Tips Memilih Madu Manuka yang Bagus

Menjaga daya tahan tubuh sudah menjadi kewajiban tiap individu sebagai bentuk perlindungan atas diri sendiri. Terlebih lagi bagi seorang Ibu, tidak hanya menjaga daya tahan tubuhnya saja tapi juga anak-anak dan seluruh anggota keluarga. Selain mengonsumsi vitamin, madu juga biasa digunakan sebagai booster alami untuk menjaga daya tahan tubuh. 


madu manuka terbaik


Banyak jenis madu yang beredar di masyarakat, dari madu hutan lokal, madu hitam, madu putih, madu akasia dan juga salah satu madu import yang sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan yaitu madu manuka terbaik yang berasal dari New Zealand. 

Mengenal Madu Manuka

Madu manuka adalah jenis madu berasal dari lebah yang menyerbuki tanaman manuka (Leptospermum scoparium) di New Zealand. Madu ini mengandung beragam vitamin dan mineral serta merupakan satu-satunya madu yang mengandung senyawa antibakteri peroksida dan non peroksida atau methylglyozal (MGO) dan anti-inflamasi dalam jumlah yang tinggi. Sehingga mampu membunuh sejumlah besar bakteri dan virus. 

Madu manuka biasanya mempunyai standarisasi Internasional untuk madu atau biasa disebut dengan Unique Manuka Factor (UMF), yang menjamin kemurnian dan kualitasnya. UMF dinyatakan dengan angka, seperti UMF5+, UMF10+ hingga UMF20+. Semakin tinggi angka UMF-nya maka semakin tinggi pula tingkat senyawa pelindung yang terdapat dalam madu tersebut sehingga nilai jualnya pun juga akan semakin tinggi.   

Lalu, apa sih yang membedakan madu manuka dengan madu biasa? Jika dilihat dari teksturnya, madu manuka bertekstur lebih kental dengan warna yang lebih gelap dan keruh. Jika dilihat sepintas, madu manuka akan terlihat mirip seperti karamel. 


Manfaat Madu Manuka Bagi Kesehatan


Melansir dari laman hellosehat.com, manfaat dari madu manuka bagi kesehatan kita antara lain:
 
  • Dapat membantu meningkatkan imunitas
  • Dapat membantu mengatasi masalah pencernaan
  • Dapat membantu mengurangi masalah kulit, seperti jerawat dan eksim
  • Dapat membantu pemulihan luka, mengurangi peradangan dan rasa sakit dari luka bakar 
  • Dapat membantu menyembuhkan masalah gigi dan gusi
  • Dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan
  • Dapat membantu melawan methicillin-resistent Staphylococcus aureus (MRSA) yaitu kondisi yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik secara berlebihan dan tidak efektifnya obat yang diberikan sehingga membuat bakteri Staph menjadi tidak bisa dilawan.

Meski madu manuka sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun madu manuka tidak boleh dikonsumsi oleh bayi yang berusia kurang dari satu tahun dan juga pasien yang sedang dalam pengobatan. Hal ini dikarenakan madu manuka memiliki Clostridium bolutinum yang dapat menyebabkan botulisme jika dikonsumsi oleh bayi dan juga flavonoid dalam madu manuka dapat mengurangi kinerja obat-obatan. Eits, tapi, jika tetap ingin mengonsumsi madu manuka ketika dalam masa pengobatan, agar konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ya. 


Tips Memilih Madu Manuka yang Bagus

Memilih madu manuka terbaik tentu menjadi harapan bagi semua yang sedang beriktiar untuk sembuh ataupun mengonsumsi madu manuka untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa tips dalam memilih madu manuka yang bagus. 

1. Menyesuaikan Notasi Angka dengan Kebutuhan

Pada berbagai madu manuka terbaik terdapat notasi angka tertentu, misalnya MGO 100, UMF 5+, UMF 10+, dan lainnya. Notasi MGO atau methylglyoxal menunjukkan tingginya aktivitas antibakteri, sedangkan Unique Manuka Factor menunjukkan senyawa alami yang hanya bisa ditemukan pada madu manuka, antara lain leptosperin, DHA, dan MGO. Semakin tinggi angka keduanya, semakin mahal juga harga produk madu manuka tersebut.

