Explore the blog
Sunday, September 23, 2018

Ngeblog Jaman Old VS Jaman Now

Bismillahirrahmanirrahim.....

Lagi blogwalking, terus baca postingan Kak Irawati Hamid tentang perjalanan ngeblognya yang hampir 3 tahun buat saya jadi pengen menulis hal yang sama juga nih. Gak apa-apa kan ya? Makasih lho Kak Ira, udah menginspirasi saya untuk menulis ini juga.


Hmm, baiklah. Kalau dilihat dari arsip blog ini, saya udah menulis disini lebih dari 12 tahun lamanya. Woow, lebih dari 1 dekade yak, heheheh. Yeaah, saya bisa dibilang ngeblog itu dari jaman old hingga jaman now. Dari sejak saya masih kuliah, masih single hingga sekarang udah jadi mamak-mamak muda gini.

 

Ngeblog Jaman Old

Seperti yang saya bilang tadi, kalau saya ngeblognya sejak masih kuliah dulu, akhir Januari 2006 saya mulai menuliskan cerita-cerita saya disini. Dulu, ngeblog itu just for fun aja, lebih kepada sarana curhat digital biar lebih irit diary gitu, gak usah beli lagi setiap kali diarynya penuh. Nah, karena seiring perkembangan dan saya mulai kenal dengan blog, terjunlah juga saya untuk membuat blog. 


Ngeblog kala itu...
  • Sejak awal ngeblog, seperti niatnya sebagai catatan harian jadilah hampir tiap hari disempatkan untuk menuliskan rekapan cerita hari itu. Ngapain aja, kemana aja endesbrei endebrei. 
  • Mulai mengenal teman-teman lain sesama blogger, blogwalking dari blog yang satu ke blog lainnya. Yang pada saat itu lebih didominasi pada Emak-Emak muda kece yang punya anak satu atau dua, yang senang menuliskan cerita kesehariannya yang tentu saja tokoh utamanya lebih kepada cerita anak-anak mereka, tumbuh kembang anak dan aktivitas seru mereka. Dari mereka jugalah saya belajar banyak mengenal dunia anak *tsaaah*. Namun sayang, Emak-Emak itu udah pada gak eksis ngeblog lagi, anak-anaknya juga udah pada beranjak remaja. 
  • Rajin gonta-ganti template. Nah, dulu itu hampir tiap hari bisa ganti template blog. Kalau lihat ada template baru yang lucu langsung deh diganti. Hmm, dari sini juga sedikit demi sedikit saya belajar coding secara otodidak. Googling caranya, baca tutorial sambil tanya-tanya juga ke Emak blogger yang doyan ganti template, ada rasa kepuasan tersendiri kalau berhasil ganti template itu. 
  • Belajar edit foto juga photoshop. Yaa, walau ini belajarnya cuma sekedar kulit luarnya doang, tapi cukup puaslah. Demi apa? Ya demi bisa edit gambar yang diinginkan. Ohya pernah belajar buat banner animasi juga dan ada beberapa teman malah request dibuatin juga padahal hasilnya simple banget, heheheh. 
  • Yeaay, kopdar. Serunya itu ketika bisa berkesempatan langsung kopdar dengan sesama blogger. Alhamdulillah, 2007 lalu saya berkesempatan kopdar dengan Emak-Emak yang saya hanya kenal lewat cerita di blognya ini secara langsung. Pas banget waktu itu lagi ada kegiatan di Jakarta jadi bisa ketemu langsung dengan beberapa diantara mereka, senangnyaaa. 🤗
Hingga waktu berlalu, satu per satu Emak-Emak Blogger yang saya kenal itu menarik diri dari dunia blog. Sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing dan lebih eksis di sosmed saja. Sedangkan saya masih terus bertahan menulis cerita disini. Teman-teman pun juga makin bertambah karena sekarang yang ngeblog itu semakin banyak. 

Ngeblog Jaman Now

Bertahan menulis di blog ini karena udah terlanjur sayang, rasanya berat untuk pindah ke lain hati. Dari dulu juga saya menganggap blog ini adalah rumah pertama saya. Tempat dimana saya bebas mengekspresikan diri, bercerita dan berkarya *ecieleeeh*.

