Fakta Saat Membagi Angpao Imlek yang Wajib Diketahui

Sunday, February 03, 2019

Apa yang Temans ketahui tentang angpao? Berbicara soal lampau maka berkaitan dengan Tahun Baru Imlek, ataupun perayaan tahun baru China. Sebenarnya perayaan ini dilakukan oleh masyarakat Cina untuk menyambut tahun baru. Sesuai dengan perhitungan ataupun kalender Cina. Ada salah satu tradisi yang banyak dilakukan dan tidak pernah hilang bahkan di Indonesia, yakni tradisi bagi-bagi angpao atau amplop berisikan uang.


Angpao merupakan bagian dari sebuah perayaan syukuran ataupun rasa senang dari sebuah keluarga atau seseorang, untuk merasakan nuansa bahagia lainnya. Seringkali angpao juga dibagikan saat ulang tahun, pernikahan ataupun tahun Baru Cina. Dengan adanya angpao ini maka kita membagi-bagikan keberkahan atau kebahagiaan kepada orang yang kita berikan tersebut. 

Selain itu, budaya ini sudah dijalankan sejak lama. Zaman dahulu seorang anak harus sujud dan mengucapkan Gong Xi Fa Cai serta doa agar orang tua tetap sehat selalu, sejahtera, serta dikaruniai banyak berkah. Setelah itu mereka akan memberikan sebuah amplop merah berisikan uang, sekarang ini tradisi sudah berubah dan anda tidak perlu berdoa layaknya tradisi zaman dahulu. Kita cukup menyalami kemudian mengatakan Gong Xi Fa Cai untuk mendapatkan angpao sesuai dengan tradisi. 
  
Tidak semua orang tahu apa saja fakta menarik yang tersembunyi pada tradisi bagi-bagi angpao Imlek ini Nah berikut ini ulasannya :

1. Harus Merah 


Angpao merupakan salah satu hal yang diberikan oleh orang lain kepada anda, ataupun sebaliknya. Angpao sendiri melambangkan pembagian keberkahan, kebahagiaan dan juga kemakmuran. Sehingga warna yang dipilih untuk angpao adalah warna merah, dikarenakan warna ini melambangkan sebuah kemakmuran bagi masyarakat Cina. Namun uniknya di Jepang atau yang biasa disebut Otishama ini, merupakan salah satu pemberian atau hadiah yang dilakukan ketika tahun baru Cina muncul. Namun di Jepang justru menggunakan amplop berwarna putih. Di Jepang sendiri amplop berwarna putih menandakan kesucian dan juga hal-hal yang bersifat baik. Namun pada umumnya, amplop yang digunakan berwarna merah. 

 2. Menikah dan Belum Menikah


Selanjutnya hal yang bisa didapatkan dari fakta angpao adalah, bagi mereka yang sudah menikah tidak bisa mendapatkan angpao dan hanya bisa menerima dari orang tua saja. Namun bagi mereka yang belum menikah, meskipun sudah mapan bahkan memiliki rezeki yang banyak dan sudah dewasa akan tetap bisa mendapatkan angpao karena dianggap berbagi kebahagiaan bersama dengan orang lain. Di sisi lain fakta yang mengejutkan adalah bagi mereka yang sudah bekerja, namun belum menikah, walaupun sudah mapan ataupun sudah dewasa tidak diperbolehkan untuk memberikan angpao kepada orang lain. Karena dianggap sebagai salah satu pertanda bahwa hal ini menjauhkan jodoh yang sedang datang. Untuk itu bagi mereka yang belum menikah, Tentu saja masih tetap akan kebanjiran angpao ketika Tahun Baru Cina meskipun mereka sudah dewasa. 

3. Angka Penting


Bagi masyarakat Cina, angka sendiri merupakan salah satu hal yang memiliki arti khusus dan juga berbeda. Di mana angka 4 merupakan hal buruk atau yang berarti mati. Sehingga sehingga tidak memperbolehkan untuk memberikan angpao dengan angka 4 ataupun angka ganjil. Alasan angka ganjil karena dianggap akan mengalami kesialan pada tahun tersebut. Ada baiknya mengisi nominal uang dengan angka yang genap seperti halnya Rp10.000,- atau Rp 6.000,- atau Rp100.000,-.

