Explore the blog
Sunday, February 14, 2021

Wujudkan Impian #LiburanSehat di Malaysia Setelah Pandemi

Hampir satu tahun kita hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 yang telah mengubah hampir semua kebiasaan kita. Mau tidak mau, kita pun harus terbiasa dengan kehidupan baru yang kita sebut dengan new normal ini. Gimana tidak, jika hingga saat ini anak-anak sekolah masih melakukan pembelajaran dari rumah, pun begitu juga dengan sebagian karyawan masih ada yang kerja secara bergantian: Working from Home dan Working from Office sesuai dengan jadwal dan ketentuan perusahaan atau instansi masing-masing. Untuk saat ini, salah satu kegiatan yang paling didambakan setelah pandemi berakhir adalah liburan, terlebih lagi jika nantinya bisa sekaligus melakukan #LiburanSehat. Melepas penat dan juga rasa bosan terkurung dalam rumah berbulan-bulan lamanya. Eits, tentunya dengan tetap taat melakukan protokol kesehatan yah!

LiburanSehat di Malaysia


Yeah, penting banget untuk tetap menjaga kebiasaan baik yang sudah diterapkan berbulan-bulan ini.  Makanya, tidak heran belakangan ini istilah medical tourism atau wisata medis yang bertujuan agar kita bisa merasakan #LiburanSehat semakin ramai dibicarakan setelah sebelumnya ada wisata halal yang juga menarik minat kalangan masyarakat terlebih lagi bagi kaum Muslim yang memang sebelumnya sangat was-was jika melakukan perjalanan ke suatu tempat apalagi jika daerah minoritas. Ups, tapi harap sabar ya. Sebaiknya liburannya dilakukan setelah pandemi ini berakhir! Walau kita belum tahu jelas sih kapan pandemi ini akan berakhir? Meskipun vaksin telah ditemukan dan sedang melewati sederetan proses panjang agar bisa segera disalurkan ke seluruh warga, akan tetapi menjaga kesehatan dan keselamatan tetap menjadi tanggung jawab bersama.

Apa Sih #LiburanSehat itu? 

Mungkin sebagian kita sudah ada yang pernah mendengar istilah #LiburanSehat, atau mungkin malah sudah pernah merasakannya sebelum kedatangan pandemi ini ya? Bagi yang telah pernah merasakan sendiri bagaimana liburan sehat itu pasti saat ini sangat mendambakan melakukannya kembali. #LiburanSehat adalah tujuan yang ingin dicapai saat seseorang melakukan wisata medis. 

Biasanya seseorang memilih luar negeri atau negara tetangga sebagai tempat tujuan mencari perawatan medis karena biaya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan ngara sendiri, tidak hanya itu ketersediaan dan kemudahan mendapatkan perawatan medis juga jadi alasan seseorang memilih melakukan wisata medis. Biaya yang terjangkau, fasilitas dan juga teknologi yang lebih canggih yang bisa didapatkan inilah yang menjadi nilai tambah atau bahkan jadi alasan untuk melakukan traveling ini, biar sekalian jalan-jalan ke luar negeri gitu kan. Untuk Asia Tenggara, Malaysia menjadi salah satu negara yang paling banyak diminati sebagai destinasi wisata medis untuk #LiburanSehat. 

Malaysia Sebagai Negara Tujuan Wisata Medis #LiburanSehat

Letak Negara Malaysia yang strategis dengan negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia menjadikan Malaysia sebagai tujuan wisata medis yang banyak diminati. Banyak warga Indonesia memilih Malaysia karena letaknya yang dekat dengan negara kita, bisa ditempuh melalui perjalanan udara bahkan bisa pula melalui perjalanan darat, khususnya bagi mereka yang tinggal di Kalimantan yang memang berbatasan langsung dengan Malaysia. 

Tidak hanya itu, terdapat berbagai fasilitas kesehatan yang bisa dipilh sesuai dengan kebutuhan. Biaya yang dikeluarkan pun juga relatif lebih hemat bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa Malaysia juga merupakan Negara Muslim, jadi tentunya tidak sulit untuk menemukan makanan halal disana. 

