Ketahui 7 Tips Aman Menjadi Penjual di Situs Jual Beli Mobil

Di jaman sekarang, selain rumah dan handphone, kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil juga telah berubah menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi bagi keluarga yang memiliki anak lebih dari dua dan intensitas bepergiannya yang sering, pastilah sangat mengusahakan memiliki kendaraan pribadi juga. Beruntungnya dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk mendapatkan mobil pun sekarang bisa dibilang tidaklah sulit. Jenis dan metode penjualannya pun beragam, dari mobil baru hingga bekas pun dijual baik secara online maupun offline

Penggunaan situs jual beli mobil sebagai sarana mencari dan memasarkan mobil bekas, kini tengah menjadi tren di masyarkat. Namun, harus hati-hati dalam melakukan transaksi jual beli di sana. Pasalnya, situs jual beli mobil atau transaksi jual beli mobil secara online rentan terjadi kejahatan. Bukan hanya bagi pembeli saja, para penjual mobil pun sering jadi sasaran tindak kejahatan tersebut. 

Tips Jual Beli Mobil Online 

Jika Temans mengetik kata kunci “Cara Aman Melakukan Jual Beli Mobil secara Online” di internet, maka mayoritas dari artikel yang akan kita temukan adalah tips seputar keamanan pembeli. Padahal, tak jarang juga para penjual mobil lah yang menjadi sasaran penipuan oknum tidak bertanggung jawab melalui media internet. Oleh sebab itu, bagi Temans yang ingin jual mobil lewat situs jual beli mobil, berikut ini beberapa tips aman melakukan jual mobil online yang bisa kita ikuti. 

1. Cek Profile Pembeli 

Pada umumnya, para pengguna situs jual beli online harus melakukan registerasi terlebih dahulu ketika ingin menjual/membeli sebuah mobil pada situs mereka. Sehingga, data-data orang yang mendaftar di situs tersebut biasanya dapat kita lihat melalui profile pengguna yang mereka miliki. Seorang pembeli yang baik biasanya melengkapi profile pribadinya.

cek profile pembeli
Freepik

Dari profile tersebut kita dapat melihat nama pembeli, lokasi, hingga foto orang tersebut. Jika informasi yang tercantum di profile penggunanya tidak jelas, kita patut waspada terhadap orang tersebut. 

2. Jangan Cantumkan Nomor Telepon secara Gamblang 

Tips yang satu ini sering dilupakan oleh para penjual di situs jual beli mobil. Terkadang, kita ingin proses transaksi berjalan lebih cepat, sehingga meninggalkan nomor telepon secara jelas di iklan yang kita buat. Namun, nyata hal ini sangat berisiko untuk dilakukan. Sebab, dengan mencantumkan nomor telepon secara jelas di iklan tersebut, kamu tidak bisa memfilter siapa-siapa saja yang menghubungi nomormu. 

Beberapa situs jual beli mobil telah menyediakan fitur komunikasi ‘chat live’ di situs mereka. ada baiknya kita hanya menggunakan fitur tersebut ketika berkomunikasi dengan calon pembeli. 

3. Kaburkan Gambar Plat Mobil 

Pernah melihat iklan mobil dijual di situs jual beli mobil yang gambar platnya di-blur atau dikaburkan? Kira-kira mengapa hal tersebut dilakukan oleh orang tersebut? 

Ternyata, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Saat ini, banyak sekali tindak penipuan dan kejahatan yang terjadi dengan modus duplikasi nomor plat kendaraan. Plat kendaraan sendiri berisi nomor polisi mobil. Dari nomor tersebut, tercatat data-data yang dimiliki oleh pemilik kendaraan. Nah, data-data ini rentan sekali dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. 

4. Hindari Menemui Calon Pembeli Seorang Diri 

Freepik

Pernah mendengar istilah COD? Istilah COD atau Cash on Delivery juga ada di situs jual beli mobil. Selain melakukan pembayaran, COD sendiri bertujuan untuk melihat kondisi mobil secara langsung. Namun, proses bertemunya calon pembeli dan penjual mobil ini kerap kali jadi celah tindak kejahatan. Maka dari itu, untuk menanggulangi hal tersebut bawa rekanmu 2-3 orang ketika melakukan COD. 

Selain itu, ajak calon pembeli bertemu di lokasi yang cukup ramai. Katakan pada calon pembeli, bahwa ini dilakukan demi keamanan dan kelancaran proses transaksi kalian berdua. 

5. Pahami Prosedur Jual Beli Mobil secara Online 

Tak bisa dipungkiri, tak semua pengguna situs jual beli online paham akan prosedur dan tata cara transaksi mobil melalui internet. Bahkan, tak jarang ditemui penjual online yang gagap menggunakan internet. Ketidaktahuan inilah yang sering kali dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk melancarkan aksinya. Oleh sebab itu, penting sekali memahami prosedur situs jual beli mobil sebelum menggunakannya. 

Selain itu, pahami pula cara transaksi online yang baik dan benar. Sebab, para penipu sering kali memperdaya korbannya pada saat proses pengiriman uang berlangsung. 

6. Persiapkan Mobil secara Baik 

Bukan cuma mengantisipasi tindak kejahatan dari luar saja, sebagai penjual mobil kita juga harus mempersiapkan mobil yang hendak dijual dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kondisi mesin mobil, kondisi fisik, fitur-fitur yang ada pada mobil, hingga urusan surat-menyurat dan dokumentasi mobil semuanya harus dipersiapkan secara matang. 

Hal ini dimaksudkan, agar reputasi  kita sebagai penjual di situs jual beli mobil baik di mata calon pembeli. Jika sudah demikian, biasanya pembeli tak sungkan merekomendasikan ‘lapakmu’ kepada orang lain. 


7. Pilih Situs Jual Beli Mobil yang Kredibel 

Tips terakhir yang bisa Temans ikuti adalah memilih situs jual beli mobil yang kredibel sebelum memutuskan menjual mobil tersebut. Ini penting, sebab hanya situs kredibel yang mampu menjual mobil secara aman. 

Selain itu, situs jual beli mobil yang kredibel juga bisa membantumu menjual mobil dalam waktu singkat, serta memberikan penawaran harga jual yang tinggi. 

Buat saya pribadi, hanya situs BeliMobilGue.co.id yang bisa mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, hanya situs ini yang dapat membantu penjual mobil menjual kendaraannya dalam waktu 1 jam saja. 

Enggak percaya? Simak penjelasannya di bawah ini ya.  

Jual Mobil dalam 1 Jam Lewat Situs BeliMobilGue.co.id 


Freepik

Sekilas tentang situs jual beli mobil yang satu ini. Secara umum, BeliMobilGue.co.id adalah marketplace C2B yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin jual mobil dalam waktu hanya 1 jam. Selain itu, harga jual mobil yang ditawarkan oleh situs BeliMobilGue.co.id juga sangat adil, sebab ditentukan berdasarkan kondisi mobil secara langsung. 

Jika demikian, bagaimana sih cara menggunakan situs yang satu ini? 

Pertama, kita harus masuk ke laman BeliMobilGue.co.id terlebih dahulu, lalu mengisi data informasi mobil pada kolom yang tersedia. Nantinya, kita akan mendapatkan harga kisaran mobil berdasarkan data yang telah kita input. Setelah itu, buatlah jadwal inspesi di cabang BeliMobilGue.co.id yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. 

Proses inspeksi mobil akan dilakukan selama 30 menit. Hal ini dimaksudkan, untuk mendapatkan harga jual mobil yang sesuai dengan kondisi mesin dan fisik mobil tersebut. Jika inspeksi sudah selesai, kita akan mendapatkan harga jual final atas mobil tersebut. Jika kita setuju dengan harga yang ditawarkan, maka proses lelang mobil akan dilaksanakan. 

