7 Wisata Budaya di Belitung Bersama Keluarga

Monday, September 23, 2019

Belitung! Itulah Negeri Laskar Pelangi. Sejak novel Andrea Hirata muncul dan mengenalkan Ikal dan kawan-kawan lewat kisah Laskar Pelangi yang kemudian diangkat menjadi sebuah film, sepertinya seluruh mata tertuju pada daerah ini dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi, tidak terkecuali juga saya.



Sejak awal, saya pun sudah jatuh hati dan tentu saja ingin mengunjungi Belitung ini, biar bisa lihat langsung tempat Ikal dan kawan-kawan menuntut ilmu ditengah segala keterbatasan yang mereka rasakan saat itu. Yups, Replika Sekolah Laskar Pelangi masih ada dan merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika kita berkunjung ke Belitung. 

Ayoo, siapa juga nih yang ingin berkunjung ke Belitung? Meski Sulawesi dan Belitung punya kesamaan yakni sama-sama memiliki pantai yang banyak tapi itu bukan berarti menyurutkan niat ini untuk berkunjung kesana lho. Bukankah tiap daerah punya kekhasan dan keunikannya masing-masing, kan? 

Belitung yang merupakan pemekaran dari wilayah Sumatera Selatan ini memang memiliki daya tarik sendiri bagi setiap orang. Banyak hal yang bisa kita dapatkan jika berkunjung kesana. Pesona Belitung tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja yang dari foto-foto dan ulasan dari berbagai sumber sudah pasti sukses membuat batin ini teriak ingin kesana juga! Eits, namanya wisata tidak selamanya hanya berhubungan dengan menikmati keindahan alam atau berpetualangan kan ya? Tapi juga kita bisa menikmati wisata budaya yang ada disana, yah sesekali traveling sambil belajar dong yah apalagi sambil bawa anak-anak, jadi ceritanya bisa sekalian mengajarkan pada mereka betapa kayanya Indonesia ini, khususnya berwisata ke Belitung.

Nah, ada beberapa tempat nih yang pengen saya kunjungi jika suatu saat bisa berkunjung ke Belitung bersama keluarga.

1. Rumah Adat Belitung

source: indonesiakaya.com
Kita mulai dari mengenal rumah adat Belitung yang menjadi kebanggaan warga Negeri Laskar Pelangi ini. Rumah adat yang berbentuk rumah panggung ini terletak di Kota Tanjung Pandan yang dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 500 meter persegi. Rumah ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2009 oleh Bupati Belitung. Ornamen rumah ini sebagian besar terbuat dari kayu. Terdapat tiga bagian pada rumah adat ini yaitu ruang utama, loss (pembatas ruang utama dan dapur) serta bagian belakang adalah dapur.

Di ruang utama inilah kita bisa melihat aneka ornamen rumah khas Belitung yang mana salah satunya adalah lemari yang berisi baju adat pengantin Belitung kancing lima yang berada di bagian kiri. Sedangkan di bagian kanan ruangan terdapat sebuah kamar pengantin yang berukuran kecil. Di ruangan ini juga dihiasi dengan foto tokoh-tokoh Belitung tempo dulu yang ditata rapi di atas meja.


2. Maras Taun

source: belitungisland.com


Maras Taun adalah salah satu tradisi Belitung yang diselenggarakan setiap tahun. Meski budaya Belitung yang satu ini tidak diketahui asal usul dan kapan pertama kali dimulainya tapi ini adalah salah satu tradisi yang paling populer di Belitung. Maras Taun dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat tanpa memandang umur ataupun status. Tradisi ini dilakukan sekali setahun pasca masa panen sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang diperoleh. Ritual ini akan diawali dengan berdoa memohon kesalamatan dan perlindungan desa dan penduduknya. Tidak hanya ada ritual berdoa saja tetapi kita akan disuguhkan dengan beberapa kesenian tradisional Belitung seperti Tari Sepen, Ngemping dan Nutuk Lesong Panjang.

