Ingin Camping di Gunung Kidul dengan Panorama Pantai? Berikut 5 Area Camping Yang Dapat Dipilih

Jika ke Gunung Kidul, Puncak Kosakora bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang pas untuk liburan bersama orang-orang terkasih. Terlebih lagi di sini Temans juga bisa mendirikan tenda sambil menikmati suasana alam. Menariknya lagi, bukan suasana pegunungan dengan hawa sejuk yang bisa kita dapatkan di sini tapi panorama pantai yang mampu membuat suasana hati tenang.



Mumpung sedang di Gunung Kidul, Temans juga bisa mengeksplorasi beberapa area camping lain di sekitarnya. Tentu saja pemandangan yang ditawarkan adalah suasana pantai yang menyenangkan. Untuk memudahkan pilihan, berikut ini beberapa rekomendasi area camping di sekitar pantai di Gunung Kidul yang bisa dikunjungi. Yuk langsung simak aja ya ulasannya! 😎

1. Pantai Wohkudu


source pic: liburmulu.com
Pantai Wohkudu bisa dibilang surganya bagi pecinta ketenangan. Pasalnya lokasi wisata ini terbilang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini bukan karena panorama wisata pantai ini kurang menarik. Tapi mungkin karena untuk mencapainya butuh perjuangan. Jarak antara Pantai Wohkudu dengan Gunung Kidul sendiri kurang lebih sekitar 36,6 kilometer dengan estimasi perjalanan selama 1 jam berkendara.

Dari arah Kecamatan Panggang, Temans akan menemui jalan berliku dan medan yang cukup berat. Bahkan hanya ada pohon di sisi kanan maupun kiri. Semakin lama, jalan akan menyempit sehingga membuatmu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Sepanjang perjalanan, kita akan melewati jalan setapak dan melewati ladang pertanian warga. Bahkan ada pula semak belukar yang akan menghadang. Meski medan yang kita lalui terbilang sulit, tapi semua itu akan terbayar lunas saat sudah sampai di area pantai. Terlebih lagi kita juga bisa camping dan hunting foto di daerah tersebut.

Bayangkan saja, di sini Temans bisa melihat perpaduan keindahan laut, pasir putih serta tebing-tebing menjulang tinggi. Jadi ingin cepat-cepat liburan ke wisata pantai yang indah di Jogja ini kan ya?

Alamat: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Gratis, tapi sediakan budget untuk parkir kendaraan senilai Rp 3.000,- (motor) dan Rp 5.000,- (mobil)

2. Pantai Greweng


source pic: sportourism.id
Camping di Pantai Greweng bisa dibilang adalah pilihan yang tepat. Selain masih cukup sepi pengunjung, kawasan ini juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan yang benar-benar memanjakan mata. Begitu acara berkemah dilakukan, Temans pun bisa menyksikan kecantikan matahari terbit maupun tenggelam di pantai satu ini. Dijamin gak akan menyesal begitu menyaksikannya.

Camping identik dengan api unggun. Ingin membuat api unggun? Tentu saja bisa. Bahkan kita juga dapat membeli kayu bakar pada warga sekitar dengan harga sekitar Rp 10.000,-. Jarak Pantai Greweng dari Kabupaten Gunung Kidul sendiri adalah sekitar 31,8 kilometer dengan lama perjalanan kurang lebih selama 56 menit berkendara. Sayangnya area parkir untuk kendaraan di sini belum ada. Tapi kita bisa memarkir kendaraan pribadi kita di lokasi yang disediakan di Pantai Wediombo.

Dari area parkir, Temans masih perlu jalan kaki untuk mencapai lokasi pantai dengan melewati medan setapak dan ladang para penduduk. Estimasi perjalanan kurang lebih selama 1 jam. Meski kita  memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai wisata satu ini, tapi pasti gak akan ada kata menyesal begitu menyaksikan panorama pantai serta pemandangan di sekitarnya yang menakjubkan.

Alamat: Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk:Rp 5.000,- 

3. Pantai Ngrumput


sumber: eksotisjogja.com
Pantai Ngrumput bukan area wisata yang dipenuhi dengan hamparan rerumputan. Tapi di sini Temans justru akan menyaksikan hamparan pasir putih, barisan tebing tinggi, lorong gua hingga karang bolong. Tentu saja hal yang dapat kita lakukan di wisata pantai Gunung Kidul ini adalah mendirikan tenda. Hmm, bisa dibayangkan betapa asyiknya kan camping sambil disuguhi pemandangan alam selain gunung?

