Cara Mudah Pesan Rental Mobil Pontianak Singkawang Untuk Wisata

Saturday, August 29, 2020

Cara Mudah Pesan Rental Mobil Pontianak Singkawang Untuk Wisata ~ Udah lama gak bahas tentang #TravelWishList lagi nih. Iyah di list aja terus, ntah kapan jalan-jalannya apalagi masih pandemi gini. Tapi gak apa-apa lah yah, siapa tahu bisa jadi referensi juga buat yang nanti setelah pandemi ini berlalu pengen liburan tapi masih bingung pengen kemana, yekaaan?

Cara Mudah Pesan Rental Mobil Pontianak Singkawang Untuk Wisata

Indonesia itu kaya banget ya, dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Salau satu pulau yang ingin saya kunjungi adalah Kalimantan karena emang belum pernah ke Kalimantan. Oh ya, sudah tahu dong ya kalau Kalimantan ini adalah pulau terluas di Indonesia bahkan menurut Wikipedia bahwa Pulau Kalimantan adalah pulau ketiga terluas di dunia lho setelah Greenland dan Papua Nugini. Nah, rencananya sih kalau nanti bisa ke Kalimantan ingin mengunjungi Pontianak Singkawang, Kalimantan Barat.

Dilansir dari laman Wikipedia bahwa Kota Singkawang atau San Khew Jong ialah sebuah Kotamadya di Kalimantan Barat. Kota ini terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Nama Singkawang sendiri berasal dari bahasa Hakka yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari. Pada mulanya, Singkawang merupakan sebuah desa di wilayah Kesultanan Sambah yang dijadikan sebagai tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Para penambang dan pedagang ini kebanyakan berasal dari negeri China. 

Menurut beberapa sumber yang saya baca, Pontianak Singkawang itu punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kalau hanya punya waktu beberapa hari saja sudah jelas tidak bisa mengunjungi semuanya. Dan seperti biasa saya akan memilih destinasi yang ramah anak untuk dikunjungi secara tahu sendiri lah ini pasukannya segambreng gini macam rombongan sirkus, heheheh. Kalau mau pergi sendiri atau berdua ama Suami saja rasanya gimana ya, gak tega akutuh meninggalkan anak-anak. 

Baiklah, berikut beberapa destinasi wisata yang ingin saya kunjungi saat ke Pontianak Singkawang nanti:

1. Taman Gunung Sari 

Taman ini berlokasi di Jl. Karya Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang. Jaraknya hanya 2 km dari pusat Kota Singkawang. Taman yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Singkawang ini mulai beroperasi pada akhir tahun 2019. Di taman ini kita dapat menikmati segala fasilitas yang ada dengan gratis seperti jogging track, berbagai macam wahana antara lain; jembatan selfie, sepeda gantung, rumah pohon, ayunan, gazebo, spot foto yang instagramable dan lainnya. 

Taman Gunung Sari Singkawang
travsharing.com
Taman ini buka setiap hari tapi untuk menikmati wahana sepeda gantung untuk sementara hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja karena keterbatasan petugas. Hmm, semoga nanti bisa dibuka setiap saat ya biar pengunjung bisa menikmati kapan pun. Anak-anak pasti senang ini karena bisa bermain di rumah pohon.

2. Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng

Yeaay, namanya juga bawa anak kecil ya, pasti kita cari tempat yang bisa buat mereka fun and happy dong. Setuju? Jadilah pilihan selanjutnya adalah Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng. Di Singkawang ini memang dikenal dengan objek wisata budaya Tionghoa, salah satunya adalah tempat yang satu ini. Objek wisata yang dibuka sejak tahun 2017 lalu ini merupakan taman wisata dan rekreasi air berkonsep budaya Tionghoa yang tampak dari arsitektur bangunan dan wahana yang ada. Semakin menarik dengan adanya pemandangan alam Gunung Poteng dan Gunung Jempol yang berada di sekitarnya sehingga tampilan visual tempat ini menjadi lebih indah.  

Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng
travelmate.web.id

Taman ini berlokasi di Jl. Raja, Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang. Seperti namanya Taman Cinta, taman ini didesain dengan banyaknya simbol-simbol cinta di dalamnya dengan dekorasi payung dan lampion.  Di tengah areanya terdapat danau yang cukup luas dan bangunan berarsitektur khas Tiongkok berwarna merah dan kuning. Di sisi lain Taman Cinta juga terdapat spot-spot foto yang berbentuk simbol love, ada pula area kursi dengan hiasan yang juga berbentuk love hingga dermaga buatan di tepi danau. 

