Explore the blog
Friday, January 04, 2019

Resolusi 2019 Versi Emak

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Yeay! Tahun baru, semangat baruuuuu. Telat banget yaah? Tapi daripada tidak sama sekali mending mari ikutan buat resolusi juga aah. Meski sebenarnya belakangan tidak begitu memaksakan diri untuk buat resolusi. Kenapa? Karena kalau menurut saya sih, jika terlalu banyak poin-poin yang dimasukkan dalam resolusi lalu nanti kenyataannya di akhir tahun cuma satu atau dua saja yang tercapai, rasanya itu gimana ya? Ada manis pahitnya, hihihih. Eiits, tapi penting lho itu buat resolusi biar kita jadi semangat untuk menjalani hidup sepanjang tahun ini. Biar jadi ingat kalau kita punya tujuan dan apa yang sudah kita rencanakan itu harus bisa kita wujudkan. Betul apa betul niiih? 🤔


Kebenaran banget, untuk tema collab kali ini Mbak Ria usul gimana kalau buat resolusi 2019 tapi versi Emak. Nah tuh versi Emak? Iyeess, namanya juga #TalkingMama jadilah pembahasannya tidak jauhlah dari persoalan yang dihadapi oleh Mamak-Mamak milenial jaman now. Habis baca disini mampir ke blog Mbak Ria juga yaah 🤗



1. Sabar 
Ini poinnya singkat tapi padat! Jujur nih saya akui kalau saya itu masih jauh dari kata sabar. Huuffft, masih sering gregetan kalau Si Kakak rewel mau ini itu padahal saya udah bilang tidak boleh! Jadilah saya uring-uringan sendiri juga. Tidak hanya itu saja, masih kurang sabar juga ini hadapin Si Bapak yang susaaahh banget dibangunkan. Padahal kalau pagi kan kita harus segera bergegas karena harus berangkat kerja. Begini nih nasib kalau gak bisa nyetir sendiri jadinya bergantung pada Si Tuan.  Sabar, sabarr. Yakin deh indah pada waktunya *eeehh maksudnya nanti suatu saat bisa mandiri juga biar bisa nyetir sendiri tapi entah sih itu kapan? Fiiuuh.

Baca juga: DiahAlsa Blog: 2018 Year in Review

2. Perbanyak Syukur
Noted to myself banget deh ini. Harus lebih banyak bersyukur agar rejekinya berkah dan InsyaAllah ditambahkan lagi dan lagi, Aamiin. Poin ini sebenarnya lebih mengarah ke ibadah, semoga saya bisa Shalat tepat waktu. Gak suka nunda-nunda lagi kalau sudah masuk waktunya Shalat. Biar bisa lebih dekat dan bujuk Sang Punya Segalanya agar saya diberi kemudahan dan rejekiNya. Punya beberapa PR ini yang harus diselesaikan *baca = bayar hutang, hihihih. 

3. Kurangi Mengomel
Hmm, ini masih ada kaitannya juga sih dengan poin nomor 1 di atas. Iyeeesss, saya masih suka ngomel ke anak, Si Kakak utamanya nih yang sering kena nyanyian tak merdu cerocos saya. Padahal sebenarnya sadar sih dia masih kecil belum ngerti apa juga, harusnya emaknya lah yang lebih waras. Tapi mau gimana, itu semua keluar begitu saja. Refleks aja ngomel ini itu. Lalu kemudian nyesal dan peluk anak sambil nangis minta maaf. Huhuhuh, maafkan mamakmu yang tidak sabaran ini, Nak! 😘


4. Rajin Eksperimen di Dapur
Alhamdulillah sekarang sudah tempatin rumah kami sendiri. Alhamdulillah, hanya ini resolusi tahun kemarin yang tercapai. Walau perjuangannya panjang dan harus ekstra menahan diri dari godaan jajan gak jelas, tapi bersyukur sekarang rumah ini sudah bisa kami tempati meski sebenarnya belum rampung benar. Flafon belum terpasang, pagar belum ada, air juga masih nebeng punya tetangga dulu untuk sementara waktu hingga kami juga bisa punya sumur bor sendiri *uuupss, malah curhat* 🙊

Nah, makanya, semoga di dapur yang sekarang, yang kondisinya lebih baik dari tempat tinggal kami sebelumnya, saya bisa menghasilkan makanan-makanan yang lebih baik lagi. Bisa bereksperimen ini itu untuk keluarga tercinta. Bonusnya semoga bisa sering update hasilnya di blog sebelah.

5. Quality Time Bersama Keluarga
Ini sih pengennya bisa banyak waktu dengan anak-anak dan suami. Pengennya sih kalau weekend itu suami punya banyak waktu di rumah. Main bersama anak-anak dan ngobrol banyak hal lagi bersama saya. Secara Beliau mah, liburnya gak jelas. Pengennya sih bisa jalan-jalan juga, main ke pantai atau kemana gitu. Tapi ya itu tadi paling mah jalannya kalau belanja bulanan saja, hoaaaam. 


6. Kurangi Gadget saat Bersama Anak-Anak
Hihihih, masih sering rebutan HP nih ama Si Kakak 😑 Yaaa gitu deh, emaknya pengen BW atau intip-intip WAG yang udah tang ting tung bikin penasaran, ramai benar gitu. Atau mau update status di WA untuk promo jualan biar tetap bisa jajan untuk diri sendiri juga anak-anak sih. Tapi ya itu, harusnya sih sadar, saat lagi sama anak-anak ya saatnya bermain bersama mereka. Secara udah dari pagi sampai sore tidak bisa bersama mereka seutuhnya. Yaaak, PR juga nih. Semoga bisa lebih mengendalikan diri deh. 

*****

Upss, nah kan kalau diminta tulis hal-hal seperti ini rasanya selalu kurang. Gak cukup gitu kalau hanya satu atau dua hal saja, buktinya ini jadi kepanjangan kan. Yasudahlah segitu saja deh resolusi Mama FZ untuk tahun ini. Semoga aja sih semuanya bisa terwujud, Aamiin. Ganbatte! 😎

Kalau Temans apa nih resolusi 2019 nya? Share juga yuuukkss!


Whould you like to comment?

  1. mari semua nya serba baru

    ReplyDelete
  2. Saya malah gak pernah bikin resolusi untuk keluarga, pasti zonk aja akhirnya 😅 jadi ngalir aja apa adanya. Tapi ini keren sih, semoga terwujud ya Mbak. Mampir di blogku juga ya, aku juga punya resolusi tahun ini.

    ReplyDelete
  3. Resolusinya lebih banyak ke perbaikan diri sendiri ya mba. Semoga bisa jadi pribadi yg lebih baik tahun ini. Amiin..

    ReplyDelete
  4. Point no. 3 saya ndak yakin!
    Secara mengomel itu talent seorang 'mak! hahaha

    ReplyDelete
  5. Mungkin resolusinya bisa diganti gini Mbak Diah, “Semoga tahun 2019 ini aku udah ada keberanian buat menyetir sendiri.”

    Tapi aku sendiri belum berani buat pegang setir, Mbak. Hahahaha.

    By the way, hutang puasaku juga bejibun Mbak. Hayuk atuhlah kita barengan nyaur hutang puasanya. Biar pas sahur ada temennya, hehhee.

    Semoga resolusinya tercapai semua ya Mbak Diah

    ReplyDelete
  6. Tersudut emosi bisa meluapkan kemarahan . ambil wudhu agar resolusi 2019 tercapai

    ReplyDelete
  7. Resolusi yang membuat hati tenang ya bund. Semoga istiqamah bund dan tercapai di tahun 2019

    ReplyDelete
  8. Paling butuh sabar banyak2 dan iya kurang2in ngomel 🤣 kasian amat yak anak2 gak tau apa2 malah kena omel mamanya, hihi..

    Semoga resolusinya tercapai ya mbak

    ReplyDelete
  9. Resolusinya hampir sama nih kayak aku. Tapi sampai saat ini aku kok masih males banget untuk memasak dan bereksperimen di dapur. Harus berusaha menghilangkan rasa malas nih aku sepertinya.

    ReplyDelete
  10. Aku nih mba harus perbanyak bersyukur atas segala nikmat Allah mba. Dan iya kayaknya juga untuk mengurangi ngomel ngomel. Hehhee. Alhamdulillah ya mba

    ReplyDelete
  11. saya juga 2019 ini kayaknya harus perbanyak lagi rasa syukurnya. Secara di tahun 2018 kemarin alhamdulillah dikasih beberapa rezeki yang tidak disangka-sangka. Dan insyaallah mau kurangi pemakaian gadget juga saat bersama anak

    ReplyDelete
  12. Aamiin. Saya suka bingung kalau bikin resolusi. Pengen bikin resolusi menurukan berat bada, tapi sekarang lagi mulai naik lagi :D

    ReplyDelete
  13. Wkwkw..ini resolusiku tahun lalu juga begini nih.. tapi seiring dengan bertambahnya usia anak-anak kita, intensitas nge-rock dan nge-rap ala emak muda biasanya akan semakin berkurang juga.

