Monday, July 23, 2012

[Re-post] Lagu Anak, Kemanakah Citranya?

Bismillahirrahmanirrahim.....

Apa kabar temans? Puasanya pada lancar kan? Semoga tetap semangat dan terus diberi kesehatan agar puasa dan ibadah Ramadhan kita kali ini lancar selalu, Amin.

Another re-post lagi niih, dalam rangka Hari Anak Nasional. Dulu pernah posting di akun kompasiana.

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang 
Hatiku riang dan senang 

**Sebuah lagu gubahan NN

____________


Ada yang masih ingat dengan lagu itu?  Mungkin sebagian kita ada yang masih ingat dan mungkin [juga] sebagian kita sudah gak ingat lagi kali ya dengan lagu itu.

Atau coba tanya anak-anak SD zaman sekarang, tau gak lagu itu?

Hmmm, mungkin [bisa] dijamin cuma 1 atau 2 orang saja yang tau lagu itu dan juga menyanyikannya.

Mungkin juga karena mereka gak ada lagi yang bermain layang-layang kali ya? sekarang kan zamannya serba modern, robot dan segala macam mainannya  dan bahkan [ada juga] anak SD sekarang yang bermain POKER di FB, point blank dsb *doohhh tepoktepok jidat*!!

Hmmm… kalau lagu “Sayang Semua” atau “Ibu Kartini” (yang kemarin kedengaran lagunya dimana-mana, secara hari Kartini) mungkin mereka masih pada tau.

Sangat berbeda sekali dengan lagu zaman masa kini, yang bahkan anak-anak juga hafal fasih lirik-lirik dari band-band kita itu, hohoohohohh…

Bahkan udah ada yang nyanyi “mau dibawa kemana” aduuhh itu kan bukan untuk mereka… huhuhuh

Sekarang kita tidak pernah lagi dengar lagu anak-anak, seperti di era tahun ‘90an masih banyak artis cilik yang menyanyikan lagu anak-anak, Maisy, Chikita Meidy, Sherina, Agnes Monica, Joshua, Tina Toon and CS. Sekarang apa? Ada ajang yang khusus untuk mencari bakat anak kecil serta mengembangkan bakatnya itu (khususnya bidang nyanyi) tapi apa yang terjadi? Tetap saja lagu yang mereka bawakan saat pentas tak lain dan tak bukan adaah lagu dari band-band ternama saat ini yang pastinya lagunya bernafaskan **CINTACINTAAN** jiaaahhh sangat disayangkan :(

Iyah sih, terkadang masih merubah alurnya menjadi “cinta Ibu atau cinta Ayah” tapi tetep aja kan lagu cinta!! Hmmm ini kali yaaah salah satu sebab anak kecil zaman sekarang 'dewasanya'  lebih cepat!!

Hiiikss, jadi sedih juga liat ponakan-ponakan sendiri klo mereka nyanyi lagu-lagu OST sinetron (lagu band-band itu) aaahhh jadi gregetan sendiri dan saya merasa jadi tante paling bawel sedunia… langsung lah tereak "anak kecil gak boleh nyanyi lagu orang dewasa!!!"

Jadi, bagaimana solusinya? Mungkin sebaiknya  lagu tuk anak-anak dimunculkan lagi kali ya? Ditayangkan di televisi, disiarkan diradio, dan juga anak-anak yang ikut ajang pencarian bakat tuk anak itu diberi lagu khusus tuk anak… kan penontonnya juga pasti kebanyakan anak-anak, jadi anak-anak gak ada lagi yang ‘dewasa’ sebelum waktunya  :D

Bagaimana menurut Temans?

Shiren - Ilsa - Puput - Ozan


Anyway Selamat Hari Anak Nasional. Semoga anak-anak bisa tumbuh sesuai dengan porsinya. Gak dewasa sebelum waktunya, gak kecepatan gedenya, gak cepat pubernya. Biar mereka tetap terus bisa menikmati indahnya masa kanak-kanak ini ^_____^




 

13 comments:

  1. Jaman niar kecil ada banyak penyanyi cilik mbak diah, ada joshua, tasya, trio kwek2 terus ada agnes, sama sapa yaa buanyak deh, kalau sekarang huaah lagu2nya gede2 semu boyband girlband yang menjamah anak2
    :D

    ReplyDelete
  2. alhamdlh smpe saat ini msih aman terkndlai puasanya... gimana denganmu?? :D

    by the way, sy sdh lpa dengan lgunya... bntu nyanyikan lah biar kmbli diingat... heheeh :D

    ReplyDelete
  3. SETUJUUUUUU......
    aku juga miris lihat anak anak nyanyi lagu dewasa
    apalagi lihat Dija bisa ngomong iwak peyek sesuai nada lagunya

    menyedihkan

    ReplyDelete
  4. selamat hari anak, ayo dong buat lagu anak2 yg baru lagi udah lama menghilang ya lagu anak

    ReplyDelete
  5. saya tau lagu itu....ehehe anak-anak sekarang sudah berubah versi ma jaman kita dulu

    ReplyDelete
  6. Lha keponakan-keponakan saya juga demikian..lebih kenal lagu dewasa ketimbang lagu anak-anak. Penetrasi dr TV sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  7. Hahaha, sepupu-sepupuku yang kecil juga pandai nyanyi lagu begituan...
    Aku aja gak apal, mereka hapal... hemmm...

    ReplyDelete
  8. sudah lama sekali saya tidak mendengar lagu ini.. hehehe

    ReplyDelete
  9. Untung ya, jaman kita kecil masih banyak artis cilik dan lagu anak-anak.

    ReplyDelete
  10. dulu waktu saya masih sd, kalau nyanyi lagu orang dewasa apalagi lagu yang berbau cintaaa pasti ditegur oleh guru, tapi sekarang kalau ada siswa SD yang nyanyi lagu dewasa atau cintaa guru-nya malah menikmatinya...alamak apa kata dunia :)

    ReplyDelete
  11. sekarang jamannya koboi junior mbak.. :D

    ReplyDelete
  12. dhe inget dong lagu diatas.. cuma nadanya udah rada-rada lupa, hehe :D

    zaman kita dulu puas banget yaa ama lagu anak2.. bahkan albumnya Tasya yang kayak aku anak gembala dulu itu, dhe masih punya lho neng.. keren kan?? hahahaha

    ReplyDelete
  13. laaah.. acara pemilihan talent nyanyi anak2 aja, nyanyi nya lagu cinta-cinta-an hahahaa....

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers