Thursday, July 20, 2017

Nostalgia Jajanan Masa Kecil

Bismillahirrahmanirrahim.....

Selamat tanggal 20, artinya saatnya Sultra Blogger Talk kembali cuap-cuap bersama. Setelah diskusi panjang, akhirnya kami memutuskan untuk mengangkat tema yang sebenarnya udah pernah masuk list perdebatan kusir tapi kepending tayangnya. Jadilah daripada dibuang sayang, mending sekarang diceritakan saja. Sekalian deh bernostalgia dengan masa kecil karena kali ini kami akan mengambil tema jajanan masa kecil. Hayoo, itu siapa yang masih ingat jajanan masa kecilnya yang mungkin sekarang udah mulai langka atau udah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi jajanan gaahool masa kini? ๐Ÿ˜‹


Jangan lupa mampir di postingan SBTers lainnya juga yah
Waktu kecil saya sebenarnya bukan yang termasuk sering jajan, secara rumah dengan sekolahan itu jaraknya selemparan batu aja, guling-guling ngesot juga udah bisa nyampe jadilah lebih sering balik ke rumah cari makan daripada jajan di sekolah. Disamping itu kami juga sih gak dibiasakan untuk dikasih jajan berlebih, klo pun ada ya seadanya saja. Tapi gak jadi masalah karena toh di sekolahan juga cuma sampe siang, klo lapar, jam istirahat bisa pulang makan, heheheh.

Baca juga: Cita-Cita Masa Kecil

Eits, tapi bukan berarti saya termasuk anti jajan ataupun tidak pernah jajan yah. Nyatanya saya biasa jajan juga koq di sekolah. Seingat saya jajanan yang paling ngehits waktu jaman sekolah (SD) itu semisal: nyuknyang tusuk atau biasa kami sebutnya dengan nyotus. Klo sekarang mah lebih banyaknya siomay yaah, yang mirip-miriplah yah sejenis bakso-baksoan, heheheh. Lalu apalagi? Eits, dulu saya suka es kado. Es susu yang ditusuk pake tusukan es krim dan kulit bungkusnya adalah kertas warna warni yang bergambar unyu-unyu, yaah semacam kertas kado gitu deh. Sayangnya sekarang kayaknya udah jarang banget ditemukannya. 

Trus, ada es tong-tong juga yang seperti es krim terus disimpan di wadah yang bentuknya seperti kerucut itu loh ya. Ini sih sampai sekarang masih eksis dan sering lewat depan rumah ataupun nongkrong di sekolahan. Klo ada duit jajan lebih bisa pilih yang pakai roti biar lebih kenyang deh, xoxoxox.

Oh iyah, seingat saya sih jajanan anak SD waktu itu seputaran es-es-an deh. Selain es-es yang udah saya sebutkan tadi, ada juga es lilin dan es kue yang jadi idola anak-anak SD era 90-an. Eits jadi ingat, waktu kelas 5 dulu Wali Kelas kami itu jualan es lilin dan kami biasanya rebutan untuk bantu Bu Guru jualan, lumayanlah nanti bisa dikasih uang recehan klo udah selesai jualan, hihihih. 

Selain jajanan yang dijual Mas-Mas Penjual yang rajin nongkrong di sekitaran lingkungan sekolah masih banyak jajanan yang ngehits yang buat kangen saat ini karena banyak diantaranya sudah jarang atau mungkin sudah tidak diproduksi lagi. Seingat saya dulu saya tuh paling suka ngemil permen coklat payung, permen yang kemasannya berbentuk seperti payung. Rasanya seperti coklat biasa tapi karena bentuknya yang unik itu bikin jadi idola. Lalu adalagi tuh permen hot-hot pop yang bentuknya jempol kaki warna merah, duuhh ile klo udah emut itu satu mana cukup dah sama tuh dengan permen kacang yang judulnya butter nut Collin's, laaasiiizz ๐Ÿ˜


Baca juga: Menikmati Hidup 

Apalagi yah? Yeaay, ada mie gemez, huaaa ini suka sukaa sukaaa deh. Kriuk-kriuknya bikin nagih, gak perlu diseduh cukup diremas trus dicampur dengan bumbunya yang pas di lidah anak kecil #eh padahal mah anak kecil dikasih jajan apa aja mah juga udah surga, xixixix. 

Selain makanan ada juga tuh jajanan masa kecil yang banyak diminati, balon-balon. Ditiup pake pipet kuningnya terus dimainkan, klo udah bosan atau balonnya bocor dan udah gak bisa ditambal jadilah dipecahin aja sekalian terus diledakin di kepala, ceritanya cari kutu, hahahah. Ada yang seperti itu jugakah? Berarti masa kecil Anda bahagia, heheheh ๐Ÿ™‹

Aah, mengenang masa kecil yang unyu-unyu itu memang asyik banget deh. Saat dimana masih pada lugu dan tidak pusing soal dunia yang bikin pusing ini *halaaahh. Oke deh, cukup sekian dulu postingan kali ini ntar makin ngelantur nih, hahahah. 

