,

Faktor yang Menentukan untuk Memutuskan Business Strategy

Dalam pengambilan keputusan bisnis perlu untuk mempunyai strategi yang tepat. Strategi bisnis adalah rencana komprehensif yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan dan menciptakan keunggulan kompetitif. Salah satu alat utama dalam pengembangan strategi bisnis adalah analisis SWOT, yang mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan.

faktor menentukan business strategy

Perusahaan dapat memilih antara strategi diferensiasi, yang berfokus pada penciptaan produk unik, atau kepemimpinan biaya, yang bertujuan menjadi produsen berbiaya terendah. Keberhasilan implementasi strategi bisnis bergantung pada penetapan tujuan yang jelas, pengukuran kinerja, dan adaptasi berkelanjutan terhadap perubahan pasar dan teknologi.


Business Strategy dan Faktor yang Mempengaruhinya

Business strategy dilakukan dengan menggunakan banyak pertimbangan, sehingga untuk hasil keputusan yang diambil akan bisa mengurangi resiko yang kecil bisa didapatkan dan memberikan dengan potensi manfaat keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itulah ketika menentukan strategi bisnis perlu untuk memperhatikan banyak hal, seperti dengan mempertimbangkan faktor berikut ini.


Faktor Jenis Produk yang Diambil

Faktor pertama yang perlu untuk dipelajari dan juga dikenali dengan baik sehingga akan bisa membuat strategi bisnis yang tepat adalah dengan mengenal jenis produk yang akan diambil. Ada banyak sekali pilihan produk dan layanan yang tersedia untuk bisa diambil di dalam bisnis. Di mana hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dipunyai masyarakat dan juga peluang yang didapatkan. Dengan memperhatikan hal tersebut akan dapat untuk memilih jenis produk yang tepat untuk bisa dipilih. Jangan lupa untuk memberikan inovasi produk yang dibuat sehingga akan memberikan faktor pembeda dengan produk dan layanan yang sudah ada sebelumnya.


Faktor Kompetitor yang Dipunyai

Di dalam bisnis tentunya tidak terlepas dari adanya persaingan yang akan dihadapi oleh semua jenis bisnis. Oleh karena itulah untuk memutuskan business strategy yang tepat maka penting untuk dapat mengenal dan juga memahami mengenai kompetitor yang dipunyai. Kompetitor bisnis dapat menjadi salah satu hal yang perlu untuk di analisa sebagai cara untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Hal tersebut tidak terlepas dari yang dilakukan kompetitor akan memberikan dampak pada bisnis yang dipunyai.

Nah, karena alasan itulah Temans tetap perlu untuk mengawasi dan mengikuti perkembangan dari kompetitor bisnis yang dipunyai, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan inovasi dan juga produk yang akan diambil. Faktor dari kompetitor bisnis tersebut juga biasanya yang memberikan pertimbangan untuk harga, pasar, dan juga keunggulan yang ditawarkan oleh produk dan layanan yang dipunyai bisnis.


Faktor Keunggulan Produk yang Ditonjolkan


business strategy
pic: Canva

Untuk mendapatkan produk dan layanan yang menarik tentunya bisa dengan memberikan highlight pada keunggulan yang ditawarkan oleh produk. Ketika membuat produk dan layanan, maka tentunya mempunyai keunggulan yang bisa diberikan untuk konsumen. Baik dari segi bahan yang digunakan, kemasan, harga, dan juga masih banyak lainnya. Keunggulan yang dipunyai tersebut bisa menjadi faktor yang ditonjolkan untuk menarik konsumen dapat membeli produk atau menggunakan saja. Strategi bisnis ini dapat digunakan sehingga akan bisa mengeksplor keunggulan yang dipunyai produk agar bisa menjadi daya tarik yang dimiliki.


Faktor Buyer Persona

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan agar dapat membuat keputusan bisnis yang tepat adalah mempunyai buyer persona. Produk yang dikenal dan menjadi pilihan oleh konsumen merupakan yang sudah dikenal atau familiar di telinga. Oleh karena itulah bisnis perlu untuk melakukan branding yang tepat dan efektif untuk bisa meningkatkan brand awareness.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat buyer persona yang dilempar ke pasaran sebagai persepsi yang dipunyai oleh produk yang dimiliki oleh bisnis. Buyer persona yang positif dan kuat akan bisa menarik konsumen untuk dapat membeli ketika ingin mencoba dan akhirnya bisa berlangganan ketika puas dengan layanan yang diberikan.


Faktor Tingkat Penjualan

Faktor terakhir yang perlu untuk diperhatikan untuk menentukan strategi bisnis adalah dari tingkat penjualan produk yang dipunyai. Bisnis akan dapat terus berkembang dan tidak gulung tikar dengan memastikan bahwa penjualan mengalami peningkatan. Ketahui mengenai perkembangan tingkat penjualan tersebut dengan melakukan evaluasi, sehingga bisa menentukan strategi bisnis yang tepat untuk dilakukan. Dari tingkat penjualan yang dipunyai bisa untuk menjadi pertimbangan baik dalam membuat strategi bisnis yang lebih efektif.


Penutup

Menentukan business strategy yang tepat akan sangat bermanfaat untuk kemajuan yang dipunyai oleh bisnis kita. Oleh karena itulah kemampuan untuk dapat melakukan analisa pasar dan juga faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan strategi bisnis sangat dibutuhkan. Pelajari mengenai kemampuan untuk membuat strategi bisnis di lembaga pelatihan terbaik Prasmul-ELI dengan kelas yang mendapatkan sertifikat dan mentor yang berpengalaman. 

Nah, tunggu apalagi? Saatnya daftar pelatihan secara online di website resmi Prasmul-ELI ya untuk mengikuti kelas strategi bisnis ini. 


Semoga bermanfaat.



Diah


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url