    Jadi nikmatilah keributan-keributan saat ini, Mbak.. ahahaha.. duh maaf, merasa senasib soalnya, jadi ya gini deh komennya. Wkwkw..

    Untuk ibadah, ini sepertinya harus jadi resolusi setiap hari ya, Mbak.. supaya kita tidak termasuk orang yang merugi. Aamiin..

    ReplyDelete
  14. Semangat berubah lebih baik ya Diah, demi hubungan yang terbaik juga dengan anak-anak. Kasihan kalo kebanyakan ngomel ntar anak malah bosen dan jadi nggak dengerin omelan kita, hihii

    Moga terwujud semua resolusinya, aamiin

    ReplyDelete
  15. Sabar. Nah, itu juga PR besar buatku mba..hehe.. Semoga resolusinya terwujud semua ya.. Aamiin..

    ReplyDelete
  16. Mantap mb resolusinya semoga sukses di 2019.

    ReplyDelete
  17. Resolusi 2019ku adalah menuntaskan resolusi 2018 yg dibuat di 2017, huahahahaa ketauan banget kalo resolusinya itu2 aja yaa :))
    Yang pasti tahun ini harus mulai peduli banget sama kesehatan, gak boleh bolong2 lagi minum air putihnya, banyakin eat clean & olahraga, doakan aku istiqomah yaa mba :)

    ReplyDelete
  18. Setuju banget terutama no.1. Sebagai emak harus sedia stok sabar extra buuaaaaanyyyaaaakk. Apalagi kalau ngurus anak yang masyaallah kelakuannya. Kalau udah nggak sabar ujung-ujungnya marah dan ngomel2. Tapi habis marahin anak ntar nyesel, minta maaf ke anak. Meski begitu, eh besoknya terulang lagi...hahaha...

    ReplyDelete
  19. kurangin mengomel itu yang susahhh diah buat aku hihihi tapi sekarang lagi ngerem juga ini ngomel ke anak, tapi tumpahnya ke suami hahaha. Semangat yaa diah semoga resolusi diah bisa tercapai tahun ini

    ReplyDelete
  20. Kurangi ngomel hahaha
    Saya banget nih, ngomeeeelll aja pagi dan sore :D
    Semoga di tahun 2019 ini, kita bisa jadi manusia yang lebih sabar ya, aamiin :)
    Kalau eksperimen di dapur, saya suka juga sih, tapi gak suka bersih2nya :D
    Sejak punya bayi lagi, mau ga mau kudu balik ke dapur lagi deh :D

    ReplyDelete
  21. Moga terwujud, Aamiin
    Resolusiku tahun ini sehat sekeluarga dan punya tabungan. Simpel tali mewujudkan keduanya banyak hal yang harus dilakukan: rajin masak, stop jajan, rajin olahraga dll. Giat ngeblog, punya dua blog, perluas jaringan, kerjakeras,dll wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Tahun ini saya tidak bikin resolusi. Soalnya lebih sering diingkari hehehe...

    Itu sih namanya, emak bandel yah.

    ReplyDelete
  23. Aduh, baca nomer 4 langsung sedih akutuuu. Dulu mah rajin banget masak dan eksperimen di dapur. Sekarang semenjak pulang kampung mau mulai lagi mageer banget. Mungkin karena udah keenakan masak bareng ibu terus kali ya. Segala properti pun masih rapi di kontainer, belum dibongkar lagi. Hiks.

    Ntu blog masak sama instagram dapurotun udah lama bianget nggak diupdate :(
    Semoga tahin ini bisa mulai lagi deh. Hap hap semangat!

    ReplyDelete
  24. Resolusinyaaa....mantap.
    Aku pernah juga memohon sama Allah agar anak pertamaku dewasa.
    Alhamdulillah~
    Allah langsung ijabah dengan hamil anak kedua.

    MashaAllah~
    Semoga dimudahkan untuk segala resolusinya.

