Wednesday, May 17, 2017

7 Prinsip Makan Sehat Saat Hamil dan Menyusui aLa Milda Ini

Bismillahirrahmanirrahim.....

Haiii haii, udah lama banget nih gak tulis tentang teman Blogger. Yuks ah kita kenalan lagi dengan salah satu member Group 3 yang kali ini adalah kesempatan mengulik tentang Mbak Milda Ini Blogger asal Bengkulu yang paling aktif banget promoin tentang Bengkulu loh. 

Eh tapi kali ini saya gak mau bahas Mbak Milda dan Bengkulu nya karena udah ada beberapa Teman Group yang lebih dulu bahas tentang hal itu. Saya sepertinya lebih tertarik untuk membahas tentang satu artikel yang diposting Mbak Milda di blognya yang berjudul 7 Prinsip Makan Sehat Pada Saat Hamil, kebetulan banget kan ya status saya yang sebagai bumil ini, heheheh. Pas banget beberapa waktu lalu juga saya sempat 'mengadopsi' buku Mbak Milda yang berjudul Nutrisi Penting Ibu Hamil & Menyusui Golongan Darah O. Iyah, saya sengaja ambil yang golongan darah O karena itu golongan darah saya. Jadi gak ada salahnya juga dong yah klo di share dimari 😇


Nah, mau tahu juga doong yah apa saja sih 7 Prinsip yang dimaksud Mbak Milda Ini itu? Yuks mari disimak yah.

1. Mengubah Cara dan Jadwal Makan
Dalam bukunya, Mbak Milda jelaskan bahwa Ibu hamil (bumil) itu butuh lebih banyak protein, kalori - untuk energi, vitamin serta mineral seperti asam folat dan zat besi untuk pertumbuhan bayi di dalam rahim. 

2. Menghindari Makanan yang Berbahaya
Selama masa hamil dan menyusui, mari katakan tidak untuk: daging dan telur mentah, keju lunak, susu dipasteurisasi, alkohol dan kafein. 

3. Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering dan Kaya Gizi
Bagi yang mengalami morning sickness atau mual muntah coba deh makan dengan porsi yang sedikit tapi sering, empat jam sekali - misalnya. karena janin tetap membutuhkan nutrisi secara teratur walau sang Ibu tidak merasa lapar. Jangan lupa pilih asupan yang kaya gizi yah, hindari makanan yang pedas dan berminyak. 

4. Hindari Diet Selama Hamil dan Menyusui
Diet pada masa hamil dan menyusui akan menyebabkan Ibu kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. 

5. Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen
Makanan sehat yang dimakan adalah sumber vitamin yang paling baik. Perlu juga mengonsumsi vitamin atau suplemen secara teratur atas pengawasan dokter, terntunya. 

6. Cukup Asupan Cairan dan Mineral
Bagi Bumil, kebutuhan air putih dalam sehari paling sedikit 8 gelas per hari, idealnya bisa mencapai 13 gelas agar tubuh sehat dan bugar. Cairan diperlukan untuk membangun sel darah merah pada bayi untuk sistem sirkulasinya (air ketuban). Selain itu, Bumil juga membutuhkan air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan pangaturan suhu tubuh. 

7. Perbanyak Makan Buah dan Sayur yang Banyak Serat
Konsumsi buah dan sayur dapat membantu ibu hamil mengatasi konstipasi pada masa kehamilan. Sedangkan untuk ibu menyusui, konsumsi buah dan sayur juga dapat meningkatkan kandungan nutrisi dan volume ASI. 
Nah, gimana udah tips Mbak Milda Ini keren kan yah. Benar-benar menambah wawasan nih untuk bumil dan calon bumil biar bisa prepare segala sesuatunya demi kelancaran kehamilan dan masa menyusui nanti. Ya kan, ya? Ya iyah, dooong. Ohya, gak cuma satu artikel itu aja sih yang saya suka dari blog Mbak yang satu ini, ada beberapa dan bahkan klo punya banyak waktu ngubek-ngubek blognya kita bisa jadi tahu banyak info seputar kehamilan dan menysuui loh seperti postingannya tentang manfaat buah apel bagi Ibu hamil dan menyusui yang baru saja saya tahu bahwa "Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah buah apel. Buah apel selain manis,segar juga mengandung banyak air. Setelah makan buah apel ibu hamil dan menyusui akan terasa lebih santai dan rilek, kalo gak percaya cobain aja deh".



Eh emang benar koq, disamping apel cukup mudah ditemukan dan harga juga masih cukup terjangkaulah yah. Rasa apel juga enak dan gak bikin enek. Jadi makin rajin deh stock apel di kulkas, heheheh. 



Btw, koq Mbak Milda rajin banget sih nulis artikel tentang kesehatan? Emang backgroundnya apa? Bukannya Beliau dikenal sebagai Penulis dan juga Blogger? Oh iyah, tak kenal maka tak sayang. Coba mari kita intip cerita Mbak Milda yang ditulis dengan judul: Alasanku Memilih menjadi Blogger dan Penulis. Nah, di postingan itu Mbak Milda menuliskan latar belakang pendidikannya yang dulunya memilih kuliah di Akademi Keperawatan (AKPER) lalu setelah tamat sempat kerja di rumah sakit dan klinik kesehatan. Namun karena ritme kerja yang tidak disukainya (yaitu sistem shift) dia pun memlilh meninggalkan pekerjaan di rumah. Menurut Mbak Milda, dirinya suka kepastian dan jadwal yang jelas dalam mengisi dan mengatur waktunya. Mau tahu kelanjutannya? Sok atuh baca aja link yang udah saya kasih tadi. 
Nah, mau tahu lebih banyak tentang Mbak Milda? Silahkan kepoin langsung ya di blog dan sosmednya berikut: 


Blog: www.mildaini.com
Twitter: @midainibkl
Facebook: Milda Ini
Instagram: @mildaini.bkl



   

10 comments:

  1. Diii...sehat terus ya bumil.
    Bagus dii suka apel :) mba Milda Kno pasti sehat banget ya :D aku follow beliau

    ReplyDelete
  2. baru tahu kalo ternyata Mba Milda ini tenaga kesehatan, pantasan bukunya membahas tentang kesehatan yaa..

    sehat terus yaa say :)

    ReplyDelete
  3. Mba Milda emang kudu banyak nulis tentang kesehatan sesuai ilmu yang dimilikinya. Banyak manfaat buat pembaca blognya ya mba

    ReplyDelete
  4. Milda ini blogger yg rajin apdet tulisan

    ReplyDelete
  5. aku juga baru tahu background mbak Milda itu sebelumnya seorang Perawatt... uwahhh keren...

    ReplyDelete
  6. Kok aku mam buah misal apel ma smangka malah kluar terus ya mb di, makan nasi mlh bisa huhu

    ReplyDelete
  7. bisa jadi referensi kelak nih pas ketika menyusui :-D dan hamil
    mba Milda dulu aku kenalnya sbagai penulis.

    ReplyDelete
  8. aku baru tahu makan apel bagus dlu pas hamil n nyusui makannya seneng buah mangga xixixi makasi ni infonya mba

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers