,

Kenal Lebih Jauh Dengan Bagian Eksterior Mobil Sekaligus Cara Merawatnya

Saat sedang berada di jalan, tentunya kita akan banyak melihat mobil dan hal pertama yang akan terlihat adalah bagian luar atau dikenal dengan eksterior. Bahkan bagian luar dari mobil bisa langsung membuat orang terpukau dan terpana karena menghadirkan tampilan yang luar biasa. 

eksterior mobil

Tetapi jika tampilan eksteriornya kotor, banyak debu, dan jarang terawat tentunya tidak akan bisa menarik perhatian orang lain. Makanya penting untuk selalu membersihkan bagian eksterior dan mengetahui cara merawatnya dengan benar.

Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Cara Perawatannya

Selain merawat bagian eksterior, tentunya juga harus tahu bagian-bagian pada eksterior mobil karena setiap bagian tentu memiliki perawatan yang berbeda-beda. Nah, berikut akan dibahas mengenai bagian pada bagian eksterior dan cara melakukan perawatan dengan benar.


Body

Salah satu bagian dengan ukuran yang paling besar pada sebuah kendaraan roda empat untuk menutupi rangka adalah body mobil. Makanya bagian ini sudah pasti rawan terhadap goresan, baret, atau bahkan penyok saat adanya benturan. Selain rawan rusak, body mobil juga bisa menjadi kusam atau memudar ketika sering parkir di area terbuka yang terkena sinar matahari. Agar tampilan luar mobil ini selalu mengkilap serta bersih dari berbagai kotoran maka bisa melakukan beberapa perawatan.

body


Perawatan yang dapat dilakukan seperti jangan meletakkan kendaraan yang tidak terdapat atap sehingga mudah terkenal sinar matahari. Jika hal ini terus dibiarkan pada waktu yang cukup lama tentunya akan menimbulkan tampilan kusam pada mobil. Kemudian harus sering mencuci kendaraan minimal 1 minggu sekali agar debu dan kotoran yang menempel bisa langsung bersih. Kemudian sediakan semua kebutuhan mulai dari sabun khusus, kanebo, pemoles, hingga wax khusus baret untuk bisa melindungi mobil dari berbagai kerusakan yang bisa saja terjadi.

Velg

velg

Bagian selanjutnya pada eksterior yang bisa menambah penampilan mobil adalah velg yang terdiri dari 4 unit. Bahkan ada juga beberapa orang untuk mengganti velg standar pabrik dengan velg yang tampilannya lebih menarik. Dengan letaknya yang berada di ban maka komponen ini rawan kotor sehingga harus dirawat dengan baik. Caranya adalah dengan membersihkan minimal 1 kali seminggu menggunakan sikat gigi untuk membersihkan berbagai jenis kotoran pada velg.


Spoiler

spoiler

Untuk menambah penampilan menjadi lebih sporty atau modern maka ada beberapa mobil yang sudah menggunakan spoiler, salah satunya adalah Daihatsu Rocky terbaru. Bukan hanya sebagai pelengkap tetapi ternyata memiliki fungsi yaitu meningkatkan kecepatan saat bermanuver. Perawatan untuk bagian ini juga cukup mudah yaitu mencucinya dan memberikan cairan wax agar mengkilap.


Penutup

Selain ketiga bagian diatas, masih ada lagi bagian lainnya seperti kaca film dan bumper yang perawatannya juga hampir sama dengan yang sudah dibahas diatas. Perawatan harus berkala dilakukan apalagi bagi yang baru saja membeli mobil baru di SEVA dengan kredit tentu harus dijaga penampilannya. Bagi yang ingin kredit di aplikasi SEVA, maka bisa langsung ajukan sekarang juga lewat aplikasi yang tersedia dijamin prosesnya cepat.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 12:30 PM

    Soal eksterior mobil intinya tentang mobil Pak Suami paling tahu, tapi karena apa-apa ceritanya ke istri jadi sedikit tahu. Bagaimana pun setiap bagian mobil penting, ada beberapa bagian vitalnya pula. Terima kasih informasinya!

Add Comment
comment url