Explore the blog
Tuesday, November 17, 2020

Membangun Backlink Dengan Teknik Guest Post

Guest post sejak lama menjadi teknik link building favorit. Tidak hanya mendapatkan backlink berkualitas, tapi ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh.

backlink dengan teknik guest post

Manfaatnya apa saja? Saya akan bahas nanti setelah menjelaskan apa itu guest posting. Disini yang akan dibahas adalah guest post untuk website berbahasa Indonesia, prosesnya agak berbeda dengan guest post di website berbahasa Inggris yang menargetkan website luar negeri.

Apa Itu Guest Post?

Dari sudut pandang link building, guest post adalah usaha mendapatkan backlink, dengan cara menerbitkan konten di website lain, dimana di dalam konten ada link yang mengarah ke website kita.

Gampangnya, kita mencari website yang menerima guest post. Lalu kita mengontak pemilik website tersebut apakah mau menerbitkan konten kita yang di dalamnya ada link ke website kita. Jika mereka bersedia, tak lama konten kita akan diterbitkan di website mereka dan kita mendapatkan backlink.

Manfaat dan Kelebihan Guest Posting

Diantaranya:

1. Membangun Relasi

Dalam proses melakukan guest post kita akan berkomunikasi dengan banyak pemilik/pengelola website. Seringnya kita akan melakukan beberapa percakapan dengan mereka melalui email. Ke depannya bisa ada satu atau beberapa dari mereka yang menjadi relasi kita, bahkan klien.

2. Melatih Kemampuan Menulis

Kita memang bisa membeli artikel dari jasa penulis artikel untuk guest posting. Tapi sayangnya kebanyakan penulis kualitasnya rata-rata tidak layak untuk guest post. Sedangkan penulis yang benar-benar berkualitas tarifnya bisa mahal sekali.

Saran saya sebaiknya menulis sendiri saja. Sekalian untuk melatih skill menulis kita, kan? Saya yakin jika tulisan kita nanti berhasil dimuat di banyak situs, itu tandanya kualitas tulisan kita sudah bagus.

Karena salah satu cara menguji (dan indikasi) apakah tulisan kita sudah cukup bagus adalah dengan mengirimkannya ke pihak lain untuk dimuat.

3. Lebih Luas Jangkauan Temanya Daripada PBN

Kebanyakan PBN (Private Blog Network) yang ada adalah blog bertema general. Jadi, lebih susah mendapatkan powerful relevant backlink dari PBN karena niche mereka general.

Sedangkan dengan guest posting tersedia lebih banyak blog dengan tema beragam. Dalam satu SEO campaign saja itu bisa mengumpulkan sekitar ribuan blog yang menerima guest post untuk niche tertentu.

4. Lebih Murah Daripada PBN

Biaya membuat PBN berkualitas satu blognya cukup mahal. Kita harus beli dan menyiapkan expired domain, hosting, beberapa artikel untuk kontennya, gambar, logo, dan theme. Guest post jauh lebih murah apalagi jika menulis artikelnya sendiri.

5. Backlink Berkualitas

Backlink yang diperoleh dari guest posting adalah backlink kontekstual, berada di dalam artikel. Selain itu, kita bisa memilih hanya guest post di blog yang kualitasnya bagus. Jadi backlink yang kita peroleh bukan berasal dari website yang random.

Langkah-Langkah Melakukan Guest Post

Begini gambaran bagaimana saya melakukan guest post:

1. Mempersiapkan Spreadsheet

Biasanya saya menggunakan Google Spreadsheet dan membuat tabel dengan kolom seperti berikut:

spreadsheet backlink

Temas juga bisa menggunakan spreadsheet aLa Temans sendiri. Tapi jika tidak ingin mencatat proses guest post di spreadsheet juga tak apa, senyamannya saja, yang penting ada action.

Kalau saya memang suka memakai spreadsheet karena biar rapi, progress terpantau, dan mencegah double guest post. Spreadsheet juga berguna sebagai report saat melakukan link building untuk klien.

