4 Alasan Ingin Berkunjung ke Labuan Bajo! Pasti Bikin Mupeng

Apa yang terlintas di benak Temans kalau dengar kata Labuan Bajo?

Pantai yang indah.
Pulau Komodo.
Nusa Tenggara Timur. 
Yups, kurang lebih seperti itulah keyword untuk Labuan Bajo yang keindahannya tersohor dan mendunia. Tidak cuma itu saja, Labuan Bajo sekarang telah ditetapkan menjadi salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, lho

alasan ingin berkunjung ke Labuan Bajo

Menurut Wikipedia, Labuan Bajo sendiri berada pada salah satu Desa dan Kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya, Labuan Bajo adalah kelurahan sekaligus Ibu Kota Kecamatan Komodo namun sekarang telah berkembang menjadi Kota Labuan Bajo. 

September yang lalu, beberapa teman kantor touring bareng ke Tanah Toraja (Tator) selepas Annual Work Plan di Makassar. Mumpung sudah di Makassar kan jadi sekalian aja lanjut menjelajah Tanah Toraja. Sayangnya, waktu itu saya gak bisa ikut rombongan mereka karena bawa Si Kakak Nomor Dua dan Dedek juga saat itu, mana lagi Dedek masih ngeASI Ekslusif kan ya jadilah gak mungkin ikut memaksakan diri tuk ikut walau udah kepengen juga melihat keindahan Tator.

Nah, selepas dari situ mereka pun sepakat untuk touring bareng lagi di kemudian hari dan destinasi yang dipilih adalah Labuan Bajo. Jadilah WAG mereka yang selama ini diberi nama Trip Tanah Toraja berganti menjadi Labuan Bajo *ya kurang lebih seperti itulah, ada kata Labuan Bajonya*. Saya sendiri tidak tahu pasti karena tidak tergabung dalam group mereka itu.

Nah, beberapa hari lalu seorang teman datang ke rumah. Dia juga salah satu peserta touring kemarin dan rencananya akan ikut juga ke trip selanjutnya itu, Labuan Bajo. Pas cerita-cerita, saya pun jadi tak lupa tanya progress plan trip mereka itu. Katanya sih masih terus dibicarakan, belum tahu juga kapannya. Secara kami semua juga udah gak kerja bareng lagi sih. Tapi saya juga ikut berdoa semoga nantinya rencana mereka  dapat terealisasi di saat yang tepat. 

Aaarhh, karena plan trip mereka itu saya diam-diam jadi mupeng juga berkunjung ke Labuan Bajo. Emang sih udah lama juga pengen ke Nusa Tenggara, awalnya sih Mataram. Kenapa? Karena dulu di project sebelumnya, kami punya kantor regional di Mataram. Waktu itu pengen banget kesana karena lihat keindahan alam yang dipost teman kantor, cerita-ceritanya juga menarik. Sayangnya saya gak pernah ada kesempatan untuk business trip antar regional sih, jadilah tidak sempat menikmati jalan-jalan gratis kesana.

Nah, Mataram dan Labuan Bajo kan lumayan dekat tuh *kalau dilihat dari peta* hihihih. Bisalah ya nanti someday wujudkan impian ke Labuan Bajo (dan Mataram juga). 

Emangnya kenapa sih pengen berkunjung ke Labuan Bajo? Hmm, kenapa ya? Mau tahu ya alasan saya kenapa? Yukkss sini. 

1. Bermain Pasir di Pantai Pink

Pantai Pink - Labuan Bajo
phinemo.com
Labuan Bajo terkenal memiliki wisata yang wajib dikunjungi, baik itu wisata bahari maupun daratannya. As I told you, Labuan Bajo sekarang sudah menjadi destinasi wisata prioritas di Indonesia. Means, wajib bangetlah pokoknya masukin Labuan Bajo ini menjadi #TravelWishList kita. Untuk wisata bahari salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Pink, seperti namanya sepanjang kawasan pantai ini diselimuti oleh hamparan pasir yang berwarna pink (merah muda) dan cantiknya laut biru. Penasaran aja gitu pengen lihat, secara ini cuma ada di Labuan Bajo aja kan. Bisalah ini puas-puasin buat istana pasir bersama anak-anak nanti.

2. Melihat Komodo Langsung di Habitat Asalnya


Pulau Komodo - Labuan Bajo
travel.kompas.com

Tempat yang paling banyak dikunjungi dan menjadi alasan ingin berkunjung ke Labuan Bajo yaitu ingin melihat komodo secara langsung di habitat asalnya, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Hewan ini hidup dengan berkembang biak dengan baik di pulau ini. Kapan lagi gitu bisa lihat komodo asli, di habitat asalnya pula. Eits, tapi tetap harus jaga jarak ya dengan hewan satu ini apalagi jika bawa anak-anak.

3. Menikmati Sunset di Bukit Cinta 

Bukit Cinta - Labuan Bajo
labuanbajotour.com
Sounds romantic ya? Ya, sesekali boleh dong ya menikmati keindahan sunset dan sunrise di balik Bukit Cinta, mumpung ke Labuan Bajo kan. Dari Bukit Cinta katanya kita bisa melihat keindahan Kota Labuan Bajo juga Pulau Komodo dari ketinggian.

4. Melihat Keunikan Sawah Linko, Desa Cancar Labuan Bajo

Sawah Linko - Labuan Bajo
labuanbajotour.com
Selain sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal dengan pertaniannya. Nah, ada keunikan tersendiri yang terdapat di Sawah Linko ini yang terletak di Desa Cancar Labuan Bajo. Tidak seperti sawah pada umumnya, persawahan Linko ini berbentuk seperti jaring laba-laba.

*****

Yes, itulah alasan saya ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Sejak punya anak, kalau buat itinerary itu emang sengaja cari yang kids friendly. Secara kan ya, gak mungkin banget maksain kehendak orangtuanya tuk jalan-jalan ke tempat ekstrim sementara bawa bocah, duuh bisa jadi ribet itu mah. Seperti halnya menentukan penginapan, sebisa mungkin yang nyaman. Kalau jadi kesana nanti pengennya sih nginap di Villa Labuan Bajo. Di Traveloka ada kok villa yang bisa disesuaikan dengan budget dan fasilitas yang kita inginkan.

Villa di Labuan Bajo

Gimana? Pasti pada mupeng juga kan ingin berkunjung ke Labuan Bajo juga. Nginep mana lagi di Villa Labuan Bajo. Bisa Jadi Cerita Indah untuk anak-anak nanti.

Semoga situasi dan kondisi segera membaik ya. Kita semua dalam lindunganNya, Aamiin.

Mari menabung yang banyak tuk trip ke Labuan Bajo nanti.


 
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Dyah
    Dyah 9:14 PM

    Waktu saya jalan ke Labuan Bajo, yang tidak saya kunjungi adalah sawah linko. Sejak namanya jadi nama kartu pembayaran transportasi (Jaklingko), saya jadi penasaran pengin balik ke sana.
    Btw, Mataram dan Labuan Bajo jauh lho... kalau dulu kantor regionalnya di Mataram, mendingan ke Gili Trawangan. (Tapi saya tetap lebih suka Labuan Bajo.)

  • Okti Li
    Okti Li 5:09 PM

    Wow iya jadi pengen banget main ke labuan bajo nih setelah membaca artikel dan melihat fotonya yang memang luar biasa.
    Semoga kita diberi kesempatan menginjak kaki di labuhan bajo ya. Aamiin

  • nurul rahma
    nurul rahma 8:03 AM

    Ya ampyuuunn Labuan Bajo ini juga jadi bucket list-ku
    Semoga wabah corona segera hengkang.
    Kita bisa traveling, tentu ngandelin layanan Travelokaaaa

  • thya
    thya 12:10 PM

    aakk, pengen banget ke labuan bajo, cantiks..
    harus nabung dulu nih kalau mau kesana atau nyari sponsor.. haha..
    tapi yang pasti nunggu masalah virus corona berakhir dulu.. hiks..

  • Shyntako
    Shyntako 1:20 PM

    Fix, ini sih emang bener asli postingannya bikin mupeng banget pengen ke Labuan Bajo, hiks Corona cepet sih enyah yaa, biar kita bisa bebas beraktifitas lagi

  • Uwien Budi
    Uwien Budi 4:13 PM

    Udah lama jadiin Labuan Bajo sebagai tempat yang ingin dikunjungi. Dari foto-foto di inet bagus banget tempatnya

  • Desri Desri
    Desri Desri 4:39 PM

    pengen banget bisa trip ke Labuan Bajo tapi masih 60%, mikirin perubahan suhu disana yang lebih terik, karena harus bawa bocil, terakhir ke Bali pas musim kemarau, sampe migrain saking panasnya.

  • Syarifani mulyana
    Syarifani mulyana 4:43 PM

    Cantik sekali ya Pantai Pink, semoga suatu hari nanti ada rezeki jalan jalan ke Labuhan Bajo bareng keluarga. Nginepnya di Tanjung Lima villas. Aamiin

  • Lubnah Lukman
    Lubnah Lukman 10:42 PM

    Labuan Bajooooo.. Yaa Allah ini impian banget... pantai pinknya... semogaa nanti ada kesempatan liburan mau kesiniiii... Insyaaa Allah..

