Explore the blog
Thursday, October 26, 2023

5 Cara Menyenangkan Belajar Kuliner, Yuk Kita Coba!

Selain fashion, traveling dan beauty, berburu kuliner menjadi salah satu gaya hidup yang sedang banyak digemari oleh sebagian kalangan. Mencoba menu ataupun varian rasa baru dari sebuah produk makanan maupun minuman, baik lokal maupun internasional menjadi satu kepuasan tersendiri. Seiring dengan trend tersebut orang-orang pun ramai mengambil kesempatan berbisnis kuliner. 

cara menyenangkan belajar kuliner


Dalam KBBI arti kuliner yaitu kegiatan yang berhubungan dengan masak-memasak. Namun jika maknanya diperluas, kuliner bukan hanya sekadar kegiatan masak dan makan tapi kuliner juga merupakan perpaduan seni dan ilmu tentang rasa, aroma, teknik memasak, sejarah makanan, juga bagaimana cara menyajikan masakan menjadi harmonis dan dapat memuaskan selera sehingga dapat menciptakan pengalaman makan yang tak terlupakan. 

Manfaat Penting Belajar Kuliner dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti makna luas dari kuliner yang tidak hanya kegiatan masak memasak saja, namun banyak aspek lain yang bisa kita pelajari di dalamnya. Nah, jelas dong ya kalau belajar kuliner itu salah satu kemampuan yang penting yang punya banyak manfaat untuk kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari karena dengan belajar kuliner kita jadi dapat mengetahui hal-hal berikut antara lain:

Kemampuan Bertahan Hidup

Kuliner merupakan kegiatan memasak yang menjadi salah satu dari lima keterampilan dasar untuk bertahan hidup sehari-hari yang penting untuk kita ketahui. Nah, kalau udah tahu dan kuasai teknik memasak dengan baik dan benar kita bisa menghidangkan berbagai hidangan. Tentu ini akan membuat kita jadi lebih hemat dan juga bisa mengontrol makanan apa yang akan kita konsumsi. 

Meningkatkan Kesehatan

Belajar kuliner memungkinkan kita untuk dapat mengontrol makanan apa yang akan kita konsumsi sehari-hari. Ini menjadi nilai positif bagi kesehatan kita, karena dengan mengetahui takaran dan bahan makanan apa saja yang akan kita olah, maka kita dapat menghindari bahan tambahan yang tidak sehat.

Meningkatkan Kreativitas 

Kuliner merupakan seni yang memungkinkan kita untuk bebas berkreasi baik itu menciptakan hidangan baru, memodifikasi resep yang ada, mencampurkan rasa yang berbeda hingga berinovasi di dapur. Melalui belajar kuliner, kita pula dapat memahami budaya, tradisi dan sejarah dari sebuah makanan sehingga meskipun kita berkreasi dengan memodifikasi sebuah makanan dari wilayah tertentu tapi tetap tidak keluar dari sejarah atau ciri khas dari makanan tersebut. 

Mendapatkan Kesenangan Pribadi

Belajar kuliner membuka kesempatan bagi kita untuk mencoba mengolah bahan tertentu menjadi sebuah hidangan baru. Nah, saat seseorang mencicipi hidangan baru yang kita ciptakan lalu melihat ekspresi senang dan apresiasi dari mereka, tentu akan menjadi kebanggaan dan kesenangan pada diri kita karena telah berhasil menyuguhkan hidangan yang menggugah selera. Sebaliknya jika rasanya masih kurang pas di lidah orang lain, kita pun bisa menjadikannya sebagai motivasi untuk mencoba mencari formulasi yang pas hingga menjadi hidangan yang baik ke depannya. 


5 Cara Menyenangkan Belajar Kuliner, Yuk Kita Coba!


Nah, ternyata emang kuliner itu tidak hanya membawa kebahagiaan tersendiri ya jika kita bisa mencoba masakan tertentu, belajar proses 

1. Membaca Resep dari Buku atau Internet

Cara yang paling banyak dilakukan orang saat memulai belajar memasak atau masuk ke dunia kuliner adalah membaca referensi dari buku maupun mencari resep dari internet, baik itu dari web/blog pribadi, sosial media dari pelaku kuliner, bisa juga dari channel YouTube maupun platform khusus memasak. Dari sana kita bisa mempelajari tentang resep masakan, sejarah dan budaya makanan dari berbagai daerah bahkan masakan dari negara yang ada di dunia ini. Dengan mempelajari sejarah dan budaya tersebut kita jadi lebih tahu dan bisa lebih menghargai serta mengerti makna masakan tersebut. 


2. Bergabung dengan Kelas Khusus Memasak

Cara lain untuk mengenal tentang kuliner yaitu dengan bergabung ke dalam kelas khusus memasak. Di mana di kelas memasak ini akan kita akan dipandu oleh pakar atau ahli di bidang kuliner, bahkan kebanyakan kelas memasak itu dipandu langsung oleh koki berpengalaman yang dapat memberikan wawasan, arahan dan bimbingan yang pastinya sangat berharga dan berguna bagi kita untuk paham tentang dunia kuliner. 