2. Menentukan Halaman Target

Tentukan halaman mana saja dari blog kita yang akan menerima backlink dari guest post tersebut. Misal, saya menentukan artikel tentang kucing British bulu pendek harus dapat 10 backlinks dari guest post.

3. Mencari Blog dalam Jaringan Kita

Sekarang kita mulai mencari blog yang mau menerima guest post kita. Cara termudah adalah kontak teman dan keluarga yang mempunyai blog. Pilih blog yang serelevan mungkin temanya dengan tema blog kita.

4. Mencari Blog di Google

Temans juga bisa mencari blog yang menerima guest post di Google. Lakukan pencarian menggunakan search operator tertentu, misalnya:

keyword inurl: kirim tulisan

keyword intitle: guest post

Tujuan pencarian di atas untuk menemukan blog yang mempunyai halaman yang menyatakan mereka menerima guest post. Tapi tidak semua blog yang menerima guest post mempunyai halaman seperti itu.

Maka Temans juga bisa mencari misalnya dengan keywords: blog kucing, blog wisata, blog kuliner, blog SEO, dll. Lalu kontak mereka barangkali mereka mau menerima guest post.

5. Memilah Blog

Kumpulkan hanya blog yang temanya serelevan mungkin dengan tema blog kita. Jika relevansi sulit didapat maka turunkan standarnya.

Misalnya saya link building untuk blog bertema kucing dan sulit sekali mencari blog bertema kucing yang mau menerima guest post. Maka bisa diturunkan pada blog yang pernah membahas kucing, atau blog tema general tapi link berasal dari artikel bertema kucing. Jika kepepet bisa menulis tema apa saja dan sedikti dikatikan dengan kucing.

Sebaiknya hindari blog gratisan seperti namablog.blogspot.com, hanya pilih blog dengan TLD (.com, .net, .web.id, dsb). Untuk nilai DA atau DR pilih blog yang nilainya di atas blog kita. Misal DA blog kita 10 maka guest post di blog dengan DA 12 ke atas.

Perhatikan juga kualitas blog dan sebaiknya juga memiliki trafik organik. Data trafik bisa dilihat dengan SEOquake, Ahrefs, atau tool lainnya.

6. Menulis Artikel

Pilih satu blog, kunjungi dan lihat kira-kira konten apa yang disukai oleh pemilik blog itu. Lalu tulis artikel yang sekiranya tidak akan ditolak oleh blog tersebut. Ulangi langkah yang sama untuk blog lainnya.

Tulislah artikel dengan ide dan isi sebagus mungkin. Cirinya artikel itu bagus adalah kita sempat berpikir, “Kayanya sayang nih kalau tulisan ini dikirim buat blog lain, mending publish di blog sendiri aja deh”. Nah, artikel seperti itu biasanya jarang ditolak, segera kirimkan.

Selain artikel, Temans juga bisa mengirimkan konten lain seperti video dan infografis. Namun selalu sertakan tulisan sepanjang minimal 300an kata untuk video dan infografisnya ya. Gunanya adalah sebagai tempat memasang link, sehingga backlink yang kita dapat adalah backlink kontekstual (di dalam tulisan).

Untuk praktisnya, setelah artikel jadi pindahkan ke Google docs, agar setiap kali ingin digunakan tidak harus melampirkan artikel di email.

7. Mengontak Pemilik Blog

Setelah artikel jadi, kirimkan pada pemilik blog yang kita incar. Temans bisa mengirimkan 1 artikel atau lebih. Idealnya sih melalui email tapi kalau sulit menemukan alamat emailnya, kontak saja melalu akun medsosnya atau berkomentar di konten blognya.

Jika Temans pernah guest post di blog lain, sertakan juga link tulisan kita untuk menambah kredibilitas.

Gimana? Siap kirim guest post juga kan biar backlink nya makin banyak



Whould you like to comment?