    Semangaaat~
    \./

    ReplyDelete
  25. Aku senyum-swnyum sendiri baca yang kurangi me ngomel, ingin rasanya kubilang ke mama, Ma resolusi kurang ngomel ada gak, #langsungkbur 😂

    ReplyDelete
  26. No.6 bener banget tuh karena gafget bisa bikin masing2 individu asyik sendiri lupa kebersamaan .menjauhkan keakraban yg lama kelamaan menimbulkan sikap cuek anak pd lingkungan. Itu antara lain mnrt bunda.

    ReplyDelete
  27. Duuh sabar dan cerewet nyambung banget ya mbak..akupun masih perlu nambah stok sabar nih. Thanks tuk sharing resolusinya ya.

    ReplyDelete
  28. Resolusi nomor 3 sama 6 sama nih kayak resolusiku, hihi. Pengen ngurang2in emosi sama ngurang2in main gadget kalo lg sama anak. Bismillah semoga bisa

    ReplyDelete
  29. Mantap noh semoga terwujud ya resolusinya..

    ReplyDelete
  30. semangggatt....resolusi pastinya perubahan terbaik yg akan dicapai.

    kalau ga ngomel2 itu bukan emak2...haha. itu sih yg aku perhatikan sama emak2.

    ReplyDelete
  31. Buahahhah resolusinya aku banget iniiiih. Samaaaa Maaaakkkk wkwkkwkkw. Apalagi yang poin nomor 6 itu, duh susahnyaaaa ya. -____-

    ReplyDelete
  32. Aamiin, semoga dimudahkan ya mak. Aku nyontek ah yg banyak sabar dan bersyukur yg ngurangin ngomel juga ah.

    ReplyDelete
  33. Itu kayaknya resolusinya buat aku juga nih sebagai emak-emak, suka kurang sabar menghadapi anak-anak dan suka ngomel, ya Allah mudah-mudahan bisa jadi resolusi saya juga nih supaya lebih sabar, dan semoga resolusi mba Diah juga tercapai semua, aamiin

    ReplyDelete
  34. Huaaaah, ini sih reminder banget buat aku. Aku juga kudu bikin resolusi yang sama. Huhuhu... dosa-dosaku semua inih. Apalagi yang ngomel-ngomelnya. Ihiks...

    ReplyDelete
  35. Yang eksperimen di dapur ini tampaknya cukup menantang. Secara aku nih gagap banget dengan urusan masak memasak. Tapi sekarang udah di rumah aja kayaknya banyak kesempatan untuk ngulik dapur.

    ReplyDelete
  36. MasyaAllah mba Diah, aku jadi gemes ngerasain kehidupan seorang ibu hehehe
    Anak-anak selalu menggemaskan ya, saya juga ngurangin gadget waktu sama suami padahal ya pengen intip WAG juga ya biar produktif. Soal sholat tepat waktu aku juga setuju banget mba hehehe samaan. Semoga tercapai resolusi tahun ini aamiin

    ReplyDelete
  37. nomer 4 agak susah kalo aku kayaknya mba.
    banyak godaan.. haha

    Apalagi buat emak2 yang kerja, alesannya bnyk bgt. capek dan sebagainya. hihi..

    ReplyDelete
  38. kurangi mengomel ini resolusi abadi sepanjang hayat kayaknya ya mb.. hahaha. kalo aku sih, selain kurangi ngomel ke anak, kurangi juga ngomel ke suami, wkwkwk XD

    ReplyDelete
  39. Wah semoga tercapai ya resolusinya tahun ini. Buatku, susah semua tuh hihihi..

    ReplyDelete
  40. Kurangi gadget saat dengan anak itu tantangan banget ya mbak hihi

    Keren resolusinya mbak. Aku padamu deh .. asyik juga ya aktifitas yang kayaknya sulit banget kalau diajdiin resolusi kali malah bisa berhasil dilakukan ya.

    ReplyDelete
  41. Semoga resolusi yang diinginkan bisa tercapai ya Mba apalagi yang quality time bersama keluarga. Hehehehehe.

    ReplyDelete
  42. ketika baca judulnya saya pikir salah resolusinya adalah posting artikel di blog sekian puluh artikel dalam sebulan,eeee.....ternyata dugaan saya salah....hahahah#sambil ketok ketok kepala Pakai Helm#

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^