3. Ikut Acara Kuliner atau Festival Makanan

Ingin tahu tentang kuliner tapi masih mager untuk mulai memasak? Cus aja ikutan acara kuliner atau festival makanan yang mana kita bisa belajar tentang budaya kuliner sambil mengeksplorasi berbagai hidangan yang tersaji di acara tersebut. Di acara kuliner atau festival makanan biasanya ada demo masak yang langsung diajarkan oleh para chef atau ahli di bidang kuliner. Bisa sambil cobain masakannya sekaligus belajar masak dong ya. 


4. Praktik Langsung Memasak

Kalau cuma tahu teori aja tanpa bisa praktik rasanya pasti kurang afdol lah ya? Makanya langsung praktik memasak aja di dapur. Gak perlu masak yang ribet-ribet dahulu. Cukup masakan sederhana yang jadi makanan favorit keluarga yang mungkin selama ini hanya bisa kita dapatkan di resto langganan. Nah, saatnya langsung praktik sendiri dong ya memasaknya. Bisa sambil buka YouTube biar bisa lihat step by stepnya atau juga buka kembali catatan saat menghadiri kelas masak maupun demo masak saat di festival makanan. 

Dengan berlatih langsung di dapur dapat mengasah keterampilan kita dalam memasak dan menciptakan hidangan yang lezat. Lakukan eksperimen kecil dengan mencoba mengolah berbagai bahan, bumbu juga teknik memasak yang benar. Jangan lupa catat setiap detail masakan yang kita coba ciptakan dan terus berlatih agar mendapatkan formulasi yang benar-benar pas. 


5. Belajar dari Game Online

Yeaah, saat ini game online bukan hanya sekadar hiburan semata. Dari game online kita juga bisa belajar banyak hal seperti belajar bisnis, mengatur strategi, belajar bahasa bahkan juga belajar kuliner termasuk masak. Yup, benar karena sekarang ada culinaryschools.org yaitu website khusus yang fokus terhadap dunia kuliner yang mana di dalamnya juga ada simulasi belajar kuliner melalui game yang dapat kita dengan mudah tanpa harus download aplikasi terlebih dahulu. 


Rekomendasi Game Online Belajar Kuliner

Culinary Schools menawarkan lebih dari 100 jenis game berbeda seputar kuliner. Namun tidak hanya menyediakan game saja tapi juga menawarkan beberapa tools menarik seputar kesehatan tubuh khususnya bagi yang ingin mengetahui berat badan yang ideal dengan menggunakan kalkulator khusus. Berikut beberapa rekomendasi game menarik di Culinary Schools yang bisa kita mainkan sambil belajar tentang kuliner juga lho. 
 


The Boiled Eggs

the boiled eggs
Game The Boiled Egss ini mengajarkan kita cara merebus telur dengan tingkat kematangan yang pas sesuai kebutuhan. Meski permainan ini cukup sederhana, namun butuh ketelitian lho! Sebab pemain harus merebus telur dalam beberapa panci berbeda secara bersamaan sesuai dengan permintaan tingkat rebusan telurnya. Permainan ini dimulai dengan merebus telur dalam 1 panci selanjutnya menjadi 2 panci hingga 6 panci secara bersamaan. Di sinilah dilihat tingkat kejelian seseorang dalam bekerja di dapur dan mencatat segala hal yang dibutuhkan dalam satu waktu.


Sweety Cooking Chocolate Cake

Sweety Cooking Chocolate Cake

Suka makan cake coklat? Buat sendiri pasti lebih menyenangkan dong ya. Apalagi jika buatnya bersama si Kecil. Nah, di game Sweety Cooking Chocolate Cake ini kita bisa mengenalkan pada anak-anak tentang dapur yaitu bahan-bahan dan alat yang digunakan untuk membuat cake dan bagaimana cara membuat cake dengan mengikuti resep yang tersedia. Gamenya sederhana, jadi bisa dimainkan oleh semua usia. 


Bento Box

bento box
Hmm, seperti yang saya bilang tadi kalau makna kuliner itu luas, salah satunya dengan mengenal tentang seni mengolah makanan atau bagaimana cara menyajikan masakan menjadi harmonis dan dapat memuaskan selera. Nah, seperti namanya, game Bento Box ini tentang menyusun makanan atau bekal. 

Tugas kita ketika bermain game ini yaitu harus menyusun bentuk makanan yang hilang ke dalam kotak bento untuk makan siang. Kita dapat menggunakan garis bentuk sebagai petunjuk bagian makanan yang harus dipasangkan. Game ini terdiri dari 10 bentuk bento yang berbeda. Bermain game bento box ini bisa jadi inspirasi kita juga nih untuk buat bekal anak sekolah yang lucu dan unik agar anak jadi makin semangat menghabiskan bekal makanan siang mereka. 


Penutup

Belajar kuliner bukan hanya sekadar mengikuti trend terkini yang sedang banyak diminati saat ini. Kuliner juga punya makna luas tidak hanya tentang masak-memasak saja. Belajar kuliner juga punya banyak manfaat bagi kehidupan karena ini adalah salah cara meningkatkan kemampuan bertahan hidup. Dengan belajar kuliner kita juga bisa jadi lebih kreatif dan sehat karena kita jadi tahu takaran dan bahan makanan apa saja yang akan kita olah. 

