Blackmores PBFG, Dukung ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

Tuesday, August 18, 2020

Blackmores PBFG, Dukung ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa ~ Bulan Agustus itu bulan yang spesial ya? Selain memperingati HUT Kemerdekaan RI yang baru saja kita laksanakan kemarin, di awal Agustus juga diperingati Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia (World Breastfeeding Week) yang disambut suka ria oleh para Ibu di seluruh dunia, tidak terkecuali juga dengan saya dong tentunya.

Blackmores PBFG, Dukung ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

Mengapa sih harus ada pekan ASI Sedunia? Ya harus dong, karena ini sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh WHO dan UNICEF untuk mendukung semua Ibu (dan calon Ibu) menyusui di dunia ini agar meningkatkan kesadaran akan pentingnya memberikan ASI kepada bayi, sebab ASI begitu istimewa dan memiliki banyak manfaat bagi bayi. Jadi, kita pun juga harus bekerja sama tuk mendukung upaya ini ya. 


Pentingnya ASI bagi Ibu dan Bayi yang Istimewa 

Tentu kita sudah tahu akan pentingnya pemberian ASI karena kandungan dan manfaatnya itu sungguh luar biasa, tidak hanya bagi bayi tapi juga bagi sang Ibu. Air Susu Ibu (ASI) adalah karunia yang luar biasa istimewa yang diciptakan Tuhan melalui Ibu kepada bayinya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Kandungan yang terdapat pada ASI itu mencakup protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bayi yang memang hanya dapat diperolehnya melalui cairan istimewa yang bernama ASI. Tidak hanya itu saja, ASI juga mengandung sel darah putih dan zat yang membentuk kekebalan tubuh bayi dengan komposisi yang dapat berubah sesuai usia dan kebutuhannya. Kandungan ASI juga diketahui efektif dalam mengurangi risiko bayi mati mendadak (SIDS), serta meningkatkan kecerdasan dan memperkuat sistem kekebalan alami tubuh anak. Wow, ASI benar-benar istimewa ya dan itu semua diberikan Tuhan secara gratis kepada Ibu untuk anaknya. Jadi, tidak ada kata ragu lagu untuk memberikan ASI kepada bayi ya!

Pengalaman Menyusui: Dari Anak Pertama Hingga Anak Ketiga

Saat ini saya pun masih menyandang predikat Ibu menyusui dan saya sangat bangga dengan hal ini. Menyusui adalah momen paling penting dan membahagiakan bagi setiap Ibu. Bagi saya sendiri, menyusui itu adalah me time dan jadi our time saya dan anak karena disaat inilah kami bisa lebih dekat satu sama lain. Sejak menikah, saya pun berniat agar nanti jika diberi kesempatan hamil dan memiliki anak, saya ingin bisa memberikan ASI kepada anak-anak saya. Karena tahu betapa penting, berharganya dan istimewanya ASI itu.

Setelah melahirkan anak pertama, saya pun terus megupayakan agar bisa memenuhi kebutuhan ASInya, bisa memberikan ASI eksklusif  dan melanjutkannya sampai usia 2 tahun. Saat Si Kakak dulu, Alhamdulillah saya berhasil memberikan haknya untuk mendapatkan ASI hingga usianya 2 tahun bahkan lebih 2 bulan saat itu, proses menyapihnya juga berhasil tanpa drama oles-oles, let's say Weaning with Love (WWL). Cerita menyusui anak pertama memang penuh warna, yang payudara bengkak hingga saya demam, belum lagi ketika anak mulai tumbuh gigi, puting seakan dijadikan tempat mengasah giginya yang baru muncul itu. Cerita tidak sampai disitu saja, saat menyusui anak pertama, saya juga sempat menyusui ponakan saya selama satu tahun lebih.

menyusui buah hati kapan dan dimana pun

Berbeda lagi dengan cerita menyusui anak kedua yang hanya mendapatkan ASI hingga hampir 15 bulan saja karena saat itu saya  kembali diberi kepercayaan hamil anak ketiga. Tekad bulat untuk bisa terus menyusui meski dalam keadaan hamil pun saya jalani, walau hanya bertahan hingga usia kehamilan 21 minggu saja. Rasanya sungguh berat ketika harus menyapih dini, tapi mungkin itulah yang terbaik buat kami saat itu karena kuantitas ASI pun semakin menurun. Mungkin ini juga berpengaruh karena jarangnya direct breastfeeding, anak saya hanya menyusu ketika malam hari karena siang harinya saya bekerja.

Saat ini, anak ketiga berusia 16 bulan dan saya masih terus memberikannya ASI. Saat tiga bulan setelah cuti melahirkan selesai, saya pun kembali bekerja dan rutinitas memompa ASI pun dilakukan. Dedek minum ASIP ketika saya bekerja tapi terkadang pula saya kembali ke rumah di jam istirahat untuk memberikannya ASI langsung. Namun keadaan itu hanya berlangsung hingga pertengahan Desember yang lalu. Alhamdulillah, project saya sudah selesai dan saya pun kembali di rumah saja dan bisa lebih dekat dengan anak-anak saya termasuk selalu siap sedia memberikan ASI kepada anak ketiga. Semoga semua bisa berjalan sesuai harapan agar Si Dedek bisa mendapatkan hak ASInya hingga usianya 2 tahun nanti, Aamiin.

Dukungan Lingkungan untuk Kesuksesan Menyusui

Menyusui itu memang hanya antara ibu dan anak saja. Tapi suksesnya pemberian ASI itu sendiri tidak luput dari dukungan orang-orang di sekitar sang Ibu terutama pasangan dan keluarga dekatnya. Bagi Ibu rumah tangga, yang sehari-hari bisa memberikan ASI kapan saja pun tetap butuh dukungan dari orang terdekat. Pendelegasian tugas domestik pada pasangan saat Ibu sedang memberi ASI apalagi saat anak sedang dalam masa growth spurth itu bisa banget membantu Ibu agar tidak merasa  melakukan segalanya sendiri.

Sedangkan bagi Ibu menyusui yang bekerja, mendapatkan dukungan dari lingkungan kerja juga sangat penting. Dengan adanya ruangan khusus laktasi membuat para Ibu bekerja bisa relax saat memompa ASI untuk dibawa pulang, ataupun memberi waktu khusus pada sang Ibu untuk bisa melakukan pumping sesuai jadwalnya, itu pun menjadi bentuk dukungan yang sangat berarti bagi para Ibu menyusui yang bekerja. 

Tips Lancar Menyusui 

Dari pengalaman saya menyusui selama ini, ada beberapa poin penting yang mungkin juga bisa bermanfaat buat para (calon) Ibu menyusui: 

1. Niat dan Semangat MengASIhi
Sesuatu yang baik itu memang butuh niat yang kuat. Berniatlah agar bisa mengASIhi, tanamkan pada diri bahwa kita bisa melaluinya. Penting juga memberi tahu kepada pasangan tentang niat kita ini agar kita pun dapat dukungan dan semangat. Jangan mudah putus asah jika di tengah-tengah proses mengASIhi kita mendapatkan kendala. Yakin dan percaya bahwa kita bisa menghadapi semua tantangan saat masa menyusui. 

2. Belajar tentang ASI 
Ini bisa dimulai kapan saja, karena ilmu itu tidak ada batasnya. Belajar hal yang baru bisa memperkaya wawasan kita, begitupula dengan ilmu ASI. Tidak ada salahnya belajar tentang ASI walau belum menjadi seorang Ibu. Malah akan menjadi lebih baik lagi jika kita sudah tahu ilmunya. Belajar tentang ASI dengan banyak membaca artikel-artikel terkait, mendengarkan atau mengikuti talk show seputar ASI/menyusui, konsultasi pada konselor ASI ketika sedang hamil. Mengikuti kelas khusus; belajar bagaimana cara merawat payudara, peletakan yang tepat, manajemen ASIP dan banyak hal lainnya agar ketika telah menjadi Ibu kita tidak panik lagi. 

3. Penuhi Nutrisi 
Saat menyusui berarti ada nyawa lain yang sangat bergantung pada kita, terlebih lagi di masa-masa 6 bulan pertamanya. Maka seorang Ibu menyusui wajib untuk memperhatikan kebutuhan nutrisinya. Perbanyak minum air putih agar cairan tubuh terus ada, konsumsi makanan yang bergizi dengan memperbanyak makan sayur dan buah, minum susu jika perlu. Say NO dulu lah ya untuk diet, karena yakin deh makan yang banyak karena menyusui itu tidak buat kita gemuk kok. 

4. Istirahat yang Cukup
Bagi Ibu menyusui, terlebih lagi di awal-awal kelahiran sang bayi pastinya punya jam tidur yang tidak teratur. Apalagi harus menyusui bayi setiap 2-3 jam sekali, bangun di tengah malam ketika bayi nangis pasti akan membuat istirahat Ibu pun juga jadi berkurang. Ambil waktu istirahat saat bayi terlelap agar Ibu tidak lelah karena jika lelah maka produksi ASI pun akan berkurang. 

5. No Stress, Always Happy! 
Ibu menyusui itu tidak boleh stress, wajib untuk selalu happy agar hormon dalam tubuh bisa bekerja maksimal dan menghasilkan ASI yang banyak untuk sang buah hati. Maka, lakukanlah hal-hal yang bisa membuat Ibu selalu merasa happy binti bahagia ya. Makan-makanan kesukaan, melakukan me time (nonton, membaca) saat bayi sedang tidur dan Ibu sudah cukup istirahat. 

6. Konsumsi Booster/Suplemen Penambah ASI 
Selain kelima hal di atas, konsumsi suplemen untuk tambahan juga diperlukan bagi Ibu menyusui untuk melengkapi kebutuhan di masa-masa menyusui dan juga memperlancar ASI. Salah satu suplemen nutrisi ASI yang banyak direkomendasikan adalah Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang dipasarkan oleh PT. Kalbe Blackmores Nutrition, Jakarta.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), Nutrisi Penting di Masa Hamil dan Menyusui

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold adalah produk unggulan dari Kalbe Blackmores Nutrition yang dapat membantu Ibu hamil dan Menyusui dalam memperoleh nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan sang Ibu dan buah hati. Blackmores sendiri adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia yang hadir sejak tahun 1932. Produknya meliputi vitamin, minerals, herbal dan suplemen nutrisi. 

Mengapa Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold? 

Komposisi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Alasannya karena Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) ini mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui yaitu:

  • Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari risiko anemia.
  • Tinggi kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu.
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi, sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi agar tidak mudah sakit.
  • Omega 3/DHA yang tidak berbau dan baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat di konsumsi oleh Ibu. 
  • Vitamin dan Mineral lainnya yang juga dibutuhkan oleh Ibu Menyusui. 

Seperti pernyataan yang disampaikan oleh Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Dian berikut bahwa:

"Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah Hati." 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Mendukung World Breastfeeding Week 

review Blackmores PBFG diahalsa

Blackmores turut mendukung World Week Breastfeeding Week dengan memberikan serangkaian edukasi di media sosial, agar semua Ibu yang pernah atau sedang menyusui sadar mengenai pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi. 

Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Brand Manager Kalbe Blackmores menyatakan bahwa: 

"Di Kalbe Blackmores Nutrition, kami menyadari pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyukseskan pemberian ASI. Masih dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, selain mengedukasi seputar ASI dan menyusui melalui akun Instagram @blackmoresid, Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui." 

"Harapannya agar dengan berbagi pengalaman dari dan dengan sesama ibu, para ibu hamil dan menyusui menyadari bahwa ia tidak sendiri, sehingga nantinya dapat lebih percaya diri menjalani masa-masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati," tambah Dian

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Bekerja Sama dengan Yayasan Bumi Sehat 

Di Indonesia, Kalbe Blackmores Nutrition telah bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat, sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak. 

"Kalbe Blackmores Nutrition memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Sejak 2017, kami bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botolBlackmores Pregnancy and Breast-Feeding Goldsetiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua," tutup Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Bagi para Ibu yang juga ingin merasakan langsung manfaat dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini dapat ditemukan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. 

Untuk info lebih lanjut mengenai Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini, langsung aja ya ke website resmi dan juga Instagram: @blackmoresid

Semangat mengASIhi ya!



 

You Might Also Like

44 Comments

  1. penting banget asupan tambahan nutrisi untuk ibu menyusui, apalagi sekarang dipermudah dengan hadirnya blackmores ini. ibu senang adik bayi ikutan senang dan sehat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Sebab meskipun para ibu hamil/menyusui sudah jungkir balik memasak untuk dirinya sendiri setiap hari, tapi kenyataannya selalu aja ada nutrisi yang belum terkonsumsi sesuai angka kebutuhannya. Makanya ini gunanya suplemen macam Blackmores ini, untuk menutupi kebutuhan nutrisi yang belum tercapai dari masakan sehari-hari.

      Delete
    2. Aih iya juga ya. Blackmores pada akhirnya jadi pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui agar tetap sehat dan ASI melimpah demi si dedek bayi.

      Delete
  2. Teringat saat saya menyusui putra saya Fahmi. ASI tidak maksimal. Saat itu blm tahu apapun. Kelak, kalau diberikan kesempatan hamil tidak akan lupa dengan blackmores ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu jaman Intan baby, belum ada tambahan nutrisi kayak Blackmores ini deh, atau sayanya yang kudet ya? 😊 Jadinya repit banget dalam memenuhi gizi bagi diri sendiri agar ASI maksimal dan lengkap kandungan gizinya bagi baby.

      Ah, semoga kin para busui semakin terbantu dengan adanya Blackmores ini ya, Di. 😊

      Delete
  3. Saya dukung sekali ibu2 memberi ASI. Meski ada juga ibu yg ga berhasil memberikan ASI pada anaknya. Semua butuh dukungam, termasuk dukungan blackmores buat ibu menyusui 😊🙏

    ReplyDelete
  4. Yeayyy! Semangat menyusuinya ya moms. Beruntung sekali ada produk Blackmores ini. Jadi ASInya pun bisa lebih bernutrisi.

    ReplyDelete
  5. Seneng ya, campaign ASI sekarang semakin gencar
    Dulu susah banget lho ngasih ASI, klinik bersalin kan udah kerja sama dengan produsen sufor

    ReplyDelete
  6. Baru tahu ada blacmores ini. Asupan nutrisi perlu diperhatikan emang buat bumil dan ibu yang menyusui. Bisa direkomendasikan nih produknya.

    ReplyDelete
  7. Edukasi tentang pentingnya menyusui dan kecukupan nutrisi pada bayi ini mesti bener-bener dikencengin ya. Baru beberapa hari lalu baca tentang bayi 4 bulan yang meninggal karena dikasih makan nasi oleh ibunya. Alasannya si bayi masih nangis padahal udah menyusu :'(

    ReplyDelete
  8. Kangen jadi busui lagi.. hehe. Jarak sama anak ketiga udah pas nih. blackmores bs jadi pilihan

    ReplyDelete
  9. Seneng pada akhirnya Ada Booster ASI yg pas buat Kita y mba jadinya kebutuhan ASI utk anak terpenuhi

    ReplyDelete
  10. Saya termasuk beruntung karena menemukan RSB yang dokter serta timnya mendukung IMD. Bahkan saya ingat betul, ketika meminta ijin dokter memberikan sufor karena bayi saya dirasa kurus, beliau bilang nggak papa. ASI belum keluar pun nggak papa karena bayi masih sanggup bertahan karena nutrisi selama di dalam perut masih mencukupi hingga usianya tiga hari. Alhamdulillah, ASI pun lancar untuk kedua anak.

    Tapi ya memang nggak semua orang semudah ini saat menyusui. Ada yang harus ekstra usaha sampai nangis-nangis biar ASI-nya keluar. Makanya, bersyukur banget ada Blackmores. Pastinya sangat membantu para ibu atau calon ibu menyusui agar ASI mengalir lancar dan berkualitas.

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran mau coba juga nih. Kebetulan saya pun masih menyandang status ibu menyusui.

    ReplyDelete
  12. Dengan mengkonsumsi Blackmores ini makin lancar ya ASI yang keluar mbak. Meskipun saya sedang tidak program menyusui tapi penting nih belajar juga tentang ASI agar ke depannya bisa lancar menyusui saat punya anak.

    ReplyDelete
  13. Blackmores memang terkenal dengan kualitasnya. Multi-vitamin dan pendamping gizi kelas premium yang tentunya akan membawa manfaat yang premium pula. Begitu tau memiliki efek sangat positif untuk busui, waaahh 10 jempol deh.

    ReplyDelete
  14. Wah sangat menarik nih pembahasan ttg ilmu ASI. Jelas nutrisi penting banget bagi ibu menyusui, supaya ASInya berkualitas baik. Bayi sehat, ibunya juga

    ReplyDelete
  15. dulu jaman aku masih menyusui juga minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold mba. Meski tabletnya gede, tapi sesuai sama nutrisi didalamnya bikin ASIku kental hehe. Sekarang mudah didapatkan ya, dulu aku harus pesen dulu kalo mau beli ini.

    ReplyDelete
  16. Selalu seru baca pengalaman cerita penuh warna dari menyusui ini, momen me time dan bonding berasa banget di sini. Tips melancarkan ASInya juga ilmu banget ini, apalagi didukung oleh blackmores yang merupakan asupan nutrisi buat Buibu dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

    Jamanku belom ada blackmores, huuuu.

    ReplyDelete
  17. ASI sangat penting bagi seorang anak. Karena itu seorang ibu harus memperhatikan kualitas ASI-nya ya. Dengan adanya Blackmores, semoga banyu nutrisi ibu hamil dan menyusui.

    Tips menyusuinya mantul bener. Saya saved ya
    Semoga saya kebagian rezekinya bisa punya bayi dan menyusui. Aamiin...

    ReplyDelete
  18. Adikku anak pertamanya nggak minum ASI karena ASI nggak lancar dan sedikit sedangkan anak kedua lancar banget, memang beda banget anak yang diberi ASI dengan enggak ya. Anak pertama yg nggak diberi ASI gampang sakit makanya penting banget ASI lancar ya, produk Blackmores yang satu ini memang salah satu solusi ASI lancar

    ReplyDelete
  19. Ibu menyusui itu emang banyak banget yah kak suka-dukanya. Aku juga bercita-cita gitu sih kalau punya anak pengennya dia ASI aja, dan tentu aja nutrisi ibunya harus diperhatikan banget nih. Tipsnya kece banget. Thanks ya kak sudah berbagi

    ReplyDelete
  20. senangnya ada yang membantu melengkapi nutrisi ibu hamil melalui multivitamin black mores :)

    ReplyDelete
  21. Yeayyy...makin semangat nih menyusuinya karena ada dukungan nutrisi untuk ibu dari Blackmores PBFG. Sehatsehat selalu yaa mbak..

    ReplyDelete
  22. SERING banget denger Blackmores. Bahkan kalau ke drugstore, misalnya guardian dan watson, aku selalu liat produknya.
    Bener-bener se-useful itu ya blackmores!

    ReplyDelete
  23. Blackmores salah satu produk yang baik dalam melancarkan ASI apalagi di masa menyusui jadi sahabat ibu banget. Semangat terus ya mbak memberi ASI buat si kecil.

    ReplyDelete
  24. Wah mantaps nih jadi suplemen untuk melengkapi gizi busui ya supaya lebih berkualitas ASI nya.. Asyiknya ada produk seperti ini :D

    ReplyDelete
  25. Ternyata ada suplemen khusus buat Buat ibu menyusui yah. Blackmores kirain merk luar negri ternyata dari negeri juga ya keren deh.

    ReplyDelete
  26. ASI punya kandungan dan manfaat yg sungguh luar biasa. Jadi penting banget bagi sang ibu untuk memperoleh asupan yg baik agar ASInya juga berkualitas

    ReplyDelete
  27. Sama banget sama aku kak..
    Hamil kedua di saat anak pertama masih ASI 16 bulan.
    Huwaaa~
    Rasanya ingin terus berjuang. Tapi pas kaka usia 21 bulan, aku juga menyapihnya dengan cinta.
    Gak main boong-boongan, jadi anaknya alhamdulillah, no drama.

