Explore the blog
Thursday, March 18, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Tunangan

Will you marry me? Mendengar empat kata ini pasti bahagia sekali rasanya, ya! Tapi setelah itu, tentu banyak banget hal-hal yang perlu dipersiapkan. Sebelum momen acara lamaran dilangsungkan, biasanya pasangan yang akan menikah akan disibukkan dengan urusan memilih vendor, catering, sampai cincin tunangan. 

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Tunangan


Walau terlihat sepele, memilih cincin adalah salah satu persiapan penting, karena harus cocok di jari dan juga di kantong. Lalu, bagaimana cara memilih cincin tunangan yang sesuai? Jangan bingung! Berikut adalah 5 hal yang dapat Temans perhatikan sebelum membeli cincin tunangan:

Siapkan Dana

Cincin tunangan biasanya dijual dengan hargayang tidak murah. Nah, sebelum membeli perhiasan sakral ini, ada baiknya Temans hitung dulu estimasi budget lamaran bersama pasangan. Kalau sudah tentukan berapa dana yang bisa dialokasikan untuk membeli cincin, Temans bisa mulai memilah mana yang cocok dengan simulasi biayanya. Kalau takut over-budget, membeli cincin tunangan di toko perhiasan lokal juga bisa menjadi alternatif. Harga yang ditawarkan biasanya lebih fleksibel alias bisa tawar-menawar!


Perhatikan Material Cincin

Berikutnya, perhatikan juga jenis material dari rangka cincin tunangan. Biasanya, cincin emas kuning dan emas putih menjadi material yang paling sering dipilih. Material seperti perak, titanium, paladium dan platinum juga bisa menjadi pilihan lain dengan harga yang lebih terjangkau. Pemilihan material cincin menjadi sangat penting, karena cincin akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Cincin dengan kualitas rendah beresiko mudah rusak dan patah. Jadi, pilih material yang sesuai ya!


Pilih Batu Permata

Setelah memilih kerangka cincin yang kokoh, Temans bisa mulai menentukan jenis dan bentuk batu permata yang cocok pada cincin. Sesuaikan pilihan batu permata dengan kerangka yang akan dipilih agar tampak lebih cantik.

Pada umumnya, berlian adalah batu permata yang banyak digemari karena keindahan, ketahanan, dan keunikannya. Untuk pilihan batu berlian, Temans juga bisa menentukan bentuk potongan batu seperti round cut, emerald cut, princess cut, dan masih banyak lagi. Sayangnya, harga berlian cukup mahal. Eits, jangan khawatir! Temans bisa memilih jenis batu mulia lainnya yang nggak kalah cantik dengan harga terjangkau seperti batu ametis, jamrud dan rubi.


Sesuaikan Desain Cincin

Ada banyak desain cincin yang bisa Temans pilih di pasaran. Tentukan desain cincin yang cocok dengan selera pasangannya juga ya. Caranya, bisa pilih model minimalis dengan desain polos dan simpel atau model bergaya klasik dengan banyak hiasan dan ukiran. Mau desain cincin yang unik dan beda dari yang lain? Temans juga bisa memesan cincin tunangan model custom, lho. Pengerjaan cincin custom biasanya memakan waktu yang lebih lama, jadi pastikan harus memesannya dari jauh-jauh hari ya.


Tentukan Tempat Membeli Cincin

Kalau Temans dan pasangan punya preferensi merek perhiasan tertentu, Temans bisa membelinya dari gerai perhiasan branded di pusat-pusat perbelanjaan modern. Jika merek tidak terlalu penting, ada juga lho toko perhiasan lokal dengan kualitas yang tidak kalah baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Temans juga bisa beli cincin tunangan dengan praktis dan mudah secara online. Sekarang, gak perlu lagi capek keluar masuk toko. Dengan pembelian melalui internet, Temans bisa membandingkan harga-harga cincin dari berbagai toko perhiasan. Biasanya, toko perhiasan online juga memiliki berbagai penawaran potongan harga, lumayan banget!

 

Nah, sekarang sudah paham kan apa saja langkah yang harus diperhatikan sebelum memilih cincin tunangan? Semoga bermanfaat ya!

 

                   

Whould you like to comment?

  1. Soal cincin tunangan ini memang salah satu hal sakral ya, Mbak. Jadi perlu juga didiskusikan dengan calon tunangan. Misalnya model dan bahan cincin yang disukai seperti apa. Dan zaman now juga dimudahkan, akrena bisa membeli cincin tunangan secara online.

    ReplyDelete
  2. Makin mudah dan praktis nih ada toko online yang menyediakan cincin dan perhiasan lainnya. Gak was2 bawa uang banyak dan juga gak perlu ngantri lama-lama

    ReplyDelete
  3. Bener juga nih, buat cincin tunangan juga perlu memerhatikan 5 hal di atas. Tapi sayangnya belum ada yang mau belikan cincinnya hehe. Tapi gapapa, bisa dibookmark dulu nanti dibaca ulang pas waktunya hehe.

    ReplyDelete
  4. Siapkan dana kalau mau beli cincin tunangan memang sebaiknya ada di posisi teratas ya Mba. Harga dan kemampuan sebaiknya sejalan.

    ReplyDelete
  5. By the way, kak. Bener gak sih kalo cowok gak boleh pake emas?

    Ada rekomendasi gak toko perhiasan online?

    ReplyDelete
  6. Huaa jadi ingat pas mau nikah dlu. Aku beli cincin malah di mal. Wkkka padahal banyak toko cincin yang berdiri sendiri di luar mal. Ya meskipun harganya ga beda jauh sih

    ReplyDelete
  7. Cincin tunangan memang harus pilih yang terbaik ya mbak, karena moment tungan nikahan itu hanya bisa dirasakan seumur hidup sekali, dan menjadi moment yang tak akan dilupakan.

    ReplyDelete
  8. Kalau aku pribadi, pertimbangan utama adalah harga dan bahan. Bukan apa-apa, kulitku alergi perhiasan logam....

    ReplyDelete
  9. karena ini super spesial, perlu material yang beneran bagus supaya cincinnya bisa long lasting dan berkesan. Tentu harus sesuai dengan budget juga ya kak hehehe

    ReplyDelete
  10. Cincin pertunangan ada juga yah yg sekalian ama cincin kawin. Pernah lihat, pas acara akad nikah. Paling sulit tuh milih sesuai dana ya...Bagusnya sekarang bisa beli online...

    ReplyDelete
  11. Cincin tunangan pasti sesuatu yang sangat indah dan tentu saja pengingat sebagai barang kenangan.

    ReplyDelete
  12. Jodohku di masa depan, mohon bersabar yaa, lagi nyiapin dana dulu nih buat cincin tunangan. Tips buat memilih cincin tunangan juga udah dapet, tinggal eksekusi hihihihi ^_^

    ReplyDelete
  13. wah betul nih, tentukan tempat membeli juga penting ya :) biar gak ketipu hihii

    ReplyDelete
  14. Wah, cincin tunangan bukanlah cincin biasa. Jadi perlu hati-hati dalam membeli dan memilihnya. Sangat bermanfaat ulasan ini Mba. Salam hangat.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^