Seiring perkembangan, dunia blog pun juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sekarang lebih didominasi dengan blog yang tidak gratisan lagi. Awalnya saya sempat galau antara tetap bertahan dengan flatform gratisan ini atau ikut arus blogger lain yang sudah pada move on menjadi Blogger Profesional, punya top domain level. Singkatnya, tidak numpang dengan embel-embel blogspot atau wordpress lagi melainkan punya alamat sendiri menjadi dotcom atau dotcodotid, dotinfo, dotme, dotnet dan lain-lain.

Yah, saya galau menentukan sikap dalam ngeblog. Tetap menjadi blogger yang idealis pada niat awal ngeblog for fun dan istiqomah pada yang gratisan atau ikut arus menjadi blogger yang profesional dengan meninggalkan yang gratisan. Bahkan katanya jika sudah memiliki blog yang berdomain tawaran kerjasama dengan blog jadi terbuka luas. Woow! Fantastik. Dan akhirnya saya pun juga memilih untuk move on, harus realistis juga kan ya bahwa semakin hari kebutuhan juga makin nambah, kali aja ini bisa jadi pembuka jalan mencari rejeki tambahan biar bisa tetap jajan online *oups*. 😂
Jadilah di bulan September 2015 itu saya akhirnya resmi merubah alamat blog ini nenjadi diahalsa.com dilanjut dengan menyamakan semu akun sosmed dan juga email, biar brandingnya semakin jelas *eciieee*. Yeaay, Alhamdulillah perlahan mulai berdatangan tawaran kerjasama dengan berbagai brand dan jadilah saya pun merasakan juga berkah ngeblog ini. Meskipun job untuk saya tidak seramai teman-teman Blogger yang lain tapi saya percaya dan yakini kalau rejeki gak akan tertukar. Udah digariskan dari sananya tinggal gimana kita melaksanakan dengan baik sebuah job yang diberikan agar klien menjadi senang.

Ngeblog saat ini...
  • Berlomba membuat konten yang menarik. SEO friendly agar bisa terdetek oleh mesin pencari, utamanya Google. Bisa berada di halaman pertama ataupun kedua itu menjadi pencapaian tersendiri dan membuat Blogger lebih bersemangat lagi dalam ngeblog
  • Tidak hanya SEO friendly, sebisa mungkin postingan dilengkapi dengan foto yang sesuai tema ataupun dengan menggunakan infografis yang membuat orang menarik untuk membaca dan berlama-lama tinggal berkunjung di blognya. 
  • TOP level domain. Atau lebih kerennya blog yang sudah tidak gratisan lagi. Blog-blog yang seperti inilah yang diminati oleh klien. Tentunya Blogger pun harus mengeluarkan budget tertentu untuk menjadikan blognya berbayar ini. 
  • Isi blog jadi semakin beragam, tidak hanya sekedar curhat keseharian saja. Tetapi juga banyak info yang bisa dijadikan sumber referensi ketika mencari suatu barang atau produk tertentu karena adanya sponsored post yang diterima oleh Blogger. 
  • Sekarang lebih sering ngeblog dari HP ketimbang laptop ataupun komputer. Gimana yah, bagi saya ngeblog dari HP itu sangat praktis, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meski layarnya kecil dan tak sebebas di laptop sih tapi tetap aja koq merasa nyaman. 
  • Memperhatikan nilai DA/PA karena ini jadi salah satu kunci dalam nego harga untuk sebuah job! 😆


Yah, begitulah ngeblog jaman old vs ngeblog jaman now versi saya. Masing-masing punya keseruannya sendiri. Tetapi ngeblog jaman now itu sebisa mungkin agar blognya tidak gratisan lagi, apalagi sekarang sudah banyak penyedia jasa web murah yang profesional yang bisa jadi solusi, yah salah satunya Niagahoster.

Salah satu kunci ngeblog bagi saya adalah bagaimana mempertahankan mood agar tetap bisa terus berkarya. Tidak membiarkan diri dikuasai rasa malas sehingga akhirnya blog jadi terbengkalai,  tidak ada blogpost baru yang akhirnya membuat pengunjung menjauh pergi karena tidak ada cerita baru untuk dibaca. Yeaaah, jujur ini jadi PR berat saya karena  masih sering mengalami seperti ini. Tapi jika rasa malas itu muncul biasanya saya mengatasinya dengan memperbanyak blogwalking, kali dari postingan teman menjadi insipirasi saya juga untuk kembali menulis atau menuliskan cerita dengan tema serupa. Seperti halnya blogpost kali ini.