  1. Aku sama sekali belum coba sensasinya bikin guest post untuk tayang di blog lain nih Mba. Makasih banyak atas sharing-nya.

    ReplyDelete
  2. Masih gak pede sama tulisan sendiri,tapi aku sering nge backlink blog orang lain di tulisanku,sekiranya relevan gitu sih kak. Makasih yah sharing ilmunya.

    ReplyDelete
  3. Belum pede juga menulis guest post, hihihi. Bagus nih tipsnya dan perlu dibikin catatan agar ingat ke mana aja udah kirim tulisannya. Jadi nggak dobel.

    ReplyDelete
  4. waaa keren nih memang teknik guest post buat meningkatkan performa blog kita ya. jadi pengen tapi masih kewalahan ngatur waktunya, nulis organik di blog sendiri saja rasanya aaahhh kudu ngumpulin kekuatan sekuat tenaga mbak, wkwkwk. terlebih pandemi ini memang bikin kerjaan numpuk2 dari pagi-malam. uhuhu
    tp boleh lah kapan2 berburu jd guest post biar performa blogku sedikit oke :D

    ReplyDelete
  5. Wah, tandain dulu nih. Harus dibaca lagi dan lagi tips kerennya. Supaya bisa memilih dengan tepat, teman blog yang mau buat saya guest post di blognya. Terima kasih tipsnya, mbak

    ReplyDelete
  6. Waaah dpt ilmu lg saya
    Mksh mbk sdh mau berbagi. Sementara ni sy pingin konsisten nulis dulu aahh

    ReplyDelete
  7. Baru-baru ini saya juga melakukan guest post ke blogger senior, Alhamdulillah. Tapi habis itu bingung mau guest post kemana lagi. Tipsnya boleh juga mba. Makasih ya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih, Mbak Diah. Bermanfaat sekali. Akan saya coba.

    ReplyDelete
  9. Daku sering dengar soal guest post ini, tapi belum pernah mencobanya. Mungkin suatu saat boleh juga bila memang memungkinkan

    ReplyDelete
  10. Waah ini info baru bagi saya. Guest post di blog orang ya. Memang ngeblog itu jika ingin maksimal harus banyak ilmunya ya. Terima kasih telah berbagi informasi mbak.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih tipsnya mba. Selama ini sering dengar Guest Post, tapi nggak mudeng juga. bisa pelan-pelan kupraktekkan

    ReplyDelete
  12. Infonya detail jadi nggak gagal paham deh. Saya memang sedang cari informasi ini. Alhamdulillah dapat. Makasih Mbak.

    ReplyDelete
  13. Bermanfaat banget tulisannya. Saya jarang, malah hampir nggak ada. Cuma pernah ada beberapa link postingan ada yg menautkan ke website mereka. Dan itu tulisan remahan curhat fiksi

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat banget Guest Post ini untuk backlink mbak.. Cuma kurangnya cuma 1, gaya bahasa. Kadang ada blogger yang nulis nggak sesuai dengan gaya bahasa kita. Tapi bisa lah diedit-edit dikit yak.

    ReplyDelete
  15. Berarti Mba Diah nerima guest post juga dong ya?!. Saya belum pernah nih kirim tulisan ke blog lain. Setelah membaca artikel ini, jadi pengen juga nih guest post. Makasih atas sharing nya

    ReplyDelete
  16. Kalau aku selain ingin punya relasi Blogger yg nerima guest post, aku juga ingin ngundang temen2 untuk pasangan guest post di blog aku. Pada mau nggak ya? hehe soalnya nggak pede..

    ReplyDelete
  17. membangun backlink berkualitas, yg ngga asal nempel aja nih sesuatu yang wajib saat ini ya mb Diah. Satu lagi, konten adalah segalanya yang bisa membuat kita leluasa juga dalam membangun jaringan backlink.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi ingat pernah mau nulis buat blog teman yg DA-nya tinggi. Lumayan kan buat dongkrak DA kita. sayangnya belum kesampaian. Bisa juga kupraktekin nih cari blog-blog lain yang temanya kusukai. Siapa tahu berjodoh kan, pakai insting "ah, sayang kalau dikasih ke blog lain" itu ya Kak. Mantab tipsnya!

