Pengalaman Puasa Ramadhan Saat Hamil

Bismillahirrahmanirrahim.....

Alhamdulillah kita udah di penghujung Ramadhan. Ada rasa senang bercampur sedih menyelimuti ketika kita berada di penghujung Ramadhan seperti ini. Senang karena kita masih diberi kesempatan bertemu bulan Ramadhan yang dinanti sebelas bulan lamanya, sedihnya karena belum tentu kita masih diberi kesempatan kembali bertemu lagi dengan bulan penuh rahmat, ampunan dan pembebasan dari siksa api neraka. Maka dari itu mari perbanyak berdoa agar kita masih dapat bertemu kembali dengan bulanNYA yang mulia ini, Aamiin 😇

27 weeks of pregnancy

Anyway, tahun ini Alhamdulillah saya diberi kepercayaan lagi untuk mengandung anak kedua. Dan Alhamdulillah sampai saat ini puasa masih berjalan lancar belum ada bolong satu pun. Berbeda dengan kehamilan pertama yang blas sama sekali tidak berpuasa 😀

Puasa Bagi Ibu Hamil

Puasa itu salah satu ibadah yang dinanti-nanti. Bayangkan saja, 11 bulan kita harus menanti datangnya bulan Ramadhan tersebut. Maka merugilah jika kita masih diberi kesehatan dan kesempatan tapi kita tidak menjalankannya dengan hikmat dan penuh semangat. 

Waktu hamil Faraz, usia kandungan saya masih 4 bulanan dan waktu itu masih belum terasa pergerakan si Bayi di dalam kandungan. Sebelum Ramadhan sempat konsul rutin ke Dokter kandungan, sekalian deh tanya apa aman klo saya juga ikut puasa saat itu? Eits tapi Beliau saranin untuk tidak puasa dulu karena kita gak bisa kontrol kondisi bayi di dalam perut. Ok, well noted, Dok! Jadilah saat itu saya tidak berpuasa sama sekali. Gak apa-apa, toh kan juga dibolehkan dalam agama jika Ibu hamil dan menyusui tidak sanggup berpuasa boleh menggantinya di kemudian hari 😊

Baca juga: Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan

Nah, berbeda dengan kehamilan yang sekarang, saat Ramadhan tiba usia kandungan sudah masuk 5 bulanan. Gerakan debay inside juga udah terasa banget, lincah dan kondisi saya pun juga baik-baik saja. Jadilah diniatkan untuk ikut berpuasa juga. Awalnya saya juga sempat ragu ma diri sendiri. Bilang ke Pak Suami klo saya mau puasa juga, tapi klo gak sanggup ya saya gak akan memaksakan diri, saya akan berbuka puasa demi keselamatan debay inside.

Alhamdulillah Allah sayang kami, saya diberi kekuatan untuk terus berpuasa. Si Dedek juga tetap aktif gerakannya sepanjang hari, jadilah gak ada yang perlu dikhawatirkan. Saat kontrol ke Dokter katanya juga semua baik-baik saja. Saya juga sampaikan bahwa saya berpuasa dan dokter juga mengiyakan, bilang ke saya bahwa tidak apa-apa. 

Menurut pengalaman dan pengetahuan saya (yang masih minim ini) Bumil itu tetap boleh berpuasa koq di bulan Ramadhan dengan catatan bahwa kondisi Ibu dan calon Bayi dalam kandungan baik-baik saja. Tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan bagi keduanya. Menurut Dokter sih masa rawan berpuasa itu adalah di trimester ketiga kehamilan karena saat itu Bayi membutuhkan karbohidrat yang didapatnya dari makanan sang Ibu.

Saya jadi ingat waktu Ipar hamil dan kandungannya hampir memasuki usia 9 bulan dan tetap ingin melaksanakan puasa. Di sembilan hari pertama dia berhasil berpuasa tanpa keluhan apa-apa, tapi di hari kesepuluh dia tidak merasakan gerakan sang Bayi di dalam perut, gerakannya menjadi lemah dan langsung kontrol ke Dokter Kandungan dan disarankan untuk tidak melanjutkan lagi puasanya karena bisa membahayakan kondisi bayi dalam kandungan. Ibunya memang kuat, tapi berbeda dengan kondisi sang bayi dalam kandungan.

Baca juga: 7 Prinsip Makan Sehat Saat Hamil dan Menyusui aLa Milda Ini

Jadi, buat calon Bumil jangan khawatir untuk berpuasa yah. Jika tetap ingin berpuasa di bulan Ramadhan, ada baiknya lakukan hal berikut: 
  • Kontrol ke Dokter kandungan sebelum bulan Ramadhan tiba untuk mengecek dan meyakinkan semua baik-baik saja. 
  • Berhentilah berpuasa jika memang kondisi kita tidak memungkinkan untuk terus berpuasa. 
  • Rasakan gerakan calon dedek bayi dalam kandungan, jika tidak merespon segera hentikan puasanya dan kembali konsul ke dokter kandungan Moms ya. 
  • Jangan lupa makan makanan yang bernutrisi tinggi dan minum vitamin yang diresepkan Dokter. Istirahat yang cukup juga tidak kalah pentingnya agar Bumil tetap fit. 

Semoga bermanfaat ya dan puasanya lancar. 


