Explore the blog
Wednesday, June 23, 2021

Tidur Berkualitas Dapat Meningkatkan Produktivitas Sehari-hari

Ada yang sering tidur larut karena kejar deadline jadinya pake metode lama: sistem kebut semalam kayak saya juga gak? Atau sering bermasalah dengan tidur malamnya? Misalnya udah tidur tapi terbangun di tengah malam dan susah tidur kembali? Nah, kalau ada yang seperti demikian, hati-hati ya karena tidur yang kurang itu bisa mengganggu kesehatan juga membuat produktivitas kita jadi berkurang lho. 

kualitas tidur dan produktivitas


Saya sendiri sih sebenarnya termasuk orang yang mudah tidur, apalagi kalau sudah capek. Sayangnya kadang saya jadi susah tidur lagi jika terbangun di malam hari. Terasa banget sejak Si Tengah lepas popok, dia yang memang sering BAK jadi suka terbangun di malam hari buat BAK dan pastinya bangunkan saya buat ditemani ke toilet, BAK nya bisa sampai dua kali lho. Wal hasil, saya jadi susah tidur lagi dan paginya bukannya badan jadi fit yang ada malah lemas dan juga merusak mood. Padahal setidaknya kita butuh tidur malam selama 6 jam agar saat bangun bisa jadi fit kembali. 


Webinar Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas


Jumat, 18 Juni 2021 kemarin saya berkesempatan mengikuti webinar via Zoom yang diselenggarakan oleh Deltomed Laboratories kerjasama dengan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang bertema 'Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas' yang menghadirkan Ibu Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Inodonesia dan Bapak Drs. Victor S. Ringoringo selaku Chief Business Development and R&D Laboratories dan dipandu oleh Mbak Sara Neyrhiza dari IIDN. 

Tidur yang Berkualitas Sangat Penting Bagi Kesehatan


Kalau ditanya pilih mana tidur dalam waktu yang lama atau tidur cukup namun berkualitas? Kalau saya sendiri sih pilih tidur yang berkualitas karena tentu jika kita bangun dan merasa segar bugar kita akan bisa jadi lebih produktif dan tentu ini juga baik bagi kesehatan, apalagi dalam menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini. Sebisa mungkin hindari begadang deh kalau gak benar-benar urgent

Kualitas VS Kuantitas Tidur 

Pas banget seperti materi yang dibawakan oleh dr. Inggrid yang menjelaskan pentingnya kualitas tidur dibanding kuantitas tidur terutama bagi kesehatan kita. 

Kuantitas Tidur: 

Kebutuhan tidur di malam hari bagi kebanyakan orang dewasa yaitu 7 - 9 jam tetapi kebutuhan kuanntitas tidur setiap individu bisa saja berbeda, misalnya ada yanng membutuhkan 6 jam dan ada pula yang butuh 10 - 11 jam tidur di malam hari. 

Kualitas Tidur

Sedangkan kualitas tidur merujuk pada bagaimana kita dapat tidur dengan baik. Tidur berkualitas itu misalnya bagaimana kita dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di malam hari atau terbangun hanya sekali dan dapat dengan mudah tidur kembali hanya dalam waktu 20 menit setelah terbangun tadi. 

Dalam kesempatan kali itu, Beliau juga menjelaskan dua poin penting mengapa kualitas tidur itu lebih penting karena:
  • Kualitas Tidur lebih dominan dalam mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan daripada Kuantitas Tidur (US National Sleep Foundation
  • Kualitas Tidur menjadi indikator yang lebih baik dalam menilai mood dan kepuasan hidup dibandingkan Kuantitas Tidur (US National Sleep Foundation)

Nah, pasti pernah kan ya tidur lama yang harapannya kalau bangun bisa jadi kembali segar, eh malah jadi pusing karena kelamaan tidur? Sebaliknya, pasti pernah juga kan tidurnya cuma sekejap tapi pas bangun merasa segar banget seperti telah tidur selama berjam-jam. Duh, kalau kayak gini sih sungguh bisa meningkatkan mood dan jadi semangat tuk kembali lanjutkan aktivitas. Dalam hal ini juga dapat dikatakan bahwa kita telah mendapatkan kualitas tidur yang baik. 


