Persiapan Sebelum Melahirkan

Tuesday, March 05, 2019

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Semakin dekat waktu melahirkan tiba, semakin deg-degan juga nih perasaan. Jangan ditanya deh gimana perasaan saya saat ini. Ada rasa senang, cemas, khawatir, takut, sudah deh semua bercampur aduk jadi satu. Meskipun ini bakalan menjadi pengalaman melahirkan yang ketiga kalinya tapi tetap saja perasaan campur aduk itu tidak bisa dipungkiri adanya. Apalagi pengalaman-pengalaman melahirkan sebelumnya dengan bantuan vacum itu jadikan tingkat deg-degannya makin terasa. Jujur sih pengen banget merasakan lahir normal tanpa bantuan alat ataupun induksi. Ikut instruksi medis untuk mengejan dan yeaaa mendengar tangis bayi itu sangat dinantikan sekali. Semoga saja sih lahiran kali ini bisa melewatinya tanpa ada drama vacum segala. Pengen banget bisa merasakan lahiran normal, hari ini bayi lahir besok bisa balik ke rumah dengan keadaan semuanya sehat dan bahagia, Aamiin. 



Biasanya di usia kehamilan 7 bulan atau 8 bulan, (calon) Mama sudah mulai sibuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk si Baby kelak. Bagaimana dengan saya? 

Baca juga: Resolusi 2019 Versi Emak 

Sebenarnya sih saya tipe mama yang santai saja untuk hal ini. Apalagi kan barang-barang new born baby itu biasanya cuma dipakai 1-2 bulan saja. Waktu hamil pertama sih saya sudah mulai sibuk-sibuk intip online shop sana sini itu sejak usia kandungan masuk 7 bulan, terus keluar masuk toko baby disini juga yang saat itu jumlahnya baru beberapa disini. Nah, kalau saat ini sih saya santai. Lah, baju-baju warisan Kakak-Adek itu masih ada, kemarin sempat mau dibagikan ke orang yang membutuhkan tapi ternyata ketahuan hamil lagi jadi semua saya packing cantik lagi menunggu saatnya digunakan kembali.

Waktu menunggu kelahiran Adek kemarin juga saya sebenarnya tidak sibuk belanja-belanji lagi, cuma keluarkan kembali barang-barang Kakak, cuci bersih, lipat lalu simpan dalam tas deh agar ketika rasa mulas dahsyat itu datang semua sudah siap diangkut. Mungkin karena masih terlihat seperti baru, ada tetangga sempat negur lho saya belanja perlengkapan bayi lagi kah? Saya cuma tersenyum dan jawab tidak, semua ini masih warisan Kakak koq, heheheh. 

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Apakah saya sudah mulai sibuk hunting barang-barang keperluan Dedek bayi kelak? Atau akan kembali gunakan barang warisan lagi? Heheheh. Memasuki kehamilan 8 bulan ini sebenarnya saya bisa dibilang masih santai melakukan persiapan itu. Belum ada satu pun perlengkapan yang saya cuci ulang.

Baca juga: Menikmati Kehamilan

Menurut saya sih ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dalam menyambut persalinan, seperti:

Fisik dan Mental
Kenapa? Alasannya karena kalau kita tidak siap fisik dan juga mental otomatis kita bakalan stress menghadapi persalinan kelak. Padahal kan yang dibutuhkan adalah fisik Ibu yang kuat dan juga mentalnya harus siap menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi. Melahirkan itu sebuah perjuangan juga pengorbanan. Makanya semua harus dibuat happy dan enjoy ya. Oh iya, fisik Ayah juga harus bugar lho biar bisa menemani Ibu dikala proses persalinan kelak.

Financial
Yup, untuk hal yang satu ini pastilah akan jadi persiapan penting juga. Melahirkan itu butuh biaya yang tidak sedikit. Meskipun sekarang ada jaminan kesehatan dari pemerintah yang bisa meringankan beban warganya tapi tetap saja kebutuhan financial tetap harus dipersiapkan juga.