    ReplyDelete
  19. Eh, aku baru tahu loh kalo ada inurl dan intitle.

    Tapi mbak, guest post ini sama gak dengan content placement?

    ReplyDelete
  20. aku jarang nge-guest post mbak
    entah kenapa. mungkin karena blogku lifestyle ya, jadi bingung menentukan arah
    palingan ya collabs blogging sih

    ReplyDelete
  21. Aku nih kayanya harus menerapkan spreadsheet juga Diah , soalnya manajemen waktuku suka amburadul hehehe. Mau dong ngebalcklink bun :)

    ReplyDelete
  22. Aku belum jadi guest post atau nerima. Aku ngurus blog sendiri dulu. Nanti kalau udah oke, baru ke yang lain. Udah ada beberapa blog yang setema nih. Tinggal eksekusi nanti

    ReplyDelete
  23. Kadang ada beberapa blogger yang maunya kita nitip backlinknya ke homepage aja nih mba, gak mau kalo langsung ke artikel. hihii.. kira-kira gimana cara ngerayunya ya biar mereka mau?

    ReplyDelete
  24. dulu pernah melakukan guest post ini kak, tapi emang harus dipantau karena membutuhkan waktu tersendiri untuk membuat artikelnya. Lumayan juga untuk mengangkat blog sendiri.

    ReplyDelete
  25. Wahh, menarik. Dan saya salut sama Mbak Diah karena rapi banget pencatatannya. Pengin sih GP di blog temen-temen. Tapi GA-ku rendah banget. Kira-kira ada yang mau gak ya?

    ReplyDelete
  26. Kalau yang lain bilang nggak pede masang tulisan di blog orang lain, aku sih....nggak kepikiran 😅. Mungkin udah waktunya nyoba.

    ReplyDelete
  27. Saya masih belajar ini untuk membangun backlink dengan guestpost. Dulunya saya suka masukin link saya kalau di forum-forum, eh ternyata itu jadi backlink ya. Kalau ide guest post ini, aku mau cobain ah. thanks for sharing.

    ReplyDelete
  28. guestpost memang jadi salah satu cara cepat untuk membangun backlink ya mbak
    tapi ya itu aku kadang suka ga pede ngirim tulisan ke blogger lain hihi
    merasa tulisanku belum maksimal

    ReplyDelete
  29. Aku belum pernah nyoba guest post di blog lain nih. Makasih sharingnya Mbak, next time bisa coba tips2nya. Sejujurnya aku masih blm maksimal ngurus blognya, update blog sendiri aja masih tipis2, jadi blm kepikiran guest post, hehe

    ReplyDelete
  30. Wah ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari guest post ya Kak. Di blog saya juga open guest post kok cuma belum ada tamu post yang datang hehe.

    ReplyDelete
  31. mantep nih ilmu ngeblognya. Jaadi pengin gelar lapak, apakah ada yang mau guest post di blog saya? hehehe... Aku sendiri sih mau nulis di blog orang lain masih kurang yakin ama tulisan sendiri. ;)

    ReplyDelete
  32. Jadi gitu yah mba selama ini aq belum paham soal gurst post ini, kira2 DA bsa naik gk kalau ikut guest post?

    ReplyDelete
  33. Makasih kak ilmunya, belum Coba guest post ke siapapun nih. Mesti dieksekusi. Biasanya cuma saling tukar backlink aja

    ReplyDelete
  34. Guest post memang cara yang powerfull buat nyari backlink. Buat yang belum pernah nyoba bisa gues post di situs situs besar seperti kumparan, kompasiana,hipwee,indonesiana. Walaupun agak sulit untuk di approve namun kulaitsnya sangat bagus.

    Btw.. salam kenal dari blogger kalteng

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^