,

10 Bahasa Asing yang Harus Dikuasai di Era Globalisasi

Zaman sekarang semua serba canggih. Hal ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi pada kehidupan modern ini. Adanya kemajuan seperti sekarang ini menandakan kalau kita telah berada pada era globalisasi.

bahasa asing di era globalisasi

Era di mana kehidupan manusia semakin terbuka dan perubahan bangsa di seluruh dunia yang memiliki ketergantungan satu dengan lainnya yang juga menyebabkan persaingan ketat di berbagai bidang menjadi semakin cepat. Dampaknya, kita pun harus berjuang lebih keras agar bisa sejajar atau melampaui bangsa atau negara lain sehingga menjadi negara yang lebih maju. Persaingan seperti ini juga harus kita hadapi dengan penuh semangat untuk mau belajar banyak hal termasuk komunikasi.

Komunikasi sebagai Modal dalam Menghadapi Era Globalisasi

Era globalisasi memberikan banyak kemudahan dalam bertukar informasi. Orang-orang jadi mudah berhubungan dengan orang lain dari luar negaranya karena adanya teknologi yang semakin canggih. Salah satunya yaitu dengan hadirnya internet yang bisa memungkinkan orang mendapatkan informasi bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Dampak lain dari hadirnya globalisasi adalah adanya pertukaran budaya asing di mana kita bisa mempelajari budaya dari negara lain melalui film, musik, foto, gaya busana dan lain sebagainya dengan cepat dan praktis. Hal ini bisa terjadi karena adanya informasi dan komunikasi yang terjalin antar bangsa yang mana bahasa menjadi jembatan utama dalam berkomunikasi. 

Komunikasi bukan hanya sekadar bertukar kata, tetapi juga tentang pemahaman yang mendalam tentang budaya, nilai, dan konteks sosial yang berbeda. Nah, di sinilah peran penting komunikasi sebagai modal dalam menghadapi era globalisasi antar lain:

Memperluas Jaringan

Komunikasi yang efektif memungkinkan individu untuk membangun jaringan yang lebih luas bahkan antar negara. Berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya, menjadikan seseorang dapat memperluas peluang bisnis, menjalin kemitraan, dan dapat mengakses sumber daya yang beragam.

Negosiasi dan Diplomasi


peran komunikasi era globalisasi

Di era globalisasi, banyak aktivitas melibatkan negosiasi dan diplomasi lintas budaya. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan cara yang sensitif terhadap perbedaan budaya dan cara pandang lah yang menjadi kunci untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Pengembangan Diri dan Karier

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik meningkatkan pengembangan pribadi dan profesional seseorang dalam hal karier. Ini meliputi kemampuan untuk menyampaikan ide dengan jelas, mendengarkan dengan empati, dan menyelesaikan konflik secara terstruktur dan jelas. 

Mengatasi Hambatan Komunikasi

Dalam era globalisasi, seseorang sering dihadapkan pada hambatan komunikasi, seperti perbedaan bahasa, budaya, atau teknologi. Kemampuan untuk mengatasi hambatan-hambatan dengan kreatif dan efektif akan menjadi keterampilan yang sangat berharga.


10 Bahasa Asing yang Harus Dipelajari dalam Menghadapi Era Globalisasi 


bahasa asing yang harus dikuasai

Pentingnya bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari memang membawa dampak positif bagi kehidupan kita saat ini. Untuk itulah sangat penting untuk bisa menguasai satu atau bahkan lebih bahasa asing di era globalisasi yang semakin pesat ini. 

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa sangatlah penting. Dengan mempelajari bahasa-bahasa yang berbeda, seseorang dapat mengakses lebih banyak peluang, memperluas jaringan, dan memahami beragam budaya. 

Meskipun tidak mungkin untuk mempelajari semua bahasa yang ada di dunia, namun ada beberapa bahasa yang dianggap krusial untuk dikuasai di era globalisasi. Setidaknya ada 10 bahasa asing atau bahasa dunia yang harus kita pelajari saat ini. Apa aja sih bahasa asingnya itu? 

1. Bahasa Inggris

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa Internasional yang paling dominan di dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi digunakan oleh berbagai negara di dunia, serta menjadi bahasa utama dalam bisnis, teknologi, ilmu pengetahuan, dan budaya. 

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif menjadi modal penting di era globalisasi ini karena kita dapat berpeluang besar untuk bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri atau mengikuti program pertukaran, mendapatkan pekerjaan 

2. Bahasa Mandarin  

Bahasa Mandarin atau dikenal juga dengan  bahasa Tiongkok (China) menjadi bahasa asing yang banyak dipelajari saat ini. Salah satu penyebab bahasa ini menjadi begitu popular dan penting yaitu karena populasi Tiongkok yang besar dan perkembangan ekonominya yang semakin pesat. 

Memiliki kemampuan berbahasa Mandarin dapat membuka pintu untuk bisnis dan kesempatan kerja di pasar yang semakin berkembang. 

3. Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa paling tua di dunia yang menjadi bahasa resmi di sebagian besar negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara. Dengan pertumbuhan ekonomi dan geopolitik di wilayah tersebut, kemampuan berbahasa Arab dapat membuka peluang bisnis dan karir yang signifikan. Bahasa Arab yang tidak lain adalah bahasa kitab suci Al-Qur'an ini juga ditetapkan sebagai bahasa resmi PBB. 

4. Bahasa Jepang

Jepang adalah salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan bahasa Jepang penting dalam bisnis, teknologi, dan budaya populer. Dengan mempelajari bahasa ini, kita dapat memperluas jaringan dan memanfaatkan peluang di pasar Asia. Bahasa Jepang juga diajarkan di sebagian besar sekolah di Asia yang mana bersaing dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

5. Bahasa Korea 

Budaya Korea juga tidak kalah populer dari Jepang. Mulai dari musik, film, tari, makanan, hingga bahasa. Banyak orang tertarik belajar budaya Korea, bahkan sampai berkunjung ke negeri ginseng tersebut.

Apabila Temans termasuk salah satu yang ngefans dengan Korea, belajar bahasa Korea bisa jadi awal bagus karena dari belajar bahasa, kita juga akan belajar budaya. Selain itu, belajar bahasa Korea membuat kita menjadi lebih mudah mempelajari bahasa asing lainnya yang masih serupa, seperti bahasa Jepang atau Mandarin, karena ketiga bahasa ini memiliki beberapa kemiripan.
komunikasi antar bangsa

6. Bahasa Spanyol 

Selain bahasa Inggris dan Mandarin, bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia sekaligus menjadi bahasa resmi di banyak negara di Amerika Latin dan Spanyol. Selain itu, bahasa Spanyol juga menjadi bahasa penting di bidang perdagangan, budaya, dan diplomasi serta menjadi bahasa resmi PBB. 

7. Bahasa Jerman

Jerman dikenal dengan negara yang sistem pendidikannya maju dan memiliki banyak program sekolah atau kuliah gratis bagi pelajar dari luar negeri. Bahasa Jerman merupakan bahasa utama yang digunakan di negara-negara Eropa, terutama di Jerman, Austria, dan Swiss. Bahasa ini penting dalam bisnis, teknologi, dan ilmu pengetahuan, serta menjadi bahasa resmi di Uni Eropa.

8. Bahasa Prancis

Prancis adalah bahasa resmi di banyak negara di Eropa dan Afrika. Bahasa ini memiliki nilai historis, budaya, dan diplomatik yang besar, serta masih menjadi bahasa internasional yang penting dalam hubungan internasional.

9. Bahasa Rusia

Negara yang juga dikenal sebagai Negara Beruang Merah ini memiliki keberagaman etnik budaya yang unik, menarik dan terkenal karena sejarah, politik dan juga sastra karyanya. Bahasa Rusia juga masuk menjadi salah satu bahasa resmi PBB yang sayangnya masih banyak negara termasuk Indonesia yang belum mengajarkan bahasa ini sebagai bahasa asing yang wajib diketahui. Dengan menguasai bahasa asing yang satu ini kita dapat lebih mudah saat melakukan traveling di Negara Eropa sambil mempelajari budaya yang ada di sana. 

10. Bahasa Belanda

Bahasa asing yang juga wajib Temans kuasai selanjutnya adalah bahasa Belanda. Kenapa sih harus belajar bahasa Belanda? Salah satu alasannya karena salah satu negara yang mendapatkan peringkat yang sangat baik di bidang pendidikan. Dengan menguasai bahasa Belanda, tidak hanya memudahkan Temans melanjutkan studi di sana, tapi juga memperluas pertemanan, serta berkomunikasi dengan warga sekitar.


Hmm, 10 bahasa di atas memang dianggap penting, namun pilihan bahasa asing yang paling tepat untuk dipelajari tergantung pada kepentingan pribadi sih. Apa tujuan karir, dan lingkungan tempat kita tinggal atau bekerja. Poinnya sih ya bahwa belajar bahasa asing itu tidak hanya membuka pintu untuk komunikasi lintas budaya, tetapi juga membantu dalam memperluas wawasan dan memahami dunia dengan lebih baik.


Penutup

Di era globalisasi saat ini, bertukar informasi dapat mudah dilakukan karena adanya komunikasi yang baik yang mana bahasa lah yang menjadi alat pemersatu berbagai negara. Bahasa Inggris memang sudah jadi bahasa Internasional yang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia bukan hanya Inggris ataupun Amerika saja. 

Oleh sebab itu, menguasai bahasa asing dapat menjadi modal dalam menghadapi era globalisasi ini. Tidak hanya Bahasa Inggris, terdapat banyak lagi bahasa asing yang saat ini sedang banyak menjadi perbincangkan dan tidak jarang dari masyarakat belajar 10 bahasa ini ya. 