Selain praktik langsung bagaimana cara memasak itu sendiri, ternyata banyak cara lho yang bisa kita tempuh jika ingin belajar kuliner. Salah satu yang menarik adalah melalui game online di Culinary Schools yang bisa kita akses pada laman http://culinaryschools.org/kids-games/

Tenang, gamenya bisa dimainkan secara langsung kok tanpa harus download aplikasi karena berbasis website. Gamenya juga ringan dan menyenangkan. Pokoknya mah bikin kita jadi makin happy untuk belajar tentang kuliner. 


Semoga bermanfaat ya. 


Diah


Whould you like to comment?

  1. Anonymous6:51 PM

    Seringkali dari games2 kuliner itu, saya jadi terpikir untuk nyobain masakan tsb 😂 Apalagi masakan dunia yg kurang familiar buat saya

    ReplyDelete
  2. kok seru juga nih yaaa game masak-masakan gini, anak-anak cewe and buibu pasti suka deh tipe game kaya gini hihihi

    ReplyDelete
  3. game online memasak cocok banget nih buat yang putra anak perempuan yaaa, eh tapi anak bungsu saya cowok juga suka game masak sih, hahaha

    ReplyDelete
  4. game online memasak cocok banget nih buat yang putra anak perempuan yaaa, eh tapi anak bungsu saya cowok juga suka game masak sih, hahaha

    ReplyDelete
  5. Benar sekali, Mbak. berburu kuliner itu, sudah jadi aktrivitas wajib juga. Misalnya lagi ke suatu kota, pasti berburu kuliner baru sah. Kemarin saja, ada festival jajanan di GBK, itu antre. Menunjukkan animo masyarakat. dan ini membuka peluang untuk usaha kuliner ya, Mbak. Apalagi belajar kuliner zaman now sudah sangat dimudahkan dan beragam cara.

    ReplyDelete
  6. Belajar kuliner tuh seru banget lho ternyata apalagi buat emak2emak biar anak yang pada bosen menu itu-itu aja bisa lebih doyan makan. Bisa cari resep baru lewat internet. Bahkandari game online lhooo. Di Culinary Schools ini banyak banget game seputar kuliner yaaa.

    ReplyDelete
  7. Lewat belajar masak banyak manfaat yang didapatkan. Apalagi buat anak-anak, minimal dia jadi belajar untuk menjaga kesehatannya dengan makan makanan yang sehat ya

    ReplyDelete
  8. Wah jadi ingat dulu juga suka main game masak-masakan. Seru loh, kadang juga bisa tahu masakan internasional

    ReplyDelete
  9. Belajar tentang kuliner ini menyenangkan banget, ya. Apalagi kalau lagi prakteknya. Ampuun dah, saya sering bikin dapur jadi kacau 🤣🤣

    Senengnya saat ini ada game kuliner, bahkan bisa mengerti tingkat kematangan telur. Hmmm keren ini sih.

    ReplyDelete
  10. Jadi inget selalu nemenin si kecil main hp. Yg dia mainin jg game masak2an yg sama nih. Jd otomatis ya tahu asyiknya bljr kuliner meski hny dlm bentuk mainan. Tp kl yg nyata, aku sering dan suka bgt nonton acara masak dan kompetisi masak. Masalahnya kdg susah bgt utk lgsg mencoba krn ga smua bahan tersedia. Kl masakan sederhana sih pasti udh seribg nih dimasak sndiri.

    ReplyDelete
  11. Wihh boleh nih kak game nya. Belum pernah main sebelumnya. Seru sih main game masak meskipun aslinya dunia nyata keahlian masaknya gk seberapa. Minimal jago di game sudah ada kepuasan tersendiri hihihi

    ReplyDelete
  12. Belajar kuliner memang bisa dari mana saja yaa mbak. Dari game juga bisa seru banget untuk dijadikan tempat belajar kuliner. Aku mau cobain game²nya aaah. Kayaknya seru untuk dimainkan semuanya.

    ReplyDelete
  13. Wah iyaa yaa ternyata banyak juga cara kita untuk belajar masak bahkan ada game nya juga. Btwe saya suka sama ilustrasinya, gemeeshh.

    ReplyDelete
  14. Seru banget kalo bisa belajar kuliner dari cara² yg nyenengin yah, Mbak. Aku juga suka main game bahkan terinspirasi jenis kulinernya dari game itu sendiri, hehe..

    ReplyDelete
  15. poin ketiga paling uenak wkwk,, belajar kuliner sambil makan2. perut kenyang, ilmu kuliner pun semakin matang hehehe

    ReplyDelete
  16. Kok gemes yaa.. main games di website http://culinaryschools.org/kids-games/
    Akutu gak pinter masak, tapi memang memasak itu bukan sekedar teknik yaa.. tapi kudu pakai "rasa" ((feeling)). Jadi terus mengasah skills memasak ini penting.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^