Kebutuhan Ibu dan Bayi
Nah, ini nih yang tidak kalah penting juga. Apalagi bagi Ibu baru yang harus menyiapkan semua keperluan Bayi dan juga sang Ibu itu sendiri. Setidaknya ada dua tas terpisah yang harus disiapkan; pakaian bayi lengkap, pakaian ganti bayi, pakaian ganti ibu dan juga pakaian saat akan kembali pulang ke rumah. Seperti yang saya bilang tadi, kalau saya sekarang sih belum menyiapkan barang-barang ini. Rencana sih baru weekend besok mau megeluarkan harta karun yang ada, dicuci ulang dulu dan packing kembali ke dalam tas yang nanti akan dibawa ke rumah sakit. Pengen juga sih belanja pakaian baru untuk Dedek dan juga keperluan menyusui kelak.


Daripada ribet mau keluar mending cari di online aja deh. Dengar-dengar di bulan Maret ini ada program khusus Promo Maret Mantap dari Tokopedia. Uhuuuii, langsung semangat deh keluarin list yang dibutuhkan, biar bisa dapatkan barang-barang yang diincar dengan harga khusus dan ada free ongkir pula lho. Sekaligus dong memeriahkan program Tap Tap Mantap ini. Kali rejekinya Dedek bisa dapat grand prize. Mana tahu kaaan? Aaamin.

Yaaah, begitulah persiapan yang saya lakukan sekarang sebelum melahirkan anak ketiga ini. Berusaha santai biar gak tegang dan stress walau sebenarnya dag dig dug juga bookk, hihihih. Nah, gimana dengan Temans niih dalam mempersiapkan kelahiran? Ada tips khususnya kah? Share juga doong. 😉



 

You Might Also Like

46 Comments

  1. Wah bener banget tuh memang banyak ya yang harus dipersiapkan ketika mau melahirkan

    ReplyDelete
  2. Wah betul banget tuh Bun, kebutuhan fisik dan mental itu yang paling utama

    ReplyDelete
  3. Kebutuhan financial juga sangat penting ya Bun.

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget tuh ya kebutuhan yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan

    ReplyDelete
  5. Kebutuhan ibu dan bayi nih sangat penting banget ya Bun

    ReplyDelete
  6. Gak terasa ya diah sudah sebentar lagi debay lahiran. Semoga lancar dan bisa melahirkan normal yaaa. Gsk sabar mau lihat FZ yang ketiga :D

    ReplyDelete
  7. Tap tap mantap....moga moga dedek dapat rezeki grand prize, Amin

    ReplyDelete
  8. Semoga jadi rezeki si baby utun ya. Amin.
    Semoga saatnya nanti lancar sehat dan selamat semuanya ya.

    ReplyDelete
  9. Sama aja sih aku juga begitu, persiapan paling-paling fisik sama mental itu yang utama. Terus perlengkapan buat melahirkan terutama buat bayinya. Kalau emaknya sih paling baju ganti, pembalut buat abis melahirkan, sama booster ASI

    ReplyDelete
  10. Semoga dilancarkan ya mbak hingga lahiran. Memang sebelum melahirkan kita harus banyak persiapan supaya tenang. Semoga menang grand prize mbak!

    ReplyDelete
  11. Wah... Wah... Pasti happy banget.
    Persiapan utama fisik & mental.

    Semoga debaynya jadi anak yang berbakti kepada orang tua ya Kak.
    Aamiin...

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  12. semoga dilancarkan dalam melahirkan anak ke 3 ya ... kalau menang grand prize itu rezeki nya si kecil

    ReplyDelete
  13. Semoga sehat dan lancar lahirannya ya say.
    insha Allah kuat lahir batin

    sekarang mending belanja2 aja dulu di tokopedia hahaha

    paling asyik tuh, dan beware kalap hahaha

    ReplyDelete
  14. Wah, meski udah anak ketiga tapi tetep deg-degan aja ya pastinya. Namanya juga mau mbrojolin anak, hehehe. Aku tahu perasaan tu soalnya aku juga tiga kali melahirkan nih.

    Barakallah mbak, semoga diberikan kemudahan dan kelnacaran ya. Sehat selalu ibu dan bayi :)

    ReplyDelete
  15. Semoga sehat dan persalinannya lancar, Mbak. Apa pun itu semoga Allah beri persalinan yang terbaik. Setiap perempuan yang melahirkan selalu dengan cara tersendiri yang unik, disyukuri saja, Mbak.
    Saya setuju dengan poin siap fisik mental, keuangan, berikut kebutuhan ibu dan bayi. Ternyata ada Tokopedia yang bisa menyediakan segalanya, ya. Jujur saya jarang buka situs belanja daring. Syukurlah Mbak bisa belanja secara nyaman dan mudah di Tokopedia. Tak perlu repot keliling pasar atau toko di luar rumah.
    Selalu ada alternatif belanja yang mudah juga murah, pakai TAP TAP ha ha. Selamat berbelanja, Mbak. Semoga segala persiapan dimudahkan Allah dan persalinannya berjalan lancar. Ibu dan bayi sehat dan selamat tak kurang suatu apa pum. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Semoga lancar lahiran samapi nanti..bunda dan debay sehat semuanya ya Mbak..
    Persiapan lahiran saya, diiringi doa semoga suami sedang ada di rumah, jangan pas dinas ke luar kota hahaha

    ReplyDelete
  17. Jadi inget ketika terakhir melahirkan sekitar 5 tahun yang lalu.. memang banyak ya yang harus disiapkan pada masa masa kehamilan.. apalagi menjelang melahirkan... siap2 tas buat dibawa ke RS, baju menyusui hingga baju pertama si kecil.. huhu kangen kangen melahirkan... semoga aku masih diberikan kesempatan untuk hamil dan melahirkan lagi.. aamiin.. thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  18. Itulah gunanya punya kakak, barang si kakak bisa di wariskan sama adiknya.

    Kadang adik sendiri juga ngasih pinjam bekas anaknya.

    Persiapan pasti Seru sebelum melahirkan dan menyambut kehadiran anggota keluarga baru

    ReplyDelete
  19. Kakak saya juga sedang dalam persiapan untuk melahirkan. Dan sama seperti mbak Diah banyak persiapannya termasuk fisik dan mental yah utama

    ReplyDelete
  20. Semoga Allah permudah ya mbak. DAn moga dapat rezeki bisa dapat hadiah juga dari tokopedia juga.

    ReplyDelete
  21. Waktu kemarin mau lahiran aku rajin banget baca blog persiapan melahirkan, maklum mba anak pertama hehe makasi sharingnya

    ReplyDelete
  22. setahun lalu tepatnya bulan maret ini juga aku lagi deg-degan banget mau lahiran anak ke-2 yang ga ada tanda-tanda mau keluar, fikiran aku udah lari-lari mikirin begini begitu kalau aku meninggal atau aku dan bayi gimana pokoknya parno nah emang ga cuman fisik doang mba yang perlu disiapin tapi juga mental apalgi kalau nanti ternyata proses kelahiran harus sesar siapkan mental mendengarkan pernyataan nyinyir orang lain yang maha benar :(

    sehat dan lancar ya mba insyaAlloh semuanya bisa

    ReplyDelete
  23. Lancar sampai lahiran yaaa, semoga ibu dan anak sehat - sehat

    ReplyDelete
  24. Waah, mau juga ah ikutan Tap Tap Mantap, siapa tahu dapat hadiah buat kado ultahku, hihi.
    Oh iya, semoga persalinannya nanti lancar ya mbaaak, sehat-sehat semua

    ReplyDelete
  25. Iiih sama kita. Saya juga senangnya belanja di tokopedia. Komplit disana dan murah2. Waktu lahiran yg banyak ditengok tokopedia.. hahaha..

    ReplyDelete
  26. Duh jadi mules kalau inget lahiran hahaha kidding mbaaakk :D
    Iyaaa kalau mempersiapkan kelahiran emang kudu siapkan fisik, mental, dan finansial yaaa. InsyaAllah lancar2 semuanya :D
    Wah asyik nih kalau belanja di tokped selama Maret banyak promo yaaaa

    ReplyDelete
  27. Semoga lancar ya Mba persalinannya, Sehat ibu dan bayinya. Aamiin...
    Wah, kok aku jadi ikut bahagia dan deg-degan, padahal masih belum hamil lagi. Hehe

    ReplyDelete
  28. Di promo kali ini banyak juga barang untuk bayi yaaa mba..akuu kebayangnya seruuu hunting barang - barang keperluan bebe. Ayoo, nikmati diskonnya dan selamat berbelanjaaa

    ReplyDelete
  29. Jadi ingat deh masa-masa dulu menjelang kelahiran anak. Banyak yang harus dipersiapkan, terutama kebutuhan bayi. Kalau sekarang lebih gampang, bisa belanja online yang kitanya nggak perlu kemana-mana, tinggal mainkan aja hape nya dan uangnya tentunya hihihi

    ReplyDelete
  30. Sama mbak, saya juga adik bayi persiapan baju barunya dikit, sebab alhamdulillah ada warisan dari kakaknya yang masih bisa dipakai. Jadi hemat hihihi

    Moga lancar ya menuju persalinan nanti, rileks ya mbak, banyakin berduaan sama ayahnya agar cepet lahir Dede bayi.