Sedangkan untuk area kolam, terdapat kepala naga di tengah kolam dan ini menjadi tempat menara untuk wahana perosotan atau race slide 5 jalur, perosotan water slide yang lebih pendek dan lebih melebar dan cukup landai yang aman bagi anak-anak. Dilengkapi pula dengan playground yang berupa perosotan single slide bagi anak-anak dan yang paling ditunggu-tunggu adalah wahana ember tumpah yang akan membuat anak-anak merasa senang. 

Untuk bisa menikmati keindahan dan segala fasilitas yang ada di Taman Cinta Waterboom ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000,-/orang dan tempat ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 - 22.00 WIB.

3. Pantai Kura-Kura Singkawang

Namanya unik ya? Pantai ini terletak di perbatasan antara Kota Bengkayang dan Singkawang, tepatnya berada di Dusun Tanjung Gandul, Desa Karimunting. Jaraknya sekitar 17 km dari pusat Kota Singkawang. Pantai yang berada di balik bukit kecil di bibir pantai ini diselimuti dengan pasir putih dan deburan ombak yang tenang. Diberi nama Pantai Kura-Kura karena merupakan tempat persinggahan kura-kura untuk berkembang biak. Untuk masuk ke pantai ini kita diwajibkan membayar Rp 10.000,-/orang ya. 

Pantai Kura-Kura Singkawang
planetborneo.com
Pemerintah menjadikan lokasi ini sebagai tempat konservasi jadi ekosistem di pantai ini masih sangat terjaga dan sangat jarang ada campur tangan manusia. Area pantai pun masih bebas dari bangunan sehingga kita bisa menikmati hamparan pasir putih yang indah sepuasnya. Kura-kura sendiri adalah binatang yang langka dan jarang ditemui, keberadaannya pun dilindungi sehingga kehadiran kura-kura di pantai ini menjadi sangat istimewa. Meskipun pantai ini menjadi tempat bertelur dan menetasnya kura-kura namun tidak ada satu pun penangkaran dibangun di tempat ini. Tempat ini dibiarkan tetap asri seperti aslinya.

4. Danau Biru Singkawang

Saat pertama membaca Danau Biru sebagai destinasi favorit di Pontianak Sengkawang, saya pun langsung antusias. Bagi yang sudah lama mengenal saya, pasti sudah tahu betul warna favorit saya sejak dulu, makanya blog ini selalu bernuansa biru. Danau ini merupakan danau alami yang terbentuk sendiri dari lokasi bekas penambangan emas. Danau ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Seperti namanya, warna danau ini adalah biru yang merupakan perpaduan warna biru toska dari air danau dan pantulan birunya langit membuatnya semakin indah. Pemandangan alamnya pun masih sangat asri karena dikelilingi oleh pepohonan hijau yang tumbuh subur di sekitar danau.

Danau Biru Singkawang

Akan tetapi berkunjung disini perlu hati-hati ya. Air danau tidak dapat dikonsumsi dan kita pun tidak boleh berenang di danau ini karena Danau Biru ini mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia, selain itu tidak ada pula yang mengetahui dengan pasti kedalaman dari danau ini. Noted nih, perlu pengawasan ekstra ya jika berkunjung kemari apalagi jika membawa anak-anak.

5. Masjid Raya Singkawang 

Masjid ini adalah Masjid tertua di Singkawang, dibangun pada tahun 1880 dan menjadi kebanggaan umat Islam di Singkawang. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi dan renovasi total dilakukan pada tahun 2008 lalu oleh Pemerintah setempat. Meski telah mengalami pemugaran tetapi ada beberapa bagian dari bangunan Masjid yang tetap dipertahankan seperti kubah Masjid yang kecil dan kubah besar merupakan hasil renovasi pada tahun 2008.

Masjid Raya Singkawang

Yang menjadi perhatian juga adalah Masjid ini berada tidak jauh dari Klenteng Tertua di Singkawang. Ini menjadi simbol kerukunan umat antar beragama.

6. Klenteng Tua Bumi Raya Sengkawang


Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa tidak jauh dari Masjid Raya Singkawang terdapat rumah ibadah bagi penganut kepercayaan tradisional Tionghoa atau agama Konghucu, Klenteng Tua Bumi Raya atau sekarang ini lebih dikenal dengan nama Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pusat Kota Singkawang yang juga merupakan simbol iconic bagi Kota Singkawang. Gak ada larangan kan ya untuk berkunjung ke tempat ibadah agama lain? Ini bisa mengajarkan ke anak-anak untuk saling menghargai agama lain kan.

7. Berburu Wisata Kuliner Singkawang


Wisata Kuliner Pontianak Singkawang


Sudah puas keliling-keliling ke tempat-tempat indah di Kota Singkawang, pasti belum afdol dong tanpa berburu wisata kuliner yang pastinya hanya ada di kota ini seperti choi pan/chai kue rumah Marga Tija Singkawang, rujak Thjai Pui Jie, Bakso/Bakmi sapi 68, Bakmi Hj. Aman, Roti Srikaya super lembut nan enak yang ada di Singkawang dan masih banyak lagi kuliner lain yang hanya bisa kita temukan di Singkawang. Oh ya tak lupa kopi juga, pasti Pak Suami akan minta mampir seruput kopi di Singkawang ini. 


Transportasi Selama di Pontianak Singkawang

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Singkawang yang bagus dan menarik tapi harus pertimbangkan budget juga dong ya. Liburan juga pasti bisanya cuma beberapa hari saja belum lagi kesehatan anak-anak juga sangat perlu diperhatikan. Kasihan kalau mereka jadi lelah karena diajak kesana kemari. Nah, bagaimana nih dengan transportasi selama di Singkawang? Yakin nih bisa menjelajahinya semua apalagi ini akan menjadi pengalaman pertama berkunjung ke Singkawang?

Hmm, tenang dan tak perlu khawatir dong ya karena sekarang sudah ada Rental Mobil Pontianak Singkawang yang bisa kita andalkan selama liburan di Pontianak Singkawang.

Ialah Esqiu Rent Car yang dapat melayani kebutuhan transportasi kita untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Pontianak Singkawang yang sudah masuk dalam list tadi. Layanannya sangat beragam dan terjangkau, tidak hanya itu kita bisa rental mobil lepas kunci maupun rental mobil beserta drivernya. Pilihan armadanya pun beragam dan ada paket city tournya juga lho, pulang pergi selama sehari dengan minimal 6 orang. Wow, praktis banget ya ini.

Cara Mudah Pesan Rental Mobil Pontianak Singkawang untuk Wisata 

Nah, pasti sudah pada penasaran kan bagaimana sih cara mudah pesan rental mobil Pontianak Singkawang ini? Tidak perlu pusing kita hanya cukup menghubungi WhatsApp Esqiu Rent Car di nomor: 0818 04 555 888 dan sampaikan semua kebutuhan kita secara lengkap. Gimana, mudah banget 'kan? Ayoo, kita liburan bareng ke Pontianak Singkawang yuk! Nanti tapi ya, setelah pandemi ini berlalu, Aamiin.


Happy Weekend, Temans! ☺



 

You Might Also Like

25 Comments

  1. Wisata daerah Singkawang banyak dan bagus2 juga ya mbak. Belum pernah ke sana langsung takjub. Sekarang dipermudah lagi nih dengan rental mobil di sana jadi bisa puas wisata.

    ReplyDelete
  2. Aku ngiler sama kuliner Singkawang. Dan Pantai Kura-Kura yang merupakan tempat persinggahan kura-kura untuk berkembang biak...Juga semua. Duh kapan bisa ke sana ya
    Pontianak-Singkawang jadi travel wishlistku sejak lama. Pasalnya, saat lajang suamiku pernah dimutasi kerja ke Pontianak. jadi kalau dia cerita aku mupeng dong. Semoga bisa mengunjunginya dan rental mobil di sana nantinya.

    ReplyDelete
  3. Sampai ke part kuliner Singkawang, aku langsung kebayang scene dari film Aruna dan Lidahnya yang kulineran juga di Singkawang.

    Btw pantai kura kura nya cantik sekali.

    ReplyDelete
  4. Wah baca postingan Singkawang jadi kepengen ksana deh bagus2 tempat wisatanyaa apalagi saat kurang piknik kek sekarang hihihi mau bngt k danau biru apalagi lihat kulinernya jugaa enak2

    ReplyDelete
  5. Huwaaa kangen ke pontianak lagi setelah dua puluh tahun lebih. Siapa tahu nanti ke kota khatulistiwa ini lagi, informasi ini berguna banget

    ReplyDelete
  6. Wah, info begini nih yang berguna banget. Aku kalo ke mana2, apalagi ke luar kota, lebih nyaman rental mobil memang. Biar gak nyasar kalo bawa kendaraan sendiri. yang lokal kan lebih tahu tempatnya ya. Tapi tentu, kudu milih yang nyaman dan aman. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan yang luar kota sih, bahkan kalo di kota sendiri, terus punya rencana yang lumayan lama, aku dan keluarga juga lebih suka rental mobil daripada bawa mobil sendiri. Kasian pak suami. Kecapekan jadi supir. Mana kan, nantinya kudu kerja. :D

      Delete
  7. Aamiin ya robb.. bookmark dulu ah. Bermanfaat banget nih kalo nanti ada kesempatan ke singkawang. Choipan I'm coming!