Nah, klo Temans apa nih jajanan masa kecilnya yang sampai sekarang masih membekas di hati? Share juga yuks sambil bernostalgia ๐Ÿ˜„


Cheers^^



 

29 comments:

  1. es tong-tong itu sampe sekarang masih dijual. Lebaran kemarin Wahyu juga beli di mas-mas penjual es tong-tong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Kak, klo es tong-tong memang masih ngehits ji sampe sekarang :)

      Delete
  2. samaa, haha seangkatan kayaknya kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. toooossss dooong Mbak :)

      Delete
  3. Sa rindu es kado.... Terakhir ada mi inovasinya, dibuka pembungkus kadonya trus dicelup di coklat cair.. And than, si es jadi berbalur coklat getohhh..Nyamm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekinian memang ini Jenk satu, itu yg di Andunouhu masih ada kah? es lab atau apa gtu? ckckkck... es kado naahh, sa jadi ingin :p

      Delete
  4. Nyotus alias salome tawwa naaah. Itumiii jajanan yang se cari-carii ndak dapat sampe skg. Nyotus mirip2 syomai kayaknya. Tapi salome itu beda,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhah, salome diii.. itumi saingannya es gosrok :D

      Delete
  5. Kalau saya dari SD selain es2an sering jajan mie bungkus lalu dimakan mentah2 mbak :D. Tapi sering dilarang krn nggak bagus utk kesehatan jadi mie harus direbus/dimasak dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih sama dgn PakSuku nih Mbak, sampe sekarang malah doi masih sering makan mentah2 tu mie instan, ckckckk. Tp sekarang harus ngumpet, klo dilihat Bocah mah anaknya jg jadi mau :|

      Delete
  6. Saya kangen gula gait namanya mbak. Jadi dia itu permen. Awalnya hitam warnanya trus diputer2 biasanya dijual dengan 2 batang bambu, jadi diputer2 dengan 2 bambu itu sampai warnanya kuning. Baru deh bisa dimakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak lem gitu ya Mbak? terbuat dari gula merah bukan ya? :D

      Delete
  7. Aduh udah berapa tahun itu ya saya gak makan permen butter nut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Mbak, udah mulai langka ini :D

      Delete
  8. Cuma dapet 1 ya mba jajanan masa kecilnya. Saya kira dapet banyak gitu. Saya antusias banget baca judulnya, jadi keinget sama masa-masa kecil dulu. Sekarang rata-rata jajanannya udah pada ngaa ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan itu ada cerita ttg es, ada bakso juga Mas.
      saya emang sengaja gak pake foto yg lain karena lbh suka pake stock foto sendiri daripada comot punya orang :)

      Delete
  9. nyotus hahaha klo di aku kali yang ditusuk tuh batus > baso tusuk hahaa jajanan dlu sama sekarang mah beda y mba dulu yang es di serut entahlah itu esnya pake air mateng apa ga tapi tetep enak :D

    ReplyDelete
  10. Sa pecinta es kado tiap hari di SD pasti langganan hehe
    Salam knal mbk Diah kita satu pulau ji Palembang๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  11. Baso tusuk tu mb di yg tiada duanya. Di kota sambelnya kacang yg which is aku gasuka sementara pas fi kampung dulu saos ma kecsp yg mn klo dimam panas2 bikin perut ga bisa berhenti

    ReplyDelete
  12. Aku jg suka permen itu diah :D sama nano2

    ReplyDelete
  13. Dulu jajanan favorit waktu kecil mie anak mas dan arummanis :D

    ReplyDelete
  14. Waktu kecil errrr... mie lidi yang skr lagi heitz lagi tuh... dulu cuman ada rasa asin ato pedes aja... sekarang mah makin banyak rasanya... keju, balado, bbq... hahaha dan sampe skr suka loh beli tuh jajanan hahaha

    ReplyDelete
  15. Nyotus aku baru denger :D klo aku yaa mie lidi, permen yg gulali itu dii...klo jaman skrg chilor dan aku blm pernah nyobain...๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  16. gulali masih setia di hati,hehe

    ReplyDelete
  17. aku kok gak tau ada permen kayak gitu tante
    hehehhee

    ReplyDelete
  18. saya waktu kecil suka permen bliz, kertas warna hijau, isi warna putih. sering salah sebut jadi permen iblis.

    ReplyDelete
  19. wah, jadi ingat masa lalu.

    ReplyDelete
  20. waktu kecil aku suka permen coklat payung.

    ReplyDelete
  21. Butter nut itu favorit sampe sekarang, enak sih meski susah juga nyari penjualnya.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers