Referensi Istilah Dalam Pengeluaran yang Dapat Digunakan Pada Catatan Finansial

Tuesday, August 25, 2020

Monday biasanya identik dengan money day, eits tapi ini udah Tuesday binti hari Selasa sih ya? Heheh. Di akhir bulan begini orang biasanya bilang 'tanggal tua', tapi bagi sebagian orang di tanggal segini itu malah saatnya menanti notifikasi dari bank karena payroll a.k.a. gajian telah di depan mata. Saya ingat waktu di project tempat saya bekerja sebelumnya (2011 - 2014), kami selalunya gajian itu di akhir bulan *rentang tanggal 25-28 kalau tidak salah*. Berbeda dengan di project yang terakhir (2016 - 2019), kami malah gajiannya di awal bulan. Jadilah kalau tanggal 1 nya bertepatan dengan hari libur, maka siap-siap aja kita puasa ehh salah, bersabar maksudnya. 


Anyway, kalau ngomongin masalah pemasukan pasti berhubungan erat dengan pengeluaran kan ya. Pasti sudah pada rajin mencatat keuangan harian dan bulanannya juga kan? Hmm, kalau saya boleh jujur sih, saya orang yang masih on-off nih dalam urusan catatan finansial. Baik itu secara manual maupun yang sekarang kekinian bisa lewat aplikasi. Jadi catatan bisa selalu dilakukan dan semuanya bisa dikontrol dalam genggaman. Saya itu banyakan lupanya sih, saya juga belum bisa konsisten untuk hal yang satu ini. Padahal saya tahu kok kalau itu penting dan sebaiknya dilakukan bagi manajer keuangan rumah tangga. Herannya, kalau untuk keperluan kantor sih bisa, mungkin karena emang kewajiban ya jadi mau tidak mau, suka tidak suka ya dilaksanakan juga, heheheh.

Oh iya, di dalam financial ada berbagai macam istilah khusus, salah satunya yaitu aplikasi pencatat keuangan. Contoh istilah tersebut ialah salah satu istilah yang sangat mudah dipahami. Karena menggunakan bahasa Indonesia seutuhnya. Tetapi ada beberapa istilah dalam keuangan yang terkesan asing bagi beberapa orang. Bahkan ada juga yang tidak mengerti maksud dari salah satu istilah keuangan tersebut. Tidak semua istilah keuangan harus dihafal dan dimengerti, khususnya dalam hal pengeluaran. Hanya terdapat beberapa istilah yang sering digunakan yang harus dipahami dalam pengeluaran. Hal ini tentunya terlalu mudah untuk setiap orang. Tetapi setiap kata harus dipahami, karena beberapa diantaranya mempunyai arti yang sangat mirip. Di bawah ini adalah daftar istilah keuangan yang sering digunakan :



1. Cicilan/Hutang

Cicilan dapat diartikan ke dalam salah satu bentuk dari hutang. Cicilan/hutang ini adalah beban pengeluaran yang harus ada di dalam daftar pengeluaran pokok. Baik itu secara mingguan maupun bulanan. Dalam cicilan/hutang ini sering kali dikaitkan dengan istilah hutang piutang. Sebenarnya hutang dan piutang bukan satu kesatuan kata meskipun sering disandingkan. Baik itu hutang dan piutang mempunyai arti tersendiri dan pengertian yang sangat berbeda. 

Arti dari hutang secara umum yaitu milik orang lain yang sementara waktu berada di tangan dan dinikmati diri sendiri serta bukzn menjadi hal milik. Sedangkan arti dari piutang adalah hak milik diri sendiri yang sementara waktu berada dan dinikmati orang lain serta mempunyai hak penuh untuk mengambilnya sewaktu-waktu. 

2. Tabungan 

Pengertian dari tabungan ialah sejumlah nominal uang yang sengaja disisihkan untuk disimpan. Ada berbagai macam cara sebagai wadah untuk menyimpan uang yang disisihkan tersebut, mulai dari rekening Bank, peti uang, brankas, dompet khusus, dan lain sebagainya. Biasanya juga tercatat dalam aplikasi pencatat keuangan, seperti buku kas. Sejumlah uang tersebut sama sekali tidak masuk ke dalam stock uang yang dapat dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan.


3. Investasi

Arti dari investasi adalah sejumlah uang dalam skala besar yang sengaja dikeli dan menanamkannya/memberikannya ataupun membelanjakanya di sebuah tempat tertentu. Tetapi uang yang telzh dikeluarkan mempunyai tujuan satu tujuan, yaitu supaya dapat berkembang dan berlipat ganda. Supaya penghasilan setiap bulan dapat menjadi besar pula.

4. Pengeluaran Rutin

Pengertian dari pengeluaran rutin yaitu sejumlah uang yang dibelanjakan untuk kebutuhan rutinan. Contohnya tagihan air, listrik, groceries, data internet dan lain-lain.

5. Lifestyle

Lifestyle adalah kebutuhan tersier untuk menunjang kehidupan. Biasanya hal ini hanya bertujuan untuk mengikuti trend zaman now ini.




Demikian beberapa referensi istilah pengeluaran yang sering muncul dan dapat digunakan pada agenda aplikasi pencatat keuangan BukuKas. Istilah tersebut akan membuat catatan dalam buku kas menjadi lebih jelas dan seakan memahami dunia financial seutuhnya/tidak udik. Semoga setelah ini saya pun jadi bisa rajin mencatat keuangan juga, hihihih. 


Semoga bermanfaat ya! ☺



 

You Might Also Like

16 Comments

  1. Rutin buat mencatat pengeluaran yang PR banget buat aku. Pengen rapih catatan keuangannya, tapi males banget nyatet. Huhhhh dasar aku :( Istilah-istilah dalam catatan pengeluaran ini udah familiar, tinggal aplikasinya aja nih

    ReplyDelete
  2. Ya ampun.. aku masih on-off nih buat mencatat pengeluaran bulanan. Kadang kalau lagi rajin semua printilan aku catet, tapi kalau lagi males bisa berminggu-minggu ga nyatet.

    ReplyDelete
  3. Baca ini jd inget beberapa hari ini aku lagi rajin nontonin video yutub ttg budgeting gitu, jd termotivasi buat ngatur uang biar punya tabungan dan gak boros

    ReplyDelete
  4. maasyaallah kamu rajin banget kak catet segala pengeluaran bulanan, kalo aku masih gak rajin nih.. masih berantakan

    ReplyDelete
  5. Anonymous3:16 PM

    Wah, aku masih bolong-bolong kak soal catatan pengeluaran. Ga pernah nyatet samsek sejak tahun ini. Paling di awal aja aku alokasikan 50% kebutuhan pokok, 30% nabung, sama 20% buat seneng-seneng. Tapi nyatet pengeluaran emang penting sih, buat tahu kita boros di mana dan pos mana yang bisa dikurangi budget nya hehe.

    ReplyDelete
  6. Mba, bedanya beban dan biaya apa ya? kalau dalam bahasa Inggris itu expense dan cost. Serius nanya soalnya mau catat tapi belum paham. Makasih yesss

    ReplyDelete
  7. aku dulu pernah tuh pake aplikasi ntuk mencatat keuangan cuma sekarang udah gak lagi, wah buku kas ini kayanya boleh juga nih di download yaa biar rapi lagi nih pencatatan keuanganku

    ReplyDelete
  8. Masya allah, kamu rajin banget catet mba, aku mah kadang susah buat nabung.. Bisa jd referensi nih

    ReplyDelete
  9. saat pandemi begini jadi berubah perencanaan keuanganan ku meski tetap masuk porsiannya namun nominalnya agak geser...

    ReplyDelete
  10. Nomor 1-4 jadi bikin ingat pelajaran ekonomi dulu, hehehe. Tapi bahasannya soal pendapatan pemerintah, sih. Pakai rumus Y = C + I + G + (X-M). Kalau rumah tangga sih enggak pakai ekspor impor, yaa
    ..

    ReplyDelete
  11. Kebetulan banget aku lagi mulai bikin jurnal keuangan nih mbak. Baca postingan ini jadi terbantu banget dan jadi paham beberapa istilah buat catatan finansial. Thank you for sharing ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Dulu saya menyepelekan masalah catatan pengeluaran dan keuangan ini. Sekarang, setelah saya mengelola dana anak mengaji, terasa banget itu manfaat catatan keuangan. Apalagi ada aplikasi, membantu sekali, pastinya...

    ReplyDelete
  13. Walaupun istilahnya sering kita dengar, namun kadang kita masih sulit memahaminya ya.. dan setelah baca tulisan ini saya baru paham hehe nice to share mbak

    ReplyDelete
  14. aku semenjak menikah udah strike banget sama pencatatan keuangan ini mba, thanks for share karena memang suka luput pemasukan daripada pengeluarannya hehe

    ReplyDelete
  15. Diantara kelima istilah pengeluaran diatas, Ada Dua yang tidak Ada Di pemmbukuan keuangan rumahtangga Saya. Cicilan Dan lifestyle krn penghasilan Pas hehe

    ReplyDelete
  16. Dari awal kerja aku mulai teratur menuliskan detil income dan pengeluaran yg masuk,walopuuuun saat itu msh terlalu suka hura2, dan lupa investasi :D. Tapi catatan slalu ada, kemana duit sudah menghilang :p. Mungkin Krn sejak sekolah aku dibiasain papa utk mencatat semua pengeluaran dari uang jajan bulanan yg diksh mba.

    Iyeees, bahkan pas SD kls 6, papa udh ngasih uang jajan dlm bntuk bulanan, dan itu hrs dicatet dipake jajan apa aja :p. Makanya aku terbiasa Ampe skr.

    Apalagi setelah pegang uang dari suami, otomatis , semua catatan hrs lengkap, kemana aja itu uang berjalan. Kalo dipake utk investasi, catatan detil ttg invets apa juga hrs komplit :).

    Tapi jujurnya, aku seneng melakukan pembukuan begini :).

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community