Baca juga: Ingin ke Magelang, Menikmati 5 Destinasi Berikut!

Tepat di lokasi pantai juga ada beberapa penjual makanan dan minuman. Toilet dan ruang ganti baju pun ada, sehingga Temans gak perlu khawatir kalau memang berniat untuk basah-basahan di sini. Letaknya pun bersebelahan dengan Pantai Drini, sehingga akan memudahkan kita dalam pencarian lokasi. Jarak kedua destinasi liburan ini sendiri pun hanya sekitar 800 meter saja. Dari area parkir Pantai Drini, Temans bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Kita pun bisa melewati tepi pesisir dengan estimasi waktu kurang lebih 15-20 menitan. Alternatif lain yang bisa kita gunakan adalah melalui kawasan perbukitan yang sedikit memutar dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Saat berkunjung ke wisata pantai satu ini, lebih baik gunakan sepatu atau alas kaki yang nggak licin. Hal ini mengingat medan yang akan Temans lalui adalah area berbatu dan jika hujan sangat berisiko.

Alamat: Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000,- 

4. Puncak Kosakora


sumber: ngetripyuk.id
Namanya memang puncak. Tapi bukan berarti lokasinya berada di area pegunungan. Sebab Puncak Kosakora sendiri terletak di dekat Pantai Drini dan bersebelahan dengan Pantai Ngrumput. Di sini, tentu Temans bisa mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan deretan pantai dari atas bukit. Hamparan padang rumput juga bisa kita saksikan dari atas puncaknya. Menariknya lagi, ada penduduk di sekitar yang menyewakan peralatan untuk berkemah hingga charger handphone. Tentu saja hal ini akan semakin memudahkan para pengunjung.

Untuk bisa sampai di lokasi puncak ini, rute yang bisa menuju ke Pantai Drini. Jaraknya dari Kabupaten Gunung Kidul pun sekitar 24,7 kilometer. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur melalui Pantai Ngrumput. Nggak lama setelahnya, Temans pun akan tiba di Puncak Kosakora.

Meski medan terbilang cukup sulit karena harus trekking dengan keadaan jalan menanjak dan sempit, tapi kamu nggak akan menyesal begitu tiba di wisata bukit satu ini.

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 2.000,-

5. Pantai Sedahan


source: jejakpiknik.com
Wisata pantai di Gunung Kidul satu ini bisa dibilang cocok untuk tempat camping dengan suasana masih alami. Garis pantainya pun cukup panjang sehingga cocok untuk arena bermain. Menariknya lagi, ada jalan setapak untuk menaiki tebing dan menyaksikan keindahan pemandangan indah di pantai sembari menunggu matahari terbenam.

Deburan ombak pantai selatan yang khas bisa kita temukan di sini. Hamparan pasir putih nan halus pun ada di salah satu destinasi camping favorit di Jogja ini. Jika ingin berenang, kita memang bisa berenang di area pantai ini. Tapi kewaspadaan tetap perlu dijaga mengingat lokasi ini termasuk memiliki ombak yang kuat, khas pantai selatan.

Dari Kabupaten Gunung Kidul, wisata pantai satu ini jaraknya sekitar 31,8 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan selama kurang lebih 56 menit berkendara menuju selatan. Untuk Temans yang membawa kendaraan pribadi, Temans bisa meletakkannya di area parkir untuk tiga pantai sekaligus, yakni:
  • Pantai Greweng
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Sedahan
Begitu sampai di parkiran, kita pun masih perlu berjalan kaki menuju lokasi Pantai Sedahan. Hamparan sawah, pegunungan, pepohonan hijau hingga aktivitas petani dapat kita saksikan selama perjalanan. Meski terbilang cukup melelahkan karena harus jalan kaki, tapi dijamin Temans gak akan menyesal begitu tiba di lokasi tujuan.

Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Rp 5.000,-

Ternyata selain Puncak Kosakora masih ada beberapa area camping asyik di kawasan Gunung Kidul, Jogja lho. Apalagi bagi Temans yang berjiwa petualang. Panorama pantainya juga gak kalah cantik lho, Temans. Bahkan tiket masuknya juga terjangkau dan ada pula yang gratis. 

Jadi, sudah tentukan akan mendirikan tenda dimana nih saat liburan nanti? Selamat menanti weekend yaah.