  • Lusi
    Lusi 10:42 PM

    Wiiih udah pengin lari liburan aja nih. Udah engap dirumah terus WFH & SFH padahal masih sampai akhir Maret huhuhuuuu

  • Lidya
    Lidya 11:29 AM

    Unik banget ya pin beach, bisa warna pionk gitu pasirnya. Aku juga pingin banget ke Labuan Bajo nih. Semoga segera terlaksana ya setelah virus2 ini hilang

  • Indri Cume
    Indri Cume 12:54 PM

    Huaa akupun pengen bangt bisa ke labuan bajo hhi apalagi bisa main" dipantai pasir pink lucu itu. Harus nabung ekstra nih😁

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 12:58 PM

    aku pun pengen bangeet ke sini lagi mba..belum puas menikmati indahnya Labuan Bajo dan sekelilingnya

  • Ida
    Ida 1:13 PM

    Aku belum sempat lihat sawah linko di sana..baca ini kd pengen main lagi ke sana deh..

  • Silviana
    Silviana 1:15 PM

    Liburan ke Bajo emang kayaknya jadi wishlist semua orang ya, sayapun demikian juga. Soalnya lihat destinasinya udah bikin ngiler. Semoga soon bisa lekas berkunjung

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 1:30 PM

    Pengen banget ke Labuan Bajo. Harusnya nanti April kami ke Bali, lalu menyeberang langsung ke Labuan Bajo. Adik-adikku yang sudah ke Labuan Bajo bolak-balik ngomporin nih betapa bagusnya di sana. Tapi sedang kondisi tak menentu begini akibat corona, sepertinya planning jalan-jalan terpaksa ditunda dulu

  • Fazirotul Firdaus
    Fazirotul Firdaus 2:48 PM

    Labuan Bajo terkenal banget karena emang tempatnya bagus dan asri banget. Aku yg bukan anak alam aja suka lihatnya mbak. Semoga aja bisa berkunjung kesana kapan-kapan.

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 4:18 PM

    Aku belum pernah ke Labuan Bajo, soalnya mainnya masih ke yang deket-deket mulu hehe. Baca artikel ini malah jadi pengen traveling dan tertarik banget ke Labuan Bajo. Tapi ntar dulu deh nunggu situasi mereda dan aman dari corona sembari nabung lagi, hehehe.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 8:44 PM

    Yup mupeng banget kak. Selama ini mah cuma dengar keindahan Labuan Bajo ini dari cerita orang2 saja termasuk dari baca postingan kak Diah ini. Yah semoga bisa menginjakkan kaki ke sana juga suatu hari nanti kalau sekarang nggak mungkin juga ya soalnya kondisi lagi genting

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 9:04 PM

    Aku kira pantai pink itu sds di Lombok aja ternyata di Labuan Bajo ada juga, hehe. NTT emang penuh pesona. Aku pernah ke NTT tepatnya ke Rote, Labuan Bajo juga menggoda~

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 10:34 PM

    Aih baru tau yang Sawah Linko itu mba, kok bisa unik gitu ya bentuk areal persawahannya. Kebetulan aku ya pengin ke Pink Beach. Kalau ada rejeki ke Lombok, harus berkunjung melihat Sawah Linko ini ya.

  • Anggun Josie Pasemawati
    Anggun Josie Pasemawati 11:49 PM

    aku juga pengen banget ke labuhan bajo.. kayaknya liburan kesana harus persiapan yg baik ya, biar bener2 puas gitu. :D

  • Zilqiah Angraini
    Zilqiah Angraini 1:00 AM

    Kuoengen banget foto2 di pantai pink itu keren banget viewnya pernah liat traveler foto di situ uh real pink beneran yaaa pasirnya . Keren kebayang ke sana sama suami

  • I am Anita
    I am Anita 8:59 PM

    wahhh, makin niat ke Labuan Bajo. Insya Allah, semoga sama pasangan halal biar bisa nikmatin sunset dibukit cinta y? :)

  • Hikmah Khaerunnisa
    Hikmah Khaerunnisa 12:16 AM

    Deuh kalau dikasih kesempatan jalan2 pengen banget banget deh eksplor indonesia.. salagsatunya emamg labuan bajo ini liat2 aja udah Subhanallah banget apalagi berkunjung langsung yaa

Add Comment
comment url