Pengaruh Tidur Terhadap Kesehatan 


Kita tidak bisa lho menyepelekan masalah tidur ini terlebih lagi tidur di malam hari karena tidur dapat mempengaruhi kesehatan kita. 

Nah, lihat kan hal-hal akan mempengaruhi kesehatan kita jika kualitas tidur berkurang. Bisa dibilang semua akan jadi kacau jika kurang tidur, bukan hanya membahayakan diri sendiri bahkan bisa juga memberi dampak buruk terhadap orang lain jika kita memaksakan diri beraktivitas namun sedang kurang tidur, dapat terjadi kecelakaan, misalnya. Jelas ya, sudah banyak kecelakaan terjadi karena seseorang memaksakan diri berkendara padahal dirinya itu sedang kurang tidur akibatnya konsentrasi berkurang bahkan bisa lepas kendali. 

Begitu pun dengan poin-poin lainnya apalagi poin kesehatan kulit. Duh, pasti gak mau dong, sudah pakai skincare mahal tapi karena kualitas tidurnya rendah jadinya rentan mengalami penuaan dini, heheheh. 


Penyebab Masalah Gangguan Tidur 


Ada beberapa faktor penyebab masalah gangguan tidur yang dijelaskan oleh dr. Inggrid antara lain: 
  1. Gangguan Fisik; sedang sakit kepala, nyeri sendi, nyeri perut dan sebagainya.
  2. Isu Medis; seperti sleep apnea.
  3. Gangguan Psikologis/Psikiatrik; stress, depresi, ansietas.
  4. Gangguan Lingkungan; lampu kamar terlalu terang, suara berisik, dan lain-lain.
  5. Genetik; Narkolepsi
  6. Penuaan/Faktor Usia; 1/2 dari lansia berumur 65 tahun atau lebih mengalami gangguan tidur. 
  7. Obat-obatan; obat hipertensi, antidepresi, obat yang mengandung kafein
  8. Bekerja di malam hari; aktivitas berlawanan dengan biological clock
Pernah mengalami gangguan tidur juga? Kalau saya sih Alhamdulillah jarang, kecuali yang sudah saya sebutkan di awal tadi. Hal lain yang jadi pemicu susah tidur di malam hari biasanya karena lagi sakit aja sih, gangguan suara berisik di luar ataau juga kepikiran deadline  yang belum tuntas. 


Tips Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur 


Jika sudah tahu penyebab mengapa kita mengalami gangguan tidur, tentu kita harus menghindarinya. Beruntung sekali dr. Inggrid pun memberikan tips agar kita dapat meningkatkan kualitas tidur lho

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur


Gimana, mudah kan? Jadi, mulai sekarang bisa lakukan hal-hal ringan ini ya agar kualitas tidur kita bisa meningkat. Paling terasa itu kalau habis olahraga ya, meski jika baru kembali olahraga lagi setelah sekian lama hiatus, tapi yakin deh badan jadi terasa bugar dan bisa tidur nyenyak. Eits, tapi jangan minum kopi ya sebelum tidur, yang ada malah mata jadi kembali segar tuh. Mendingan mandi air hangat aja deh sebelum tidur ini buat badan jadi rilex juga lho


Memperbaiki Kualitas Tidur dengan Herbal


Memperbaiki kualitas tubuh dengan herbal


Selain memberikan tips sehat diatas tadi, dr. Inggrid pun menjelaskan bahwa ada beberapa jenis herbal yang dapat meningkatkan kualitas tidur, seperti Passion flower, Valerian dan juga Jahe yang dapat dikombinasikan untuk meningkatkan total sleep time dan memberpaiki kualitas tidur serta mengatasi efek buruk dari kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas. 


Passion Flower

Habitat asli bunga cantik ini berasal dari Amerika Serikat bagian Tenggara tepatnya di Florida, Texas. Tanaman ini dapat memberi efek menekan aktivitas sistem saraf pusat dengan cara:
Meningkatkan GABA (gamma-aminobutyric) dalam otak yang mempunyai sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta anti nyeri (analgetik) yang dapat membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, sakit kepala, neuralgia, gangguan kecemasan/ansietas dan juga insmonia. 

Selain itu, Passion Flower juga memiliki efek hipotensif dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. 


Valerian

Habitat asli dari tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia Barat yang dapat memberi efek menekan aktivitas Sistem Saraf Pusat dengan cara mengikat reseptor GABA (gamma-aminobutyric) dalam otak, melepaskan GABA dan menghambat degradasi GABA yang mempunyai sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta anti spasmodik (dapat melemaskan otot yang spasme/tegang), antinyeri (analgetik) yang dapat membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, kolik usus, migrain, neuralgia, gangguan cemas/ansietas dan insomnia. 

Sedangkan efek hipotentifnya dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. 


Jahe

Tanaman satu ini tidak diragukan lagi khasiatnya. Tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan tetap juga berkhasiat untuk obat (herbal). Habitat aslinya berasal dari Asia Tenggara, Cina, India dan juga Kepulauan Pasifik. 

Efek anti spasmodik (melemaskan otot yang spasme/tegang), anti nyeri (analgetik), anti radang, termogenik (yang dapat memproduksi kalor dengan meningkatkan laju metabolisme basal), diaforetik (merangsang pengeluaran keringat), karminatif (mengurangi gas dalam saluran cerna), mencegah muntah (antimetik) yang dapat membantu mengatasi gejala masuk angin seperti meriang/demam, kembung, mual/muntah, nyeri kepala, pegal linu/kaku otot, ketegangan saraf dan juga batuk pilek. 


Nah, daripada pusing racik sendiri ketiga bahan tadi dan belum tentu juga kan kita bisa menemukan semuanya mending langsung cari produk terbaru dari Deltomed Laboratories yaitu Antangin Good Night yang pada kesempatan zoom sore itu dijelaskan lengkap oleh Bapak apt. Victor. 


Tablet Herbal Antangin Good Night Untuk Memperbaiki Kualitas Tidur


Sudah disebutkan juga ya bahwa kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit karena ini sangat berkaitan dengan sistem innate, daya tahan tubuh. Sebelum mengenalkan Antangin Good Night, Tabel Herbal yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur, Bapak apt. Victor menjelaskan bahwa dalam satu malam terdapat pola tidur (sleep cycle) yang terdiri dari: 


sleep cycle

  • NREM (Non Rapid Eye Movement) N1 dan NREM N2 yang merupakan siklus tidur ringan. 
  • NREM (Non Rapid Eye Movement) N3 dan NREM N4 adalah lanjutan dari NREM N1 dan N2 yang mana memerlukan waktu sekitar 90 - 120 menit (2 jam) yang disebut juga dengan deep sleep. 
  • Selanjutnya adalah REM (Rapid Eye Movement) yang dalam 1 malam bisa mencapai 3-4 kali siklus jika kita mendapatkan deep sleep yang mana pada deep sleep ini terjadi detoksifikasi, restorasi keluhan mental, keluhan fisik, degenerasi sel dan juga peningkatan innate imunity yaitu kekebalan tubuh.  

Pada saat tidur lelap, Interleukin-1, Tumor Necrosis Factor (TNF) dan Natural Killer Cells (NKC) akan tinggi di dalam darah dan menurun ketika bangun. Nah, hal inilah yang menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terlebih lagi di masa pandemi ini. Tentunya jika tidur kita berkualitas maka daya tahan tubuh jadi lebih baik, bangun pun jadi fresh dan mood pun juga akan lebih baik. 

