Uniknya Si Kakak NomorDua

Bismillahirrahmanirrahim.....

Yeaaay #UciDiahFeel&Share balik lagi setelah hampir setahun vakum karena kami sama-sama lahiran anak ketiga di 2019 kemarin. Iyaaah KETIGA. Hingga urusan lahiran pun kami bisa sekompak itu lho padahal kami belum pernah bersua, hihihih. Sebenarnya tema ini sudah lama kami pikirkan tapi karena kesibukan masing-masing jadilah kepending mulu. Mengambil tema ini karena seringnya cerita tentang Si nomor dua kami yang luar biasa gitu deeeh sejak kelahiran dedek masing-masing.



Oke deh kita langsung cerita tentang Si KakakNomorDua ini ya a.k.a Fawwaz, heheheh. Ada apa sih dengan Fawwaz dengan segala keunikannya itu? Yuks lanjuuut.

👦 Si Kakak Bawel yang Mandiri

Saat ini usianya 2 tahun 4 bulan, meski bicaranya masih belum jelas tapi bawelnya bikin geleng-geleng. Iyah, belum bisa bicara jelas doi, tapi Alhamdulillah sudah syukur banget ini. Sebelumnya cuma bubling gak jelas doang yang akan buat orang auto-bingung dibuatnya.

Sempat worry juga sih sebenarnya, nih anak udah 2 tahun tapi kenapa belum bicara juga ya? Syukurnya sih meski belum bisa bicara tapi dia ngerti perintah, kalau dimintai tolong sesuatu dengan sigap membantu sebisanya *gak mungkin jugalah kita minta doi manjat pohon* 😝 jadilah ini sedikit menepis kegalauan dan Mamak yakin kalau suatu saat dia pasti bakalan bisa bicara juga. Tinggal tunggu waktu saja.

Bukankah perkembangan tiap anak memang berbeda kaaan? 

Alhamdulillah, dua bulan belakangan ini progressnya cukup menggembirakan. Si dia yang dulunya kami sebut Adek, sekarang mendeklarasikan dirinya sebagai kakak. Iyah juga sih, dia kan sekarang kakak juga, heheheh. Yups, jadi kalau ngomong doi tuh suka sebut dirinya kakak.


Si Kakak tuh ramai orangnya. Iyah, ramai dalam arti sebenarnya; berisik 😂 Paling senang teriak-teriak, menjerit dan sejenisnyalah. Sejak kosa katanya nambah, dia itu seakan tiada hentinya tuk ngomong. Belum lagi hobbi menjeritnya, kita ngilang dikit saja dari pandangannya pasti langsung teriak manggil. Minta susu lah padahal baru minum susu sejam yang lalu, ganti popok, cake *yes, he said cake for kue or snack*, atau ngajak tidur.

Mana gitu sekarang dia lagi sering panggil penjual-penjual yang lewat padahal kita gak ada yang mau beli. Kalau pagi tu ya dia paling senang godain Penjual sayur lewat, dia teriak "sayuuull" atau "mbaaaaa", belum lagi kalau penjual ikan yang lewat dia pun juga sibuk teriak "ikaaaaann", ampuuunn deh. Untung teriaknya dalam rumah dan tidak sampai si penjual berhenti, hihihih.

Beda lagi saat sore itu paling berisik kalau penjual siomay atau bakso lewat, mulai deh dia teriak lagi "bacoooo", mana si penjual sering mangkal samping rumah pula sambil bunyiin mangkoknya, ckkckckkckk. Eits gak cuma itu, ada langganan galon yang sering ngantar ke rumah, tiap si Om Galon lewat depan rumah dia teriak juga "Om Galoooon, habiiiss" hahahahh, syukurnya Si Om itu udah ngerti Fawwaz dan gak bakalan berhenti juga kalau mamak gak pesan via SMS sebelumnya, hihihhih. Ada-ada aja nih si Bocah. 😆

Baca juga: Fawwaz 1st Birthday

Meskipun bawel gini dia itu mandiri lho anaknya. Lebih teratur juga dia dengan kebiasaan-kebiasaannya. Paling pagi bangun diantara yang lain. Selalunya tuh langsung minta digantiin popok karena udah berat dan tidak jarang pup duluan jadilah sekalian langsung mandi. Dia paling senang kalau lepas pakaiannya sendiri dan dengan bangganya masukkan pakaian kotornya ke keranjang cucian, lalu masuk kamar mandi deh main air, hahahah.

