Explore the blog
Sunday, October 10, 2021

Bermain Game, Pilihan Asyik Mengusir Rasa Bosan

Bosan! Ingin jalan-jalan!
Sejak pandemi, bukan sekali atau dua kali saja dapat protes seperti itu dari anak-anak. Terlebih lagi di awal-awal pandemi yang mana memang membuat semua kegiatan terpusat #dirumahsaja. Lebih terasa lagi karena yang biasanya Si Bapak jarang di rumah, eehh jadi di rumah terus karena WFH, mengajar dan koordinasi urusan kampus cukup dilakukannya dari rumah. 

Bermain Game Pilihan


Meski jalan-jalan yang dimaksudkan anak-anak hanyalah pergi ke rumah keluarga atau sebulan sekali ikut ke mall saat belanja bulanan, itu sebenarnya sudah jadi hal istimewa yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Bisa ambil jatah bermain di playground mall yang buat mereka jadi happy. Hmm, namanya juga anak-anak ya, gak jauh dari urusan bermain. Lah, orang dewasa aja masih sering jadikan bermain game sebagai pilihan asyik mengusir rasa bosan, lho.


Bermain Game, Pilihan Asyik Kapan Saja


Hayooo, benar apa betul itu? Kalau saya sih, Yes! 
Secara ya, waktu kuliah dulu saya masih sempatin bermain game di tengah sibuknya urus tugas-tugas bahkan saat menyusun skripsi saja saya juga masih bermain game unuk mengusir rasa bosan. 

Sebenarnya, bagi saya bermain game adalah me time,  ini juga bisa jadi pilihan kegiatan penolong di berbagai kesempatan lho, seperti ketika sedang menunggu antrian yang panjang. Yakali daripada bengong, melamun, lalu gak dengar nomor antriannya dipanggil, kan bisa jadi harus mengulang dari awal lagi tuh. 

Gak cuma menunggu antrian, saat ngabuburit di bulan Ramadhan juga bisa dong ya sesekali bermain game. Asal jangan sampai lupa waktu aja ya. Makanya pilih game kecil aja yang durasinya sebentar. 

Nah, begitu pula di masa pandemi ini yang ntah kapan berakhirnya. Daripada kita suntuk, bosan dengan rutinitas, ingin jalan-jalan bebas seperti dulu namun kondisi belum memungkinkan. Jadi, gak ada salahnya dong diselingi dengan bermain game, karena bermain game juga ternyata punya manfaat bagi kesehatan.  


Manfaat Bermain Game 


Selama ini kita banyak yang menyepelekan manfaat bermain game. Namun ternyata game mempunyai manfaat bagi kesehatan dan kepribadian, lho

Bahkan dikutip dari Kompas.com menyebutkan bahwa terdapat sebuah riset yang dilakukan oleh National Institutes of Health pada tahun 2019 menerangkan prihal video game dapat menghasilkan efek positif terhadap pengurangan gejala depresi. 

Relate banget ya dengan kondisi kita saat ini yang mana emang rawan stres, nah sebelum lanjut jadi depresi kan bisa diatasi dengan melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan seperti bermain game. 

Dengan bermain game bersama keluarga selama #dirumahsaja juga bisa membuat kita menjadi lebih dekat, bonding antara pasangan dan anak pun juga bisa ditingkatkan dari kegiatan bermain game karena kita bisa memilih game yang berpasangan maupun adu ketangkasan.


Saya dan Game


Sebelum mengenal game online, saya dulu bermain senang bermain game lewat Nintendo dan juga Sega. Bahkan waktu SMA, motivasi rajin belajar agar bisa dapat ranking lalu boleh request hadiah adalah karena game. Wal hasil, saat di Kelas 2 SMA dulu Kakakku menghibahkan Seganya ke saya, hehehh. 

Selanjutnya setelah mengenal internet dan juga sosial media, mulailah bermain game online dari sosial media. Saat di awal-awal kemunculan Facebook yang ramai itu adalah pilihan gamenya. Ada beberapa games yang saya mainkan dari sana seperti: FarmVille, Resturant City, Pet Society, Hotel City dan beberapa game lainnya. 

Namun setelah lulus kuliah dan keterima kerja akhirnya tidak ada waktu untuk bermain game lagi.  Eits, tapi setelah Candy Crush muncul dan bisa dimainkan lewat Handphone, mulai deh kembali bermain game. Apalagi jika sedang menunggu pasti deh Candy Crush dan Farm Heroes jadi pilihan pengusir rasa bosan. 

Lagi-lagi saya sempat berhenti bermain game ketika mulai sibuk dengan urusan Rumah Tangga dan mengurus bocah. Terlebih lagi saat itu, saya tinggalnya di tempat yangg signalnya sesuatu banget deh. Istilahnya tuh GSM - Geser Sedikit Mati. Hmm, kebayang kan gimana bisa mau main game coba kalau seperti itu? Lah, browsing aja sering bikinn gigit jari. Itu juga deh jadi salah satu alasan saya jarang ngeblog saat itu. 


