Ngeblog dari Handphone? Ini Dia Rahasianya

Bismillahirrahmanirrahim.....

Sempat terkejoed waktu lihat deskripsi WAG di group #1m1c kalau minggu ini minggu tema: RAHASIA. Padahal kan selama ini minggu tema itu jatuhnya di awal bulan (minggu pertama), lah kok sekarang udah minggu tema aja ya? Artinya bulan Oktober ini ada dua kali minggu tema doong, hihihih. Minggu kemarin itu memang tidak sempat pantengin keramaian di group yang ternyata voting  penentuan tema. 


Nah, berhubung udah lama juga nih tidak ikutan setoran untuk minggu tema jadi mau berjuang juga nih biar bisa ikut setor, heheheh. Kadang heran deh kok ya kalau minggu tema itu yang diangkat semacam susah ya, tapi kalau tidak menantang diri sendiri untuk bisa menyelesaikannya ya gak bakalan tahu berhasil tidaknya, seperti tema kali ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:     
rahasia/ra·ha·sia / 1 n sesuatu yang sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain: ia mencoba mengorek -- temannya, tetapi tidak berhasil; 2 n sesuatu yang belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang: -- alam; 3 n sesuatu yang tersembunyi: pintu --;
Nah, kalau menurut KBBI arti kata rahasia adalah seperti itu. Sesuatu yang sengaja disembunyikan agar tidak diketahui oleh orang lain. Tapi nampaknya semakin kesini tidak ada lagi yang namanya rahasia. Kebanyakan sih orang dengan sadar mengungkapkan rahasianya melalui media sosial ataupun channel mereka dan selanjutnya menjadi rahasia umum. Ah, sudahlah gak perlu  bahas orang lain disini karena kali ini saya pun juga ingin membongkar rahasia saya lho, *upss!

Baca juga: Ngeblog Jaman Old VS Jaman Now

Rahasianya adalah seputar ngeblog ala saya, hohohoh. Iyah, ngeblog! Emang ada apa dengan ngeblog? Sebenarnya sih gak ada apa-apa, hanya ada sedikit perbedaan cara ngeblog saya yang dulu dengan sekarang. Dulu waktu awal-awal ngeblog itu pasti buat postingan dan blogwalkingnya dari komputer ataupun laptop, tapi  belakangan saya itu lebih sering dan lebih nyaman ngeblog dari handphone (HP). Why, kenapa? Karena menurutku sih ngeblog dari HP itu bisa dilakukan kapan dan dimana saja tanpa harus repot membuka laptop ataupun komputer segala. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan waktu yang cukup untuk sekedar menyelesaikan satu postingan *termasuk ngedit foto, jika diperlukan*.

Seiring dengan perkembangan jaman *tsaaahh* nikmat ngeblog pun juga ikut berkembang. Dulu, sebelum Android dan IOS muncul dan mendunia, kita memang seakan terikat dengan melakukan aktivitas berselancar di dunia maya dengan komputer ataupun laptop. Nah, sekarang dengan kemunculan keduanya setiap pengguna telepon pintar alias smartphone bisa dengan bebas melakukan aktivasnya dimana saja dan kapan saja, termasuk ngeblog (membuat postingan maupun saling berkunjung, blogwalking) melalui gawai 🤓 

Alasan Ngeblog dari Handphone

Kalau ditanya kenapa sih lebih suka ngeblog dari HP? Yuhuu, salah satu alasan saya ngeblog dari HP adalah karena waktu saya itu tidak banyak. Uhukk, sok sibuk banget ya saya, hahahah 😆. Jadi gini, sejak menyandang predikat Mama, rasanya waktuku itu banyakannya di atas tempat tidur deh.

Hmm, ngapain? Tidur ya? Iyalah, seringnya ikutan tertidur saat ngelonin bocah, gimana tidak, kalau saya beranjak dikit dari tempat tidur itu yang ada bocah langsung ikutan kebangun juga padahal waktu tidurnya belum cukup, jadilah saya sering pura-pura ikut tidur juga biar bocah lihat mamaknya juga tidur bersama. Eeiits, malah jadi bablas tertidur betulan, hahahah. Padahal kerjaan rumah masih melambai-lambai dan deadline blog juga menanti meski tidak setiap hari sih *kode keras nih buat agency, pleaseee tolong beri saya job juga yaaa macam blogger lainnnya yaaa* 😉

Baca juga: Me Time Mamah Muda

Nah, karena alasan itu saya merasa lebih nyaman ngeblog dari HP, apalagi saat kembali bekerja jadilah waktu rasanya semakin sempit, ditambah lagi sekarang bocahnya udah ada tiga, otomatis bagi waktunya itu, yaaa silahkan dibayangkan sendiri. Jadi, biar mamak tetap waras dan menikmati me time sambil mengumpulkan tambahan jajan, maka ngeblog dari HP lah salah satu caranya.

Suka Duka Ngeblog dari Handphone

Yeaay, segala sesuatu itu memang ada suka dan dukanya. Begitupula dengan ngeblog dari HP. Nah, seperti yang sudah saya bilang dari awal tadi kalau ngeblog dari HP itu enaknya karena kita bisa lakukan kapan dan dimana saja kita inginkan. Kalau ada ide tulisan, biar gak hilang begitu saja sebisa mungkin kita selamatkan dahulu lewat aplikasi notes di handphone lalu nanti bisa dipindah ke aplikasi blog maupun dashboard blog dari browser yang kita pilih. Saya sih biasanya langsung nulis di aplikasi atau dashboard biar gak lupa dan anti ribet, heheh.

Selain itu ngeblog dari HP juga asyik karena gak perlu lagi pindahin data/foto yang akan kita jadikan bahan postingan. Yaaa, paling di touch up dikit lah lewat aplikasi. Dan sekarang mah aplikasi online juga sudah banyak banget, jadi bisa lebih memudahkan.

Tidak hanya update postingan saja dari HP, saya juga blogwalking dari HP lho. Apalagi kalau ada artikel yang butuh pageview sekian dari klien, otomatislah harus rajin blogwalking, sebar link kesana kemari agar menghasilkan tamu di artikel tersebut. Kalau harus nunggu blogwalking dari komputer ataupun laptop, duuh gak kekejar deh kayaknya. Eitss tapii walau tak ada syarat pageview itu saya juga rajin blogwalking koq biar banyak juga dong yang berkunjung kemari dan nilai Google Analitic juga bisa terus stabil *eciieee* 😎

Baca juga: Misteri Nilai Google Analytic yang Anjlok!

Sedangkan dukanya ya kalau ngeblog via HP pastilah terkendala di layar yang minimalis dan tuts yang mini juga. Tapi bukankah ala bisa karena biasa? Yes, kalau udah sering mah nanti juga bakalan dapat nyamannya sendiri koq. Trust me! 😊

Aplikasi yang Digunakan untuk Ngeblog dari Handphone

Ngeblog dari HP tentu saja membutuhkan usaha yang lebih bila dibandingkan dengan ngeblog dari komputer ataupun laptop. Hmm, berarti lebih repot dong ya? Ah, tidak juga koq, bisa dibilang sih repot diawalnya saja, setelah itu ya kita bisa bebas menikmatinya.

Yups, repotnya itu adalah karena kita harus mempunyai gudang penyimpanan yang cukup buat simpan segala aplikasi yang kita butuhkan.


Nah, kalau saya sendiri sih, aplikasi yang sering saya gunakan untuk ngeblog dari HP antara lain:

Blogger Android: 
Sebagai pengguna platform blogspot (blogger.com) senjata utama yang saya gunakan untuk ngeblog dari HP ya aplikasi Blogger ini. Dengan aplikasi ini kita bisa leluasa menulis postingan kita, tidak hanya itu bisa sisipkan gambar juga lho.  Sekarang udah ada versi baru, tapi saya sih sebenarnya masih lebih suka versi yang sebelumnya. Hmm, mungkin karena belum terbiasa aja kali ya? Hehehh.

Chrome: 
Browser utama yang saya gunakan di HP adalah Chrome, secara lebih mudah dan loadnya yang ringan. Seringnya setelah menulis cerita di aplikasi Blogger  Android saya pindah ke browser untuk lakukan finalisasi sebelum tekan tombol publish. Rapikan dulu tulisannya, rata kanan dan kirinya, saya preview dulu sambil baca apakah sudah tidak ada typo lagi, penempatan gambarnya juga sudah okekah, backlink masuknya sudah dipasang dan lain sebagainya. Final check itu pasti akan kembali ke browser dulu sebelum artikel dipublish. Pun begitupula dengan blogwalking saya lebih suka BWnya pakai browser Chrome ini daripada browser bawaan dari HP saya, hihihih.