👦 Doyan Emut Jempol dan Tarik Rambut

Pertama emut jempol itu saat usianya 3 bulanan. Saat jelang tidur, dia pasti emut jempolnya. Waktu itu sih saya santai saja, pikirnya ini adalah masanya eksplore jempol, fase oral. Eeh ternyata berlanjut. Sejak saat itu, jarinya dijaga biar selalu bersih. Saat mulai MPASI, merangkak lalu belajar jalan sebisa mungkin jarinya itu harus selalu dicuci bersih. Tapi kok kebiasaannya ini malah keterusan sampai sekarang ya? 🤔

Sudah segala macam cara kami lakukan untuk mengalihkan perhatiannya biar tidak isap jempol apalagi jika mau tidur, eeh tapi belum berhasil. Pernah dioleskan brotowali yang terkenal pahit itu, eeeh gak ngefek doong.

Malah yang lebih ekstrim saya pernah oles cabe juga dijempolnya, pas si jempol diisap, pedislah pastinya. Dia cuma meringis dan minta minum. Saat itu sih doi berhenti isap jempol, but you know what? Besoknya si jempol bertengger manis lagi doong di mulut. Sedihnya tuh ya, jempolnya udah kapalan gegara luka tapi tetap diemut terus, hiks.


Ada yang punya pengalaman yang samakah? Gimana cara menghentikan kebiasaan ini ya? Kalau ada yang punya pengalaman dan tipsnya, mau bangeet doong dishare ke saya juga. 🤗

Selain suka isap jempol, Fawwaz itu punya kebiasaan lain sebelum tidur; tarik rambut orang. Hmm, saya gak ingat juga kapan kebiasaan ini dimulai. Tiap kali mau tidur pasti cari rambut dan diplintir-plintirnya, dan tidak jarang jadinya dijambak ama dia, hikks. Rambutku yang memang bermasalah dengan kerontokan ini makin jadi deh rontoknya.

Kalau kebiasaan yang satu ini sih para Neneknya yang lolosin. Tante-tanteku kan sering ama dia, naah beliau-beliau inilah yang oke-oke aja bahkan dengan legowo sodorin rambut mereka kalau ngajak Fawwaz bobok. Jadilah kebiasaan kayak gini, hikss, mamanya sekarang yang nelangsa karena ini.

Baca juga: Hal Berkesan di 2017

👦 Si Gondrong; Banyak yang Sebut Cantik 

Fawwaz ini sejak lahir baru dua kali cukur rambut. Pertama dibotakin itu selepas aqiqahannya, umurnya 5 bulanan lah waktu itu. Kali kedua cukur, di umur 1 tahun lebih dan itu tidak sampai botak sih. Sekarang rambutnya udah makin gondrong, tiap diajak cukur pasti nolak dan teriak NOOOOO! Berapa kali sih sudah dirapikan, tapi sekenanya aja, yang penting rambut depan gak menutupi mata aja.


Dua minggu lalu anterin Dedek cukur, kami bujuk doi lagi tuk cukur juga tapi lagi-lagi ditolaknya, NOOOOO! Yasudahlah, gpp deh belum sekolah juga jadi belum terikat aturan kaaan. Eeetapiii, gegara gondrongnya ini banyak yang sangka si KakakNomorDua ini anak cewek lho, apalagi kalau baru ketemu, pasti deh dibilang cewek, cantiik. Gubraakk daahh. Bahkan tadi pagi saat VC ama teman kantor, dan Fawwaz muncul juga, si Teman nanya, yang tadi itu siapa yang rambut panjang? Saya bilang Fawwaz, dan ngakaklah dia karena dikiranya anak cewek. 😂

👦 Si Jelous Ngambekan Namun Penuh Kasih Sayang

Selain yang udah saya sebutkan di atas, Si Kakak ini tuh orangnya jelous-an, ya wajarlah ya di umurnya yang masih batita udah jadi kakak juga padahal masih pengen dimanja dan diperhatikan lebih. Jadilah dia penuh tingkah dan kadang ngambekan. Upss, tapi jangan salah ya, meskipun dia orangnya manja dan suka ngambek tapi doi tuh penuh kasih sayang lho.


Pernah kejadian si Kakak yang tantrum abis sepanjang jalan, dibujuk diam gak mau dan terus-terusan nangis. Jadilah kita sedikit mengancam mau menurunkannya saja di tepi jalan. Hooo, ada pahlawannya doong yang langsung teriak NOOOOOO! Dia marah dan tidak terima Kakaknya mau diturunin di tepi jalan. Padahal mah kalau di rumah kayak Tom and Jerry yang jarang akur.

Baca juga: Talking Mama: Kakak VS Adik Duo FZ

Tidak hanya sayang kakak aja, dia juga selalu yang paling depan mau jadi tim hore kalau Dedek disuapin makan. Duuh, Kakak Fawwaz, senangnyaaaa. Moga terus sayang saudara ya Nak, saling sayang, saling jaga, Aamiin.

Gak kerasa ya udah panjang segini aja nih ceritanya. Ngomongin tentang anak-anak itu emang gak ada habisnya ya, heheheh. Dan pastinya setiap anak itu punya keunikannya sendiri. Gak perlu membandingkan, bersaudara saja tidak ada yang sama koq. Begitu pula anak yang dibesarkan bersama pun juga punya keunikannya sendiri, yeeekaaan?

Sip deh. Cukup disini dulu ya postingan kali ini, nanti kapan-kapan dilanjut lagi cerita tentang Si NomorDua ini. Ohyaaa, jangan lupa baca cerita Maming Uci juga ya tentang Anak Kedua yang Luar Biasa 😍



Diah
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Suciati Cristina
    Suciati Cristina 9:04 AM

    Pliiiis.. hahaa. Itu jambak3 rambut.. awwawawawa 😂
    Suka minum susu jg. Sama.. iya mandiri ya. Lepas bajuuu
    Gantengnya mama Diah nomor 2. Tom n jerry 😆 pahlawan tiba2 jg kujumpai drmh. Klo Ashika dibilang kayak laki. Dia suka gaya androgini gitu.

    Diiii dulu aku suka megangin bibir sampe bibirku luka. Trus makin gede, udah ilang kebiasaan itu. Bener dikasih cabe ya hahaa. Unik bgt dia nggak kapok. Pantang menyerah yes kaaak

  • Mas Prim
    Mas Prim 10:24 AM

    Ahahaha...jempolnya kaya jempolnya Bio dulu, kapalan karena sering dikenyot. Saya lupa dulu diapain ya kok sekarang udah nggak kenyot lagi. Rajin diancem (diingetin) apa ya.

    Pernah diplester juga biar nggak enak dibuat kenyotan. Tapi suer lupa, dulu itu bisa berhenti total kenapa.

    Cuma setiap pulang kerja, kami berdua rajin nanyain tadi kenyot apa nggak. Kalao nggak, kita puji dan apresiasi.

    Took awhile tapi seneng sekarang sudah bisa move on dari jempolnya.

  • Roem Widianto
    Roem Widianto 5:14 PM

    Aaaaaah imutnyaaaaa. Emang kelihatan cantik, Mbak. Kalau Mbak gak bilang namanya Fawwas, aku pikir dia cewek lho. Tapi biasanya anak cowok yang kecilnya kelihatan cantik, gedenya jadi guanteng.😆

  • Arenapublik
    Arenapublik 7:24 PM

    lucu mba anaknya.. smga diberi kesehatan selalu..

  • maskris.
    maskris. 10:07 PM

    Aku juga waktu kecil sering kok emut jempol gitu, kadang juga kalau misal tidur sama mama sering pegangin telinga mama terus emut jempol lagi.. Kalo buat ngilanginnya sih waktu itu gak dikasih apa apa sih, mungkin yang jadi jarang mut lagi pas dikasih mpeng mainan itu.. Tapi gak pengaruh juga si, tinggal dibiasakan aja.. Soalnya kan pembiasaan diri gitu tu hihi

  • Reyne Raea
    Reyne Raea 7:52 PM

    Usianya sama ya ama si gondrongku :D
    Dan juga sama bubling nggak jelas.
    Udah bisa sebenarnya ngomong, tapi dia malu.
    masa dia cuman mau sebut mama dan dada aja yang keras, kadang mame dan dade hahahaha
    Btw itu dada, kakak, dade juga kakak, kalau papinya mah nggak kebagian panggilan hihihi.

    dia udah bisa sebut beberapa kata, tapi kalau dia keceplosan dia malu, heran saya.
    Btw anakku masih nyusu sih, mungkin itu yang bikin dia nggak ngemut-ngemut jempol, pernah sekali dia nyusu saya udahan, eh dia nyari-nyari lalu masukan jempolnya terus beda rasanya kali ya, dia nangis deh hahahaha

    Ah Fawwaf, kapan dong kita ketemuan, si Dayyan udah nyaris sepinggang rambutnya, kalau mau bersihin pup, rempong cari ikat rambut dulu hahahahaha

  • Dewi Sulistiawaty
    Dewi Sulistiawaty 2:24 AM

    Hehe masing masing anak emang beda-beda sifatnya ya, masing-masing istimewa. Jadi inget aku bersaudara banyak, banyak pula perlikunya XD
    Salam buat anak-anaknya ya Mbaa, gemesin deh! :D

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 6:19 AM

    Waahh Kakak Fawwaz seru juga nih kayaknya. Lincah dan sayang dengan kakak dan adeknya.
    Top banget deh. Semoga hobi ngemut jempolnya segera hilang ya. Dulu anak sulungku ya gitu, tapi udah lupa tuh gimana ya akhirnya hilangnya kebiasaan itu. Mungkin lama-lama malu juga udah gede masih isep jempol.