Baca juga: 4 Destinasi Menarik Untuk Liburan Bersama Anak di Bali

3. Nirok Nanggok

source: anggyrodith.blogspot.co.id

Tradisi Nirok Nanggrok ini menjadi budaya pedesaan di Belitung yang dilakukan ketika musim kemarau panjang tiba yang biasanya terjadi pada bulan Agustus hingga September yang mengakibatkan sungai-sungai di Belitung akan menjadi surut drastis. Nah, saat inilah akan banyak ikan yang bisa ditemukan di sungai. Penduduk akan menggunakan Tirok yaitu semacam tongkat kayu yang dipasangi mata tombak pada bagian pangkalnya dan Tanggok yaitu semacam jala kecil dari rotan. Mereka kemudian akan turun bersama-sama ke sungai untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tetapi sebelumnya akan ada rangkaian aktivitas sebagai tahapan panjang yang harus dilalui bahkan tahapan tersebut bersifat sakral dan berisi peraturan katat yang tidak boleh dilanggar. Nirok Nanggok ini dijadikan sebagai ajak kekompakan dan persatuan masyarakat demi melestarikan tradisi setempat. Walau masyarakat bebas mencari ikan sebanyak-banyaknya tetapi tidak semua ikan dapat diambil karena harus ada ikan yang kembali akan dilepas ke sungai sebagai usaha pelestarian. 

4. Buang Jong

source: zonabangkabelitung.blogspot.com
Tradisi lain yang bisa dinikmati dari Negeri Laskar Pelangi adalah Buang Jong. Tradisi ini dipelopori oleh salah satu suku asli di Belitung yaitu Suku Sawang yanghidup di lautan. Buang Jong berarti membuang atau melepaskan Jong (perahu kecil yang berbentuk rangka kapal) yang berisi sajian dan Ancak (susunan kerangka bambu yang membentuk rumah). Upacara tahunan yang bertujuan untuk meminta perlindungan, keselamatan dan keberkahan saat berlayar mencari ikan di lautan ini biasanya akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga November ketika angin musim barat berhembus. Buang Jong ini memakan waktu hingga 3 hari 3 malam dan dalam waktu 3 hari kedepan setelah pelaksanaannya masyarakat Suku Sawang akan dilarang untuk melaut.

Buang jong berarti membuang atau melepaskan perahu kecil ke laut. Perahu kecil tersebut berbentuk kerangka kapal yang didalamnya berisikan sajian dan ancak.

Sumber: https://zonabangkabelitung.blogspot.com/2015/08/mengenal-3-wisata-budaya-di-bangka-belitung.html
Konten adalah milik dan hak cipta zonabangkabelitung.blogspot.com. Jangan Lupa Untuk Mencantumkan Sumber!
5. Tradisi Makan Bedulang

source: babelprov.go.id
Tradisi Makan Badulang adalah prosesi makan bersama yang dilakukan dengan adat dan etika Belitung. Satu Dulang atau nampan ini akan digunakan untuk empat orang yang duduk bersila di lantai dan saling berhadapan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat pada saat upacara adat seperti pernikahan, sunatan atau kelahiran. Trradisi ini bertujuan sebagai sarana komunikasi anggota keluarga dan juga secara tidak langsung para orangtua mengajarkan anak-anak yang masih muda tentang etika, rasa kebersamaan dan toleransi antar anggota masyarakat yang sejajar tanpa mengenal kasta.

6. Mueseum Kata Andrea Hirata

source: sunburstadventure.com

Jika berkunjung ke Belitung nanti saya juga memasukkan Museum Kata Andrea Hirata ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Museum ini  menjadi salah satus situs budaya Belitung. Berkunjung ke museum ini kita akan disuguhkan napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi mulai dari cuplikan halaman per halaman dari novel best seller tersebut hingga diangkat menjadi film yang sangat laris di Indonesia bahkan juga negara tetangga. Foto-foto yang dipasang di area museum  ini jelaslah menggambarkan cerita perjalanan karya sastra yang menjadi salah satu kebanggaan warga Belitung ini. Terdiri dari ruang utama yang menjadi penghubung ke ruang-ruang yang diberi nama berdasar nama-nama tokoh dalam cerita Laskar Pelangi: Ruang Ikal, Ruang Lintang, dan Ruang Mahar. Pada bagian belakang terdapat Ruang Dapur yang diubah menjadi warung kopi. Museum ini adalah museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia.