Ayo, sekarang jadi ngerti kan kenapa orang-orang yang sakit ataupun hanya sekedar ingin melakukan medical check up biasanya lebih memilih Negara tetangga kita, Malaysia sebagai tempat untuk berobat? Padahal di Negara kita sendiri kan juga punya fasilitas kesehatan. 

Nah, salah satu tujuan wisata medis yang paling banyak diminati di Malaysia adalah Malaysia Healthcare Travel Council atau biasa disingkat dengan MHTC. 

Lebih Dekat dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Yuk!


Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah sebuah lembaga Pemerintah di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia (Ministry of Health) yang diluncurkan pada tahun 2009 yang bertugas untuk memfasilitasi dan mempromosikan perjalanan perawatan Malaysia dengan cara membangun koordinasi  kemitraan publik swasta dalam dan luar negeri. Dengan kata lain, semua pasien diterima dengan baik, tidak hanya dari dalam negeri (Malaysia) tetapi juga pasien yang berasal dari luar negeri.

End-to-End Service MHTC
pic source: https://mtm.malaysiahealthcare.org/malaysia-healthcare/

Industri perjalanan perawatan kesehatan Malaysia terdiri dari kementrian dan agen Pemerintah, fasilitas perawatan kesehatan swasta, perusahaan penerbangan, agen perjalanan, hotel dan fasilitas lainnya ini bekerjasama dalam menciptakan pengalaman perjalanan perawatan kesehatan terbaik mereka yang bersifat end-to-end bagi semua pengunjung MHTC yang mana akan mengawal pasien di setiap langkah. Jadi, tidak perlu khawatir dan bingung mengurus segala sesuatu saat tiba di Malaysia karena kita akan langsung mendapatkan layanan terbaik dari MHTC sejak kedatangan hingga kembali ke negara asal. Pihak MHTC inilah yang akan mengurus rumah sakit yang akan dituju oleh pasien dan segala kebutuhan lain yang diperlukan saat pengobatan dan pengalaman #LiburanSehat itu tentunya. 

Layanan Malaysia Healthcare Travel Council 

Sebagai lembaga resmi Pemerintah Malaysia yang dikoordinir langsung dibawah Kementerian Kesehatan, maka MHTC pastinya akan memberikan layanan terbaik mereka seperti yang dikutip pada microsite resmi Medical Healthcare yaitu sebagai berikut: 
  • Memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia.
  • Didukung oleh tenaga medis berpengalaman dan profesional.
  • Kemudahan membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan.
  • Memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan Anda untuk biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit di Malaysia.
  • Memiliki layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Services (MGS) untuk mempermudah mendapatkan informasi.

liburansehat Malaysia


Terdapat 69 rumah sakit swasta rekanan MHTC yang dapat digunakan sebagai wisata perawatan kesehatan bagi pasien asing yang terdiri dari dua jenis keanggotaan (Elite dan Ordinary Member) yang tersebar di daerah-daerah berikut yaitu: Johor, Kedah, Kelantan, Kuala Lumpur, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Penang, Perak, Sabah, Sarawak dan Selangor. 

Alasan Memilih Healthcare Tourism Council 

Berikut alasan yang bisa dipertimbangkan mengapa harus memilih Healthcare Tourism Council sebagai tujuan #LiburanSehat di Malaysia Setelah Pandemi:

Alasan Memilih Healthcare Tourism Council

  1. Teknologi medis terbaru dengan praktisi kesehatan yang berpengalaman dengan akreditasi Internasional.
  2. Jam tunggu minimal dengan akses ke spesialis yang dibutuhkan dengan berbagai perawatan.
  3. Biaya pengobatan menggunakan tarif standard yang berlaku dan dipantau oleh Kementrian Kesehatan. 
  4. Kemudahan komunikasi sehingga kita tidak merasa asing walau di negara orang.
  5. Saling menghormati kebutuhan antar agama.
  6. Jelajah wisata Malaysia yang lengkap. 

Yuk, Wujudkan Impian #LiburanSehat di Malaysia Setelah Pandemi

Hmm, gimana? Sudah siap untuk wujudkan impian #LiburanSehat di Malaysia Setelah Pandemi ini berakhir? Tentu doong ya! Nah, dari sekarang harus nabung dan udah bisa juga ya membuat rencana ke daerah mana di Malaysia nanti yang akan dituju. Biar sekalian gitu, bisa wisata sambil memperhatikan kesehatan kita juga. 