Pelelangan sendiri dilakukan selama 30 menit dan diikuti oleh 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id. Maka dari itu, kesempatan mobil terjual lebih cepat menjadi sangat tinggi. 

Nah, setelah proses lelang dilakukan, kita akan mendapatkan penawar tertinggi atas mobil tersebut. Selanjutnya, uang hasil penjualan akan langsung ditransfer ke nomor rekening pribadi kita sebagai penjual.

Bagaimana dengan serah terima dokumennya? 

Proses serah terima dokumen baru akan dilakukan setelah pihak penjual mengkonfirmasi, jika uang yang ditransfer oleh pembeli telah masuk ke nomor rekeningnya. Itu sebabnya, proses transaksi di situs jual mobil BeliMobilGue.co.id dianggap sangat aman dan mudah. 
  
Bagaimana? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Temans sudah mengerti kan kenapa situs jual beli yang satu ini banyak direkomendasikan, termasuk saya. Tak lain dan tak bukan  karena situs BeliMobilGue.co.id sebagai sarana dalam menjual mobil secara online? Oleh karenanya, jangan ragu lagi untuk menggunakan situs jual beli mobil yang satu ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. 

Selamat mencoba! 


Diah
Next Post Previous Post
40 Comments
  • Anisa
    Anisa 10:31 AM

    Memang nih ya Mbak sekarang kalau mau jual mobil itu lebih mudah sekarang

  • Meiga
    Meiga 10:32 AM

    Wah iya nih ya Mbak kalau mau COD itu harus ada yang menemani nih ya

  • Alvi
    Alvi 10:32 AM

    Terima kasih nih kak atas informasinya tentang tips aman menjadi penjual di situs online

  • Sasa
    Sasa 10:33 AM

    Banyak banget nih ya Mbak hal yang bisa dilakukan agar tetap aman

  • Diana
    Diana 10:33 AM

    Memudahkan sekali nih kalau mau jual mobil sudah bisa menggunakan situs online seperti ini

  • Okti Li
    Okti Li 9:17 PM

    Terimakasih tipsnya. Memang kita harus waspada ya. Tindak kejahatan saat ini begitu mudah dilakukan apalagi jika ada kesempatan. Jual beli mobil apalahi, bukan uang sedikit tuh...

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 10:15 PM

    Eh betul banget loh ini, kakak ipar saya dulu pernah jual mobilnya dan di PHP in ama pembeli, pernah juga hampir ketipu.

    Jual mobil online memang kadang bikin deg-degan, sebijaknya jangan posting sesuatu yang terlalu mendetail, biarin saja kalau ada yang serius, mereka datang survey sendiri.

    Dulu bahkan kakak ipar saya, nitip mobil tersebut di rumah mertua, karena lebih ramai di sana, jadi lebih aman kalau ada yang survey mau beli.

  • Mellisa
    Mellisa 10:28 AM

    Jual beli barang yang harganya terjangkau aja rawan penipuan, apalagi barang mahal kaya mobil gini ya. Harus hati2 banget buat para penjual dan pembeli.

  • rina
    rina 2:29 PM

    Sebelujm itu aku biasanya selalu memastikan profile dan alamat dari si pembeli dan aku selalu ngajak temen aku yg lebih mengerti ttg jual beli onderdil mobil maupun sepeda mototr itu sendiri

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 5:53 PM

    Kendaraan bermotor memang jadi kebutuhan utama juga sih menurutku, karena selain mempercepat pekerjaan bisa lebih luwes ya kemana mana

  • Ika Gifka
    Ika Gifka 10:31 PM

    Wow.. cepat banget lakunya. Cuma makan waktu 1 jam aja.. keren nih webnya, besok-besok mau beli atau jual mobil di sini aja ya..

  • Diah Agustina
    Diah Agustina 7:48 PM

    Keren mbak ada aplikasi jual beli mobilnya, yang bisa mempertemukan pembeli dan penjual..