7. Sekolah Laskar Pelangi


source: pesona.travel
Rasanya tidak lengkap jika ke Belitung tanpa mengunjungi bangunan bersejarah yang satu ini yang menjadi saksi 10 anak yang luar biasa dalam menuntut ilmu di tengah keterbatasan bangunan sekolah mereka. Semangat mereka dalam menuntut ilmu tidak surut meski bangunan sekolahnya yang sangat seadanya itu. Sang Guru pun juga tidak kalah semangatnya dalam mengajar agar anak-anak didiknya bisa tetap terus bersekolah di sekolah ini, SD Muhammadiyah Gentong inilah tempat lahirnya cerita Laskar Pelangi.
*****

Itulah tadi 7 Objek wisata budaya yang saya masukkan dalam daftar tujuan saya jika suatu saat nanti berkunjung ke Belitung. Jika dilihat dari waktu yang tepat berkunjung kesana sih sepertinya dimulai dari Agustus hingga November karena rata-rata pelaksanaan tradisi yang telah saya sebutkan tadi itu dilaksanakan pada rentang waktu tersebut.

Nah, lalu bagaimana dengan akomodasi selama berada di Belitung?

Beruntunglah kita yang hidup di zaman milenial ini, yang semua bisa kita siapkan jauh-jauh hari. Apalagi sekarang ada aplikasi pencarian tiket maupun hotel yang sangat membantu seperti pegi-pegi.com, jadi mencari hotel di Belitung bukan lagi dong menjadi hal yang sulit!


Bagaimana mencari hotel di pegipegi? Duh, ini mah gampang ya. Kita cukup membuka website atau download aplikasi pegipegi.com pada appstore maupun iOS aja. Kalau saya sih lebih suka transaksi di aplikasinya karena di aplikasi banyak menawarkan promo yang tentu akan sangat menguntungkan bagi emak-emak modis aka pecinta diskon seperti saya ini ๐Ÿ˜


Lalu gimana nih setelah download aplikasi? Tenang, caranya gampang banget kok. Kita tinggal masukkan destinasi dan lama waktu kita akan menginap. Maka akan muncullah sederet hotel rekomendasi yang ditawarkan. Bisa banget lho urutkan berdasarkan budget, peringkat hotel juga fasilitas hotel yang kita inginkan.



Setelah pilih hotel dan tanggal hari baik yang kita inginkan, langkah selanjutnya adalah mengisi data pemesan, oh ya kita bisa juga melakukan pemesanan untuk orang lain lho. Kali aja gitu ingin memberikan hadiah special ke keluarga atau sahabat terdekat berupa liburan gratis atau kasih ke saya pun juga tidak nolak lho, hihihih.


Setelah mengisi data plihan pembayaran tinggal lakukan pembayaran saja dan tunggu notifikasinya aja di email. Taraaa, reservasi hotel pun aman deh. Ayooo buruan, mumpung masih ada promo diskon hotel yang berlaku hingga 24 September besok lho, buruan gih dimanfaatkan. 

Selamat berlibur! ๐Ÿ˜Ž

You Might Also Like

39 Comments

  1. Aku masih masukin list nih Belitung belum pernah ke sana semoga ada rezeki buat liburan bareng keluarga terutama pengen lihat sekolah laskar pelangi hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku udah pernah ke Belitung tapi baru tau 7 budaya itu. Waktu itu aku ke SD Muhammadiyah dan Museum Kata Andrea Hirata (destinasi wajib di Belitung hehe). Masya Allah ya Indonesia kaya banget, punya banyak budaya dan tradisi yang harus dilestarikan. ;D

    ReplyDelete
  3. Belitung itu sekarang sudah jadi ciri 'Laskar Pelangi' banget ya, aku sendiri belum baca novel atau nonton film nya sampai selesai. Tapi, aku tau banyak nilai yang bisa dipetik dari film ini. Apalagi ada Museum Kata Andrea Hirata yang jadi bukti perjalanan Laskar Pelangi.