    ReplyDelete
  28. Noted infonya ya Mbak. Kebetulan aku lagi hamil dan persiapan nyari vitamin plus ASI booster juga ni.... :)

    ReplyDelete
  29. nutrisi seperti ini sangat penting bagi busui supaya target ASI Eksklusif berjalan lancar. Dukungan orang sekitar juga perlu agar ibu menyusui bisa fokus merawat kelancaran ASI dan buah hati. Jangan sampai buat makan aja susah apalagi pijat payudara atau treatmen lainnya yg dibutuhkan. Orang sekitar jangan hanya kritik saja.. hihi

    ReplyDelete
  30. Dulu aku telat kenal Blackmores. Sudah kelar menyusui baru tahu ada produk ini. Padahal proses menyusui selaku bikin panas dingin, yang pada akhirnya berujung gagal mengASIhi eksklusif. Kalau dikasih kesempatan punya anak ketiga pengen banget sih bisa mengASIhi secara eksklusif.

    ReplyDelete
  31. Menurutku, Ibu yang bisa menyusui bayinya itu keren. Apalagi kita tau kalau kandungan dan manfaat dari ASI itu sangat baik bagi bayi dan juga ibu. Ini juga anjuran dari WHO dan IDAI juga.

    ReplyDelete
  32. Pastinya setiap Ibu ingin memberikan ASI terbaik dan bernutrisi bagi sang buah hati ya, Mbak Diah. makanya bagus sekali inia da suplemen blackmores bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui. Asi bernutrisi pastinya bagus untuk perkembangan si buah hati.

    ReplyDelete
  33. Asam folat dan kalsium memang utama, Mbak Diah. Dulu pas istri menyusui, kadang berseteru sama ortu yang pengin ngasih formula karena istri pascacaesar yang ga cepat keluar ASI-nya. Syukurlah lama-lama ASI lancar. Coba kalau ada Blackmores dulu, bakalan makin praktis--makin mendukung pemberian ASI. Moga sehat selalu bersama si kecil ya Mbak!

    ReplyDelete
  34. Suplemen blackmores inintu bagus bgt, kalau circleku bnyak konsumsi vit-c nya. Ini yg buat busui ccok bgt klo dbuat kado klo ada tmen melahirkan kali y 😁

    ReplyDelete
  35. ASI bernutrisi, insya Allah anak-anak pun akan tumbuh sehat dan cerdas. Bonding dengan ortu juga terjaga. :) Selamat menyusui dengan bahagia ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  36. Aku juga sangat mendukung ibu untuk menyusui sampai dengan usia golden time, karena berpengaruh sekali terhadap kesehatan dan kecerdasan anak, dan udah pasti ya butuh nutrisi juga untuk ibu terutama asam folat agar asi juga maksimal, seperti dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini

    ReplyDelete
  37. kayaknya masih ada botolnya blackmores di rumah
    dulu pas ibu negara menyusui juga konsumsi ini
    bagus buat menambah asi

    ReplyDelete
  38. Yeay bulan Agustus so spesial ya. ternyata hari lahir anak pertamaku juga masuk dalam pekan menyusui ini. Kalau flashblack lagi sejak mulai menyusui hingga sekarang rasanya nano-nano banget. Menyusui memang butuh perjuangan banget apalagi ketika saya memutuskan untuk tandem nursing. Bukan cuma dukungan dari orang sekitar saja tapi adanya suplemen seperti blackmores ini emang sangat diperlukan. Selain itu seperti yang udah Kak Diah singgung, ibu menyusui itu harus bahagia, nggak boleh stress.

    ReplyDelete
  39. Nanti kalau udah dikasih kepercayaan hamil, mau juga deh konsumsi Blackmores ini sbgai penunjang mengASIhi utk si ekcil Artikel yg informatif banget mbak Diah. Semangat MEngASIhi, Mbak ^_^

    ReplyDelete
  40. Aku juga masih lagi menyusui udah usia anak 20 bulanan nih. Baru jd ibu dg 1 anak ngerasain byk suka duka memberi ASI. Memang butuh support dari lingkungan dan keluarga ya... Btw Blackmores ini byk yg rekomendasiin jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  41. blackmores bagus ya Mba, saya juga konsumsi ini

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community