4. Baru dan Logam 


Fakta unik selanjutnya yang bisa kita kenali dari pembagian angpao Imlek adalah tidak boleh memberikan angpao dengan nominal uang yang kecil atau perunggu. Mungkin bagi masyarakat Cina biasa disebut juga sebagai wen atau tongbou. Apa itu? Bagi Temans yang ingin memberikan uang kepada orang lain, maka Temans harus memberikan dengan menggunakan uang baru atau uang yang tidak kusut. 

Karena uang yang diberikan melambangkan sebuah hal yang membahagiakan dan mulus. Selain itu, uang angpao Imlek merupakan kehidupan baru. Sehingga menjadi lebih baik kedepannya dan juga tidak bermasalah atau tidak mengalami hal-hal buruk. Sebaiknya Temans menggunakan uang kertas yang bagus dan tidak lusuh. 

Lantas bagaimana jika Temans ingin memberikan uang koin? Menurut cerita jaman dahulu, jika ada orang tua yang ingin memberikan uang logam menjadi sebuah angpao, maka uang logam tersebut akan diikat dengan tali merah kemudian diberikan kepada anak-anak. Dengan harapan dapat berumur panjang. Namun uang koin tersebut tidak diperbolehkan dimasukkan ke dalam amplop Imlek karena bisa memberikan arti lain yang justru buruk. Sampai sekarang ini budaya tidak menggunakan koin sebagai salah satu angka masih digunakan termasuk di Indonesia.

Nah, udah siap bagi angpao Imlek atau terima angpao kan? Moga dapat banyak ya, heheheh.


 

You Might Also Like

34 Comments

  1. imlek tuuuh banyak diskon. wkwkwkwk.. lumayan banget lhoo..

    ReplyDelete
  2. Brarti ak masih boleeh nerima angpao mbaakk.... Yeeesss!!

    ReplyDelete
  3. Kalau angpaonya diberikan nggak pakai amplop, misalnya ditransfer, boleh nggak mbak Diah? :D

    ReplyDelete
  4. Aku malah baru tahu, amplop buat nikh sama single tuh beda ya. Walaupun ngak imlek, tp seneng liat tradisi imlek apalagi kl bisa dpt angpau juga hhahaha

    ReplyDelete
  5. Asik imlek datang. Si suatu mall di Jakarta ada bagi bagi angpau. Walau isinya cuma 2.000.

    Fakta imlek memang unik perpaduan budaya dan tradisi

    ReplyDelete
  6. Hohoho banyak bgt yang baru aku tau soal angpao. Terutama soal koin

    ReplyDelete
  7. jadi kangen angpao, waktu kecil aku suka ikut mamah ke rumah temennya yang imlek dan selalu panen angpao hihihi

    ReplyDelete
  8. HIhi...unik yaa...aku baru tau filosofi-filosofi seputar Imlek ini.
    Mereka itu detil sekali yaa...dari mulai warna, bentuk hingga cara memberikannya.

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata ada aturan2 tertentu ya..kukira bebas saja siapa yg memberi dan diberi.. TFS mba..

    ReplyDelete
  10. Pantas aja kalau sata imlek nuansa merah itu dominan Ternyata dari warna ada sendiri

    ReplyDelete
  11. Mmmm...jadi paham soal angpau hehe.. waktu kecil aku masih dapet angpau, sekarang sudah besar ngga dapet hihi masih ngarep.. eh pernah deh, waktu masih kerja, bos aku merayakan imlek dan aku dapet angpau juga.. dan memang sih uangnya uang baru.. ngga lecek

    ReplyDelete
  12. Dulu waktu aku masih kerja, kalau imlek gini seru mbak suka ada bagi2 jeruk dan kue bulan hehe.

    Pantesan banyak yang jualan amplop merah kalo imlek yah, ternyata ada filosofinya.