WPS Office: 
Aplikasi ini saya gunakan untuk membuka dokumen attachment dari klien jika ada placement article. Iyah doong gimana cara saya bisa baca tugasnya kalau tidak ada aplikasi pembaca ini. Tidak hanya itu saja, WPS Office ini juga sering saya gunakan untuk menghitung jumlah kata pada postingan saya. Iyes, setahun belakangan ini saya menantang diri sendiri agar bisa publish artikel yang jumlah katanya diatas 500. Jadi jika belum cukup di angka 500 maka otomatis saya harus menambahkannya agar bisa sesuai target.

Canva:
Salah satu daya tarik sebuah postingan adalah yang dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan isi postingan, betul? Sejak kenal dengan web satu ini, saya selalu menggunakannya untuk membuat banner tulisan dari sana. Yeaay, senangnya ketika Canva merilis versi mobilenya, uhuuy so pasti ini salah satu aplikasi yang wajib ada di HP saya demi menunjang eksistensi ngeblog, uhuuuii.

Phonto/PicsArt/Snapseed
Yes, sebisa mungkin ketiga aplikasi ini ada di HP agar bisa memudahkan mengedit foto dan juga memberi watermark pada foto kita. Masing-masing punya keunikan dan kekhasannya, kembali ke pribadi usernya sih mau pilih mana. Kalau saya sih biasanya menggabungkan mereka menjadi satu kesatuan. Tapi itu pilihan koq, kembali dari kenyamanan kita pilih mana suka.

Well, itulah tadi sedikit rahasia saya dalam ngeblog. Kalau Temans ada rahasia apa nih yang bisa dibagikan? Tiap orang memang punya rahasia, kembali lagi ke orangnya apakah nyaman untuk menceritakan rahasianya itu. Kalau sudah cerita begini, berarti bukan rahasia lagi dong ya? Heheheh.

Happy Blogging! 🤗


*menulislah walau #1minggu1cerita* 


 
Next Post Previous Post
22 Comments
  • dianisekaring
    dianisekaring 2:22 PM

    Aku sering ngeblog dari handphone Mbak, tapi sebatas nulis draft artikelnya aja di notes. Terkadang sambil ngelonin anak atau saat berada di kereta biar agak produktif dikit. Soalnya pernah langsung di dashboard wordpress HP, udah nulis panjang-panjang eh nggak kesave, sediih.

  • Niwanda
    Niwanda 4:25 PM

    Aku termasuk yang terbantu banget sama adanya Canva, soalnya merasa diri enggak nyeni buat bikin desain-desain gitu. Praktis yaa dipakainya Canva ini, fiturnya pun terus bertambah, jadi kitanya makin dimanjakan.

  • EkaKuncoro
    EkaKuncoro 6:29 AM

    Aku juga pake canva buat bikin banner buat blog .Enak pilihan templatenya buanyak .

    Kebetulan aku juga 90% ngeblog via hp, cuma ya itu memang, kurang besar layarnya. Jadi kalau malem gini agak merem-merem liat layarnya.

  • Dewi Apriliana
    Dewi Apriliana 8:41 AM

    Betul ..ngeblog lewat hp itu jadi lebih praktis dan bisa dilakukan dimana saja.
    Tapiii.. Sayang kurang bersahabat untuk mata saya yg minus banyak inii
    Jadinya saya tetep pilih ngeblog lewat lappi deh

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 3:35 PM

    Daku nggak punya laptop kak, jadinya nge-blog mengandalkan hape dan tablet. Pakai tablet kalau lagi lurus haha, selebihnya yah ngedit pakai hape. Cuma nggak pakai aplikasi, tetep dengan browser.

  • Alfa Kurnia
    Alfa Kurnia 4:49 PM

    Mbak Diah keren banget bisa ngeblog dari hape. Saya masih belum bisa nih, rasanya malah nggak termotivasi karena ribet hahaha. Tapi mungkin saya harus belajar dari Mbak Diah ya, biar bisa lebih produktif.

