Explore the blog
Saturday, January 14, 2023

Intip 5 SMA Boarding School Terbaik di Indonesia

Boarding school adalah jenis sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran dengan cara tinggal di tempat khusus (asrama). Saat ini, ada banyak sekolah unggulan yang sudah menerapkan sistem boarding, terutama untuk jenjang SMA. Selain itu, boarding school juga menjadi pilihan banyak orang tua karena memberikan banyak manfaat bagi anak. Dengan tinggal di asrama, anak dapat belajar mandiri dan bersosialisasi bersama orang lain.

rekomendasi SMA Boarding School Terbaik Indonesia


Selain itu, di asrama sudah tersedia fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan siswa, sehingga biaya boarding school umumnya lebih mahal dibanding sekolah biasa. Karena itu, pinjaman uang bisa menjadi alternatif untuk memberikan pendidikan terbaik bagi buah hati tercinta.

Rekomendasi 5 SMA Boarding School Terbaik di Indonesia



SMA Boarding School Indonesia
source pic: pexels.com


Kebanyakan SMA boarding school adalah sekolah unggulan dengan konsep pendidikan internasional. Berikut ini 5 rekomendasi SMA boarding school terbaik beserta rincian fasilitas dan program unggulannya:


Pelita Harapan

Pelita Harapan di Cikarang adalah sekolah internasional yang menjadi almamater dari beberapa figur publik terkenal seperti Niki Zefanya dan Agnez Mo. Pelita Harapan dikenal sebagai sekolah agama Kristen sekaligus salah satu boarding school terbaik di Indonesia.

Sekolah ini memiliki kombinasi kurikulum berbasis International Baccalaureate Organization dari Swiss dan Cambridge International. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas unggulan seperti kolam renang, gimnasium, laboratorium sains, dan banyak lagi.

Sebagai salah satu sekolah termahal di Indonesia, biaya masuknya bisa mencapai Rp80 juta, dengan SPP Rp30-300 juta per tahun tergantung jenjang pendidikan. Karena itu, pinjaman uang terbaik bisa menjadi solusinya.

Al-Hikmah Boarding School

Selain sekolah asrama berbasis Kristen, alternatif lainnya khusus penduduk muslim adalah Al-Hikmah Boarding School. Sekolah ini terletak di Batu, Malang, diapit oleh indahnya wilayah pegunungan yang luas dan sejuk.

Al-Hikmah mengakomodasi kenyamanan dan keamanan siswa dengan kamar luas, fasilitas olahraga, lobi tamu, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat program unggulan berupa pembelajaran bahasa Inggris dan Arab melalui interaksi harian.

Jika ingin menanamkan nilai-nilai islami pada anak, sekolah ini bisa menjadi pilihan. Adapun biaya masuknya bisa mencapai Rp60 juta, dengan perkiraan total biaya pendidikan sekitar Rp150-250 juta.


Taruna Nusantara

Apabila ingin mengajarkan nilai kedisiplinan, maka Taruna Nusantara di Magelang adalah pilihannya. Dengan model pendidikan semi militer, sekolah ini dulunya didirikan oleh mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan, LB Moerdani.

Program pendidikannya menekankan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, bersamaan dengan prestasi akademik. Adapun fasilitas unggulannya meliputi Balairung Pancasila, pelataran upacara, lab astronomi, dan lain-lain.

Terdapat beberapa jalur masuk ke Taruna Nusantara, namun untuk jalur reguler non beasiswa dibutuhkan uang pangkal sebesar Rp50 juta. Selain itu untuk jalur kontribusi khusus, terdapat biaya kontribusi khusus minimal sebesar Rp125 juta.


Semesta Boarding School

Rekomendasi selanjutnya adalah Semesta Boarding School. Sekolah ini terletak di Jawa Tengah, dan dibentuk oleh Yayasan Al-Firdaus Semarang Indonesia bersama Fulton Science Academy Georgia Amerika Serikat.

Salah satu program pembelajaran unggulannya adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mata pelajaran utama. Dukungan fasilitas pendidikannya sangat memadai, meliputi ruang makan, ruang baca, mushola, dan lain sebagainya.

Info biaya pendidikan SMA Semesta cukup tertutup, namun uang pangkalnya bisa mencapai puluhan juta, belum termasuk biaya buku dan asrama. Ditambah SPP lebih dari 5-6 juta sebulan, total biaya pendidikannya hingga lulus bisa mencapai Rp150-250 juta.


Dwi Warna

Terakhir ada Dwi Warna, boarding school unggulan di Jabodetabek yang mengadaptasi Kurikulum Nasional dengan perpaduan program keagamaan. Untuk mendidik siswanya, Dwi Warna menerapkan program bimbingan kepribadian dan kepemimpinan serta pembinaan sikap di asrama.

Dari segi fasilitas, sekolah ini telah dilengkapi sarana prasarana lengkap di lingkungan sekolah maupun asrama. Meliputi laboratorium, ruang kelas nyaman ber-AC, fasilitas olahraga, hingga klinik kesehatan.

Biaya uang pangkalnya juga cukup tinggi, dapat mencapai Rp60 juta. Selain itu, terdapat uang seragam, buku paket, dan SPP perbulan yang jika ditotal per tahun bisa mencapai ratusan juta.



Rekomendasi 5 SMA Boarding School Terbaik di Indonesia


keunggulan boarding school
source pic: pexels.com


Meskipun biaya pendidikannya mahal, namun boarding school memiliki berbagai hal yang tidak dimiliki sekolah pada umumnya. Dengan pinjaman uang yang cukup, Temans bisa menyekolahkan anak di boarding school dan memperoleh berbagai keunggulan berikut:


Fasilitas Lebih Lengkap

Harus diakui, biaya pendidikan di sekolah asrama memang mahal. Namun biaya tersebut tentu sepadan dengan fasilitas lengkap yang disediakan sekolah bagi para siswa.

Lingkungan Lebih Aman

Karena menggunakan sistem asrama, maka seluruh siswa akan selalu berada di bawah pengawasan guru maupun pengelola asrama. Sehingga, lingkungannya dijamin lebih aman dan kondusif bagi anak untuk fokus belajar.

Membentuk Sikap Positif

Selama belajar di boarding school, siswa akan hidup mandiri terpisah dari rumah dan orang tuanya. Mereka juga akan belajar hidup berdampingan bersama teman-teman baru dari berbagai daerah.

Kondisi tersebut dapat membentuk sikap positif seperti mandiri, bertanggung jawab, toleran, disiplin, dan lain sebagainya.


DBS KTA, Solusi Pinjaman Uang untuk Biaya Pendidikan

Pendidikan adalah investasi untuk masa depan anak. Di sisi lain, pendidikan terbaik tentu membutuhkan biaya yang tinggi. Karena itu, produk pinjaman uang terbaik dari Bank DBS Indonesia bisa menjadi alternatif solusi dana pendidikan berkualitas untuk anak.

Sebagai komitmen untuk mendukung pendidikan Indonesia, bank DBS Indonesia menghadirkan DBS KTA, pinjaman tanpa jaminan untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini berbagai keunggulan yang bisa Temans peroleh dari DBS KTA:

  • Dana pinjaman hingga Rp300 juta tanpa jaminan.
  • Tipe bunga flat yang rendah, mulai dari 0,88% per bulannya.
  • Waktu cicilan fleksibel, bisa hingga 36 bulan.
  • Proses persetujuan singkat, hanya membutuhkan 3-5 hari kerja.
  • Persyaratan mudah dan anti repot. Hanya butuh e-KTP, NPWP, penghasilan minimum Rp5 juta, kredit bank lain minimum Rp10 juta, dan domisili Jabodetabek.


Penutup

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik kepada anak, terlebih lagi dalam hal pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan anak ke sekolah boarding school. Nah, di Indonesia sendiri setidaknya ada 5 SMA Boarding School terbaik yang bisa jadi pilihan terbaik orang tua untuk pendidikan anak. Tidak bisa dimungkiri bahwa Boarding School membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, Temans bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pinjaman uang dari DBS KTA untuk kebutuhan pendidikan anak.

Informasi lebih rinci terkait DBS KTA dan mekanisme pengajuannya bisa Temans lihat melalui https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Klik sekarang dan dapatkan pinjaman uang untuk biaya boarding school buah hati tercinta dengan mudah.


Nah, gimana sudah ada gambaran untuk masukkan anak ke SMA Boarding School yang mana nih?



Semoga bermanfaat.




Diah

Whould you like to comment?

  1. Wah keren nih. Dulu pengen banget masuk Taruna Nusantara tetapi gagal. Hehehe..... Thanks for sharing, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Sayang yah aku telat taunya

    Pas baca ini udah lulus sekolah dan udah bekerja
    Tau gitu kan dulu bisa masuk sini hahahhaha

    ReplyDelete
  3. Dari dulu saya tahunya itu SMA Taruna Nusantara di Magelang, Mbak. Dan itu saya tahunya masuk lewat seleksi ketat karena beasiswa. Pernah pengin daftar, tapi sadar diri hahaha. Ternyata sekarang ada jalur non beasiswa juga ya. Semua keren, dan semua butuh dana pendidikan yang besar.

    ReplyDelete
  4. sekarang ada cukup banyak ya boading school ini bahkan di kotaku juga ada sekolah boarding school yang sempat masuk SMA terbaik di Indonesia. Kalau jaman aku dulu tahunya cuma SMA taruna nusantara sih.

    ReplyDelete
  5. Biaya sekolah untuk tingkat SMA aja sangat lumayan ya mba.
    Kita sebagai orangtua harus memberikan pendidikan terbaik untuk anak dengan memilih boarding school. Tentang biayanya, uang bisa dicari. Salah satunya menggunakan jasa KTA yang sesuai kemampuan mengembalikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak cuma SMA sih, mbak. sekarang dari SD juga biayanya sudah mahal jadi memang orang tua harus benar-benar menyiapkan dana untuk pendidikan anaknya nanti

      Delete
  6. Al-Hikmah Boarding School ini ada ya..
    Aku pikir hanya full day school yang terletak di Jalan Gayung Sari. Hhehe, soalnya om-ku salah satu dewan direksinya. Dan memang sekolah berbasis karakter begini yang diidamkan para orangtua.
    Pembiasaan dan karakter yang santun menjadi point lebih dari alumnus sekolah boarding school terbaik di Indonesia. Jangan lupa untuk kompetensi akademiknya yang selalu menjadi unggulan.

    ReplyDelete
  7. Setahun lagi hunting SMA, belum tau nih mau boarding atau lanjut di sekolah sekarang. Setuju biaya pendidikan yg mahal pasti orang tua mau yg terbaik buat anak2 dalam hal pendidikan tak peduli bagaimana mencari uangnya.

    ReplyDelete
  8. Jadi rekomendasi buat yang lagi cari sekolah baik buat dirinya maupun orangtua buat anaknya. Sehingga udah punya gambaran nih nantinya

    ReplyDelete
  9. boarding school emang dari dulu sampe sekarang masih jadi idaman yaa mba, kalo saya sendiri di surabaya lebih suka konsep yang sekolah alam gitu.. banyak tantangannya haha

    ReplyDelete
  10. Enak sih bisa sekolah di boarding school ya. Selain unggul, juga bisa membangun jaringan.

    ReplyDelete
  11. Yang familiar di saya itu Taruna Nusantara Mba, yang lainnya baru tahu setelah baca artikel ini. Untuk boarding school kayanya harus bener-bener mantap ya, jangan sampai keinginan ortu aja. Anaknya pun perlu or harus punya minat dengan sistem sekolah boarding school

    ReplyDelete
  12. Saat SMA aku juga sekolahnya di boarding school gitu. Meski bukan boarding school yang termasuk dalam postingan ini.

    Satu hal yang sangat terasa adalah aku jadi punya banyak teman dari berbagai daerah. Karena biasanya yang sekolah di boarding school kan jiga berasal dari daerah lain.

    ReplyDelete
  13. Tidak ada pilihan jarak ya, haha
    Soalnya jarak dekat bisa menghemat energi dan biaya sih kalau aku
    Semoga ke depannya jadi pertimbangan instansi pendidikan yang memiliki hati untuk tak saja berubah tetapi juga memerhatikan kebutuhan masyarakatnya

    ReplyDelete
  14. Masyaa Allah banget semua boarding school di atas, pastinya sejalan lah yah sama biayanya yg menurutku muaahal banget. Tapi, apapun itu, pengen deh anakku kelak mengenyam pendidik setaraf sekolah" di atas

    ReplyDelete
  15. Banyak ya pilihan SMA boarding school. Aku juga alumni nih dari salah satu boarding school di Malang. Bagus lho anak-anak kalo masuk sekolah begini, bisa sekalian belajar mandiri dan disiplin

    ReplyDelete
  16. Terima kasih buat rekomendasi SMA Boarding schoolnya. Kebetulan lagi nyari juga buat keponakan yang mau masuk SMA, semoga rekomendasi di atas bisa jadi pilihan buat dia.

    ReplyDelete
  17. Wah, ini bisa menjadi salah satu referensi nantinya untuk anakku. Meski letaknya lumayan jauh-jauh dari Bandung tapi lumayanlah ada yang deket di Jabodetabek atau Jakarta

    ReplyDelete
  18. Pernah lihat vlog artis siapa gitu pas ngliput Al-Hikmah, emang keren banget dalamnya. Fasilitasnya bikin ngiler untuk bisa bawa anak ke sana.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^