    ReplyDelete
  13. Beberapa fakta mengenai angpao ini ada yang sudah saya tau, tapi baru tau sih mengenai pemberian angpao berupa uang logam itu :D

    ReplyDelete
  14. Really? Baru tau saya kalau semua gak terima angpao yah ada pengecualian. Memang sih, tradisi china sarat dengan maknanya yang filosofis

    ReplyDelete
  15. Waktu aku masih kerja, adiknya bosku suka bagi-bagi angpau dan jajanan seperti permen, kue, pokoknya yang manis-manis gitu. Sekarang aku udah resign, mau ke kantor kok sungkan, dikira pengen dapat angpau, hahaha

    ReplyDelete
  16. Baru tahu soal nominal uang yg ga boleh angka 4 atau ganjil. Senamgnya yg masih lajang bisa ttp dpt angpao meski dah mapan. Dptny uang mulus lagi... Coba itu angpaonya buat yg single diganti isinya dgn jodoh mereka. Senang tuh pastinya hehehe...

    ReplyDelete
  17. Hoo gitu ya ternyata mau ngasi angpao pun ada syaratnya dan ketentuannya. Sepintas keliatan ribet tapi namanya kepercayaan ya.

    ReplyDelete
  18. wah baru ngerti tentang angpao setelah baca artikel ini. Tambah ilmu baru setelah ikutan BW

    ReplyDelete
  19. Huhu ternyata ada aturan n ketentuannya ya...memang sih memberi jgn sampai membuat penerimanya direndahkan mungkin ke sana jg maksudnya...ya..hehe

    ReplyDelete
  20. Angpao memang selalu merah yaaa mba.. dan isinya juga harus sesuai

    ReplyDelete
  21. Anakku selalu suka kalau imlek karena keluarga besar dari papa nya pasti ngumpul bareng dan bagi-bagi angpao hehe.

    ReplyDelete
  22. Dulu waktu sku kerja sama bos yg cina Surabaya, aku tiap th dpt ampau tuh mba, lumayan, aku baru tahu ini fungsi nya

    ReplyDelete
  23. Iya mbak, temenku udah seumuran aku, udah kerja dan kerjaannnya oke tapi krn belum nikah ya tetep dapat angpao hehe. Tapi dia jg kasi keponakan2nya sih :D

    ReplyDelete
  24. Aku baru tau kalau jumlahnya harus angka genap. Kalau 50ribu itu termasuk genap atau ganjil ya? Hahaaah binguuung..

    ReplyDelete
  25. Wah yang belum nikah menang banyak ya hihi nerima anerima angpao dan nggak boleh memberi angpao :)

    ReplyDelete
  26. yaa mirip2 sama lebaran kita yaa, k=ngasih uang ke ponakan biaanya nuker uang baru2 dulu buat mereka

    ReplyDelete
  27. Aku baru tau ada syarat2nya pembagian angpau itu boleh dilakukan oleh siapa aja. Yang baru aku tau kalau belum menikah walaupun makan gak boleh kasih angpau walaupun mapan ya karena terkait jodoh :)
    aku waktu kerja dulu pas imlek suka dapet angpau dari si boss

    ReplyDelete
  28. Saya baru tahu kalau yang memberikan angpau itu harus yang sudah menikah. Meskipun sudah mapan dan memiliki pekerjaan, kalau belum menikah masih bisa terima angpau ya...asyik dong hehehe

    ReplyDelete
  29. Dulu pas ngantor, dapat angpao selalu ditujukannya untuk anak-anaknya. Yah meskipun tetep yang pake uangnya ya emaknya :))

    ReplyDelete
  30. Oh kalo imlek tuh angpaunya ga boleh uang logam ya. Ya iya sih kalo logam kan nominalnya sedikit hehe

    ReplyDelete
  31. 6 tahun di Hongkong tiap imlek dapet angpau, rasanya senang mba ahhaha. emang dibedakan banget yang nikah dan belum nikah jadi kangen imlek dapet angpao

    ReplyDelete
  32. Maulah aku angpao dari mama Faraz buat jajan hihii
    Iya ada khusus yg blm dan sudah nikaaah yaa dii

    ReplyDelete
  33. Enak juga kalo single nya lama ya mbak bakalan tiap taun kebagian angpao

    ReplyDelete
  34. aku belum pernah dikasih ngpao yang benar2 angpao dari, pdahal bosku kerja dulu orang china... hadehh bos gimna ini....

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community