, Memiliki Rumah Hunian di Usia Produktif, Wishlist Utama yang Harus Diwujudkan - Diah Alsa - Lifestyle Blogger Kendari ,

Memiliki Rumah Hunian di Usia Produktif, Wishlist Utama yang Harus Diwujudkan

Kerja yang mapan dan memiliki rumah hunian adalah mimpi banyak orang, terlebih jika bisa diwujudkan di usia produktif. Ini bisa menjadi bonus dan pencapaian tersendiri sepanjang masa. Mewujudkan impian memiliki rumah tentu memerlukan persiapan dan komitmen finansial yang serius. 

rumah hunian impian

Secara ya, di masa produktif pasti banyak keinginan yang ingin diwujudkan seperti traveling, atau memiliki barang branded yang sedang happening. Namun, memiliki rumah hunian jelas lebih penting dan banyak keunggulannya dibanding mewujudkan keinginan sesaat. 

Cara Memiliki Rumah Hunian di Usia Produktif

Setiap orang pasti punya impian, baik itu yang ingin diwujudukan dalam waktu dekat maupun di masa yang akan datang. Bagi saya sendiri sih, memiliki rumah hunian di usia produktif adalah salah satu impian yang harus segera diwujudkan. Yup, punya rumah Hunian di usia produktif, kenapa tidak 'kan? Sebab, memiliki rumah hunian sendiri akan selalu membuat kita merasa nyaman berada di dalamnya. 

Tempat terbaik untuk kembali, untuk pulang setelah seharian bekerja. Atau malah bisa menjadi tempat ternyaman untuk bekerja. Apalagi sejak pandemi, banyak orang memilih bekerja dari rumah, baik itu menjalankan bisnis maupun menerapkan fasilitas bekerja dari mana saja atau work from anywhere selagi semua tugas dan tanggung jawab tercapai sesuai target kerja. 

Selain itu, puunya rumah hunian sendiri juga dapat membuat kita jadi lebih kreatif untuk menatanya sesuai dengan kepribadian kita. Hmm, semacam award untuk diri sendiri lah begitu yang harus diapresiasi. 

Lalu, gimana sih cara memiliki rumah hunian di usia produktif? 


1. Menentukan Tujuan dan Rencana Keuangan

Pertama-tama, tentukan tujuan Temans untuk memiliki rumah hunian. Pertimbangkan apakah Temans ingin memiliki rumah untuk tinggal bersama keluarga atau sebagai investasi properti. Setelah itu, buatlah rencana keuangan yang jelas dan realistis. Tentukan berapa besar dana yang diperlukan untuk membeli atau membangun rumah sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan di awal.


2. Menabung dan Mengelola Keuangan

menabung untuk rumah
pic: canva.com

Mulailah menabung sejak dini dan disiplin dalam mengelola keuangan. Temans bisa memulainya dengan membuat anggaran bulanan untuk memantau pemasukan dan pengeluaran. Hindari utang konsumtif, dan lebih fokuslah dalam menabung sebagai modal pembelian atau membangun rumah.

3. Mencari Informasi tentang Kredit Properti

Jika Temans tidak memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli rumah secara langsung, pertimbangkan untuk mengajukan kredit properti dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Cari informasi tentang berbagai jenis kredit properti, beserta persyaratan dan suku bunga yang berlaku. Pilihlah kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuan Temans untuk membayar cicilan.

4. Memilih Lokasi yang Tepat

Pertimbangkan dengan baik lokasi rumah yang akan Temans beli. Faktor-faktor seperti aksesibilitas, fasilitas umum, lingkungan sekitar, dan potensi nilai properti di masa depan harus dipertimbangkan. Pastikan lokasi rumah sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Temans.

5. Manfaatkan Program Subsidi Pemerintah

Di beberapa negara, pemerintah menyediakan program subsidi untuk membantu masyarakat memiliki rumah sendiri. Informasikan diri Temans tentang program-program semacam ini dan persyaratan yang harus dipenuhi. Jika memungkinkan, manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bantuan dalam membiayai rumah hunian kita nantinya.


6. Membangun Portofolio Investasi

Selain menabung untuk membeli rumah, pertimbangkan juga untuk membangun portofolio investasi yang dapat membantu meningkatkan dana Temans. Investasi seperti saham, reksa dana, atau properti lain dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan dana yang dibutuhkan.

7. Berinvestasi dalam Pendidikan dan Karir

Meningkatkan pendidikan dan karir juga bisa membantu dalam mencapai impian memiliki rumah sendiri di usia produktif. Dengan memiliki kualifikasi yang lebih tinggi atau punya pengalaman kerja yang berharga, Temans dapat meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, yang dapat mempercepat proses pembelian rumah.

8. Berhemat dalam Pengeluaran dan Tidak Mudah Menyerah

Selama proses mendapatkan rumah hunian sendiri, berhemat dalam pengeluaran adalah kunci. Kurangi pemborosan dan fokus pada kebutuhan yang penting. Misalnya, pertimbangkan untuk memasak di rumah daripada makan di luar atau memilih transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi jika memungkinkan.

berhemat dalam pengeluaran
pic: canva.com

Mewujudkan impian memiliki rumah hunian sendiri jelas punya tantangan tersendiri, waktunya pun bisa saja tidak sesuai dengan rencana awal karena adanya hambatan yang mungkin saja akan kita hadapi di tengah-tengah proses menggapai impian tersebut. Namun, jangan mudah menyerah. Tetapkan komitmen untuk mencapai tujuan kita dan teruslah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. 


Menghitung Dana Pembelian Rumah Hunian Impian dengan Mortgage Calculator

Membeli rumah secara cash atau tunai bukanlah hal yang mustahil jika memiliki kerjaan atau bisnis yang mendukung. Namun jika keinginan memiliki rumah secara cash belum bisa teralisasi, mungkin kita bisa mewujudkannya dengan membeli rumah secara kredit atau biasa kita kenal dengan sebutan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Saat ini sudah banyak lembaga penyedia KPR termasuk bank yang bisa memfasilitasi kita jika ingin memiliki rumah hunian. Masing-masing penyedia KPR memiliki penawaran-penawaran terbaik mereka. Di sinilah kita harus cermat dalam mengukur kemampuan kita untuk pembelian rumah dengan KPR. 

Nah, sebelum menentukan penyedia KPR yang ingin digunakan, kita bisa mencoba untuk menghitung dana pembelian rumah hunian melalui Mortagage Calculator. Sebuah website yang dapat membantu kita untuk menghitung secara mandiri biaya cicilan KPR yang harus dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Meskipun kalkulator ini dibuat untuk pasaran UK, namun perhitungan pembayaran bulanan hampir sama di semua wilayah kecuali nilai mata uang dan harga rumah. 

Mortgage Calculator

Dengan Mortgage Calculator kita dapat menghitung kualifikasi hipotek yang dapat kita akses melalui laman https://www.mortgagecalculator.uk/. Caranya pun juga mudah, cukup mengisi kolom-kolom yang tersedia berupa taksiran nilai rumah yang kita inginkan, jumlah deposit yang akan kita masukkan dan data penunjang lainnya. Maka nanti akan muncul kalkulasi yang akan kita bayarkan setiap bulannya sesuai dengan data yang kita isi tadi. 

Mortgage chart and table

Tidak hanya itu, di Mortgage Calculator juga dapat menghitung pembayaran hipotek dengan amortisasi, remortgage, perhitungan kelebihan bayar, serta perhitungan keterjangkauan berdasarkan pendapatan apakah KPR akan ditanggung sendiri atau bersama pasangan.  Keunikan dari Mortagage Calculator ini yaitu dilengkapi dengan grafik pembayaran pinjaman dengan tabel amortisasi bulanan dan tahunan. Hmm, jadi gak perlu menerka-nerka lagi dong ya berapa biaya yang akan kita keluarkan setiap bulannya untuk membayar KPR kita. 


Kesimpulan

Mempunyai rumah hunian sendiri di usia produktif adalah impian yang bisa diwujudkan dengan perencanaan dan komitmen yang tepat. Tetapkan tujuan secara jelas, kelola keuangan dengan bijaksana, dan pertimbangkan berbagai opsi seperti kredit properti atau program subsidi pemerintah. Apalagi kita bisa menghitung simulasi pembayaran KPR yang akan kita bayarkan nantinya dengan Mortgage Calculator.  


Semoga bermanfaat. 



Diah
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Anisa
    Anisa 3:31 PM

    Wah benar banget tuh, Kak. Menentukan dan merencanakan tujuan itu memang yang paling penting

  • Dina
    Dina 3:35 PM

    Saya juga pingin nih, Kak. Terima kasih informasinya mengenai tipsnya

  • Indri
    Indri 3:35 PM

    Dengan menggunakan aplikasi tersebut memang bisa memudahkan ketika ingin mempunyai rumah ya

  • Lina
    Lina 3:36 PM

    Berhemat memang menjadi salah satu tips yang tepat si. Tapi sulit dilakukan hihi

  • Sasa
    Sasa 3:38 PM

    Ternyata aplikasi tersebut bisa berguna untuk menghitung dana pembangunan ketika hendak membuat rumah

  • HendraDigital
    HendraDigital 2:23 PM

    Poin paling penting adalah mampu memenej keuangan ya. Harus punya tujuan dan rencana finansial yang matang, agar bisa membeli rumah atau mewujudkan keinginan lainnya... Very nice sharing Mba Diah

  • HendraDigital
    HendraDigital 2:24 PM

    Poin paling penting adalah mampu memenej keuangan ya. Harus punya tujuan dan rencana finansial yang matang, agar bisa membeli rumah atau mewujudkan keinginan lainnya... Very nice sharing Kak

  • Nabilla DP
    Nabilla DP 5:14 PM

    sama nih mba, alhamdulillah saya juga sudah terwujud ada rumah sejak awal tahun. sekarang mulai mumet jadi pejuang KPR dan mikirin cicilan per bulannya wkwk doakan yaa

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 10:56 PM

    Saya udah coba sih ini ya ampun.. terkejut karena nilainya besar banget wkwkwk.. soalnya harga rumahnya juga besar.. mikir sesuai kemampuan aja.. tapi kun fa ya kun sih..