Saya sendiri sebenarnya punya beberapa blog dengan tema berbeda tapi sayangnya karena saya yang tidak sanggup membagi waktu untuk mengelola semuanya jadilah blognya jarang update. Ada niat sih untuk men-TLD-kan blog-blog itu tetapi saya belum berani karena merasa masih belum sanggup mengurusnya satu persatu. Jadi biarlah untuk saat ini saya fokus ngeblog  di blog yang sedang Teman baca ini saja. 😀

Nah, gimana pengalaman ngeblog kalian? Share juga yuks! 😉


 

Whould you like to comment?

  1. Asiiikk. Berarti bulan ini domainnya ulangtahun ke-tiga ya Kak.

    ReplyDelete
  2. Et daaaaagh ibu ngeblognya ibarat cicilan BTN sudah lunas, buuu! *standingapplouse*. Bisa terpilih sebagai blogger istiqomah ;)..
    .
    .
    Saya jika bercermin mendedikasikan diri sendiri sebagai blogger petakilan. Gonta-ganti akun blog. Di blogspot punya 3 akun. Di wordpress punya 2 akun. jadi tidak (((fokeees))).
    .
    .
    Namun karena terjerat racun dari ibu, saya memilih istiqomah dengan membranding diri saya dengan nama raya makyus. Akun wordpress kedua loooh ini. Juaraaa 1! hahahaha.
    .
    .
    Saya ngeblog sejak tahun 2007.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kek mama ahmad di, blognya hidup segan mati tak mau :

      Delete
  3. wagelaseh mba udah 12 tahun bo udah lulus sekolah banget hahaha..

    mba nanya dong ngeblog pake HP begimana caranya ku belum bisa soalna huhuhu

    ReplyDelete
  4. Hormat ke suhu,
    Keren mbk dr 2006 dan masih ngeblog sampai sekrg, saluuutttt. Pasti banyak ilmu dan pengalamannya nih. Makasih bgd udh share cerita soal ngeblog zaman old dan now. Sukses selalu mbk diah

    ReplyDelete
  5. Ngeblog zaman dulu lebih sederhana. Hanya menulis dan blogwalking. Kalau sekarang udah banyak yang monetize jadi lebih ribet. Bukan berarti jelek. Keduanya sama-sama bagus. Tetapi, kadang-kadang saya kangen dengan suasana ngeblog zaman dulu

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya kangen juga sama ngeblog jaman dulu, menulis yang receh receh nggak peduli sama niche atau SEO, tapi senang juga sih sama ngeblog jaman now, bisa dapat duit ha ha ha

    ReplyDelete
  7. aku kok nggak ngerasa ada perubahan ya dengan gaya ngeblogku. begitu-begitu aja gayanya. susah move on dari gayaku sendiri. jadi, mungkin rada2 ketinggalan jaman gaya ngeblogku. biarlah. hehehe.

    ReplyDelete
  8. begitu bikin blog baru, aku aslinya terinspirasi dari blognya indah nuria yang isinya foto2 dia selama tugas di new york sana. jadi, sedikit kalimat, tapi banyak foto. aku pikir, wah... ternyata enak juga liat blog yang banyak foto dan minim cerita. jadilah aku meniru gayanya indah nuria pas bikin blog baruku ini.

    ReplyDelete
  9. Aku jadi ingat saat pertama kali kopdar, Mbak, hepiiiiii banget rasanya. Soal postingan tentang cerita anak2, hooh, sampai sekarang, punyaku yang ramai ya postingan itu.

    ReplyDelete
  10. Makasih say, sudah terinspirasi dengan tulisanku 😘


    Ckckck, sudah lama Skali mhe ngeblog di say? Dibandingkan dirimu, sepertinya saya hanyalah buih di lautan 👍

    ReplyDelete
  11. aaah aku juga jadi pengen curcol soal ngeblog dahulu dan sekarang deh mbaaa hehehehe

    ReplyDelete
  12. Wah lama juga ngeblognya ya mba..kalo saya mah baru dari 2011 saja.. Dan kegalauan ganti domain ke TLD jg pernah kurasakan..hehe.. Salam sukses mba..