Madu manuka terbaik dengan notasi MGO 100 atau UMF 5+ dianggap memiliki sedikit zat aktif, atau kadar gizinya relatif rendah. Madu seperti ini lebih cocok dikonsumsi sebagai suplemen nutrisi harian dan dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang baru pertama kali mencoba madu manuka. Harga madu manuka UMF 5+ pun relatif terjangkau, tidak sampai 500 ribuan rupiah untuk ukuran kemasan 250 gram.

madu manuka


Madu manuka terbaik dengan notasi MGO 100–500+ atau UMF 10–12+ memiliki aktivitas antimikroba tingkat menengah dan memiliki manfaat kesehatan yang cukup tinggi. Namun demikian, kita belum dapat memakainya untuk tujuan medis karena madu ini hanya bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saja. 

Jika Temans ingin mencari madu manuka terbaik untuk pengobatan, pilihlah mdau manuka yang memiliki notasi di atas MGO 500+ atau UMF 15+ karena aktivitas antimikrobanya juga tinggi. Harganya memang tergolong mahal, karena madu manuka ini sebaiknya dikonsumsi saat tubuh membutuhkan nutrisi tambahan, misalnya ketika sedang sakit atau sedang dalam masa recovery karena adanya luka ringan di tubuh.

Sedangkan untuk keperluan pengobatan penyakit yang cukup berat, Temans dapat memilih madu manuka dengan notasi MGO 800+ atau UMF 20+ yang memiliki kandungan gizi paling banyak dan akan sangat membantu tubuh untuk cepat pulih.


2. Memastikan Sertifikasi Resmi yang Menjamin Keaslian Madu

Madu manuka telah terkenal di seluruh dunia karena memiliki bannyak manfaat, sehingga banyak orang yang memalsukannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk memeriksa sertifikasi dari madu manuka yang dibeli sebagai jaminan bahwa produk tersebut asli.

Sertifikasi madu manuka terbaik dapat dilihat dari beberapa hal, salah satunya label notasi. Label notasinya memang bervariasi, seperti K-factor, UMF, dan MGO, tetapi label resmi dari departemen perindustrian New Zealand adalah MGO. Sedangkan label UMF dikeluarkan oleh UMF Honey Association, yaitu lembaga sertifikasi madu manuka independen tepercaya di New Zealand.

Selain notasi angka pada kemasan, akan lebih baik kalau mengecek lampiran sertifikat kualitas madu manuka terbaik yang dikeluarkan oleh pihak ketiga serta diakui pemerintah New Zealand. Demi memastikan keaslian madunya, pastikan pilih produk dengan sertifikat yang terakreditasi pemerintah karena uji kualitas oleh badan akreditasi pemerintah menggunakan metode pengujian yang sudah diakui kebenarannya.


3. Mengecek Sumber Madu Manuka

Jika memungkinkan, lakukan juga pengecekan pada asal nektar yang diambil untuk madu manuka terbaik yang akan kita beli. Hal ini juga menjadi indikator jaminan mutu yang ditetapkan oleh Kementerian Industri New Zealand. Kalau produk tersebut berasal dari satu macam nektar pohon Manuka (monofloral), keasliannya lebih terjaga.

Sementara itu, keaslian madu yang berasal dari beragam nektar bunga (multifloral) dianggap kurang sempurna. Namun tidak semua produsen mencantumkan keterangan ini, jadi kita dapat menanyakannnya langsung ke penjual atau bahkan pabriknya.



Penutup

Diantara banyaknya jenis madu yang beredar di masyarakat, ada satu jenis madu yang telah dikenal oleh seluruh dunia dan menjadi incaran banyak orang yaitu madu manuka yang berasal dari New Zealand. Madu Manuka menjadi madu yang sangat spesial karena satu-satunya madu yang  mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi dengan jumlah yang tinggi.

Nah, setelah mengenal madu maduka beserta manfaatnya tentu kita tertarik untuk merasakan langsung khasiatnnya, bukan? Untuk info lebih lanjut tentang madu manuka ini, Temans bisa mengeceknya di ceklist.id ya agar mendapat info lengkap rekomendasi madu manuka terbaik dan tempat pembeliannya. 


Semoga sehat selalu ya. 




Diah
Next Post Previous Post
17 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 1:36 PM

    Madu memang sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi sulit untuk menemukan madu yang asli dan bagus. Di musim Covid-19 dan dingin kemarin, Dokter menyarankan untuk mengonsumsi madu. Bagus juga produk baru ini, jadi penasaran ingin mencobanya. Terima kasih informasinya!

  • Mechta
    Mechta 9:01 AM

    saya sudah dengar beberapa kali tentang madu manuka yg berkhasiat obat ini..tapi baru kali ini.membaca penjelasan relatif lengkap. terima kasih ya mba..jadi masukan utk memilih madu manuka yg tepat sesuai kebutuhan

  • ginanelwan
    ginanelwan 5:05 PM

    waktu pas awal2 pandemi, aku selalu mengkonsumsi madu manuka. Biasanya aku mix dengan jeruk nipis, disaat aku lagi radang tenggorokan.

