan dari klien mah traffic blog bukan hal yang istimewa. 

Bicara tentang traffic disini adalah pengguna internet yang mengunjungi sebuah website/blog. (Doel, 2021)

Menurut Bang Doel, ada 3 tahapan dalam meningkatkan traffic blog yaitu: 

1. Persiapan Sebelum Membuat Konten


Dalam tahapan ini kita hendaknya mengecek kesehatan blog kita atau dikenal dengan Audit On-Page yang meliputi kecepatan, tampilan (User Interfance) dan pengalaman pengguna (User eXperience), struktur halaman, dan lainnya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, sebelum memulai menulis atau membuat konten kita juga harus melakukan Riset Keyword atau mencari tahu kata kunci apa yang punya peluang tinggi dicari oleh pembaca di search engine terutama pada Google yang saat ini menjadi mesin pencari andalan semua orang. Pernah dengar istilah, Googling dulu sebelum bertanya? Hmm, gitu deh. Nah, untuk riset keyword yang disarankan oleh Bang Doel bisa menggunakan: Google Suggest, Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefss, Keywordtool.io, Rankmath dan sebagainya yang tentu masing-masing punyaa keunggulan tersendiri. 

Riset Keyword juga bisa menggunakan Google Search Console (GSC) yang mana kita bisa membuat konten dengan:

  • Keyword turunaan
  • Memanfaatkan (latent semantic indexing) LSI dari keyword tersebut
  • Artikel yang satu tema.

Hayolooo, Temans biasa pakai  cara yang mana nih tuk Riset Keywordnya? 


2. Persiapan Saat Membuat Konten


Tahap ini merupakan inti dari kegiatan kita dalam membuat konten yang memang harus diperhatikan antara lain: 

  • Tentukan search intent dan buatlah schema markup-nya. 
  • Masukkaan keyword ke dalam judul
  • Hindari keyword stuffing, yaitu memasukkan kata kunci secara berlebih.
  • Tetap masukkan keyword dalam artikel dan H2 (sub judul) 
  • Sertakan juga LSI keywordnya.
  • Sertakan gambar dalam format .webp ukuran < 30kb 
  • Sertakan internal link untuk membuat koherensi antar halaman
  • Masukkan link keluar jika diperlukan. 

Hmm, ada yang sudah menerapkan poin-poin di atas? Saya ada beberapa tapi yang gambar itu yang masih sering kelewat secara pengennya cepat beres aja gitu, palingan resize seperlunya, hihih. PR! PR! PR!


3. Persiapan Setelah Membuat Konten 


Jangan dikira setelah menulis bisa bebas begitu aja ya karena ini juga jadi kunci artikel kita bisa ditahu oleh orang banyak. Bagaimana caranya? 

  • Pastikan link artikel tersebut terindeks. 
  • Setelah terindeks, silahkan share ke media sosial.
  • Jangan lupa juga share ke grup support seperti WAG Blogwalking Asik. 

Lalu, gimana kalau artikelnya belum juga terindeks selama berhari-hari? Jangan putus asa, minta aja terus ke Google Search Console untuk melakukan pengindeksan atau bisa daftar Google News biar nanti si Google News yang kasih tanda kalau ada artikel baru nih di blog si Diah, misalnya. Pengalaman pribadi saya sendiri sih sejak daftar Google News, Alhamdulillah artikel cepat terindeks. Udah jarang banget ngemis minta GSC tuk indeks artikel tersebut. Nah, kalau yang ini tips dari Kak Siska Dwyta yang sudah lebih dulu menerapkannya. 

Begitulah tips dari Bang Doel pada acara HUT BW Asik kemarin. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaatnya ini ya Bang. Moga traffic blog saya pun juga bisa berlari mengejar blog yang lain. 



Asiknya Gabung di WAG Blogwalking Asik (BWA)


Ahaaaa, akhirnya sampai juga ke bagian ini. Bagian yang paling mengasyikkan untuk diceritakan. Yuhuuuu. Iyah dong karena sejak bergabung di WAG Blogwalking Asik ini bertambah kenalan ngeblog lagi dong. Walau sebenarnya sih masih banyak juga yang loe lagi, loe lagi. Secara ketemunya tidak hanya di grup ini saja melainkan di beberapa WAG sebelumnya. Ntah itu karena satu grup campaign atau juga di WAG komunitas ngeblog lainnya. 

Grup ini dibentuk sejak 19 November 2019 oleh Mbak Rini Noe sebagai foundernya dan Teh Hani sebagai Adminnya. Saya sendiri pertama kali bergabung di Grup ini di bulan Februari 2021. Seperti namanya, blog ini memang dibuat untuk menampung member yang asik-asik dan anti baper secara pembahasan di blog ini sering random tapi tetap behave dong ya a.k.a. sopan. 