Sumber: Qupas


 
Next Post Previous Post
35 Comments
  • Anisa
    Anisa 9:15 AM

    Waw pantai-pantainya keren abis

  • Meiga
    Meiga 9:17 AM

    Jogja ternyata juga menyimpan keindahan pantai yang begitu memukau. Di Malang juga ada lho kak pantai-pantai yang sama indahnya seperti di Jogja :)

  • Alvi
    Alvi 9:17 AM

    Indahnya pantai di Jogja

  • Sasa
    Sasa 9:18 AM

    Jadi pingin liburan lagi nih :D

  • Diana
    Diana 9:20 AM

    I need holiday :D

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 3:18 PM

    Gunung Kidul ini emang terkenal ya Mbak, ya deket pegunungan, deket juga dengan pantai. Tapiii.. kalau camping, kayaknya ini buat yang jiwanya adventure ya.

  • herva yulyanti
    herva yulyanti 3:58 PM

    huah ini pantainya asik-asik apalagi biaya masuk juga murah-murah ya mba banyak banget nih jadi pengen ke pantai

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 8:36 PM

    Antara berani dan takut nih saya kalau camping di pantai. Saya memang suka agak merinding kalau lihat ombak besar. Tetapi, lihat view cantik begini jadi tertarik juga buat camping :)

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 9:26 PM

    Masya Alloh takjub pantainya indah banget. Makasih mbak rekomendasinya, kalo ke jogja/gunung kidul jadi tau harus icip icip kemana aja.

  • Tuty Queen
    Tuty Queen 3:01 AM

    Pantai Wahkodu itu keren banget mbak lokasinya..aku pernah nonton film luar ada anak-anak sekolah camping persis banget dengan pantai Wahkodu ini.

  • Hafizatul ismi
    Hafizatul ismi 4:40 AM

    Bukan anak pantai, tetapi kok menarik. Tiket masuknya murah banget. Tanah airku memang indah yaa

  • Yoanna Fayza
    Yoanna Fayza 11:28 AM

    PAntai Kesirat juga bagus mba, pantainya menghadap ke barat jadi bisa langsung lihat sunset bulat tenggelam di laut, banyak yg camping di situ kalau weekend. Tempatnya deket banget sama pantai Wohkudu

  • Sekar
    Sekar 1:27 PM

    Maa syaa Allah maa syaa Allah!! Saya kok pengin nangis ya baca postingan ini :"( Nyesel gitu lho kenapa nggak dari kemarin main ke situuu. Lagi bosen banget jalan-jalan ke tempat mainstream semacam malioboro, taman wisata batu malang, yang kayak gitu-gitu.

    Kenapaaaa haaarggh! Padahal seharusnya saya lebih gampang mau jalan-jalan karena belum nikah, belum punya tanggungan apa-apa kecuali diri sendiri. Auto googling foto-foto pantainya nih sambil baca ini wkwk.

    Indonesiaaa betapa indahnyaa Yaa Allah bumi nusantara ini. Pantesan Ridwan Kamil pernah bilang kalau di antara negara-negara yang udah dia kunjungi, paling bagus dan indah memang Indonesia. Lengkap semua ada di sini. Gunung, hutan, sungai, danau, bukit, semacam savana, Allahu Akbar.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 2:08 PM

    Nah aku pengen banget camping, mba. Tapi belum tahu dimana masih binggung pilih tempat. Hahhaa. Tapi memang lihat pemandangan di area Gunung Kidul ini dengan panorama panati memang oke banget. Betah deh camping disini

  • Rosanna Simanjuntak
    Rosanna Simanjuntak 3:20 PM

    Masya Allah...
    Cantik-cantik ya, mba. Subhanallah...
    Paling suka tempat wisata yang masih sepi, hihihi

    Tapi memang seperti kata pepatah:

    "Difficult roads often lead to beautiful destinations!"