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 5:07 PM

    wah terima kasih buat tipsnya mba, selama ini aku heran kok madu mauka harganya sangat bervariasi, sampe ada yang mahal banget, ternyata ada kelebihannya masing2 ya

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 7:44 AM

    Madu bagus untuk kesehatan ya Mbak. Bahkan untuk merawat kulit wajah tetap halus, saya juga mengoleskan madu ke wajah. Dulu saat harus karantina karena covid-19, saya diberi madu oleh perawat agar dikonsumsi 3x sehari. Swkarang baru tahu ada madu manuka yang khasiatnya luar biasa bahkan manfaatnya sangat banyak. Jadi pengen konsumsi madu ini.

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 8:41 AM

    Aku penggemar madu bangetttt
    Rasanya niqmat dgn manfaat segabruk

    Kapan2 mau coba yg ini ahhh

  • Ncuss
    Ncuss 8:45 AM

    Wow.. terjawab sudah kenapa madu manuka itu mihil sekali yang bikin saya terbengong ngeliat price tagnya. hehe.
    Thanks ya mbaakk...

  • Ida
    Ida 8:46 AM

    Baru tahu tentang madu manuka ini .... kalau standarisasinya internasional berarti memang tidak diragukan lagi ya kualitasnya. Jadi kepo pengen nyoba nih...

  • Yola Widya
    Yola Widya 9:25 AM

    Makasih infonya kak, madu Manuka bagus banget tuh buat jaga kondisi kesehatan, apalagi sekarang cuaca di sini lagi ga menentu

  • Shyntako
    Shyntako 9:42 AM

    wah makasih ya tipsnya mba jadi aku sekarang bisa lebih teliti lagi nih kalo mau beli madu manuka yg ori dan kualitasnya mantap

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 10:51 AM

    Wah, madu Manuka sih emang udah dikenal sebagai madu yang berkualitas ya. Pastinya deh manfaatnya banyak untuk tubuh. Aku dan keluarga sudah pernah merasakan manfaatnya. Tahun kemaren waktu kena covid. Kami gak minum obat-obatan kimia. Imun tubuh diboost pake madu Manuka aja. Alhamdulillah cepet sembuh dan cepet pulih.

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 1:03 PM

    Aku kadang bingung memilih madu yang bagus, biasanya memang dipilihkan sepupu atau iparku. Karena mereka ada langganan jadi udah tahu lah kualitas madu

  • nchie hanie
    nchie hanie 1:19 PM

    Aku mengkonsumsi madu tiap hari biar sehat, nah ini baru ngeh kalo ada madu manuka.Makasih tips memilih madunya yaa. Dan Madu Manuka madu yang sangat spesial juga, wow satu-satunya madu yang mengandung senyawa antibakteri. Makasih sharing madunya.

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 1:29 PM

    Di keluarga kami, madu jadi salah satu yang harus ada. Biasanya kami konsumsi madu hutan gitu. Papa beli dari penduduk setempat di gunung atau di pedalaman. Kurang paham. Cuma katanya sejak covid, kiriman madu dari orang yang biasa kirim ke rumah sudah gak pernah datang. Apa diganti madu manuka saja kali ya untuk selanjutnya

  • April Hamsa
    April Hamsa 1:31 PM

    Aku baru tahu ada madu manuka mbak ternyata berasal dari lebah yang beda dan kandungan nutrisi dalam madunya lebih bagus yaa.
    Aku biasanya jarang konsumsi madu, tapi sesekali kalau makan roti ata dessert apa gtu aku pakein hehe.
    Btw makasih ya tipsnya :D

  • lendyagassi
    lendyagassi 1:57 PM

    MashaAllah~
    Salah satu "obat" yang sangat disarankan Rosulullah sholallahu 'alaihi salam. Dan dengan berbagai keunikannya, Madu Manuka bisa menjadi jalan ikhtiar untuk dikonsumsi sebagai solusi dari masalah masalah pencernaan dan imunitas. Aman bagi anak-anak juga yaa..

  • Blogger Perempuan
    Blogger Perempuan 10:22 AM

    Jujurly, aku masih bingung cari madu yg bagus buat keluarga nih, Mbak. Sepertinya Madu Manuka bakal jadi pilihan aku nih, hehe..

Add Comment
comment url