    Untuk tips nya bener banget nih mbak, kita juga harus lebih berhati-hati apabila mau melakukan transaksi

  • Rafika Dwi Rahmah
    Rafika Dwi Rahmah 8:16 PM

    Keren banget kak bisa sepaham ini yaampun biasanya cewe jarang loh urusin ginian hahaha. Ntar deh berdoa dulu biar aku cepet kebeli mobil pake uang sendirinya baru deh rekomendasiin ini ke orang-orang hehehe

  • Fazirotul Firdaus
    Fazirotul Firdaus 10:25 PM

    Wah, berguna banget nih mbak buat orang awam yang belum biasa jual beli mobil via online. Thank you for sharing mbak🤗

  • K. Niken
    K. Niken 11:43 PM

    Mba, ini mobil merk apa saja bisa? Aku ada Timor produlai Indonesia (kala itu Tommy Suharto punya) hehe. Kira-kira bisa dijual melalui situs tersebut nggak ya? Secara ini mobil keluaran tahun 1995 hiksss

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 8:22 AM

      Dicoba aja dulu Mbak, apalagi kalau kondisi mobil masih layak. Sekarang kan banyak juga tuh yang koleksi barang antik ataupun barang langka, mungkin nanti mobilnya ada jodohnya. Who knows kan Mbak? Tapi tetap harus waspada ya :)

  • Aldila Kun Condroweni
    Aldila Kun Condroweni 12:20 AM

    Kalo ada aplikasi gini lebih mudah dan yg pasti trusted ya mbak.. Keinget dulu mau jual mobil susah banget.. Coba tau aplikasi ini dr dulu hehehe

  • Utie Adnu
    Utie Adnu 11:02 AM

    Noted bnget nih kemarin sempet lihat online jual/beli mobil trs ketemu pmbelinya Lansung akhirnya sepakat buat beli mesti bngt cek ricek

  • ginanelwan
    ginanelwan 11:31 AM

    Saya pernah menjual mobil saya di situs jual beli online, disaat menunggu pembeli memang banyak sms masuk yang suka jail mau nipu

  • Positive Mom
    Positive Mom 11:36 AM

    Saudara saya pernah hampir jadi korban penipuan saat mau jual mobil. Karena transaksinya COD, "calon pembeli" mendatangi saudara saya. Modusnya minta dicoba dulu mobilnya, di tengah jalan saudara saya seperti mau dihipnotis. Alhamdulillah masih dilindungi Allah, mobil dan saudara saya masih selamat. Tapi jadi belahar deh untuk ekstra hati-hati melakukan jual beli mobil, kalau enggak efeknya serem euy...

  • Hanila PendarBintang
    Hanila PendarBintang 11:58 AM

    Ngebantu banget tips-tipsnya.
    bener sekali, sekarnag kita ga bisa itu bagi-bagi informasi secara jelas.
    Dan kalau bisa pas transaksi walaupun masih tahap melihat jangan sendirian.

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 12:43 PM

    Bener juga ya jangan ketemuan sama calon penjual maupun pembeli seorang diri. Ngeri kalau ada apa2 ga ada saksi atau takut dihipnotis hehehe. Enaknya kalau lihat mobil tuh terpampang profil penjualnya. Plat mobil iya tentu disamarkan saja.

  • nurul rahma
    nurul rahma 12:43 PM

    HARUS BANGET menerapkan tips2 yg udah di-share mba Diah di artikel ini.
    Soalnya, penipu tuh bergentayangan di mana2 ya Mbaaa
    Untunglah ada situs yg keren bgt utk jual beli kendaraan ya

  • Andrew Pradana
    Andrew Pradana 1:18 PM

    memasarkan atau menjual mobil bekas memang sedikit lebih mudah, tetapi tetap kita harus berhati hati dan pas banget tips yang mba tulis

  • Reni Dwi Astuti
    Reni Dwi Astuti 2:39 PM

    Teringat beberapa waktu yang lalu saat melihat berita di tivi ada puluhan orang yang tertipu dengan salah satu situs jual beli mobil abal-abal. Kita mesti harus pinter-pinter memilih yang terpercaya