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 6:41 AM

    Bener bgt punya rumah impian banyak orang termasuk aku. Harus punya rencana keuangan ya. Dengan Mortgage Calculator perencanaannya jadi lebih matang dan terkendali.

  • Okti Li
    Okti Li 8:46 AM

    Rumah sebagai kebutuhan utama manusia membuat siapapun pasti ingin memilikinya. Apalagi sebagai kebutuhan, rumah juga bisa sekaligus jadi investasi, juga nilai gengsi seseorang. Semakin baik rumah yang dimiliki, semakin terlihat kesejahteraannya.
    Dengan adanya aplikasi mortgage kalkulator, kita bisa lebih cepat mewujudkan impian memiliki rumah ya

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:17 AM

    Adanya simulasi untuk menghitung properti ini jadinya punya gambaran kalau nantinya mau beli atau usaha properti

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 11:32 AM

    Saya sudah coba Mortgage Calculator ini, penggunaannya lumayan mudah juga ternyata, ya, dan yang luar biasa adalah kita bisa menyimpulkan berapa kisaran perhitungan dalam kemampuan kita untuk menyiapkan anggaran membangun rumah hunian

  • Kang Ugi
    Kang Ugi 7:44 PM

    Kalau udah namanya pengen punya rumah memang harus memiliki perencanaan yang matang. Khususnya perencanaan keuangan. Kalau sudah membuat rencana yang baik, tinggal selanjutnya membuat perhitungan dan diikuti pengelolaan keuangan secara tepat

  • Jurnal Bermain
    Jurnal Bermain 7:45 PM

    Wah iya nih harus memiliki perencanaan matang ya. Untungnya ada mortgage calculator nih yang bisa digunakan untuk menghitung perkiraan biaya

  • ginanelwan
    ginanelwan 8:09 PM

    akupun pernah mengulas mortgage ini, hal yang mudah ketika kita ingin mewujudkan impian memiliki rumah dengan menggunakan mortgage.

  • April Hatni
    April Hatni 8:43 PM

    Menggunakan Mortgage Calculator ini mudah banget sih, tinggal mengisi kolom-kolom yang tersedia berupa taksiran nilai rumah yang kita inginkan, jumlah deposit yang akan kita masukkan dan data penunjang lainnya. Setelah itu keluar kalkulasi yang akan kita bayarkan setiap bulannya sesuai dengan data yang kita isi tadi.

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 9:01 PM

    Kesempatan selagi belum.menikah tapi sudah bekerja kredit KPR buat masa depan toh gada ruginya kok memiliki rumah itu meski KPR, harga jual selalu naik.

    Mortgage calculator membantu mengkalj
    Kulasi kemampuan kita dalam.mencicil rumah.

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:08 PM

    Sudah bukan impian yang mustahil diwujudkan untuk memiliki rumah di usia produktif.
    Seneng banget karena kini ada Mortgage Calculator yang bisa bantu hitung-hitungan dengan cara teliti sehingga kebayang deh..alokasi dana yang dibutuhkan dan bisa kita lakukan untuk membeli calon rumah idaman.

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 9:46 PM

    Wishlist buat punya rumah diusia produktif memang harusnya jadi hal penting yah, Mbak. Untungnya sekarang ga pusing buat cari tau estimasi cicil mencicilnya sih pake kalkulator hipotek ini.

  • Yustrini
    Yustrini 10:06 PM

    Punya rumah impian harus ditargetkan ya. Mumpung masih usia produktif, harus hidup hemat dan rencanakan keuangan biar kebeli rumah..

  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto 10:22 PM

    Hrs dipikirkan bgt ya kak mulai skrg mumpung msh usia produktif jd kita biar mkn semangat bekerja demi keluarga. Kalo salah satu kebutuhan pokok ini terpenuhi, hidup mkn lega ya kak.

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 10:39 PM

    Berinvestasi di ranah pendidikan itu beneran berasa banget manfaatnya ke karir sih ya Kak. Nggak harus selalu mengejar titel sih, bisa juga dengan ikut kelas-kelas keahlian. Mana tahu semakin ahli malah bikin karir meningkat dan sejalan sama pendapatan hingga impian untuk punya rumah di usia produktif berhasil terealisasikan. Senang banget sekarang ada kalkulator hipotek yang bantu sesiapa saja yang sedang berencana punya hunian, menghitung dan menimbang kemampuan finansialnya.

  • GE MAULANI
    GE MAULANI 12:33 AM

    Setuju kak, untuk memiliki rumah di usia produktif memang memerlukan perencanaan yang matang. Termasuk dari segi lokasinya. Aku setuju kalau lokasi tempat tinggal itu harus mudah aksesibilitas, fasilitas umum, dan lingkungan sekitar. terus punya nilai potensi investasi masa depan

  • Ainun
    Ainun 4:55 PM

    membantu banget mortgage calculator ini ya, jadi kita bisa memperhitungkan perkiraan budget ke depannya juga, seperti misalnya harus bayar DP berapa dan angsuran yang mampu diangka berapa

Add Comment
comment url