Deltomed Laboratories telah meramu Passion flower, Valerian, Ginger sebagai elemen utama untuk produk terbaru mereka yaitu Tablet Herbal Antangin Good Night yang berkhasiat untuk membantu gangguan sulit tidur,  meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan




Tidak perlu ragu tuk konsumsi Tablet Herbal Antangin Good Night ini karena tablet ini merupakan produk herbal yang aman dengan adanya jaminan sertifikasi Halal MUI (00130013631000) dan juga ijin dari BPOM (POM TR 142576701) dengan dosis yang dianjurkan adalah 2 - 4 tablet sebelum tidur

Cara mendapatkannya pun sangat mudah yaitu melalui online pada Market Place, Deltomed Store (Official): Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.ID dan juga secara offline di Apotek dan Toko Obat Retail dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 5.000,-/strip. Untuk info lebih lengkap Temans juga dapat mengunjungi instagramnya: @antangin_id.


Nah, tunggu apalagi? Ayo, buruan stock Antangin Good Night di rumah Temans juga ya agar kualitas tidur kita bisa lebih baik dan produktivitas sehari-hari pun juga dapat kita tingkatkan jika mood dan badan fresh saat bangun di pagi hari. 


Semoga bermanfaat dan sehat selalu. 





Whould you like to comment?

  1. Bener banget, tapi susah mba apalagi pas netflix-an. Sampai tuh hp jatoh ke muke baru bener2 tidur :D

    ReplyDelete
  2. duh aku udah lama banget rasanya ga tidur berkualitas, akhir akhir ini agak susah tidur, malem terus tidurnya dan nggak berkualitas hhuhu

    ReplyDelete
  3. Baru tahu soal Passion Flower sama Valerian itu, mantap juga produk terbaru Antangin ini. Tapi belum tersedia di minimarket ya?

    ReplyDelete
  4. Arikel pembelajaran yang luar biasa, mantapp

    ReplyDelete
  5. Bener nih kadang-kadang orang yang tidur lama tapi tetep gak semangat apa itu masuk ke kuantitas itu ternyata ga terlalu berpengaruh ya, dibanding tidur yang berkualitas mba? makasih banyak pencerahannya ya mba

    ReplyDelete
  6. Waah iyaa niih, akutu yang suka tidur larut malam, hahaha entahlah rasanya me time aja jam segini komen2, nyapa2 mentemen, adeem.
    Semenjak menggeluti pekerjaan digital rasanya tidurku cukup 2-3 jam tapi rasanya nyenyaak banget, ketika bangun pun alhamdulillah syeger.
    Tapi perlu nyoba nih, antangin good night biar tidurku tambah berkualitas dan terus produktiv.

    ReplyDelete
  7. Ternyata manfaat dari konsumsi Antangin Good Night ini banyak ya...selain membantu tidur menjadi lebih berkualitas.
    Aku juga selama ini menganggap gak penting tidur yang berkualitas, ternyata banyak efek yang terjadi jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang baik.

    ReplyDelete
  8. Benar mbak, saya juga sekarang tidak pernah tidur larut malam. sepertinya ja biologis saya udah mulai tetap, tidur cepat, bangun cepat. dan alhamdulillah dengan kebiasaan tidur yang demikian, setiap hari saya selalu bersemangat dan merasa produktif.

    ReplyDelete
  9. Aku juga ikut webinar ini...Alhamdulillah senang banget bisa mendapat banyak insight baru ya Mba..

    ReplyDelete
  10. Kalau sering begadang jadi kebawa terbiasa bangun malam, ya. Antangin good night ini yang bantu kita mendapatkan jatah tidur berkualitas kembali.

    ReplyDelete
  11. Aku tuh dari sejak muda punya problem tidur. Hobi begadangan soalnya, mungkin ini masalahnya ya. Tidur cuma sebentar aja tiap harinya, jadi pas bangun ga enak banget rasanya. Baca artikel ini jadi tersadar memang harus memperbaiki kebiasaan tidur.