Well, bagi Temans yang penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai Malaysia Healthcare Travel Council ini agar bisa wujudkaan impian #LiburanSehat di Malaysia bisa langsung cek informasinya di Instagram: @medtourismmy.id dan juga Microsite: https://medicaltourismmalaysia.id yuk! 


Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya. ☺


Whould you like to comment?

  1. Ngiderbae.my.id6:47 PM

    Pantes banyak dijadikan tempat berobat karena Malaysia bisa memberikan pelayanan yang justru bikin pasiennya relaks dan happy ya. Karena rasa happy itu nantinya bisa ngebantu proses pengobatan berjalan lancar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar nih, perasaan bahagia yang hadir juga bisa membantu proses penyembuhan. Jadi cocok banget bisa berobat sekaligus liburan itu setidaknya jadi kondisi yang membebankan ya Mbak. Justru bikin org yang berobat ke Malaysia tsb lebih relax menghadapi pengobatannya.

      Delete
  2. Ternyata perjalanan untuk mencari kesembuhan juga ada jasa semacam travel ya kak. Pasti terasa lebih mudah dan aman. Informasi yang baru bagi saya. Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
  3. Entah mengapa luar negeri menjadi tujuan untuk berobat, terutama malaysia masyarakat kita suka sekali kesana. Dengar-dengar selain karena fasilitasnya yang modern, para tenaga medisnya juga sangat ramah terhadap pasien

    ReplyDelete
  4. pantesan kenapa banyak yg berobat ke Malaysia ternhata memang satu paket berobat sekaligus liburan hehe

    ReplyDelete
  5. Ini mah gak perlu ke RS juga bakalan sehat sentosa soalnya banyak jalanjalannya hahaha
    Maulah aku ngebolang ke Malaysia. Semoga pandemi segera berakhir

    ReplyDelete
  6. Baru denger deh liburan sehat. Eh ternyata ini berobat ke luar negeri gitu atau negara tetangga ya. Saking bagusnya pelayanan di luar Indonesia, warga RI sendiri pun lebih memilih berobat ke luar negeri, karena pasien di sana lebih dihargai ketimbang di RI, hahaha....

    ReplyDelete
  7. Agreed, perference saya pun lebih ke Malay, krn secara bahasa pun minimal lebih serumpun dibanding ke SG, plus di Malaysia harganya lebih bersahabat dengan kualitas faskes premium sekelas di SG

    ReplyDelete
  8. Memang bener banget kak.. wisata kesehatan /medical tourism Malaysia lebih murah dibanding berobat di negeri sendiri. Dan mereka melakukan pelayanan maksimal kepada kita. Makanya selalu menjadi pilihan. Apalagi di Medan, untuk ke Jakarta lebih jauh dan mahal daripada harus ke Malaysia.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, ada 69 rumah sakit swasta rekanan MHTC. Banyak bangetttt jumlahnya. wajar apa-apa orang berobat sekalian berwisata ke sana ya mba.

    ReplyDelete
  10. Malaysia memang kerap jadi negara tujuan untuk berobat ya. Sepertinya fasilitas medisnya di sana lebih lengkap. Bisa sekalian liburan juga pas berobat

    ReplyDelete
  11. ternyata sudah lama sejak tahun 2009 Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) berdiri, pantas aja dapat kepercayaan masyarakat dan pemerintah karena alatnya canggih

    ReplyDelete
  12. Sering dengar banyak orang yang berobat ke Penang/ Malaysia. Bisa berobat sambil liburan. Kuliner dan pemandangan kotanya menyenangkan

    ReplyDelete
  13. Pandemi emang menghalangi dari bepergian. Semoga setelah pandemi ini bisa tetap menjaga kesehatan. Saya rasa Malaysia jadi tujuan wisata cukup bagus. Setahu saya kesehatan di sana sangat diperhatikan. Artikel keren Mbak.

