Ketahui 7 Tips Aman Menjadi Penjual di Situs Jual Beli Mobil

Tuesday, December 24, 2019

Di jaman sekarang, selain rumah dan handphone, kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil juga telah berubah menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi bagi keluarga yang memiliki anak lebih dari dua dan intensitas bepergiannya yang sering, pastilah sangat mengusahakan memiliki kendaraan pribadi juga. Beruntungnya dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk mendapatkan mobil pun sekarang bisa dibilang tidaklah sulit. Jenis dan metode penjualannya pun beragam, dari mobil baru hingga bekas pun dijual baik secara online maupun offline

Penggunaan situs jual beli mobil sebagai sarana mencari dan memasarkan mobil bekas, kini tengah menjadi tren di masyarkat. Namun, harus hati-hati dalam melakukan transaksi jual beli di sana. Pasalnya, situs jual beli mobil atau transaksi jual beli mobil secara online rentan terjadi kejahatan. Bukan hanya bagi pembeli saja, para penjual mobil pun sering jadi sasaran tindak kejahatan tersebut. 

Jika Temans mengetik kata kunci “Cara Aman Melakukan Jual Beli Mobil secara Online” di internet, maka mayoritas dari artikel yang akan kita temukan adalah tips seputar keamanan pembeli. Padahal, tak jarang juga para penjual mobil lah yang menjadi sasaran penipuan oknum tidak bertanggung jawab melalui media internet. Oleh sebab itu, bagi Temans yang ingin jual mobil lewat situs jual beli mobil, berikut ini beberapa tips aman melakukan jual mobil online yang bisa kita ikuti. 

1. Cek Profile Pembeli 

Pada umumnya, para pengguna situs jual beli online harus melakukan registerasi terlebih dahulu ketika ingin menjual/membeli sebuah mobil pada situs mereka. Sehingga, data-data orang yang mendaftar di situs tersebut biasanya dapat kita lihat melalui profile pengguna yang mereka miliki. Seorang pembeli yang baik biasanya melengkapi profile pribadinya.

Freepik

Dari profile tersebut kita dapat melihat nama pembeli, lokasi, hingga foto orang tersebut. Jika informasi yang tercantum di profile penggunanya tidak jelas, kita patut waspada terhadap orang tersebut. 

2. Jangan Cantumkan Nomor Telepon secara Gamblang 

Tips yang satu ini sering dilupakan oleh para penjual di situs jual beli mobil. Terkadang, kita ingin proses transaksi berjalan lebih cepat, sehingga meninggalkan nomor telepon secara jelas di iklan yang kita buat. Namun, nyata hal ini sangat berisiko untuk dilakukan. Sebab, dengan mencantumkan nomor telepon secara jelas di iklan tersebut, kamu tidak bisa memfilter siapa-siapa saja yang menghubungi nomormu. 

Beberapa situs jual beli mobil telah menyediakan fitur komunikasi ‘chat live’ di situs mereka. ada baiknya kita hanya menggunakan fitur tersebut ketika berkomunikasi dengan calon pembeli. 

3. Kaburkan Gambar Plat Mobil 

Pernah melihat iklan mobil dijual di situs jual beli mobil yang gambar platnya di-blur atau dikaburkan? Kira-kira mengapa hal tersebut dilakukan oleh orang tersebut? 

Ternyata, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Saat ini, banyak sekali tindak penipuan dan kejahatan yang terjadi dengan modus duplikasi nomor plat kendaraan. Plat kendaraan sendiri berisi nomor polisi mobil. Dari nomor tersebut, tercatat data-data yang dimiliki oleh pemilik kendaraan. Nah, data-data ini rentan sekali dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. 

4. Hindari Menemui Calon Pembeli Seorang Diri 

Freepik

Pernah mendengar istilah COD? Istilah COD atau Cash on Delivery juga ada di situs jual beli mobil. Selain melakukan pembayaran, COD sendiri bertujuan untuk melihat kondisi mobil secara langsung. Namun, proses bertemunya calon pembeli dan penjual mobil ini kerap kali jadi celah tindak kejahatan. Maka dari itu, untuk menanggulangi hal tersebut bawa rekanmu 2-3 orang ketika melakukan COD. 

Selain itu, ajak calon pembeli bertemu di lokasi yang cukup ramai. Katakan pada calon pembeli, bahwa ini dilakukan demi keamanan dan kelancaran proses transaksi kalian berdua. 

5. Pahami Prosedur Jual Beli Mobil secara Online 

Tak bisa dipungkiri, tak semua pengguna situs jual beli online paham akan prosedur dan tata cara transaksi mobil melalui internet. Bahkan, tak jarang ditemui penjual online yang gagap menggunakan internet. Ketidaktahuan inilah yang sering kali dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk melancarkan aksinya. Oleh sebab itu, penting sekali memahami prosedur situs jual beli mobil sebelum menggunakannya. 

Selain itu, pahami pula cara transaksi online yang baik dan benar. Sebab, para penipu sering kali memperdaya korbannya pada saat proses pengiriman uang berlangsung. 

6. Persiapkan Mobil secara Baik 

Bukan cuma mengantisipasi tindak kejahatan dari luar saja, sebagai penjual mobil kita juga harus mempersiapkan mobil yang hendak dijual dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kondisi mesin mobil, kondisi fisik, fitur-fitur yang ada pada mobil, hingga urusan surat-menyurat dan dokumentasi mobil semuanya harus dipersiapkan secara matang. 