Sehat-sehat ya Bumil 😍



Diah
Next Post Previous Post
18 Comments
  • Ahmad
    Ahmad 1:54 AM

    wah ... hebat ya mbak .. disaat hamil masi bisa puasa

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 6:46 AM

    waktu 2011, saya juga puasa saat hamil say, saat itu usia kandunganku 6 bulan dan alhamdulillah baik-baik saja :)

  • Ucig
    Ucig 9:17 AM

    Sehat2 ya bumil. Barakallah diii
    Aku bolong2 nih :(
    Aman yaa klo kuat dan konsul dokter

  • Fanny f nila
    Fanny f nila 9:59 PM

    Dulu pas hamil aku jg pengennya gt mba, ttp puasa.. Apalagi pas mikir ganti puasanya pas udh bisa puasa, duuh banyak banget kan :D. Tp apa daya, wkt itu ga kuat utk diterusin puasa. Ditambah kerjaan kantor yg nguras pikiran dan bikin tenaga jd berkurang. Jd berat hati ga bisa puasa. Saat udah bisa puasa, lgs deh cepet aku ganti :D. Biar ga keteteran byr hutang puasa

  • CatatanRia
    CatatanRia 10:24 AM

    Hebattt diah bisa puasa full :D debaynya hebat kuat. Sehat trus ya bumil

  • Mbul Kecil
    Mbul Kecil 9:27 PM

    Lah mb aku sama pas dikau hamil pertama ituh, kmaren ku 30 day bolong mua,

  • elva susanti
    elva susanti 8:47 AM

    Duh untung saja iparnya segera memeriksakan kandungannya ya mbak. Jadi tambah ilmu nih, soalnya blm ngerasain rasanya lagi hamil :).

  • Irly
    Irly 4:43 PM

    Ohh.. Bisa begitu di.. Ibunya kuat, bayi dalam kandungan ndak kuat.. Untung cepat periksa di.. Hmm..

  • nurul rahma
    nurul rahma 10:12 AM

    MasyaALLAH TabarokAllah
    Maha Besar ALLAH yg berikan kekuatan ya mbaaa
    aku dulu pas Ramadhan, hamil dan melahirkan, ga kuat puasa sama sekali :D

  • Faridilla Ainun
    Faridilla Ainun 5:48 PM

    Wah, saya juga lagi mengalami hal yang sama nih...Mencoba puasa ketika hamil.

    Dulu pertama kali puasa pas hamil sudah masuk ke minggu-minggu menuju lahiran, jadi setelah 2 hari puasa, kontrol dokter, dibilang stop dulu saja, soalnya pengaruh ke air ketuban.

    Nah kali ini, sebelum mulai puasa kontrol dulu ke dokter, katanya aman. Tapi tetap lanjut kontrol lagi setelah seminggu, buat memastikan efeknya. Yang jelas, selalu konsumsi vitamin pemberian dokter dan patuhi arahan dokter...Tak lupa kontrol diri sendiri dengan makanan yang bergizi, minum banyak, dan istirahat jika merasa lelah

  • yuntango
    yuntango 11:25 PM

    Selalu kagum sama para wanita yang sedang menjajaki motherhood journey. Ngebayangin gimana strugglingnya, apalagi pas puasa. Tapi ternyata memang keren-keren banget. Sehat selalu ya, Mbak sampai nanti lahiran nanti. Dan juga semoga ibadahnya lancar dan berkah.

  • Mas Prim
    Mas Prim 2:33 PM

    Saya ingat waktu jelang Ramadhan, istri saya hamil. Cuma waktu itu blio tetap berpuasa karena sepertinya usia kehamilan yang masih di bawah 3 bulan. Jadi secara fisik masih nggak ada masalah untuk menjalankan ibadah puasa.

    Hmm...jadi inget masa2 itu. Dua orang yang baru menikah, nggak tau apa2 soal kehamilan selain dari googling sana dan sini.

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 6:23 PM

    Inilah Indahnya Islam ya. Islam itu memudahkan. Bagi ibu-ibu yang memang tidak diperkenankan berpuasa setelah konsultasi dengan dokter, alangkah bijaknya jika memang mengikuti saran ahli demi kebaikan bersama.

    Eh, berarti sekarang sudah besar ya anaknya? Sehat selalu ya

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 10:04 PM

    Selamat yaa, kak..barakallahu fiik atas kehamilannya.
    Semoga lancar lancar hingga lahiran.

    In syaa Allah Allah beri kemampuan untuk menjalankan ibadah shaum Ramadan kali ini dengan sebaik-baiknya.

  • Ira Hamid
    Ira Hamid 10:43 AM

    Waktu hamil Wahyu, saya juga puasa. Malah enak nih puasa saat hamil karena gak akan ada bolongnya, hehehe. Saat hamil Rayyan, puasa saya juga nyaris full, cuman dekat-dekat idul fitri udah mulai bolong karena HPL semakin dekat

  • Antung apriana
    Antung apriana 11:45 AM

    aku pas hamil juga tetap puasa, Mom. pas anak pertama hamilnya 4-5 bulan sedang anak kedua sudah masuk 9 bulan. yang penting ibu tahu apakah dia benar-benar kuat berpuasa atau tidak. kalau dirasa tidak sanggup ya nggak usah puasa kan sudah ada keringanannya ya

  • Yayat
    Yayat 12:28 PM

    So sebenernya bumil tetep bisa berpuasa asal tetep memantau kondisinya ya.. saya dulu banget tetep puasa pas hamil walau banyak bolongnya.. sehat sehat ya bumil.. moga proses kehamilannya lancar dan persalinannya juga lancar

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 3:56 AM

    Kalau saya waktu hamil dulu puasanya kuat di awal awal saja. Masuk pertengahan dan mendekati 10 hari terakhir suka keringat dingin dan pusing bikin muntah. Jadinya disuruh fidyah dulu.

Add Comment
comment url