  • YWidya
    YWidya 6:26 PM

    waduh mbaa..foto-fotonya bikin ngiler. Jadi inget waktu aku backpacker kemping sama anak-anak ke ciwidey. Doain aku ada kesempatan ke gunung kidul ya, mba

  • indah nuria
    indah nuria 7:16 PM

    Ya lampung mbaaa cantik-cantik yaaa pantainya. Aku sukaaa banget liatnya. Bukit Bahia Indonesia jemand penuh dengan kekayaan alam yang luar biasa. Semoga sempat yaaaa main ke sini nantinya

  • Nefertite
    Nefertite 7:39 PM

    Wuuuih, ternyata banyak ya pantai di Gunung Kidul, aku baru tahu nih. Entah sudah berapa tahun aku enggak ke Jogja, apalagi ke Gunung Kidul

  • handriati
    handriati 9:25 PM

    Ya ampun gunung kidul memang istimewa, dulu kalau tiap weekend mesti kalau pagi-pagi mruput main ke gunung kidul mau ke pantai. Sekarang gak di Jogja lagi, jadi kangen hihihi

  • Ida Tahmidah
    Ida Tahmidah 4:24 AM

    Wah baca tulisan ini jd mengingatkanku pada suasana pantai...jd pengen deh..

  • Noorma FMZ
    Noorma FMZ 6:30 AM

    bagus dan indah pastinya ya mbak.. tapi aku lagi takut mendekati pantai ini,.. masih pilu musibah banten

  • Emanuella Christianti
    Emanuella Christianti 6:30 AM

    Camping di pantai Gremeng kayanya seru banget tu bareng keluarga besar ya.... Saya kok jadi pengen ya, semoga kesampaian suatu saat nanti....

  • Nunung Nurlaela
    Nunung Nurlaela 7:00 AM

    Gunung Kidul memang surganya pantai, Mbak. Masya Allah ya...luar biasa. Banyak pantainya dan semuanya indah dan punya khas tersendiri. Lagi nyicil satu2 nih. Tinggal di jogja tapi belum semua wisata yg sempat dikunjungi, hehe

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 7:12 AM

    Asik banget nih pantai-pantainya dan masih murah ya tiket masuknya. Tapi ada juga pantai yang gratis, karena belum dijadikan obyek wisata komersil.

  • Siti hairul
    Siti hairul 7:37 AM

    Aku padahal sering banget main ke pantai di Gunung Kidul ini tapi yg di atas disebutin aku blm mampir

  • Hida
    Hida 8:27 AM

    Wadduh..sekian lama pernah tinggal di jogja aku malah belum pernah menjelajah gunung kidul mbak. Itu pantainya keren-keren banget...

  • Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss 8:59 AM

    Uwoo pantainya nya keren keren semuaaa, udah lama denger nih panorama gunung Kidul tp baru intip2 pantainya di sini, ah jadi pengen ke sana

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 9:15 AM

    KElima tempat camping yang semuanya pantai, indah banget. Saya belum pernah ke sana. Kepengen deh main ke gunung kidul jadinya, orang Jogja pasti seneng banget ya punya banyak keindahan banget. Semoga ada rejeki bisa kesmpaian ke sana.

  • Ngebolang.net
    Ngebolang.net 10:05 AM

    Aku belum pernah sih eksplore gunung kidul tapi kata suamiku yang asli yogya disana masih banyak alam yang indah dan luarbiasa

  • April Hamsa
    April Hamsa 10:06 AM

    Mau bangeeett. Aku blm pernah kemping deket pantai kyk gtu mbak. Seru kali ya malam2 berada di pantai BBQ-an kumpul2 sama keluarga atau teman2 :D
    Pantai di Gunung Kidul bagus2 yaaa :D

  • Nurul Noe
    Nurul Noe 10:25 AM

    Camping di pantai emang seruu. Aku mernah merasakan dan temdaku kudirikan menghadap pantai dimana ada panorama matahari terbit.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 10:34 AM

    Bolak-balik ke Jogja teh belum pernah kesemua tempat ini looh...
    Sedihnyaa~

    Padahal indahnya tiada tarraaa beginiii...

    Nanti kalau ke Jogja, cobain satu-satu aah~
    And save for this link.
    Buat guide.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 10:46 AM

    Wah, romantis banget nih bisa kemping dengan pemandangan panorama pantai. Biasanya kan orang kemping di gunung ya. Sukaaa... kapan2 kudu ditemenin loh aku ke Gunung Kidul ya ;)

  • bundayati.com
    bundayati.com 8:10 PM

    Huuui...indahnya. Andai bunda masih muda padtilah tempat2wisata sepertu bunda jabanin deh.

  • Kartikanofi
    Kartikanofi 2:35 PM

    Sekarang Pantai pantai di gunung kidul banyak spot buat camp ya. Salut deh.

Add Comment
comment url