    ReplyDelete
  13. Aku juga melewati proses dari tahun 2009 hingga saat ini mba. Ternyata memang perlu dinikmati ya proses ngeblog itu kaya punya anak yaaa...makin lama makin gede, beda cara ngurusin pas jaman masih baby hihihi

    ReplyDelete
  14. Ngeblog jaman dulu banyak curhatan pribadi heheh eitu aku alami juga. Kadang skr kangen masa-masa itu juga

    ReplyDelete
  15. Betul mbak..nulis blog biar rajin harus benar-benar bisa mengelola mood ya :)

    ReplyDelete
  16. Aku rau da pa juga sekarang ini mba. Hehe dulu sejak 2007 ngeblog cuma tau curhat doang apalagi jaman kuliah. Hihihi. Dan alhamdulillah nya aju jg tipe yang nyaman ngeblog dengan hape.

    ReplyDelete
  17. Wih, saya mindeeerr hehehe baru berapa bulan belajar nge blogg, salim dulu sama senior ah hehehe

    ReplyDelete
  18. Aku ngeblog pas mau lulus kuliah.. dan Devi yg bikin ku semangat lagi. Tapi dia sibuk skrg. Nggak sempat ngeblog lagi.
    Aku udah candu sama ngeblog.. masih sampe skrg 😅 kita blm kopdar2 yaaa haha. .

    ReplyDelete
  19. Buset, ternyata Mbak ngeblognya lebih senior dari aku yaaa. Aku buat blog th 2010, tp mulai isi 2011. Ngeblog sekarang udah jauh beda

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat momen pertama dapat job review tentang mukena, senangnya bukan main ^^.
    Ngeblog menurutku sangat menginspirasi.
    Inspirasi bisa datang lewat BW atau pas melakukan riset tulisan.
    Nah yang terakhir ini yang paling sering membuat wawasan meningkat dan belajar melihat sesuatu dari persfektif berbeda.

    ReplyDelete
  21. Hihihi... kalau saya dari zaman ngeblog tahun 2006 sampai sekarang, nggak tahu kenapa sering banget tergoda buat gonta-ganti template. Padahal kan bisa bikin lieur si Google ya...

    ReplyDelete
  22. Dulu aku demen banget curhat menye2 dan malah itu yang mendatangkan PV lebih tinggi. Kalau sekarang ngeblog masih suka curhat juga sih, cm ga menye2. Ahaha
    Btw, aku juga pake jasa niagahoster buat bantuin bikin domain

    ReplyDelete
  23. Menjaga mood utk selalu posting secara konsisten...nah ini PR banget untukku mba. Ngeblognya di antara keriweuhan ngantor soalnya 😁

    ReplyDelete
  24. Toss dong suka ganti ganti template karena happy ngelihat template yang baru yang unyu yang bikin gemes tapi sekarang jarang banget ganti template. Ngomong ngomong soal domain, sayapun berganti domain dengan nama sendiri juga untuk membuka tawaran kerja sama. Sukses selalu ya, ngeblognya

    ReplyDelete
  25. Yang pasti, ngeblog jaman old lebih banyak gak peduli terkait dengan SEO dsb. Ngeblog curhat, paling banter posting hasil nulis yg tembus media. Ngeblog jaman now, lebih banyak JR nya, hehe. *ini tantangan saya, nih. Biar bisa konsisten ngeblog dgn tujuan awal saya. Makasih sharingnya, ya, Mbak...

    ReplyDelete
  26. Ternyata awal mula kita ngeblog sama, Mbak. Sejak kuliah, single, dan sekarang ini. Cuma beda tahun lah, ya. Wkwkwk Perbedaan ngeblog zaman dulu dan sekarang jelas terasa bangettttttt. Sekarang makin ahli2 blogger2nya. Aku ketilep karena jarang posting. hiks

    ReplyDelete
  27. Blog ku TLD di akhir 2016. Dejak saat itu intensitas nulis bertambah namun postingan organik semakin berkurang hihihi

    ReplyDelete
  28. hampir sama mbak pengalaman ngeblog kjita, dulu cuek aja mau nulis diary dan post sesuka hati skrg harus di optimize ya hihi

    ReplyDelete
  29. Waah sudah lama ya ngeblognya, pengalamannya sudah banyak, ngeblog zaman sekarang memang jadi lebh beragam ya

    ReplyDelete
  30. Aku kalau ditanya ngeblog jaman dulu, pasti deh isinya tulisan aku saat masih kerja di majalah dulu mba. Jadi agak kaku dan mirip majalah daripada blog. Tapi aku bersyukur blog aku skarang bisa dpaat pendapatan dari ngeblog :)

