Catatan Kecil di 5 Tahun Awal Pernikahan

Sunday, January 13, 2019

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Apa yang sedang happening sekarang ini? Hmm, klo gak salah sih banyak yang bahas tentang Film terbaru yang dibintangi Nirina Zubir kan ya? Yup, apalagi kalau bukan Keluarga Cemara. Siapa yang gak tahu sih tentang Keluarga Cemara ini yang dulunya adalah serial drama keluarga yang selalu ditunggu-tunggu, ditayangkan di RCTI sekitaran tahun 1996. Pasti pada pantengin juga kan tiap kali acara ini tayang? Aahh, sayangnya saya belum nonton filmnya nih jadi gak tahu gimana feel versi filmnya, tapi setahu saya film yang dibintangi Nirina itu selalu keren dan sukses di masyarakat.


Upss, stop! Kali ini saya memang bukan mau bahas tentang film Keluarga Cemara itu koq. Tapi bahas tentang keluarga saya sendiri yang pengennya sih meniru kebaikan dan kesederhanaan dari kehidupan keluarga Emak, Abah dan Anak-anaknya itu. 

Alhamdulillah 8 Januari kemarin saya dan PakSu memasuki 5 tahun awal pernikahan. Konon katanya, di 5 tahun awal pernikahan itu banyak ujiannya namun jika berhasil melewatinya itu artinya pasangan telah berhasil naik kelas menuju tahap berikutnya. Hmm, hidup ini memang penuh misteri yah? Dan kehidupan rumah tangga itu juga jadi salah satu bagian di dalamnya. Lalu, apa saja sih yang terjadi di 5 tahun awal pernikahan ini?

Baca juga: Kehidupan Setelah Menikah

📘Hidup Mandiri
Kami berdua memang sudah sepakat dari awal kalau sudah menikah, inginnya hidup mandiri. Gak harus lama tinggal bersama orangtua ataupun mertua. Alhamdulillah, keinginan kami terwujud. Meski bukan tinggal di rumah sendiri, kami akhirnya bisa memulai semuanya dari nol. Kami dipinjami rumah oleh keluarga, kebetulan Si Tante belum menempati rumahnya dan katanya daripada diisi oleh orang lain mending keluarga sendiri. Alhamdulillah, rejeki kamilah ini. Jadilah sejak diberi kunci rumah, kami mulai tinggal berdua, lalu bertiga ketika Si Kakak lahir. Mengurusi segala hal rumah tangga berdua dengan Pak Suami.

Hampir tiga tahun hidup bertiga kemudian Adek pun juga lahir, jadilah berempat di rumah tersebut sambil kami terus menabung dan membereskan penyelesaian pembangunan rumah impian kami yang Alhamdulillah di awal tahun baru ini meskipun rumah tersebut belum rampung 100% tapi sudah bisa untuk ditinggali. Jadi, InsyaAllah Dedek lahir nanti udah di rumah ortunya sendiri. Yah, meskipun tinggal mandiri tapi kami memang tetap sering ngerepotin keluarga besar sih, utamanya dalam hal titip anak-anak ketika berangkat kerja. 
📘(Hampir Tiga) Anak di 5 Tahun Awal
Ini bukan kejar setoran yaah! Tapi Alhamdulillah dikasihnya segini. Jadi, disyukuri dan dijalani. Di 5 tahun awal pernikahan ini kami diberi amanah dengan 2 anak dan 1 nya lagi coming soon, InsyaAllah kalau menurut prediksi sih bakalan lahir di bulan April 2019 ini. Mohon doanya ya, Temans, agar kami semua selamat, Aamiin. 😇

