Sunday, April 29, 2018

Semangat Kartini, Semangat Wanita Hebat Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim.....

Bulan April itu biasanya rame dengan nuansa  Kartini, iyah itu semua untuk memperingati hari ulang tahun Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April. Siapa sih yang gak kenal Kartini? Sosok wanita tangguh yang pada masa itu berani dan rela membela kaumnya. 


Berawal dari kehidupan Kartini kecil yang hanya lulus Sekolah Dasar dan tidak diperbolehkan  oleh orang tuanya untuk melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Meskipun tidak lagi melanjutkan sekolah, rasa cinta terhadap dunia pendidikan tetap ada. Beliau pun mengumpulkan buku-buku pelajaran dan ilmu pengetahuan yang kemudian dibacanya di taman rumah, tiada hari tanpa membaca. Melalui buku-buku yang dibacanya Kartini remaja pun tertarik pada kemajuan berfikir wanita Eropa khususnya Belanda yang saat itu masih menjajah Negara Indonesia tercinta ini.

Dengan wawasan yang didapatnya, timbullah keinginan untuk memajukan wanita Indonesia. Yang mana saat itu, perempuan tidak diizinkan untuk meneruskan pendidikan, wanita saat itu harus siap sedia di dalam rumah. Mengurus rumah tangga, suami dan anak-anak. Kartini tidak menginginkan hal seperti itu, Kartini ingin agar wanita Indonesia bisa maju, bisa mempunyai hak yang sama dan merasakan kesetaraan antara pria dan wanita.  Dan saat ini, semua usaha Kartini pun bisa kita rasakan,  sebagai wanita kita pun bisa merasakan sekolah yang lebih tinggi, bisa bekerja di tempat yang sama dengan para pria, yang biasa kita kenal dengan sebutan emansipasi wanita. 
Wanita masa kini tidak hanya berdiam diri di dalam rumah, tidak sekedar menunggu rumah, mengurus keperluan rumah tangga, suami dan anak-anak. Tetapi wanita Indonesia kini telah maju dan mempunyai hak yang sama dengan kaum pria. Usaha keras Kartini masih tetap terus diperjuangkan oleh lembaga-lembaga yang berbasis perempuan agar apa yang telah dirintis oleh Ibu Kita Kartini  tetap terjaga. Saat ini kita bisa dengan mudah mengakses semua informasi dan juga mengembangkan diri, kreativitas kita makin terasa salah satunya adalah dengan penggunaan media komunikasi; internet salah satunya. Dengan adanya internet ini dapat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan dunia luar, bertukar informasi, dan hal berguna lainnya.

Jika dulu, Kartini berkomunikasi dengan dunia luar masih dengan surat menyurat, di era yang semakin maju ini kita bisa berkomunikasi dengan siapa dan dimana pun bisa dengan mudahnya dengan menggunakan internet yang mana penyampaiannya bisa lebih cepat dan jelas, saat itu juga kita bisa menerima pesan dan informasi tidak harus menunggu lama lagi seperti zaman Kartini kita dulu. 

Di zaman sekarang sosok-sosok Kartini pun telah banyak mewarnai negara kita. Seperti dengan munculnya Megawati Sukarnoputri yang menjadi Presiden Perempuan pertama di Indonesia pada tahun 2001 - 2004. Selain itu, keikutsertaan Para Putri Indonesia setiap tahunnya di ajang Miss Universe dan juga Miss Indonesia pada ajang Miss World yang mana kegiatan-kegiatan tersebut merupakan ajang berskala Internasional yang bisa menjadi salah satu cara untuk menngenalkan Negara Indonesia kita ini ke seluruh penjuru dunia. Melalui seni, budaya, pengetahuan serta bakat dan keterampilan yang dimiliki oleh para Wanita Indonesia inilah mereka bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Negara kita.

Akhirnya setelah sekian lama mendam di draft, tulisan ini bisa tayang juga. Sekalian sebagai collab postingan Be Molulu yang mana bulan ini Jenk Rumi sebagai pemberi trigger post mengangkat tema Kartini Masa Kini

Semoga perempuan Indonesia terus bangkit dan bisa mengikuti jejak Ibu kita bersama, Raden Ajeng Kartini. Semoga semangatnya akan terus menular ke kita semua. Semangat Kartini adalah semangat bagi seluruh wanita hebat Indonesia. 
 

Selamat Hari Kartini buat seluruh wanita hebat Indonesia 🌻🌻


7 comments:

  1. Semangat kartini juga Mbak, semangat berjuang jadi kartini masa kini. :)

    ReplyDelete
  2. Klo menilik sejarah RA Kartini, aku lebih penasaran sama waktu wafatnya, klo ga salah waktu abis lahiran apa ya, pernah sekilas baca pas lagi rame2 promo film kartini waktu dian sastro yg main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, habis lahiran anak pertama beliau wafat.

      Delete
  3. Say... Saya baru mampir e

    Harus hebat ini di?
    hehe

    ReplyDelete
  4. Ini salah satu Kartini hebat masa kini, bisa bekerja di luar dan sukses menjadi Ibu Rumah Tangga.

    ReplyDelete
  5. Amin. Saya pikir ibu Diah adalah sosok kartini kecintaan duo FZ ;)

    ReplyDelete
  6. Kartini masa kini bisa berkarya di bidang apa saja. Banyak peluang terbuka lebar. Semangaaaaat

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers