Rekomendasi Games Online untuk Belajar Bisnis

Belajar bisnis melalui games online? Emang bisa? Bisa dong! 
Bisa banget malah karena sekarang ini emang banyak cara untuk kita lakukan demi belajar bisnis. Bahkan bisa jadi cara kita juga sebagai orang tua dalam mengajarkan tentang bisnis kepada anak-anak. Ya salah satunya melalui games online. Permainan yang memang dirancang khusus untuk bermain sambil belajar mengenal bisnis. 

rekomendasi games online belajar bisnis


Meski tidak secara langsung, namun belajar bisnis dari games online memungkinkan kita untuk bisa merasakan bagaimana jika memiliki bisnis sendiri. Dimulai dari belajar mengelola bisnis tersebut dan juga tentu saja bagaimana cara untuk bisa mempertahankan bahkan mengembangkannya menjadi lebih besar. 

Kenapa sih Harus Belajar Bisnis? 

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis adalah suatu kegiatan atau cara efektif untuk mendapatkan penghasilan. Membangun sebuah bisnis memungkinkan orang untuk memperoleh cuan yang lebih. Bisnis bisa dijadikan sebagai kegiatan utama maupun sampingan. Lebih dari itu, dengan adanya bisnis kita pun bisa ikut membantu orang lain dengan memberikan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk menolak belajar bisnis. Setuju gak tuh? Berikut beberapa alasan mengapa kita harus belajar bisnis yaitu: 


  • Memperluas Wawasan; dengan belajar bisnis kita akan mendapatkan wawasan atau pengetahuan dan skill baru antara lain tentang pemasaran, keuangan, manajemen dan masih banyak lagi bidang ilmu lainnya yang bisa kita peroleh serta terapkan saat kita membangun dan menjalankan bisnis di kemudian hari.
  • Mengantisipasi Tidak Adanya Pekerjaan; tidak selamanya kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan, atau hal terburuknya bahwa kita kehilangan pekerjaan. Nah, saat seperti inilah menjalankan bisnis akan bisa diandalkan sebagai penyelamat.
  • Lebih Menghargai Uang; dengan berbisnis kita akan menjadi lebih menghargai uang karena sadar bahwa untuk mendapatkannya dibutuhkan usaha dan konsistensi dalam menjalankan bisnis. Selain itu kita pun akan lebih bijak dalam mengatur pengeluaran agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.
  • Melatih Kedisiplinan; Menjalankan bisnis juga butuh kedisiplinan yang tinggi agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun dengan detail dan terperinci. Kedisiplinan ini juga akan menjadi contoh bagi orang di sekitar yang bekerja dengan kita.
  • Memberi Peluang dan Manfaat Bagi Orang Lain; Belajar bisnis tidak hanya berguna bagi diri sendiri namun juga bisa bermanfaat bagi orang lain ketika kita telah menjalankan bisnis karena kita bisa memberi peluang bagi orang lain untuk bisa bekerja dengan kita.



Rekomendasi Games Online untuk Belajar Bisnis 

Banyak cara untuk bisa belajar bisnis. Bisa melalui buku, membaca banyak jurnal maupun artikel di internet yang terkait dengan bisnis dan ilmunya, menonton kisah sukses para pebisnis, bahkan bisa pula belajar bisnis melalui games online. 

Gak percaya? Sini, sini saya kenalkan dengan Mortgage Calculator Money Games. Sebuah website yang fokus seputar keuangan, namun tidak hanya itu saja karena website ini juga memiliki banyak kategori permainan tentang keuangan, lho. Nah berikut rekomendasi games online untuk belajar bisnis yang bisa kita mainkan. 


1. Idle Pet Business

Bagi yang suka memelihara binatang, membuka pet shop bisa jadi sebuah pilihan untuk memulai bisnis. Nah, cocok banget untuk mencoba simulasi memiliki pet shop dengan bermain game Idle Pet Business. Caranya mudah kok. 


idle pet business

  • Pilih hamster untuk mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan hamster.
  • Gunakan keuntungan dari penjualan hamster tadi untuk menambah hewan peliharaan baru seperti kucing, anjing, kelinci dan juga burung beo. 
  • Kumpulkan penghasilan dari masing-masing penjualan hewan peliharaan dengan cara klik kiri sambil terus tingkatkan investasi toko. 
  • Tingkatkan jumlah masing-masing hewan peliharaan untuk mengurangi waktu produksi, menumpuk penghasilan, dan meningkatkan keuntungan.
  • Kita bisa mengupgrade khusus hewan peliharaan yang dibuka pada level 25, 50, 100, dan 200. 
  • Kita juga bisa memasarkan pet shop kita dengan cara share foto hewan peliharaan di media sosial sehingga pendapatan pet shop akan bertambah lebih cepat. 


2. Flower Shop 2

Ini sebenarnya sequel dari Flower Shop, yang ntah kenapa saya susah banget deh memainkan game Flower Shop yang sebelumnya itu. Makanya di sini saya langsung aja rekomendasikan Flower Shop 2 yang lebih menarik, pilihan bunganya pun lebih banyak dan ada mini gamesnya juga di akhir level. Mau tahu cara bermainnya? 


flower shop 2

  • Tunjukkan kepada pembeli daftar bunga yang tersedia di toko.
  • Ambil dan berikan bunga yang sesuai pilihan kepada pembeli.
  • Kumpulkan pembayaran mereka untuk menyelesaikan pesanan.
  • Permainan ini terdiri dari 10 level dan setiap level memiliki target yang berbeda. Selesaikan target sebelum waktu berakhir. 
  • Ketika naik level, otomatis investasi juga semakin bertambah. Jadi, pilihan bunga yang tersedia pun juga turut bertambah dan semakin kompleks karena semakin banyak pilihan yang bisa ditawarkan kepada pembeli. 


3. Jewel Shop

Siapa coba yang gak suka dengan perhiasan? Kalau punya modal, saya pun juga mau dong punya bisnis toko perhiasan. Nah, untuk sekarang ini mau belajar dari game saja lah dulu dalam berbisnis perhiasan lewat Jewel Shop yang tersedia di Mortgagecalculator. Cara mainnya juga gak jauh beda sih sebenarnya dengan Flower Shop. 


jewel shop

  • Berikan daftar pilihan perhiasan yang dapat dibeli. 
  • Lihat pesanan mereka dan segeralah ambil perhiasan yang mereka inginkan. 
  • Berikan perhiasan sesuai pesanan, lalu kumpulkan pembayaran mereka untuk menyelesaikan pesanan. 
  • Setiap memilih item perhiasan (perak atau emas), pastikan untuk segera restock agar pembeli selanjutnya tidak menunggu lama. 
  • Permata membutuhkan waktu untuk diproduksi dan biasanya kita harus menunggu hingga ada yang memesannya terlebih dahulu.
  • Kita dapat membawa hingga 2 item di tangan dalam satu waktu. 
  • Capai target level sebelum waktu berakhir.
  • Setiap bertambah level akan bertambah pula koleksi pilihan yang dapat dipilih. 
  • Terdapat 10 level game yang menyenangkan dan menantang untuk dimainkan. 



Penutup

Dengan belajar bisnis kita bisa menerapkan ilmu yang kita pelajari. Belajar binsis bisa kita lakukan dengan berbagai cara.  Tidak hanya dengan membaca buku atau jurnal, mendengarkan kisah sukses dari para pebisnis juga bisa jadi cara untuk belajar bisnis. Begitu juga dengan belajar bisnis melalui game online. Pasti bakalan seru karena dengan simulasi yang dirancang pada game online kita berasa punya bisnis sendiri dan menjalannya dengan baik sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, jika suatu saat punya modal dan kita bisa langsung praktik dong ya. 

Nah, Temans ingin belajar bisnis juga? Bisa coba nih simulasi dulu melalui games online dari mortgagecalculator yang bisa diakses di https://www.mortgagecalculator.org/money-games ya. Hmm, jadi bisa sekalian dong ya bermain games sambil belajar bisnis gitu deh. Oh ya gak usah khawatir ya karena ini gamesnya tidak perlu download aplikasi segala kok, jadi bisa langsung dimainkan dong. 


Semoga bermanfaat. 



Diah
Next Post Previous Post
23 Comments
  • Kyndaerim
    Kyndaerim 5:57 AM

    Asyiik.. Sekarang belajar bisnis juga bisa dari game yah, Mbak. Cocok nih buat anak-anak juga. Otw ah..

  • Anisa AE
    Anisa AE 9:59 AM

    Di masa sekarang bisnis sangat penting untuk dipelajari, termasuk anak-anak yang perlu mempelajarinya sejak dini. Dengan game tentu akan semakin mudah untuk mengajarkannya, bagus ini rekomendasi permainannya bisa dicoba. Terima kasih informasinya!

  • Anisa AE
    Anisa AE 9:35 AM

    Bisnis sekarang penting banget, apalagi seiring kemajuan zaman bidang bisnis semakin melejit. Mau tidak mau kita harus mempelajari bisnis sejak dini dan ikut andil di dalamnya. Apalagi untuk anak-anak yang kadang kurang berminat dalam hal ini, pas banget game-game ini untuk edukasi anak tentang bisnis karena mereka bakalan berminat. Terima kasihh rekomendasinya!

  • nitalanaf
    nitalanaf 4:08 PM

    Saya suka dulu main game ttg business gini. Macam dash management gitu, ttg salon, restoran. Seru aja sih suka dukanya ngadepin customers trus seandainya rugi, haha...

