Tips Terbaik Merancang Open Space dalam Rumah

Friday, April 26, 2019

Perkembangan wawasan arstitektur interior di zaman sekarang menyebabkan beragam ide desain ruangan bermunculan di dalam sebuah hunian. Mulai dari ide ruangan-ruangan baru yang belum pernah ada hingga beragam ide desain interior pun kini dapat dilihat contohnya melalui katalog-katalog desain konvensional seperti majalah hingga platform berbasis internet.

pic: appartmentherapy.com

Beberapa ide desain ruangan yang hadir belakangan ini juga diadopsi oleh beberapa proyek rumah dijual yang dipasarkan. Sebut saja pengaplikasian konsep minimalis yang ngetren pada sejumlah bangunan rumah dijual khususnya proyek-proyek rumah dijual baru. 

Sama seperti struktur bangunan minimalis pada beberapa proyek rumah dijual, salah satu ide desain khususnya untuk bentuk ruangan, open space, kini juga banyak diadopsi oleh para pemilik properti atau beberapa pengembang proyek rumah dijual. Open space atau dikenal juga sebagai open floor diketahui merupakan konsep ruangan yang menggabungkan beberapa ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur tanpa sekat. 

Tujuannya, selain memperlihatkan ruangan lebih luas dan lega, penyatuan ruang meningkatkan interaksi di antara para penghuninya. Ruangan ini dapat membawa suasana lebih intim kepada tamu yang berkunjung. 

Dari tujuan tersebut, tidak heran popularitasnya kini diaplikasikan tidak hanya pada rumah-rumah dan apartemen, kantor dan restoran pun juga banyak mengadopsi ide ini.

Jika Temans juga tertarik untuk mengadopsi ide desain open space tersebut ke dalam desain hunian Temans berikut beberapa tips dari apartmenttherapy yang dapat kita pertimbangkan.

Pencahayaan Terbaik
Kata open pada open space sering diintrepretasikan sebagai sebuah konsep memperlihatkan apa yang ada dalam ruangan baik dari penglihatan dari luar hunian maupun dari area-area di dalam hunian. Untuk itu, pencahayaan maksimal sangat diperlukan untuk memperlihatkan kesan luas pada area tersebut. Tidak mesti pencahayaan natural yang dimaksimalkan, kalian dapat memaksimalkan pencahayaan dengan menggantung lampu gantung (chandellier) berukuran besar di dalam area tersebut.

Aspek pencahayaan sebenarnya juga tergantung dari preferensi kalian, jika kalian lebih menginginkan aksen lebih intim dalam keterbukaan, kalian dapat menambahkan lampu led strip yang berwarna redup dan hangat.

Membagi Area-area Fungsional
Ada anggapan bahwa open space merupakan sebuah desain untuk mengintegrasikan sejumlah ruangan dalam satu tempat. Jika memang ide tersebut kalian adopsi, pada saat merancang area open space, kalian sebaiknya berfokus untuk membagi area-area fungsional sebelum memberikan aksen furnitur. Penggambaran area-area tersebut akan memudahkan kalian untuk merencanakan furnitur apa yang tepat dalam menghias open space tersebut.

Pembagian area-area fungsional ini juga berfungsi untuk meredam terlalu terbukanya ruang open space. Mungkin saja, beberapa dari kalian menginginkan ruangan ini memiliki kesan privat untuk melakukan aktivitas tertentu secara pribadi namun tidak menghilangkan keterbukaannya. 

Memperhatikan Akses Jalan 
Bagi kalian yang memberikan aksen banyak furnitur pada open space, ada baiknya untuk memperhatikan akses berjalan kaki di dalam ruang maupun ke ruang-ruang lainnya. Cara ini sebaiknya dilakukan sebelum kalian mem-plot furnitur-furnitur yang akan ditempatkan pada ruangan terbuka tersebut. Jangan sampai, keterbukaan ruang pada open space justru tidak mengindahkan keterbukaan akses didalamnya. 

Mengkolaborasikan Furnitur
Berkaitan dengan poin akses jalan yang telah disebutkan sebelumnya, jangan sekali-kali kalian terlalu memaksimalkan penempatan furnitur hanya di satu titik. Kalian dapat mengkolaborasikan meja dan sofa utama dengan aksen aksesoris lemari yang menggantung pada dinding.

Nah, gimana? Tertarik untuk membuat open space di rumah Temans juga? Pastinya dong yah, biar rumah kita juga bisa terlihat lebih luas dan nyaman yah. 


 

You Might Also Like

25 Comments

  1. sebenernya pengeeen banget konsep rumah begini. tp rumahku yg skr memang di awal udh banyak dibikin sekat. harus renov kalo mau dihilangin. dan itu blm kekumpul2 uangnya :D. untuk di awal aku bikin plan dulu aja gmn mendesign ruangan2 yg aku mau :D. semoga tabungannya juga cepet kekumpul utk ini

    ReplyDelete
  2. Cocok nih dengan rumah panggung kami di kampung soalnya tuang tamu sampai belakang memang tidak disekat. Kami memang biasa gelar tikar khsusunya setiap magrib sampai isya anak-anak santri kan pada mengaji

    Sepertinya yang saya perhatikan justru bukan furniture, tapi gimana cocoknya buat meletakkan kitab-kitab mengaji anak-anak tanpa mengganggu dan terganggu

    ReplyDelete
  3. Pencahayaan ini penting bangeeett. Tapi sebenarnya pencahayaan alami jauh lebih baik, selain itu juga pengaplikasian roaster/ventilasi pada ruang juga penting. Agar tidak terjadi sick building bagi pengguna 😁

    ReplyDelete
  4. Aku seneng. Banget kalau diajak renov rumah, bebas milih model semauku. Tipsnya beguna nih buat nanti kalau mau renov rumah.

    ReplyDelete
  5. Mengkolaborasikan furnitur ini jadi concern juga hehehe secara aku suka beli printilan furniture, thanks for sharing mbak :)

    ReplyDelete
  6. Untuk rumah sempit seperti di rumah saya open space ini kayanya cocok nih. Jadi setiap hari anak-anak kampung mengaji juga tetap leluasa. Yah sebelum punya bangunan batu untuk khsusu tempat mengaji mereka, meski belum tahu kapan bisa terlaksana, hehehe

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya open space rumahnya.. Aku pengen bisa mendekor rumah seperti itu.. Jadi lebih nyaman betah dirumah

    ReplyDelete
  8. open space ini menurutku bagus konsepnya, suka nonton d hgtv, rumah yang open space, dapur misalkan nyambung sm ruang makan atau ruang nonton tanpa sekat malah bikin ruang jadi lega dan terang, bagus banget asal penataannya tepat

    ReplyDelete
  9. Pengen banget konsep seperti ini, keren bayanginnya. Apalagi aku tinggal di daerah Kabupetan. Harus ekstra nabung ini hehe :)

    ReplyDelete
  10. Wah.. konsep terbuka seperti ini udah dimanfaatkan dari sama papaku lhoo mbak hihihi... beliau berpikiran bahwa di dalam rumah itu harus ada kehangatan, ruang tamu jarang dipakai jadi untuk apa di sekat, kalau ada tamu pun.. bisa kita langsung ajak makan ( karena terbuka juga di ruang makan) atau bercengkrama di ruang keluarga. Ruang tamu dianggap ruangan untuk tamu yang bener2 ga dekat. :)

    ReplyDelete
  11. Pasti donkkk pengin banget bikin open space di rumah kami.. Semoga segera terwujud impian punya rumah sendiri :)

    ReplyDelete
  12. AKu udah lama kepengen merubah tatanan rumah, pengen punya ruang kerja yang decent buat menulis. Jadi pengen liat di apartementtherapy deh

    ReplyDelete
  13. Wah tertarik banget nih kalau suatu saat bikin rumah sendiri pengen dibuat open space, terlihat lebih luas ya mbak

    ReplyDelete
  14. Setuju banget dengan pencahayaan, apalagi akses buat jalan. Bikin makin betah di rumah ya mbak:)

    ReplyDelete
  15. Mengkolaborasi furnitur emang penting banget mba. Aku sendiri masih kurang jago untuk melakukan kolaborasi ini

    ReplyDelete
  16. Aku suka dengan rumah yg minim furniture biar keliatan luas. Kayaknya konsep open space ini pas banget

    ReplyDelete
  17. Ternyata rumah minimalis pun bs punya open space ya mba asalkan diatur sedemikian rupa, jgn sampe ga ada jalan hehe

    ReplyDelete
  18. Suka deh dengan rumah yang ada space-space kosong yang lega. Walopun gak luas, asal penataan sesuai, suasana lega bisa terasa ya.

    ReplyDelete
  19. Rumahku yang sekarang ini sudah menganut sistem open space, dimana ruang keluarga, tamu dan dapur jadi satu. Tantangannya adalah membuat semua tetap indah dilihat dan nyaman, peer banget ini ngatur rumah open space gini. Hehe

    ReplyDelete
  20. Aku suka ruah yang gak terlalu banyak sekat bahkan tanpa sekat juga mbak, paling kasi apa gtu sbg pembatas, misal meja atau rak kecil buat mbedain living room sama ruang baca gtu misalnya. Bikin rumah jd tampak luas

    ReplyDelete
  21. Aku juga pingiiin banget ada open space di rumah. Tapi itu bisa terwujud kalau membangun lantai 2, rencananya akan aku kasih open space agar terasa lebih nyaman dan lega

    ReplyDelete
  22. iya salah satu jurus jitu membuat rumah lebih lega dan nyaman ya open space ini ya Mbak..
    Saya masih mengandalkan pencahayaan..mau coba tips lainnya:)

    ReplyDelete
  23. pengen diah punya rumah yang open space gitu, pasti bakal lebih terang nanti ya rumah :D tapi sayang ruangan rumah terbatas jadi gak memungkinkan kayaknya hehe

    ReplyDelete
  24. Konsep open space ini emang lagi ngetrend yah mba,aku paling suka kalo ke resto yang konsepnya begini keliatan dapur sama meja makan tamunya berasa dirumah sendiri

    ReplyDelete
  25. Konsepnya keren nih, jujur saya lebih seneng banget sama konsep open space seperti ini, jadi udara bebas bergerak.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community