📘Hidup Bagai Roller Coaster
Yaaay, meskipun belum pernah naik roller coaster tapi rasanya sudah seperti itu deh, nano-nano rame rasanya. Mau gimana ya? Namanya juga kehidupan pasti ada pasang surutnya. Apalagi kehidupan berkeluarga. Yakin deh pasti juga semua pernah melewati masa pasang surut, paceklik, batu kerikil menghadang dan lain sebagainya tapi Alhamdulillah semua masih bisa teratasi. Kuncinya adalah komunikasi. Setuju kan? Yes, kalau cuma berharap saling pengertian kayaknya bakalan sulit deh. Secara yaah, pikiran orang kan sulit ditebak. Jadi, kalau ada masalah sebaiknya dibicarakan bersama. Cari jalan tengahnya jangan mudah kepancing emosi. 
Udah ahh, segitu aja dulu catatan kecilnya. Namanya juga hanya untuk pengingat saja apa yang sudah terjadi di 5 tahun awal pernikahan ini. Harapannya bisa lebih baik lagi di tahun-tahun selanjutnya dan selamanya. Pengennya lagi sih bisa jalan-jalan keluarga. Secara PakSu itu susah banget kalau diajakin jalan, huhuhuh. Yaaa paling banter kalau mudik ke kampungnya doang saat Lebaran. Tapi udah berapa kali Lebaran nih saya gak ikutan pulang karena dalam keadaan hamil terus dilanjut lagi tahun setelahnya punya baby, rempong cyiiin mudik dalam keadaan seperti itu. Lagak-lagaknya sih tahun ini bakalan tidak ada mudik lagi karena bakalan nambah personil lagi, heheh. 



 

You Might Also Like

49 Comments

  1. Kereeen, 5 tahun sudah hampir punya tiga momongan. Mau ikut jejak ah, *eh*, semoga saya juga segera menyusul Mbak, semoga keluarga selalu sakinah mawaddah warohmah,,, Aamiin

    ReplyDelete
  2. Woww,keren mbak udah menjalani 5 tahun pernikahan semoga semakin sakinah, langgeng hingga hanya mat yang memisahkan

    ReplyDelete
  3. Masyaallah, udah mau 3 aja di 5 tahun pernikahan. Sehat-sehat bun sampai lahiran nanti, semoga aku juga ketularan hamil, hihi. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Wah, menunggu kelahiran yang ketiga, ya, Mbak? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran nanti prosesnya. Saya juga September tahun ini menginjak usia pernikahan yang kelima. Alhamdulillah merasakan kesamaan membina rumah tangga, bagai roller coaster memang iya. Hehe kecuali soal anak, anak saya baru satu, usianya tiga tahun.

    ReplyDelete
  5. Sudah ada 3 anak nih,semoga mb dan keluarga selalu bahagia untuk 5 tahun yang akan datang, 10 tahun, 15 tahun hingga seterusnya . Aamiin

    ReplyDelete
  6. Barakallahu fiikum ba diah. .Kita saling mendoakan semoga keluarga kita tak hanya bahagia didunia tapi juga di jannah-Nya. .
    Aamiin. Alhamdulillah saya telah melewati 5 thn itu. Kini usia pernikahan akan menginjak 10 thn.

    ReplyDelete
  7. Enak, ya, Mbak. Hampir dua tahun saya belum punya anak. Semoga menular, ya. Hehe

    ReplyDelete
  8. Bacanya senyum-senyum sendiri. Mirip dengan keluarga kami mbak. Di 5 tahun pertama sudah dikarunia 3 bocah lucu, menggadaikan barang yang dipunyai untuk melangsungkan hidup #lebai Alhamdulillah semua jadi kenangan manis meski waktu menjalani agak pahit hehehe.

    ReplyDelete
  9. wah nggak nyangka sudah mau punya anak tiga. Semoga samawa selamanya. Amin

    ReplyDelete
  10. Betul mba 5 tahun pertama ujiannya ya rumah, anak smeoga selalu samara aku pernah merasakan dititik 5 tahun awal nikah yang terseok-seok kini memasuki usia 7 tahun ternyata masih ada ujian lain semoga lulus hehehe

    btw sehat2 ya mba wah april nanti bisa sama kayak anakku lahir tgl 4 aprik :p

    ReplyDelete
  11. Semoga tambah berkah pernikahannya Mbak. Aku juga kalau nikah maunya gak tinggal sama ortu. Mau mandiri. Sehat2 kehamilannya