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 7:03 PM

    Aku kadang suka nih main game kasir-kasiran kaya gini. Pas mode cepat, eh keteteran. Kebayang kalau itu beneran. Jadi lebih menghargai yang jualan juga

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 5:59 PM

    wiih lucu banget sih gamesnya jadi pengen nyobain semuanya, apalagi belajar bisnis juga.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 10:25 PM

    Saya suka main games jewel tapi yang jewel star, biasa main sebelum tidur atau saat sedang suntuk atau saat sedang menunggu

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 7:26 PM

    Wah memang menyenangkan ya main game apalagi sambil belajar bisnis. Kalau saya senang yang jualan bunga mbak. Jadi kebayang kalau jadi florist gimana yaa hehe oiya game chalenge buka restoran juga suka. Jadi ada ide buat sediain makanan di rumah

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 11:31 PM

    Game sekarang beragam ya dan bisa jadi muatan edukatif, termauk bisnis ya

  • Ade UFi
    Ade UFi 8:23 AM

    Waah saya suka itu mainan model begitu. Dan yang disebur mba diah mainan saya semua.. Hahahaha.. Seru aja main model gane strategi gitu.

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 1:59 PM

    belajar sambil main ini namanya mba, hihihi tapi kalau belajar seperti ini malah jadi lebih mudah dimengerti karena otomatis kita seperti sudah terjung langsung ke bisnis yg akan kita buat yah

  • Tetty
    Tetty 8:25 AM

    game juga ada yang memang buat edukasi ya, macam harvest moon zaman dulu, anak2 jadi belajar manjerian dan mengelola pertanian. Ini jg bisa belajar bisnis sambil main game ya

  • Ria Fasha
    Ria Fasha 11:31 AM

    makin beragam ya jenis game sekarang bahkan ada yang temanya bisnis. selain bisa belajar, bisa me time juga. karena main game ini memang seru dan menyenangkan

  • Indri
    Indri 9:19 PM

    Kemajuan teknologi saat ini betul-betul membantu orang-orang yang ingin berbisnis, kebayang gak sih serunya belajar bisnis sambil bermain games, pasti seru banget

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 12:15 PM

    Nah bener, aku juga gitu deh. Belajar jadi pedagang di game. Aku dulu belajar jadi pedagang makanan di game apa ya lupa, super kitchen atau apa gitu. Kita jadi belajar manage belanja bahan, ngolah bahan, ngatur modal, cara layani pembeli, dan lain-lain. Gak cuma buat kesenangan aja ya. Kalo diteliti lebih jauh, game kayak gini tuh bisa jadi tempat belajar untuk bisnis.

  • Afifah Haq
    Afifah Haq 1:55 PM

    Jadi inget dulu pernah mainin game apaa gt tentang bisnis kafe gt. Ternyata main games nya aja ga mudah apalagi bisnis benerannya ya.
    Wah boleh nih kapan2 aku luangin waktu buat coba game2 bisnis ini. Web based ya, jadi ga usah install2 segala

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 9:35 AM

    Iya sih ya, Kak. Belajar bisnis itu kurang kalau cuma dipelajari segala ilmunya dari buku bacaan atau jurnal. Bahkan yang ambil kelas khususnya juga kalau nggak beneran merasakan praktiknya mungkin rasanya segala pengetahuan bisnis yang dipunya belum termanfaatkan semua. Main game tema bisnis begini rasanya asik ya. Aku kok penasaran sama si game Jewel Shop ya.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 10:51 AM

    Wah asik juga ya kalau belajar bahasa Inggris dari game
    Tentu akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 11:03 PM

    Belajar bisnis suka ruwet, makanya asik kalau lewat game. Kalau dulu kan bisa seseruan main monopoli. Sekarang asik nih ada banyak pilihan game online untuk belajar bisnis.

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 5:44 PM

    Seru banget nih kalau bisa main game sambil belajar bisnis. Kayanya anak-anak juga bisa main game ini. Sesekali main game buat hiburan. Mau ah main game Mortgage Calculator ini.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 3:50 PM

    Asik juga ini belajar bisnisnya lewat games.
    Jadi bisa lebih mudah buat dicerna dengan mudah ya kak

  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani 7:46 PM

    Anakku pasti suka nih kalau disuruh belajar lewat game kayak gini. Bisa nih dicoba gamenya. Jadi main gamenya juga bermanfaat, ga cm buat hiburan aja.

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:49 AM

    Bener sih ya..
    Kalau belajar bisnis, minimal kita bisa menghargai uang dan kudu tercatat dengan baik. Belajar bisnis ternyata bisa juga melalui games seru melalui Mortgage Calculator Money Games.

Add Comment
comment url