  • Ika Gifka
    Ika Gifka 5:21 PM

    Ini aku banget, ngeblog dari hp. Aku baru tau kalau ada aplikasi blogger.wkwk. kemana aja neng.. biasanya aku ngeblog pake chrome aja sih

  • It's nadaauliap!
    It's nadaauliap! 9:58 PM

    Wahwahwah aku sih paling gabisa kalo dari hp hehe jempolnya kegedean wkwk tp pgn nyobain sih biar lebih mudah ngerjain dimana saja kapan saja

  • Julia.K
    Julia.K 1:05 AM

    Selalu salute Sama Ibu, Mama, Bunda Yang Anaknya lebih Dari satu tapi Masih bisa berkarya Dalam tulisan. Saya anak satu , update blog 2 minggu sekali udah rekor ituh. Harus lebih giat nih

  • Grandys
    Grandys 9:04 AM

    Wah hebat euy bisa ngeblog dengan rapih dari HP entah aku kurang skill kayaknya hihi, jd d HP itu buat bw aja sama cek statistik dan kalo edit tulisan, insert photo semua harus lewat laptop jadi lebih rapih dan akunya lega ga was-was haha

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 3:58 PM

    Sama banget Mbak. Saya 95% pakai hp buat ngeblog. Karena sambil ngelonin si kecil. 5% nya cuma ngedit tulisan di laptop kalau ada yang perlu diedit 🤭 sama ubah tema baru pakai laptop 🤣

  • Finaira Kara
    Finaira Kara 5:13 PM

    Aku termasuk sering, sih, ngeblog rutin dengan handphone. Kan ribet juga kalau harus bawa laptop kemana-mana, dan meski sedikit nggak nyaman. Tapi, kalau udah dikejar deadline mah, langsung aja. Kalau bw, sih, hampir selalu pakai hape.

  • Renayku
    Renayku 5:54 PM

    Wah aku belum pernah ngeblog dari HP.. penasaran sama aplikasi blogger android.. nanti mau coba deh soalnya kadang ide datang saat jauh dari laptop hahay

  • K. Niken
    K. Niken 6:33 PM

    Saya termasuk yang lebih sering nulis lewat hp. Soalnya kadang sambil di jalan atau menunggu sesuatu tapi nggak bisa buka laptop saat itu juga.Canva dan snapsheed itu andalan banget yaaa hehe

  • selvy
    selvy 9:48 PM

    wah seru ya kak bisa ngeblog lewat handphone sayangnya aku sendiri kurang leluasa kalo menggunakan handphone huhu kadang iri juga pengen bisa kayak temen temen lain tapi ya gimana lagi, tapi aku seneng di kasih ilmunya trimakasih ya kak :)

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 11:04 AM

    Sebenarnya bisa dari mana aja ngeblog ya mba wkwkkw yang susah itu niatnya. Aku soalnya memang bandel. Pengen jadi bloggrr tapi males nulis setiap hari. Mulai sekarang harus semangat bismillah

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 4:15 PM

    Aku kadang kalau revisi-revisi dikit dari handphone, ini biasanya kalau pas gak bawa laptop sih. Tapi beberapa teman ada yang pakai handphone juga ngeblognya.

  • Heri
    Heri 10:09 AM

    Wow terimakasih atas ilmunya.., sanagt bermanfaat, tapi semuanya sih tergantung dari kemauan juga..

  • gemaulani
    gemaulani 6:08 PM

    Saya juga suka kak ngeblog dari handphone. Kalau langsung dari desktop justru malah suka lama hehe karena dari 2016 kebiasaan pakai handphone setelah laptop yg lama mati. Kebetulan pakai aplikasi yang sama dari mulai browser, WPS office, canva, sampai snapseed untuk bikin watermark foto :)

  • anotherorion
    anotherorion 1:24 PM

    ak dulu pake apps wp sih di hp tp trus aku hapus karena fiturnya ya terbatas, klo sekarang ngeblog dari hape cuma klo males nulis mbak, pake modal google speech hehehe

  • HendraDigital
    HendraDigital 8:11 PM

    Judul yang mengandung kata "rahasia", biasanya bikin orang penasaran untuk membaca lho Mba. Yah kayak artikel keren ini. Saya jadi penasaran membacanya.

    Ngeblog lewat hape itu memang ada plus minusnya. Plusnya ya praktis banget, ngeblog bisa dilakukan di mana aja, sambil rebahan pun bisa. Sementara minusnya, ukuran layar yang terlalu kecil, menyulitkan kita untuk menggunakan fitur di dashboard.

    Jadi pengen install salah satu aplikasi pengolah foto deh, jadi penasaran lagi.

    Oh iya, saya udah klik loh AdSensenya. Hehehe...

  • Kuskus Pintar
    Kuskus Pintar 11:07 PM

    Saya kalau dari hp suka nulis di note dulu, nanti baru dipindahkan ke bloggernya. Asyik juga sebenarnya kalo pakek hp, tapi kadang suka khilaf lihat yang lain hehe

Add Comment
comment url