    ReplyDelete
  4. Wah opsi wisata di Belitung ternyata banyak juga ya, saya tahunya hanya pantai dan museum andrea hirata. Ini bisa juga nih masuk di jadwal liburan keluarga

    ReplyDelete
  5. Dari dulu, pengen banget ke Belitung. Gara-gara laskar pelangi, jadi penasaran.. hehe.. mana sekarang ada museum kata nya Andrea Hirata pula. Duh, kapan ya bisa sampai Belitung๐Ÿค”

    ReplyDelete
  6. Menarik semua nih objek wisatanya. Aku pribadi sih paling tertarik sama Museum Kata Andrea Hirata sama Sekolah Laskar Pelangi karena aku penggemar berat novel & film Laskar Pelangi๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  7. Selain museum kata Andrea Hirata dan Rumah laskar pelangi, masih belum saya kenal banyak. Harus datang langsung untuk menyaksikan semua itu. Dengan adanya PegiPegi kita jadi terbantu banyak ya melakukan perjalanan ke Belitung

    ReplyDelete
  8. Iya traveling ke Bangka Belitung perlu mengunjungi ke Negeri Laskar Pelangi ya mbak. Tapi ternyata banyak juga wisata budayanya juga ya

    ReplyDelete
  9. Ahhh.. telat bacanya.. sekarang sudah tanggal 26. ๐Ÿ˜ญ Belitung memang destinasi yang wajib dikunjungi ya, aku udah lama juga pengen ke sana, tapi masih belum terwujud. Semoga suatu saat nanti dream comes true

    ReplyDelete
  10. Wah, ternyata Belitung banyak obyek wisatanya ya. Nggak cuma Museum Kata Andrea Hirata dan Sekolah Laskar Pelangi. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana sama keluarga.

    ReplyDelete
  11. Kalau udah ngomongin Belitung udah otomatis teringat Laskar Pelangi. Hehehe. Aku juga menambahkan Belitung sebagai destinasi yang harus dikunjungi pada suatu hari nanti. Semoga kita bisa segera mewujudkan keinginan tsb ya.

    ReplyDelete
  12. Cantiknya Belitung. Kecantikannya jadi ketahuan dunia luar gara-gara film Laskar Pelangi ya.

    ReplyDelete
  13. Ma sya Allah, jadi kangen deh sama Belitung. Dulu ketika pindah penugasan dari sana belum terlalu booming Laskar Pelangi, filmnya baru mau mulai syuting jadi belum sempat lihat replika sekolahnya. Tapi kalau wisata pantainya memang sudah bagus dan terkenal dari dulu, kayak lukisan tapi ciptaan Allah SWT gitu, cantiikkk pakai banget.

    ReplyDelete
  14. Tiap dengar kata Belitung, imaji yang terbentang pertama kali adalah laskar pelangi dan batu-batu besar yang bertebaran di sana.

    Ternyata, Belitung tak hanya kaya akan bebatuan yang besar-besar (cakep), tapi juga memiliki destinasi wisata yang banyak banget dan menarik semuanya.

    ReplyDelete
  15. Banyak banget wisata di Belitung ini. Aku ingin sekali ke sekolah laskar Pelangi lalu ke batu-batu raksasa itu, kayak yang di filmnya.

    ReplyDelete
  16. Pengen bangettt main ke belitung! Dulu pernah KKN di Bangk 2 bulan tapi nggak sempat mampir ke Belitung. Pantainya sih yang bikin aku pengen banget kesana :D

    ReplyDelete
  17. Wah, ternyata kaya banget budaya belitung yah, saya juga penasaran sama kota setting laskar pelangi ini. Makasih infonya mbak, siapa tahu suatu saat punya rejeki dan kesempatan ke belitung

    ReplyDelete
  18. Pengen banget ke Belitung ini ๐Ÿ˜† bener apalagi pernah dijadiin tempat film laskar pelangi. Jadi semakin penasaran dengan keindahan kota bangka belitung ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  19. Baru dua yang aku pernah kunjungi selama di belitung, rumah kata andera hirata dan replika sd gentong.. dan memang masih banyak lagi ya tempat wisata budaya di belitung yang layak untuk dikunjungi.. Inshaallah aku akan kembali ke belitung

    ReplyDelete
  20. Aku belum kesampaian ini explore belitung kpingin banget next mudah2an dalam waktu dekat yakkk

    ReplyDelete
  21. saya tertarik acara Buang Jong nya. mungkin sama kayak di sini yg buang saji ke laut, petik laut namanya. tapi unik loo bentuknya perahu

    ReplyDelete
  22. waahhh..seru bangett yahh mbaa, pokoknya wisata di nusantara indonesia kaya akan wisata alami yang baguss

    ReplyDelete
  23. Seru nih kalau main ke Belitung saat ada acara tradisionalnya. Pengen sekali ke Belitung, semoga suatu saat kesampaian. Mau aku masukin list wisata yang ada di sini ah

    ReplyDelete
  24. Belitung menjadi salah satu destinasi wisata impian saya dan keluarga nih, selain keindahan pantainya bisa nambah pengetahuan ya dengan wisata budayanya

    ReplyDelete
  25. Wah yang festival2 aku belum pernah nih nonton dan ikutan. Makan bedulang sempat lihat pas mengunjungi rumah adat Belitung. Kalo museum Andrea dan sekolah laskar pelangi udah ke sana

    ReplyDelete
  26. Ternyata cukup banyak ya tujuan wisata di Belitung

    ReplyDelete
  27. Tradisinya unik unik yaa mba. Nomor 6&7 keoengen banget kesana huhu. Apalagi pas suami nunjuk pernah kesana sewaktu single, Ku envy haha. Pegipegi membantu banget nih Kalo mau traveling kesana yaa.

    ReplyDelete
  28. Aku pernah kesana tahun 2011 apa 2012 gitu lama banget yah sebelum film laskar pelangi keluar deh, emang bagus banget apalagi pantai2 nya

    ReplyDelete
  29. Wisata budaya juga seru yaa..
    Kpn2 mau ah berkunjung ke bilitong

    ReplyDelete
  30. aku kepengen banget ajak anak2 ke Belitung, tapi entah kenapa belum pede karena khawatir repot bawa balita hehehe

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah nih ke belitung mba.
    Pengen banget deh liburan or traveling kesana.
    Secara tempatnya luar biasa bagusnya

    ReplyDelete
  32. Pengin banget ke Belitung.
    Gak hanya mengunjungi tempat-tempat ikonik, tapi juga mencicipi kelezatan kuliner Belitung yang terkenal.

    ReplyDelete
  33. Belitung ini keindahan alamnya sudah gak perlu diragukan lagi yaa..
    Pantainya, budayanya, tradisinya.
    Indonesia sungguh kaya.

    ReplyDelete
  34. Wisata Belitung memang tiada duanya, mulai dari Budaya sampai ke Alam. Pengen banget dalam waktu dekat jalan kemari bareng keluarga.

    ReplyDelete
  35. Saya belum pernah kesana mbak, banyak orang bilang termasuk mbak kalau di Belitung banyakkkk banget tempat rekreasi yang indah ya

    ReplyDelete
  36. Belitung masih jadi wishlish buat travelling bareng keluarga, ahh..baca ini jadi pengen secepatnya ke Belitung..

    ReplyDelete
  37. Itu juga ada loh Museum Ahok ga pengen dikunjungin? hahaha..
    Belitung emang kaya budaya rugi klo ga pernah kesini

    ReplyDelete
  38. Duh ternyata banyak yang belum kuketahui tentang Belitung ya. Banyak sekali kekayaan budaya dan adat istiadatnya.

    ReplyDelete
  39. aku sebel banget waktu itu udah tinggal di palembang tapi enggak jadi ke bangka belitung padahal pengen banget kesitu. Anyway aku juga suka pakai pegi pegi kak kalau buat urusan halan - halan

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community