  • Diah Woro Susanti
    Diah Woro Susanti 4:35 PM

    Jual beli mobil itu riskan banget karena kudu ada kepercayaan dr kedua belah pihak. Jujur sbg org yg pernah tertipu waktu beli mobil aplikasi kaya gini membantu banget merekomendasikan penjual dan pembeli yang terpercaya. TFS yaa

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 8:50 PM

    Suami kalo jual mobil beberapa kali bertemu calon pembeli sendiri. Berdoa aja sih agar ketemu orang baik. Harusnya memang ngajakin temen ya untuk antisipasi keamanan diri

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 9:08 PM

    Jual beli mobil makin mudah skrg, hanya kita harus tetap berhati hati ya mbak

  • han
    han 10:14 PM

    pernah nyoba sih pasang iklan jual mobil di situs. Tapi belum cocok ama pembelinya. Makasih remindernya, perlu nih untuk mengaburkan no mobil. Dulu kok engga kepikir. Siapa tahu kapan-kapan mau jual lagi...

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 10:40 PM

    Nah, saya pernah nyoba jual kendaraan di suatu platform e-commerce Mbak.. trus kan persyaratan wajibnya mencantumkan no telfon pula. Jadilah saya terus menerus dihubungi OTK, Ihh sampai parno deh tkt ketipu. Untung sudah ada aplikasinya ya Mbak.

  • Auda Zaschkya
    Auda Zaschkya 12:46 AM

    Segera saya informasikan ke teman yang ingin jual mobil nih. Langkah-langkah di atas, cukup mudah juga.

  • Melina Sekarsari
    Melina Sekarsari 5:06 AM

    Mmmm ... BeliMobilGue.co.id.

    Aku ingat-ingat, nih. Proses penjualan mobilnya cukup unik, ya. Langsung dilelang setelah proses inspeksi selesai dilakukan. Ini kebayang banget, berapa banyak jaringan yang sudah dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id. Kalau masih sedikit, gimana coba kemungkinan untuk bisa terhubung dengan lebih dari 1000 partner tersebut, kan?

    Semakin memudahkan aja nih ya segala macam transaksi di kehidupan kita.

  • Nanik K
    Nanik K 7:26 AM

    Yup mbak, dg memahami prosedur jual beli secara online. InshaaAlloh kita terhindar dari penipu yg memanfaatkan ketidak-tahuan kita.

  • Sumiyati Sapriasih
    Sumiyati Sapriasih 7:30 AM

    Mom super women, multitasking segala urusan mobil bisa kakak handle. Semangat kakak, jempol buat kakak

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 8:22 AM

    Ternyata seperti itu ya?
    Selama ini saya selalu berpikir penjual lah yang curang, barang jelek disebut bagus dst

  • Vivian Wahab
    Vivian Wahab 8:36 AM

    Nah ini tulisan keren banget. Baru paham saya klo plat nomor bisa disalahgunakan. Pantesan beberapa kali lihat iklan mobil platnya diblur kan

  • ade anita
    ade anita 1:20 PM

    yang pasti mesti sabar sih ya jual mobil karena harganya juga nggak sedikit dan mobil itu jodoh-jodohan juga kata orang.

  • Rhoshandhayani KT 💕
    Rhoshandhayani KT 💕 1:53 PM

    sebaiknya harus jujur juga
    mobilnya habis kenapa, diperbaiki apanya, lalu sekalian sarannya
    supaya pembeli bisa wanti-wanti dan merasa tidak dibohongi

  • diane
    diane 4:17 PM

    Tips yang penting nih..Sekarang emang jaman online..segalanya lebih mudah termasuk jual beli mobil..tapi perlu kehati-hatian banget ya..

  • Alivia Awin
    Alivia Awin 12:00 PM

    Kemarenan ayahku jual mobil lamanya karena udah ganti sama yang baru, eh malah hampir ditipu.

    Thanks infonya mbak

Add Comment
comment url