Jadwal blogwalking di grup ini yaitu: Senin, Kamis dan Sabtu. Jadi bagi yang ingin drop link untuk meningkatkan traffic blognya, siapkan saja artikelnya di hari yang telah ditentukan itu. 


asyiknya zoom bersama BWA



Kesan sejak bergabung di grup BWA ini tentu senang dong karena bisa diskusi dengan teman-teman blogger, saling support juga tuh kalau yang ikutan lomba. Meski saya lebih sering jadi silent reader saking seringnya gak ngerti pembahasan apalagi ini yang sedang trend di grup tapi saya asik-asik aja membaca chat mereka dan sesekali nimbrung juga, heheheh.

Akhir kata, semoga BWA sukses selalu dan terus menjadi wadah yang asik buat ngobrol apa aja. 
Moga sering-sering ada zoom buat tambah ilmu blog lagi juga sering adakan kuis ya. 


Salam Asik. 




Whould you like to comment?

  1. Wah mantep, sudah dipersiapkan dari sekarang ini traffic blognya. Yuk, semangat meningkatkan traffic blog!

    ReplyDelete
  2. Ah iya, loe lagi loe lagi, mbak hahahaha
    Tapi emang dari sekian WAG, Blogwalking Asyik itu paling parah random dan kocaknya. Tapi seru dan sarat ilmu juga. The best deh

    ReplyDelete
  3. Hihi, saya juga ngerasain hal yang sama saat ikutan BWA pertama kali, Mba. Alhamdulillah sekarang lebih terarah. Apalagi setelah dapat ilmu kemarin, jadi nambah semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  4. Sama kak, PR juga aku nih buat ngubah tipe file gambar yang diunggah di blog. Seringnya pakai yang JPG. Dan iya juga sih, sering dapet peringatan kalau file gambarnya masih kegedean pas dicek kaya di website analyzer gitu. Cuma, astaga mager banget buat convertnya huhuhuhu kayaknya aku harus musnahkan kemageran ini

    ReplyDelete
  5. Makasih udah share ilmunya kak,emang sebagai seorang blogger untuk naikin traffic blog penting banget ya.
    Terlebih lagi kalau pernah alami sampai anjlok, kebayang kan paniknya gimana.

    ReplyDelete
  6. Saya jarang kepikiran submit artikel meski sering diberitahu seperti itu. Kelasnya Bang Doel jadi pengingat dan sekarang saya melakukannya.

    ReplyDelete
  7. di grup BWA memang isinya orang-orag hebat. ada bang doel yang ahli IT. termasuk yang memberikan ilmu tentang SEO dan bagaimana cara meningkatkan traffic blog

    ReplyDelete
  8. aku kira, dulu ngeblog itu cuma nulis-nulis aja karena aku sukanya nulis-nulis, ternyata oh ternyataa sesuatu seklai yaaa PRnya hahaha

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah aku juga nyimak materi bang Doel ini, jadi bisa tahu kan cara dan tips biat meningkatkan traffic di blog. Sukses terus BWA. Mana bertabur hadiah wkwk.

    ReplyDelete
  10. Keyword itu yg utama ya. Rasanya pv saya drop gara2 keyword gak saya maksimalkan. Jd pelajaran penting nih. Untung saya baca di sini jd meskipun telat simak penjelasan bang doel, bs tetep belajar

    ReplyDelete
  11. Mengikuti blog walking asyik menyenangkan anggotanya mudah respon jika kita kesulitan ngeblog

    ReplyDelete
  12. Beruntung banget kak. Bisa bergabung bersama BWA. Menambah pengalaman, ilmu baru sekaligus teman baru

    ReplyDelete
  13. Mantep, banyak ilmu baru nih buat meningkatkan traffic blog. Sampai saat ini aku masih berjuang kak buat dapet traffic yang bagus, masih mengandalkan blogwalking sih, jarang banget traffic organik masuk :((

    ReplyDelete
  14. seru ya di grup bwa mbak..aku pun baru gabung hampir 2 tahun ini kerasan di sana mana ga pada pelit ilmu. masyaallah

    ReplyDelete
  15. Mantap ya ilmunya, jadi ternyata untuk memiliki trafik yang tinggi tuh nggak cuma asal nulis ya mbak. Mesti bener-bener ada persiapan sebelum, saat dan setelah publish tulisan

    ReplyDelete
  16. Diriku mode on : ingin DA/PA naik tapi masih malas nulis dan cari ilmunya. Hikzzz... Dari tulisan ta saya jadi sadar masih perlu banyak berbenah.

    Niat hati mau sering juara kaya teman2 BWA tapi aksinya masih melempem... hmmmm...semoga bisa segera berbenah.

    ReplyDelete
  17. Mengaudit blog sendiri (atau postingan sendiri) seringkali ngga kepikiran buatku ya mba. Masih PR banget nih buatku memperbaiki blog. huhuhu.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^