    ReplyDelete
  12. wah alhmdulillah, 5 tahun anaknya udah mau 3, semoga makin samara, harmonis, dan bahagia ya mbak keluarganya, amiinn

    ReplyDelete
  13. Bahas pernikahan nih. Semoga pernikahan saya kelas bisa saya lalui dengan hati dan Kepala dingin

    ReplyDelete
  14. Kece nih mom! Makasi buat inputannya untuk aku yang umur pernikahan menginjak 5 bulan awal hehe

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah kak udah ngerasain hidup mandiri dan roal coaster bareng anak2
    drama keluarga gak macam2 sih paling soal parenting aja
    dan keinginan istri yang banyak macam tuntutan untuk dimengerti wkwkwk
    alhamdulillah semoga samawa sampai tahun2 berikutnya

    ReplyDelete
  16. Ternyata member 1m1c juga hihi..semoga sakinah mawaddah Dan rahmah ya mba..dimampukan untuk mendampingi tumbang anak2

    ReplyDelete
  17. aduh, semoga sukses ya. aku belum merid sampe sekarang. doakan aku semoga segera mendapatkan jodoh ya. bisa punya anak...amin.

    ReplyDelete
  18. Mba, aku pun sama suami sejak awal sepakat bahwa kalau menikah maka harus mandiri. KIta samaan ya ;) Tos. Smoga si kecil tumbuh sehat dan selamat hingga waktunya nanti ya mba. amin

    ReplyDelete
  19. wah bakalan nambah personil nih, bulan April yah kak, semoga dilancarkan persalinannya yah kak, AMiinnnn

    ReplyDelete
  20. Wah, lagi hamil, Mbak? Selamat, ya. Semoga selalu diberi kesehatan untuk semuanya. Keluarganya juga selalu sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Widih good luck buat lahiran anak ketiganya ya mbak, semoga berkah dan amanah.
    Dan semoga tetep langgeng dan mesra hubungannya hihi

    ReplyDelete
  22. Waah aku kalah nih, udah mau 10 tahun baru 2 anak, wakakaakk dikira balapan kali yaaa.. Semoga langgeng, bahagia, dan banyak berkah terus ya mba :)

    ReplyDelete
  23. Happy wedding anniversary ya mbak... Senang menjalani lika liku pernikahan

    ReplyDelete
  24. HWA mbak. Semoga selalu samawa dan berbahagia

    ReplyDelete
  25. Semoga makin samawa, bahagia, dan saling support ya Diah. Selamat juga mau menempati rumah baru dengan anggota baru yang akan menambah kenahkebaha bulan April nanti

    ReplyDelete
  26. Makasih ya mbak sharingnya...
    Karna Ujame blm menikah, setelah baca tulisan mbak jadi ada gambaran gitu hehe

    Maa Syaa Allah,
    semoga terus sakinah, mawaddah dan warahmah ya, mbak. Aamiin :)
    Doakan Ujame segera juga ya hahahaha

    ReplyDelete
  27. Namanya hidup pasti ada pasang surutnya, setuju sekali, Mbak...jadi ingat seperti apa perjalanan pernikahan saya yang udah hampir 10 tahun..hehe

    ReplyDelete
  28. Wah sama mba..saya di akhir tahun ke empat sdh tiga anak malah hehe...tp.asyik2 aja sih mumpung msh muda hehe

    ReplyDelete
  29. Wow saya 12 tahun baru punya anak tiga hehehehe semoga selalu samawa ya Mbak

    ReplyDelete
  30. Langgeng ya mbak pernikahannya. Pasti suka ada ujian pernikahan. Aku juga kalau nikah sebisa mungkin gak mau sama ortu

    ReplyDelete
  31. Aku juga mbak lima tahun pernilahan anaknya 3 hehehehe.rejeki disyukuri aja dan Alhamdulillah bawa rejeki sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  32. MasyaAllah.. Aku jg mau masuk tahun ke5 nih mba. Mulai deg degkan juga. Karena roller costernya mungkin agak mengajak hehehe

    ReplyDelete
  33. Baarakallah ya Mbak Diah semoga rumah tangganya senantiasa Allah berkahi dan dimudahkan segala urusannya. Rumah tangga yang dibangun dari nol, penuh kesederhanaan, insyaa Allah akan bikin anak-anak jadi kuat, Mbak. Hehe. Kalo di jawa itu istilahnya, hidup prihatin.