Game Pilihan Pengusir Rasa Bosan


Hmm belakangan saya mulai sering bermain game lagi setelah baca rekomendasi tempat bermain game online dari beberapa teman Blogger yang memang suka bermain game seperti saya. Bahkan Pak Suami dan Anak-anak juga jadi penasaran dan mencoba bermain game di Plays.org juga. 


Zombie Writing Type


Padahal sebenarnya Pak Suami sih sebenarnya lebih suka bermain kartu seperti Solitaire, tapi waktu lihat saya seru bermain Zombie Typing yang uji nyali tes kecepatan dan ketepatan mengetik tanpa harus lihat keyboard, eh doi juga jadi ingin coba hingga akhirnya kami jadi battle, rebutan score tertinggi. 

Setelah eksplore game-game yang ada di Plays.org ini saya menemukan banyak game-game jadul yang dibuat ulang dengan lebih menarik tanpa menghilangkan kekhasan game tersebut seperti Tetris, PinballPac Rat yang terinspirasi dari Pac Man. 


Tom and Jerry Parade Pranks


Lalu ada game simulasi juga seperti yang saya mainkan di Facebook dulu, nah kalau di tempat ini namanya Open Restaurant. Tidak cuma itu saja sih, ada Pizza Party, SpongeBob Restaurant, bahkan saya dan Anak-anak juga kemarin sudah main Tom and Jerry Parade Prank yang sepertinya terinspirasi dari game ular-ular yang di HP Nokia monoponik itu lho, hihihih.


kategori games Plays.org


Jadilah sekarang punya kegiatan baru bersama keluarga yaitu berburu games di Plays.org ini. Baru kali ini ketemu website game online yang punya banyak pilihan games menarik dan di setiap game ada keterangan juga petunjuk permainannya. Tidak hanya itu saja, keunggulan lainnya adalah gamenya simple, tidak perlu login ataupun registrasi sebelum bermain dan bisa dimainkan baik melalui PC/Laptop ataupun Handphone. 


Nah, kalau Temans suka main game juga gak? Ada game yang dulu sering dimainkan kah? Coba aja mampir ke Plays.org terus cari game yang kesukaan Temans dulu kali udah tersedia di sana juga. 





Untuk #1minggu1cerita
Yeaay, akhirnya posting tema lagi. 





Whould you like to comment?

  1. Nah, game gak selalu berdampak negatf ya, Mbak. Asal bisa bijak menggunakannya bisa untuk mengusir rasa bosan.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ada plays.org ya jadi banyak pilihan games online yang bisa dimainkan untuk mencegah stress atau bosan.

    ReplyDelete
  3. Nah, bener banget game gak selalu berdampak negatif saat kita menggunakannya dengan bijak, misal saat gak ada pekerjaan dan merasa bosan.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget kalau main game dapat mengusir rasa bosan hanya saja harus diatur ya mbak waktu mainnya spya tidak kebablasan hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku juga main game di plays.org mbak, tapi aku suka yang bagian edukasi seperti xylophone, boy match hehe mengasah otak sekalian

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya tidak ada yg salah dengan bermain games ya mbak asalkan bijak ya mba. Dan skrng banyak games yang edukatif

    ReplyDelete
  7. walaupun udah emak-emak, saya masih suka main game bareng anak

    di hp ada 2 game yang sengaja banget download, lumayan penghilang jenuh disela rutinitas negara hehehe....

    ReplyDelete
  8. Main game emang nyabdu dan pas bgt buat killing time hehe. Emang sih image main game ni banyak negatif, rp ternyata ada juga positifnya. Tq info gamenya, mau coba hehe

    ReplyDelete
  9. Orang tua zaman sekarang harus mengubah paradigma orang tua zaman dahulu. Zaman sekarang games-games sudah banyak yang sifatnya educational games. Jadi, gak cuma buat have fun doang ya mba. Asalkan anak disiplin sama waktu dan aktivitasnya, main games harusnya gak ada masalah. Asik ya Zombie Typing itu ternyata. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  10. Kalo aku familiar banget sama Solitaire Mba, karena ga cuman sekedar main games sih menurutku, tapi juga mengasah otak. Orang tuaku bilang, "otak itu harus dipake terus biar ga pikun" itu ternyata bener ya, sesuai sama riset. Ya aku pilih main games sambil asah otak lah hehe

    ReplyDelete
  11. Wah ini namanya sekali menyelam, sambil liat ikan paus, eh salah ya.
    Berenang sambil minum air, yang penting pastikan jangan di kolam renang ya, apalagi rame-rame, biasanya ada yang pipis di kolam, wakakakaka
    Ini komen apa sih, kagak nyambung wakakakkaa.

    Btw, masuk 1m1C sambil meracunin orang main game, huhuhu.
    Ini favorit diriku say, suka banget saya main game itu, pokoknya nonton ama main game itu, sama racunnya buat saya.

    Dan sejak kenal Play.org itu, bikin saya jadi sering intipin buat nge game dong, mana gamenya simple, dan bikin mengenang masa jadoel :D

    ReplyDelete
  12. Di HP saya game cuma satu, candy crush wkwkwk... dari dulu saya maennya cuma candy crush. Sempet sih, dipake anak2 download macem2 game, HP saya jadi full memory, akhirnya dibuangin. Yang ada cuma candy crush hehe

    ReplyDelete
  13. anak-anakku suka banget main games dan sekarang ada jatah maen games di hp, tak apalah asal dikontro aja ya, ortu zaman now ikut mengamati games yang baik buat anak-anak

    ReplyDelete
  14. Wah ada Pac Man. Games tahun 80an. Main di komputer jadulnya papaku. Boleh juga nih main games di plays.org

    ReplyDelete
  15. Terus terang saya bukan penikmat game mba..hihi.. Sebsliknya, kedua adik saya mania game! So..kuinfokan ke mereka nih.. Trmksh mba..

    ReplyDelete
  16. Nah aku main game klo gabut atau lagi gak ada ide nulis,, hehe
    Ampuh buat hilangin suntuk dan stres :)

    ReplyDelete
  17. Saya termasuk yang sedang khawatir karena anak-anak lagi senang-senangnya main game. Tapi sejauh ini masih aman karena gamenya juga seputar game edukasi dan gak neko-neko. Game juga perlu untuk melatih anak. Saya juga kadang masih suka main game terutama ketika menunggu atau pas sedang boring. Makasih ulasannya, Mbak.

    ReplyDelete
  18. Boleh juga nih mampir di play dot org, mau cari game yang sesuai dengan kesukaan. Dulu pas masih kuliah dan kerja saat usia masih 30an, hobi banget nyobain game utk pelepas stress. Sekarang kok udah makin jarang ngegame hehehe...

    ReplyDelete
  19. Waahhh.. makasih infonya, Mbak Diah. Aku juga suka main game dulu meski bukan termasuk pecandu game. Pac Man, Solitaire, dll nyantol banget di kepala. Habis ini cusss mau ke Plays.org liat pilihan game-nya.

    ReplyDelete
  20. Jadi ngga semua game berdampak negatif ya, asal kita bisa pilih mana game yang tepat ternyata bisa jadi platform edukasi, belajar sambil bermain lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  21. Akutu sakau kalau gak main game sehari aja mbak. Rasanya kecerdasanku turun level, hihi..
    Nggak usah game berat macam PUPG, game di toko oren aja udah membuatku senang. Di tengah waktu sibuk, game selalu jadi andalan. Aku bisa gak chatting seharian, tapi gak bisa klo gak main game, haha..

    ReplyDelete
  22. Asli mbak main game obat penat disegala aktivitas. Dulu suka banget main Pou sekarang udah gak ada paling suka sama Candy Crush hehe.

    ReplyDelete
  23. Aku ga pernah main game nih, tapi suami dan anak-anak sih suka banget. Asalkan gamenya gak berbahaya ya, porno, dan mengandung kekerasan ya. Sebaiknya game yang edukatif gitu.

    ReplyDelete
  24. aku salah satu emak2 yang doyan ngegame wkwkwk bahkan pak suami ga doyan, kebalik ya hahahaa

    ReplyDelete
  25. Jadi inget zaman kecil yaa..
    Akutu gak pernah dibelikan konsol game apapun sama Ibu. Jadi mainnya pinjem gembot masku yang pake batere itu..

    Nah, kini...bolehlah anak-anak main games di Plays.org saat weekend.
    Sebagai pelepas lelah dan bosan saat kudu dirumahaja.

    ReplyDelete
  26. Saya termasuk suka banget main games tapi jeleknya sya suka kebablasan kalau maun games..suka lupa waktu. Kayaknya harus pakai timer.

    ReplyDelete
  27. seru juga ya permainan dari play.org ini rasanya ringan dan serasa nostalgia hehe

    ReplyDelete
  28. Banyak banget ya pilihan game di plays.org ini. Saya pas pertama buka, malah kebingungan sendiri mau pilih yang mana.

    Main game, boleh aja kok kalau menurut saya, yang nggak boleh itu kalau sampai lupa waktu, tugas dan kewajiban

    ReplyDelete
  29. Wah bisa gantian sama anak kalau gini ceritanya. Mau nosatlgia ah saya dengan games jadoel masa muda dulu. Asyiknya. Juga bisa kasih main anak karena plays org gamenya simple, ga perlu login, juga registrasi terus bisa deh main di PC/Laptop atau HP. Yeayy!!

    ReplyDelete
  30. Games ini sebenernya bagus juga untuk mengusir kejenuhan sih kalau bagi saya. Saya pun kadang main games namun dibatasi waktu saja karena kuatir jadi addict

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^