    ReplyDelete
  31. Ngikik baca bagian ngeblog jaman old.
    Aku bangeett.
    Akhirnya malu dan pindah blog.
    Gk kuat baca ke alayan diri

    ReplyDelete
  32. Zaman old, nulisnya benar-benar suka-suka. Kalo sekarang udah banyak berubah, kejar tayang ups XD

    ReplyDelete
  33. Mbaaaak kita sama banget lah, aku pun memulainya dari tahun 2006, kebanyakn curhat dan random banget. Masih muda dan berapi-api. Seiring berjalannya waktu, dunia perblogan ini semakin berkembang.

    Semoga kita bisa konsisten dan kembali ke tujuan awal. Berbagi dan menginspirasi. Hehe

    ReplyDelete
  34. Jaman dulu paling repot sama Alexa rank yaa...
    Jaman sekarang bergeser...jadi DA/PA.

    Lebih teliti kayanya...
    APa sama aja, mba?

    ReplyDelete
  35. Kadang kangen juga sama ngeblog jaman dulu. Tapi seneng juga dapet penghasilan dari ngeblog. Cuma saya kurang suka kalau ada yang baper baperan soal job ngeblog he he. Padahal kan tiap orang ada rezeki masing-masing.

    ReplyDelete
  36. Samaa! Dulu sering banget gonta-ganti template. Terus pakai burung atau kupu-kupu yang bisa gerak-gerak hihihi...
    Kalau sekarang memang lebih fokus memperhatikan konten.

    ReplyDelete
  37. Bunda sebenarnya suka heran kl ada anak muda yg gsk suka ngeblog, pdhl ngeblog kan isa disamakan dengan Diary. Tulusan kita di bkog lama2 bisa dibukukan dan tak busa hilang, tp kl di diary? Keujanan buku diarynya basah dan lecek blm kl lupa naroknya bingung deh tp kkl di blig kan amaan.kl may dujadikan warisan bisa dibukukan kl gak juga gakpapa. Nah, hayo yg blom punya blog segera bikin blog. Eh #ngajaksiapaya lha semua di sini udah jago ngeblog semua tuh. Pokoknya kontennya menarik banget. Salut

    ReplyDelete
  38. noted bgt nih mb supaya kita bs konsisten jaga ritme ngeblog yaaa. TFS mb^^

    ReplyDelete
  39. Jadi ingat dulu blog ku masih berantakan, belum mengenal yang namanya SEO. Alhamdulillah sekarang lebih ngerti aturan nulis blog

    ReplyDelete
  40. Awal ngeblog th 2008, tulisan masih 3 paragraf, foto masih alakadarnya. Alhamdulillah dari 2014 udh mulai enak dibaca dan foto2nya makin bagus.

    ReplyDelete
  41. Pengalaman blog saya panjang. Nanti saya tulis juga saat di zaman old dan now.

    ReplyDelete
  42. LOL, aku dulu juga demen gonta-ganti template padahal nulis belum tentu sebulan sekali. Hahahah.
    Sekarang udah lah pakai template yang itu aja.

    ReplyDelete
  43. Hihihi jadi ingat jaman awal-awal saya ngeblog :D

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah, dari hobi jadi rezeki nih mbk ya ceritanya. Semoga sukses lancar terus ngeblognya.

    ReplyDelete
  45. Dulu juga sering gonta ganti template krn bosenan, tp semenjak tau (dan juga ngamatin) template ada pengaruhnya ke pv jd gak pernah ganti lg

    ReplyDelete
  46. Aku kangen ngeblog jaman dulu, kopdarannn hehe. Sekarang udah jarang kopdar, keseringan ketemu dievent kayaknya blog zaman now. Iya sih kalau sekarang blog lebih diperhatiin dan terawat kan biar dapet cring cring hehe

    ReplyDelete
  47. Wawww ini senior banget ya mbak hehehe salim 😜

    Emang seru sih ngeblog ini, utamanya ya dapat banyak teman baru dan bacaan baru hehehe

    Keliatan ya klo istiqomah blognya ngehits banget. Followernya banyak, tulisannya enak dibaca, kerennn

    Semoga aku bisa istiqomah seperti dirimu ya mbak 😁😁

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^