    ReplyDelete
  34. Usia pernikahaku dan suami baru 4 tahun, Mbak, dan rasanya nano-nano juga. Ah, aku harus banyak belajar. Sering-seringlah sharing tentang pernikahan, Mbak. Aku akan belajar darimu. Apalagi dengan jumlah anak yang sudah 3. Pasti sangat seru ceritanya.

    ReplyDelete
  35. Aku juga 5 tahun menikah dapat 3 anak, Mbaa.. Ga pa pa capek duluan yaa

    ReplyDelete
  36. Sehat selalu untuk keluarga dan makin langgeng mba, jujur kalo untuk saya 3 tahun pernikahan agak berat emosi masih menyala-nyala. Alhamdulillah seiringnya waktu bisa mengontrol emosi

    ReplyDelete
  37. catatan Penuh warna dan seruuu ya mba...aku pun di 5 tahun awal pernikahan penuh dengan cerita cucu penyesuaian di sana-sini. Semangaaaat selaluuuu

    ReplyDelete
  38. usia pernikahanku alhamdulillah sudah 5 kali 5 tahun alias 25 tahun januari kemarin. alhamdulillah banget

    ReplyDelete
  39. Berliku ya mba hidup berumah tangga. Tapi menjadi oembekajaran sangat berarti dalam hidup kalo kita bisa menyatukan visi kiss berumah tangga. Aku udah 7 th menikah. Tahun tahun ke 8

    ReplyDelete
  40. usia 5 tahun itu seru-seru bikin gemas emang ya.. secara kita punya anak di saat masih pingin bermanjah-manjah dengan suami

    ReplyDelete
  41. 5 tahun awal pernikahan itu masa-masa menyatukan 2 isi kepala ya mbak

    ReplyDelete
  42. lima tahun pertama pernikahan kami juga tidak mudah dilalui, tapi alhamdulillah bisa bertahan.

    Doakan semoga tahun ini kami juga bisa pindah ke rumah baru yaa, amiiin

    ReplyDelete
  43. Yang bagai roller coaster itu memang benar sekali. Dan percayalah, roller coaster pernikahan itu nggak akan berhenti. Pasti akan terus ada, tinggal kitanya aja yang bisa ngendaliin roller coaster itu, ikut terhempas atau bertahan. :)

    ReplyDelete
  44. Sepanjang pernikahan tetep akan ada kisah yang berbeda-beda mba. Semua itu dinamika kehidupan berumah tangga. Soal harus nitipin anak ke siapa juga pernah menjadi hal yang kualami ketika masih bekerja dulu.

    ReplyDelete
  45. Tinggal mandiri setelah nikah itu memang sesuatu ya...excited

    ReplyDelete
  46. Aku memang belum menikah tetapi baru lima tahun dah hampir punya momongan tiga, aku nggak kebayang bagaimana repotnya mengurus anak. Apalagi hidup mandiri jauh dari orangtua.... satu kata, luar biasa

    ReplyDelete
  47. alhamdulillah udah pindah rumah ya Dii, selamat yaaa. pernikahan memang luar biasa :)) komen apa siiiih haha..ya udah mau 3 anak aja nih. Sehat2 ya semuanya

    ReplyDelete
  48. Semangat mbak. Semoga sekeluarga sehat selalu. Sangat menginspirasi ceritanya.

    ReplyDelete
  49. Happy anniversary ya mbak diah. Semoga pernikahan tetap bahagia meski sering ada prahara. Sehat selalu juga untuk debaynya semoga persalinannya lancar. 5 tahun mau 3 anak itu sungguh pencapaian euy

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community