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 7:11 AM

    Hahahah lucuu Nak Fawwaz. Masya Allah. Cerdas. Sejat terus ya Nak. Tak kira tasi cewek pas liat photonya make kaca mata itu.

  • t h y a
    t h y a 8:51 AM

    umurnya samaan kayak anakku mbaa.. dan sama banget, lagi hobi2nya ngoceh mulu, ampunn deh cerewet banget, diemnya kalo tidur doang.

    wah, si dedek gondrong2 ganteng yaaa.. hihi.. kalo anakku gak betahan orang nya. jadi panjang dikit aja udh kudu dibotakin lg. hihi..

    sehat2 terus ya kakak fawwas, semoga makin pinterr :*

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 10:11 AM

    MashaAllah, semoga kakak senantiasa sehat ya mbak, seneng banget baca tulisan mbak ini.. bisa jadi rekam jejak digital anak untuk dewasa nanti ya.. bahwa mbak sebagai Ibu sangat pehatian terhadap perkembangan anak anak dirumah.. ditunggu cerita cerita berikutnya ya mbak

  • Heni Puspita
    Heni Puspita 10:41 AM

    Anak saya yang no 2 dulu juga sering dikira cewek mba hehe. Pernah dipanggil Neng hehe. Sehat2 terus ya Kakaaak

  • Helena Magdalena
    Helena Magdalena 11:05 AM

    Usianya hampir deketan sama anakku, anakku 2,5 thn mbak. Namanya anak2 pasti adaaaa aja tingkahnya yg lucu dan gemesin yaa. Kalo soaln ngemut ibu jari, mungkin bisa dibilangin konsisten, disounding siang malem kalo kebiasaan itu gak baik. Mudah2an anak mau kok dengerin 😊

  • Sri Al Hidayati
    Sri Al Hidayati 11:13 AM

    Ngilangin kebiasaan jempol biasanya tangan kakak kita pegangan jarinya aja jadi dia coba gak bergantung sama ngisep jempol. Kasian juga mba nantinya kalau dibiarin.. seneng bisa nyimak perkembangan anak dan di post di blog jadi sewaktu2 bisa dibaca ulang dan nginget2 lagi masa kecilnya🙂 salam kenal mba diah

  • Siti Hairul Dayah/ catatansiemak
    Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 11:16 AM

    Setiap anak unik ya mbak. Sama kayak anakku yang bungsu. Sekarang dia lagi suka banget ngoceh dan pura-pura baca buku cerita

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 11:33 AM

    Serruunyaa..
    Aku yang cuma 2 aja ribbeettt..huuhuu~

    Dan jarang banget ada kisah si anak nomer dua.
    Biasanya Ibu suka banget cerita, si anak pertama atau si anak bungsu.

  • Syarifani mulyana
    Syarifani mulyana 12:35 PM

    Kak Fawwaz ini mirip sama anak pertamaku. Usia 2 tahun masih belum jelas ngomongnya.
    Anakku baru 3 tahun ngomong ajak jelas, tiap anak beda beda sih. Yang penting sering diajakin ngomong, kurangi screen time.
    Perihal ngisep jempol, ada adik temennya suami yang masih ngisep jempol sampe SD. Memang rada susah ngilanginya. Soalnya dia udah terlanjur nyaman ngenyot gitu. Mungkin alternatifnya bisa dengan dikasih permen susu, buat menghindari dia ngenyot jempol.
    Gud luck maa..

  • Rini Novitasari
    Rini Novitasari 12:07 AM

    waahahahhaah lucuknyaaaa,, emang karena rambutnya aja jadi terlihat kek cewek a bunnd,,, aslinya mah ganteng begitu eyyyy

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 12:08 AM

    Wah si kakak cakep banget, aku jadi pengen gondrongin anak nomor duaku mbak. Salfok wajahnya mirip banget sama kayak mbak hehe

  • Citra Pandiangan
    Citra Pandiangan 8:50 AM

    Kakak ikut sekali ya, semoga semakin kreatif dan tumbuh sehat... Itu kebiasaan ngemut jempol harus dihilangkan ya kak, kan dah besar hihi

Add Comment
comment url