Mencuci Tanpa Detergen? Ecowash dan Ecostick, Solusinya!

Bismillahirrahmanrrahim.....

Sebenarnya ini postingan yang sudah lama banget ngadem di draft, tapi belum juga sempat diposting. Nah, daripada dibuang sayang mending diteruskan dan ditayangkan saja. Semoga bermanfaat! 😀


Awalnya saya ragu ketika teman cerita bahwa dia mencuci pakaian sehari-hari keluarganya tanpa menggunakan detergen! Apalagi katanya dia juga mencuci popok anaknya, tepatnya clodi juga tanpa menggunakan detergen. Hiyaaa, dalam hati saya bertanya: heeee, emang bisa gitu? Mencuci dengan detergen saja kadang masih apek, harus pake pewangi pula klo sedang musim hujan. Apalagi mencuci clodi tanpa detergen, emang bisa? Kan kadang bau pesing bekas pipis kan masih sering tertinggal walau sudah dibilas sebelum dikucek pake detergen. Ini koq katanya bisa nyuci itu semua tanpa detergen? 😏

Hooo, penasaran dong saya. Lalu saya tanya deh apa rahasia dia mencuci pakaian dan clodi anaknya itu. Eng ing eng ternyata jawabannya adalah dia menggunakan laundry ball, ecowash. Katanya dengan barang ini dia bisa menghemat karena pemakaiannya bisa lebih dari 1000 kali mencuci, disamping itu ramah lingkungan pula karena mengurangi penggunaan detergen. Jadi katanya sih, dia juga kadang masih tetap pakai detergen tapi dengan jumlah yang lebih sedikit dari takaran normal biasanya. Artinya dengan menggunakan laundry ball ini kita juga ikut berkobtribusi untuk keberlangsungan hidup bumi ini. 

Iyah, karena ternyata yah bahwa penggunaan detergen itu bisa mengganggu ekosistem di muka bumi ini. Sebagai orang yang katanya bekerja di bidang lingkungan khususnya isu terhadap adaptasi perubahan iklim, saya juga mau dooong turut serta berpartisipasi untuk menjaga alam. Yah, mungkin dengan mulai sekarang mulai mengurangi pemakaian detergen itu. 


Mulailah juga saya untuk mencoba memakai ecowash itu. Tentu saja dengan mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera di brosurnya. Sebelum pakaian saya masukkan ke dalam mesin cuci saya rendam terlebih dahulu selama kurang lebih setengah jam. Sempat kaget juga waktu lihat hasil rendaman yang keruh itu padahal biasanya kan klo merendam dengan air saja sisa kotoran yang menempel di baju akan keluar sedikit saja. Saya cium baunya pun ga ada yang berubah masih sama saja dengan air biasa. Selanjutnya saya pun memulai proses mencuci, pada pemakaian awal saya coba deh tanpa menggunakan detergen dan woow setelah mencuci saya lihat hasilnya, air cucian jadi keruh, artinya kotoran juga jadi terangkat dong yah? Wah bagus juga nih, lalu setelah proses cuci selesai lanjut menjemur dan setelah kering hasilnya pun sama saja dengan menggunakan detergen, gak ada apek juga malah terlihat fresh dan mudah dilipatnya.


Masih penasaran dengan si ecowash yang katanya juga bagus digunakan untuk mencuci clodi, saya pun bergegas untuk mencoba mencuci tumpukan clodi Faraz hari itu. Biasanya saya rendam dulu pakai detergen para clodi yang sudah dibilas di bawah air kran. Seringnya emang ditumpuk dulu, biar sekalian aja nyucinya, biasanya klo Faraz bobo langsung deh cuuzz cek-kucek.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Ecobum

Nah karena ceritanya mau coba keefektifan si bola ajaib - laundry ball ini, saya pun hanya merendam tumpukan clodi yang sudah dibilas dengan air kran saja tanpa menggunakan detergen lagi, cukup dengan laundry ball sebagai penggantinya. Karena laundry ball ini emang bukan detergen jadi aroma rendaman gak ada perubahan, tetap aja seperti merendam pake air. Eh tapi, bau pesing bisa hilang lho setelah si clodi direndam dengan laundry ball itu. Cukup kucek-kucek aja lagi, lalu lanjut bilas. Karena bukan detergen, jadi busa pun tak ada. Bisa hemat air, tidak meninggalkan residu dan tidak merusak lingkungan juga. Jadi, si bola cuci ajaib ini secara tidak langsung bisa menggantikan fungsi dari detergen sebagai pencuci. 

FYI nih yah, klo residu atau ampas (sisa) zat kimia yang terkandung dalam detergen itu bisa merusak lingkungan - ekosistem air. Iyah, saya juga baru tahu itu dari hasil baca sana sini dari berbagai sumber. Coba aja search dengan keyword: "bahaya residu detergen".

Setelah tahu fungsi dan cara kerja si laundry ball, si bola cuci ajaib itu jadi lebih hemat penggunaan detergen doong. Yaay, berhubung sekarang punya baby lagi saya pun mulai keluarin lagi stock clodi dan tentunya cuci para clodi dengan si bola ajaib dong. Ohya, klo bayi kan hampir tiap ganti popok itu pasti ada pupnya kan ya? So pasti lah si pup itu nempel di clodi, tembus ke insertnya juga dong yah. Jadi perlu tenaga extra untuk kucek-kucek. Aahaa, untungnya ada ecostick, stick ajaib yang bisa menghilangkan kotoran. Jadi penggunaannya itu seperti penghapus pensil, cukup digosok dikit ke bagian yang kotor, kucek dikit, hilang deh. Wanginya pun juga harum alami loh karena terbuat dari bahan alami yang pastinya ramah lingkungan. Tidak hanya itu saja sih, si Ecostick ini pun juga saya gunakan untuk mencuci baju seragam Kakak yang sering banget ketumpahan susu coklat lho, daan yeaay berhasil hilang itu noda coklat bekas susu hanya dengan menggunakan ecostick.

Overall, dua benda ajaib ini recommended bangetlah sebagai penolong mamak-mamak untuk urusan cuci-mencuci. Selain ampuh untuk membersihkan noda, ecowash dan ecostick itu hemat dan pastinya juga ramah lingkungan. Jadi, tunggu apalagi Mak? Yuks, lah segera dicoba juga yah dua benda ajaib ini 😎


*Selamat Hari Bumi*



7 comments:

  1. Wah.. tapi nggak apek ya di. Ku nggak biasa tanpa sabun jadi brasa hampaa 😂 mungkin mau nyoba buat baju yg nggak trlalu kotor

    ReplyDelete
  2. Idenya kreatif banget mbak ...

    ReplyDelete
  3. infonya bermanfaat banget,detergen itu dapat merusak ekosistem dan ini solusi yang tepat....

    ReplyDelete
  4. Detergen memang bahaya banget apalagi buat lingkungan ...

    ReplyDelete
  5. Cara menggunkannya nya juga mudah,patut untuk dicoba dirumah nih...

    ReplyDelete
  6. Baru tau nih,ada cara mencucci pakaian tanpa detergen.Makasih infonya ...

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^