    ReplyDelete
  14. wahyuindah1:08 PM

    Wah liburan sambip cek kesehatan. Asyik tuh. saya gak pernah ke malaysia. ke beberapa tempat di indonesia saja masih jarang. huaaa... nunggu ada yang ngajakin. hehe

    ReplyDelete
  15. Nabung dulu biar setelah pandemi bisa #LiburanSehat.
    Beberapa kenalan yang tinggal di pulau Sumatra juga memilih Malaysia untuk tujuan berobat maupun studi banding ke lembaga pendidikan di sana. Kata mereka biayanya lebih murah daripada berobat/studi banding ke pulau Jawa

    ReplyDelete
  16. Malaysia ya? Belum terbayang sih mau liburan di sana, mau pas pandemi ataupun tidak. Soalnya, lebih senang saja liburan ya pulang kampung, ke Jogja, ketemu dengan orang tua. Anak-anak saya juga bisa ketemu dengan kakek dan neneknya. Ah, entah kapan bisa terlaksana itu?

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu nemenin anak-anak belajar di Malaysia, itu pernah kejadian salah satu muridku kakinya sampai luka berat karena kena tendang saat permainan futsal dengan anak Malaysia.

    Jadilah kubawa ke RS kampusnya. Pelayannya memang oke.

    Kau MHTC belum pernah ke sana sih. Tapi mengingat banyak yang berobat ke sama berarti emang terpercaya ya ...

    ReplyDelete
  18. rencana untuk melakukan liburan sehat di Malaysia bersama orangtua sudah ada hanya terbentur dengan pandemi ini, semoga bisa mewujudkan rencana tersebut segera ya aamiin

    ReplyDelete
  19. mau banget liburan kaaak. tapi sayang semenjak pandemi keuangan dan tabungan terkuras habis banget wkwk doain punya cukup tabungan ya terus bisa liburan ke malaysia

    ReplyDelete
  20. Waw baru tau saya tentang informasi ini. Memang semua penyakit itu dari pikiran, mskanya penyembuhannya ya dmulai dari pikiran heppy dl

    ReplyDelete
  21. Kalau sering lihat berita pejabat atau artis rata2 ambil pengobatan di malaysia atau singapur ya mbak. Kalau ke Malaysia bisa pakai MHTC ini ya

    ReplyDelete
  22. Aku kalau liburan ya, liburan saja. Ternyata liburan ke Malaysia bisa wisata sehat juga ya, Mba. Semoga setelah pandemi bisa wisata sehat ke Malaysia.

    ReplyDelete
  23. Temen2 saya banyak juga yg ke Malaysia utk berobat. Katanya lebih bagus daripada di Indonesia. Alatnya lebih lengkap ya. Yg serunya sekalian wisata, liburan sehat

    ReplyDelete
  24. Ide paling menarik nih, ga hanya liburan tapi juga untuk kesehatan. Mesti direncanakan dari sekarang nih, sangat menarik banget.

    ReplyDelete
  25. kudu siap dana tabungan nih, pengen juga liburan tapi juga bisa sekalian cek kesehatan ya Mba Diah. Makasih informasinya

    ReplyDelete
  26. Malaysia memang terkenal dengan medical tourism-nya ya, Mbak. Banyak orang di sekitar saya yang udah melakukannya, sekalian berobat sekalian jalan-jalan hehehe.

    ReplyDelete
  27. Banyak denger soal medical Malaysia ini, ternyata memang berobat di Malaysia itu lebih lengkap dan lebih murah ya jatuhnya. yah semoga ada rezekinya ketika memang harus berobat, tapi jauh lebih penting adalah semoga tetap sehat sehingga bisa jalan-jalan ke Malaysia buat liburan :)

    ReplyDelete
  28. Duuh kangen banget jalan-jalan. Lihat tulisan ini saya makin pengen keluar rumah 😭

    ReplyDelete
  29. Wah iya nih sempat bertanya-tanya kenapa banyak orang yang lebih suka berobat di Malaysia ternyata emang bisa dijadikan sebagai liburan sehat ya Kak. Jadi tujuannya bukan sekadar berobat saja tapi juga refreshing yang tentunya jugs punya efek baik untuk tubuh :)

    ReplyDelete
  30. Malaysia memang sudah terkenal dengan liburan sehatnya nih, cuma dulu aku taunya cuma ke daerah Penang. Kalau sekarang udah bisa lagi kah?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^