Kalau saya sendiri sih, selain bahasa Inggris, saya sedang semangatnya untuk belajar bahasa Jerman dan juga bahasa Arab, lho. Jadi, Temans minat belajar bahasa asing apa aja nih sebagai modal dalam menghadapi era globalisasi? Boleh share di kolom komentar ya. 

Nah, kalau Temans minat belajar bahasa asing juga? Yuk, cari tahu skill apa aja yang harus dipelajari dalam bahasa asing yang sudah saya bahas beberapa waktu lalu ya. 



Semoga bermanfaat.



Diah


Next Post Previous Post
9 Comments
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 10:10 PM

    Ehm aku baru bisa English sih, pengen bisa yg lain seperti bahasa Jepang, Jerman, Perancis, atau Mandarin. Kalau anakku lagi belajar bahasa Rusia dan Korea :)

    Bahasa itu penting sih yaa apalagi kalo hobi traveling ke seluruh dunia.

  • Khoirur Rohmah
    Khoirur Rohmah 2:45 PM

    Sudah lama tidak belajar bahasa inggris karena terbatas lawan bicara,biasanya hanya menyimak tips bahasa inggris dari media sosial atau dengan nonton film luar. Setidaknya punya 1 bahasa asing yang baru dipelajari dan harus terus diasah sih, next smoga bisa nambah belajar bahasa asing lainnya

  • Antung apriana
    Antung apriana 4:07 AM

    Ada banyak ya pilihan bahasa yang bisa kita pelajari. Kalau dulu orang cuma belajar bahasa inggris, Jepang atau mandarin, sekarang gara-gara drakor juga banyak banget yang rajin belajar bahasa korea biar cepat ngerti omongan oppa nya. Hehe

  • Bunsal
    Bunsal 6:12 AM

    Sepakat banget dengan 10 rekomendasi bahasa asing di atas. Sebagai yang sering bertemu aktivitas kepariwisataan Lombok sejak tahun 90an, menguasai 10 bahasa di atas linear dengan potensi mendapatkan tamu sepanjang tahun.
    Karena musim berkunjung turis dari masing-masing pemilik bahasa tersebut kadang bisa berbeda bulan, tergantung masa berlibur di negara mereka.

  • lendyagassi
    lendyagassi 7:38 AM

    Gak mudah belajar bahasa sih yaa..
    Tapi akan menyenangkan sekali kalau paham apa yang dibicarakan orang lain dari seluruh dunia dan kita bisa berkomunikasi yang santun. Jadi nambah temen dan siapa tau bisa nambah pengalaman juga dengan travelling atau study di luar negeri.

  • sarrahgita
    sarrahgita 7:52 AM

    Saya setuju banget nih, menguasai bahasa asing sangat penting di era globalisasi kayak sekarang. Selain bahasa Inggris, jujur saya pengen juga belajar bahasa Mandarin sama bahasa Korea. Tuk bahasa Arab dulu sempet belajar pas masih SD (dikit banget tapi wkwk), kalo bahasa Jepang dulu pas kuliah pilih jurusan bahasa Jepang (walopun dah lupa-lupa hihi).

  • Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com
    Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com 9:23 PM

    Diriku paling suka bahasa Jepang, soalnya pengucapannya sama kek bahasa Indonesia, masalahnya adalah tulisannya beda, dan otak akoh hang menghafal semua hurufnya, hahaha.
    Paling aman sih bahasa Inggris, tapi sampai sekarang masih belepotan, grammarnya kacau.
    Ya ampooonnn dahh!
    Ketiga bahasa Jerman, sebenarnya ini mirip Inggris ya, sayangnya hurufnya juga ada tambahan ya.
    Kalau Korea dan China, diriku dengar orang ngomong aja, membayangkan lidahku makin belepotan, wakakakak.
    Korea paling susah yang eo oe dan semacamnya.
    Nah Mandarin ini, masya Allaaaaaahhhh, 1 kata beragam artinya, hanya dengan cara pengucapannya, ckckckckck.
    Kenapa ya manusia ga pakai bahasa dunia aja gitu, wakakakkaka
    Tapi setuju sih, di eera globalisasi ini, wajib banget menguasai bahasa asing

  • Adinda Tami
    Adinda Tami 9:42 PM

    Aku merasakan banget mba kalau menguasai bahasa asing itu penting banget.. Selain bahasa Inggris, aku juga pingin bisa bahasa Spanyol hahaha.. Kalau bahasa Arab, dulu pernah belajar di sekolah tapi sekarang udah banyak lupaaaanya

  • Ria Nugros
    Ria Nugros 10:26 PM

    Dari kesepuluh bahasa asing itu, udah pernah belajar bahasa Inggris dan Jepang. Bahasa Korea sekarang juga jadi wajib yaa, karena segala tentang Korea lagi viral di Indonesia.

Add Comment
comment url