    ReplyDelete
  31. Semoga lancar mom persalinannya.

    ReplyDelete
  32. Enak nih zaman now, udah banyak ecommerce yang memudahkan kita untuk blinji blinji. Coba dulu pas hamil Najwa kek gini, puas banget aku belanja di Toped ini, hihi

    ReplyDelete
  33. Di toped teryata banyak juga promonya ya mbak, so kalau masih bingung mau nambahin perlengkapan untuk si Baby cuzz langsung liat aja di Toped dan ikuti program tap tap mantapnya, hehe.

    Btw meski sudah dua kali lahiran ternyata dag dug itu masih ada ya mbak. Ya semoga persalinan ketiganya ini lancaar...

    ReplyDelete
  34. Setuju banget mba, khususnya soal mental, wuihh karena banyak hal tak terduga yg akan mungkin terjadi, makanya persiapannya pun kudu jauh2 hari ya mba biar gak makin stress. TFS

    ReplyDelete
  35. Yang penting yakin mba. Insya Allah dilancarkan semuanya ya mba.

    ReplyDelete
  36. Wah saya juga sudah mulai memasuki trimester akhir kehamilan nih. Dan masih belum kepikiran beli baju buat si kecil. Hihi. Setuju banget, mbak memang melahirkan itu perlu persiapan fisik, mental dan finansial. Heu

    ReplyDelete
  37. Betul jg, ya. Belanjaan keperluan bayi kedua dst itu antara pengen ga pengen. Biasanya aku tetep beli sih bbrp item sekadar buat properti foto hahahaha..

    ReplyDelete
  38. Semoga dimudahkan dalam persalinannya ya Mba Diah
    gemes ah, udah kali mau ketiga ya.
    Lancar dan sehat buat ibu dan debay

    ReplyDelete
  39. Persiapan mental sama finansial. Kami biasanya nabung buat biaya lahiran, perkap bayi sama aqiqah.

    ReplyDelete
  40. Lahiran ke 2 malah saya lebih tegang dibanding lahiran anak pertama Mbak. Ada sedihnya juga karena ibu mertua sedang sakit cukup keras. HB saya sempat turun tapi alhamdulillah proses lahiran berjalan lancar

    ReplyDelete
  41. Ah, ini mengingatkanku, Mbak, dulu pas mau lahiran semua dibantu sama ibuk. Apalah dayaku. Nanti kalau mau lahiran harus belajar lagi

    ReplyDelete
  42. Semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran ya, mba. Betul banget banyak yang harus dipersiapkan jelang persalinan, terutama fisik dan mental. Moga persiapannya dimudahkan ga.

    ReplyDelete
  43. Sehat selalu sampai lahiran ya Mba.. Semoga lancar, ibu dan baby sehat.. Aku dag dig dug.. jadi inget proses lahiran si Adek..hihiii.. Tapi senengggg punya baby di rumah..

    ReplyDelete
  44. betul sekali mba, 3 poindiatas emang penting banget. fisik dan mental ibu harus disiapkan, harus tenang dan bahagia.

    ReplyDelete
  45. Setuju mba. Deg degan sih wajar yah apalagi kalo untuk pertama tapi sebwlumnya juga harus terus nambah ilmu biar pas lahiran gk kagok benerrr.

    ReplyDelete
  46. Bismilahirrahmanirrahim.... numpang koment mbak 😃 utk mewakili kaum Adam.Hahahah......

    klu masalah Melahirkan pengalaman saya NOL.besar...... kata Ustadz setelah wanita melahirkan maka Pak.Suami sebaiknya memberikan kenyaman,ketenangan dan menyiapkan keperluan ibu dan anak.Dengan begitu ASI akan lancar.....

    semoga lahirannya lancar yach Mbak😃 .... salam buat Pak Suaminya
    😃

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community