    ReplyDelete
  8. Ya Allah jadi pengen banget ke singkawang... indah banget ini mbakk😍

    bismillah ya Allah semoga impian ini segera

    ReplyDelete
  9. Pantai Kura Kura ini mirip pantai di Bangka Belitung ya. Batu granitnya besar-besar

    ReplyDelete
  10. Kota Singkawang, mengingatkan saya ketika masih kerja di Taiwan. Banyak teman dari Singkawang yg merantau juga ke Taiwan. Ada yg menikah, ada pula yg bekerja. Ada teman yg sampai sekarang tinggal di Taiwan. Ia mengajak main ke Singkawang kalau ia sedang pulang kampung. Sayang keburu pandemi, hehehe

    ReplyDelete
  11. wah mudah-mudahan bisa jalan-jalan kesana yaaa, seru bgt kayanya :)

    ReplyDelete
  12. wah aku jadi penasaran nih sama Singkawang. Kemarin beberapa teman kantor sempat raod trip gitu ka kalbar ini trus lanjut ke kucing. seru banget kayaknya

    ReplyDelete
  13. Wah singkawang keren2 yah obyek wisatanya, apalagi ditambah kemudahan buat rental mobil, jd makin terjangkau deh.. Jd kangen liburan huhu

    ReplyDelete
  14. Ahey, sewa mobil mudah ya di pontianak sana.. karena aku belum pernah ke pontianak mbak, jadi seneng banget dapat info ini.. jadi nanti ke pontianak tinggal sewa or rental mobil aja deh ya

    ReplyDelete
  15. Iya, bener. .meskipun sekarang belum bisa ke mana-mana, tidak ada salahnya mengumpulkan refernsi sebanyak-banyaknya. Biar ketika kondisi normal, kita tinggal cuzz..btw penasaran dengan choipan. Kayaknya lembuut banget...terus penasaran juga dengan kue bingke. Dari pontianak juga kan ya?

    ReplyDelete
  16. Salah satu bucketlist-ku adalah traveling ke Singkawang, melihat kekayaan budaya dan alam di Indonesia. Pengen juga cobain kuliner halalnya..

    ReplyDelete
  17. Ya ampun kangen bgt singkawang.. menurutku daerah ini yg paling multikultural.. kyknya nyatu aja gitu org2 sana tanpa mandang suku agama ras.. kangen bgt pengen ke sana lg

    ReplyDelete
  18. Aku jd kangen juga ke Pontianak menikmati kulinernya dan emang ngebantu banget rental mobil yg terpercaya

    ReplyDelete
  19. Semoga bisa jalan-jalan ke Singkawang. Dan emang bener harus sewa rental Mobil supaya enak jalan-jalannya gak harus gonta ganti angkutan.

    ReplyDelete
  20. Pantai kura-kura nya bagus mbaaaak. Sunset nya bikin betah.

    Dan kulineran di Singkawng itu nikmat banget ya. Apalagi sekarang ada jasa sewa mobil gitu. Jadi gak perlu khawatir soal transportasi selama main disana 😎

    ReplyDelete
  21. Ya Allah jari kangen Pintianak! Sayangnya cuma beberapa hari disana 5 tahun lalu jadi ngga explore banyak. Alhamdulillah semper nyobain chair kue meskipun kurang suka haha

    ReplyDelete
  22. Rujak Thai pui Singkawangnya keliatan enak banget. Belum pernah sih ke Pontianak. Kalau ke sana mah berburu kuliner pasti wkwk

    ReplyDelete
  23. pankapan kalo ada rejeki bisa berkunjung ke pontianak bisa baca ulang review kamu yang ini ya.. makasi kak sudah sharing

    ReplyDelete
  24. Ingat Singkawang tuh ingat Gea IDol mba hahaha emak2 ini kebanykan nontn Indonesian Idol :p keren juga ya baru tahu ttg Singkawang

    ReplyDelete

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community