    ReplyDelete
  12. Jadi tantangan tersendiri ya ketika anak toilet training, mamak harus mengupayakan tidur yang berkualitas. Dengan bantuan Antangin Good Night in syaa Allah bisaa.

    ReplyDelete
  13. aku kalau kurang tidur bawaannya emosi bangeeet deh hehehe. Makanya sebelum aku bete berat karena tidur kurang, aku langsung coba untuk istirahat supaya tidurnya berkualitas

    ReplyDelete
  14. Tidur berkualitas memang bikin badan lebih sehat juga ya, mbak. Apa lagi sekarang harus banget jaga imun tubuh, salah satunya harus istirahat yg cukup

    ReplyDelete
  15. Memang ya apalagi sebagai seorang ibu, punya tidur yang berkualitas itu wajib banget supaya besoknya bisa fresh lagi dan siap menghadapi hari

    ReplyDelete
  16. ini emang bener banget sih, sering banget ngalamin semingguan tidur ngga nyenyak pasti semingguan itu morat marit semua kerjaan dan jadwal kerja

    ReplyDelete
  17. Makanya aku berusaha gak begadang, biar seger besoknya. Kalo gak, bawaannya, kalo gak lemes, ya,keselan.

    ReplyDelete
  18. Urusan tidur memang kadang terasa mudah atau sulit. Biasanya memang kalau badan terasa capek, kita akan mudah terlelap. Beda halnya jika pikiran kita semrawut. Maka tidur jadi seperti nggak nyenyak. Atau bisa dibilang tidur kita nggak berkualitas.

    ReplyDelete
  19. Aku udah sekitar 7 tahun ninnggalin kebiasaan begadang. Deadline jangan sampai mengganggu tidur deh. Hehe.... gara-garanya dulu sampai lama sakit tifus gara-gara begadang ini. Padahal sesuai kata Kak Rhoma Irama, aku begadang hanya kalau ada perlunya :D

    Tapi di sisi lain, jadi ngerasain banget manfaatnya tidur malam yang cukup dan berkualitas :)

    ReplyDelete
  20. Tidur berkualitas dengan kuantitas yang baik sebenernya tuh bikin badan jadi enak dan mood juga jadi enak mbak. Tapi emang nyebelin kalo insomnia lagi kumat. Sekarang udah nemu deh ini solusinya ya

    ReplyDelete
  21. Setahun setengah ini aku sering banget begadang, dan ternyata berat badan berubah juga akibat hal tersebut. KArena bawaannya ngemuil dan lainnya. Naik dyunk bb. Maka kudu atur tidur supaya berkualitas nih

    ReplyDelete
  22. Untuk bisa dapetin tidur berkualitas dan kuantitas, penting banget menghindari hal-hal yang bisa bikin tidur nggak nyenyak, misalnya cafein, cahaya lampu dan main hape. Kalao bisa sih bikin serileks mungkin, dan suasana senyaman mungkin biar tidurnya makin nyenyak. Bisa juga ya nyobain Antangin Good Night

    ReplyDelete
  23. senang sekali aku ketemu Antangin Good Night ini mbk
    Setelah minum, aku jadi bisa tidur lebih berkualitas daripada biasanya

    ReplyDelete
  24. Yeaayy setuju banget, bukan hanya ptoduktif yang kita dapatkan dengan kualitas tidur yang cukup. Tapi juga kesehatan dan mood yang bagus.

    ReplyDelete
  25. Tabel Antangin Good Night ini sepertinya belum masif ke toko ritel ya. Nanti besok Senin saya coba deh cek ke apotek. Penting banget biar tidurnya berkualitas.

    ReplyDelete
  26. Iya lho Mba. Perjuangan anak lagi latihan lepas popok itu sungguh bikin mood ikutan naik turun karena jam tidur sudah kurang, eh keganggu pula. Aku merasakannya belakangan ini. Belum lagi badan berasa capeeekkk.

    Emang tidur berkualitas ya sepenting itu sih.

    ReplyDelete
  27. Selama ini juga masih mengandalkan kualitas tidur yang cukup, agar tidak terlalu lelah ketika bekerja esok hari. Dan ditambah dengan konsumsi Saffron.

    ReplyDelete
  28. udah tidur tapi terbangun di tengah malam dan susah tidur kembali, duh saya banget, jadinya di pagi hari yang sehrusnya jadi jam produktif malah ngantuk dan males-malesan. Lagi berusaha memperbaiki kualitas tidur nih, biar ga berimbas pada produktivitas

    ReplyDelete
  29. Praktis banget ya udah ada dalam bentuk tablet, jadi enggak perlu repot ngeracik ramuan sendiri...

    ReplyDelete
  30. MBak Diah, fix aku butuh ini.
    Kurang mulu tidurku jadi nggak mood dan gampang strees.
    tiap malam melekin mertua, tidur sejaman subuh bangun dah aktivias lagi
    untungnnya tiap abis isya gitu aku tidur awal kalo gak lelah hayati

    ReplyDelete
  31. Aku banget ini Kak. sebenarnya aku butuh tidur 7-8 jam tapi selama ini hanya tidur 5-6jam.hiks.aku jadi susah tidur juga karna masih menyusui balita dan ada si kakak yg kadang kebangun karena alergi dingin. Dia pilek jadi susah napas. Hiks berharap banget anak2 ku cepat besar biar aq bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
  32. Aku juga nih kak sebenarnya butuh tidur 7-8 jam tiap malam. Tapi malah tidurku 5-6jam aja. Udah gt sering kebangun krn masih menyusui batita dan si kakak alergi dingin smpe pilek ga bisa napas. Kl udah gitu dia kebangun sambil marah2 hiks sedih aku tuh. Pingin banget anak2 segera besar biar aku bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
  33. emak-emak memang rentan kurang tidur ya, Mbak. ada aja kegiatannya yang bikin tidur jadi tengah malam dan bangun subuh hari. kalau tidurnya nyenyak sih nggak masalah. tapi kalau tidurnya keganggu melulu bikin nggak produktif keesokan harinya

    ReplyDelete
  34. Bener banget mba. Aq masih berusaha nih supaya tdr kuantitas dan kualitas nya bagus. So far ya kudu nunggu anak disapih dlu supaya lbih berkualitas. Doakan ya

    ReplyDelete
  35. dulu akupun begitu mbak, tapi sekarang aku biasakan bobo siang sekalian nemenin anak bobo. pas rutinkan lagi konsumsi herbal ini emang kerasa sih badan makin enteng dan tidur nyenyak , bahkan cenderung ngantukan sekarag nih, haha

    ReplyDelete
  36. aku memang merasa dengan tidur yang cukup, badan lebih segar dan fit. Tidak pusing menjalani hari esok

    ReplyDelete
  37. Iya, power nap itu ternyata penting ya. Seringnya aku nap kebablasan sampe ashar, wkwk... ampoonn pantesan udahnya lemeess

    ReplyDelete
  38. Akuuu, tim susah dpt tidur berkualitas huhu.. Anakku susah tidur siang, kalau malam pun gampang banget begadang kalau ngga ku paksa untuk tidur cepet2.. belum lagi kegiatan menulis yg biasa dilakukan malam hari karena kalau siang susah banget sambil ngasuh balita huhu

    ReplyDelete
  39. Selama ini lebih banyak tidur tapi tidak berkualitas ternyata. Makasih. Ulasan ini amat bermanfaat.

    ReplyDelete
  40. tablet antangin ini murah banget mba, bisa nih stok di rumah untuk keadaan darurat

    ReplyDelete
  41. Pandemi ini bikin tidurku luar biasa kacau balau. Apalagi anak2 sudah kuliah, gak ada usia sekolah yg punya jadwal kelas PJJ. Udah berbagai cara dicoba. Mungkin diem2 stress harus di rumah saja ya? Wkwkwk. Makasih artikelnya membantu sekali.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^