Hal ini dimaksudkan, agar reputasi  kita sebagai penjual di situs jual beli mobil baik di mata calon pembeli. Jika sudah demikian, biasanya pembeli tak sungkan merekomendasikan ‘lapakmu’ kepada orang lain. 

7. Pilih Situs Jual Beli Mobil yang Kredibel 

Tips terakhir yang bisa Temans ikuti adalah memilih situs jual beli mobil yang kredibel sebelum memutuskan menjual mobil tersebut. Ini penting, sebab hanya situs kredibel yang mampu menjual mobil secara aman. 

Selain itu, situs jual beli mobil yang kredibel juga bisa membantumu menjual mobil dalam waktu singkat, serta memberikan penawaran harga jual yang tinggi. 

Buat saya pribadi, hanya situs BeliMobilGue.co.id yang bisa mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, hanya situs ini yang dapat membantu penjual mobil menjual kendaraannya dalam waktu 1 jam saja. 

Enggak percaya? Simak penjelasannya di bawah ini ya.  

Jual Mobil dalam 1 Jam Lewat Situs BeliMobilGue.co.id 

Freepik

Sekilas tentang situs jual beli mobil yang satu ini. Secara umum, BeliMobilGue.co.id adalah marketplace C2B yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin jual mobil dalam waktu hanya 1 jam. Selain itu, harga jual mobil yang ditawarkan oleh situs BeliMobilGue.co.id juga sangat adil, sebab ditentukan berdasarkan kondisi mobil secara langsung. 

Jika demikian, bagaimana sih cara menggunakan situs yang satu ini? 

Pertama, kita harus masuk ke laman BeliMobilGue.co.id terlebih dahulu, lalu mengisi data informasi mobil pada kolom yang tersedia. Nantinya, kita akan mendapatkan harga kisaran mobil berdasarkan data yang telah kita input. Setelah itu, buatlah jadwal inspesi di cabang BeliMobilGue.co.id yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. 

Proses inspeksi mobil akan dilakukan selama 30 menit. Hal ini dimaksudkan, untuk mendapatkan harga jual mobil yang sesuai dengan kondisi mesin dan fisik mobil tersebut. Jika inspeksi sudah selesai, kita akan mendapatkan harga jual final atas mobil tersebut. Jika kita setuju dengan harga yang ditawarkan, maka proses lelang mobil akan dilaksanakan. 

Pelelangan sendiri dilakukan selama 30 menit dan diikuti oleh 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id. Maka dari itu, kesempatan mobil terjual lebih cepat menjadi sangat tinggi. 

Nah, setelah proses lelang dilakukan, kita akan mendapatkan penawar tertinggi atas mobil tersebut. Selanjutnya, uang hasil penjualan akan langsung ditransfer ke nomor rekening pribadi kita sebagai penjual.

Bagaimana dengan serah terima dokumennya? 

Proses serah terima dokumen baru akan dilakukan setelah pihak penjual mengkonfirmasi, jika uang yang ditransfer oleh pembeli telah masuk ke nomor rekeningnya. Itu sebabnya, proses transaksi di situs jual mobil BeliMobilGue.co.id dianggap sangat aman dan mudah. 
  
Bagaimana? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Temans sudah mengerti kan kenapa situs jual beli yang satu ini banyak direkomendasikan, termasuk saya. Tak lain dan tak bukan  karena situs BeliMobilGue.co.id sebagai sarana dalam menjual mobil secara online? Oleh karenanya, jangan ragu lagi untuk menggunakan situs jual beli mobil yang satu ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. 

Selamat mencoba! 



 

You Might Also Like

40 Comments

  1. Memang nih ya Mbak sekarang kalau mau jual mobil itu lebih mudah sekarang

    ReplyDelete
  2. Wah iya nih ya Mbak kalau mau COD itu harus ada yang menemani nih ya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih nih kak atas informasinya tentang tips aman menjadi penjual di situs online

    ReplyDelete
  4. Banyak banget nih ya Mbak hal yang bisa dilakukan agar tetap aman

    ReplyDelete
  5. Memudahkan sekali nih kalau mau jual mobil sudah bisa menggunakan situs online seperti ini

    ReplyDelete
  6. Terimakasih tipsnya. Memang kita harus waspada ya. Tindak kejahatan saat ini begitu mudah dilakukan apalagi jika ada kesempatan. Jual beli mobil apalahi, bukan uang sedikit tuh...

    ReplyDelete
  7. Eh betul banget loh ini, kakak ipar saya dulu pernah jual mobilnya dan di PHP in ama pembeli, pernah juga hampir ketipu.

    Jual mobil online memang kadang bikin deg-degan, sebijaknya jangan posting sesuatu yang terlalu mendetail, biarin saja kalau ada yang serius, mereka datang survey sendiri.

    Dulu bahkan kakak ipar saya, nitip mobil tersebut di rumah mertua, karena lebih ramai di sana, jadi lebih aman kalau ada yang survey mau beli.

    ReplyDelete
  8. Jual beli barang yang harganya terjangkau aja rawan penipuan, apalagi barang mahal kaya mobil gini ya. Harus hati2 banget buat para penjual dan pembeli.

    ReplyDelete
  9. Sebelujm itu aku biasanya selalu memastikan profile dan alamat dari si pembeli dan aku selalu ngajak temen aku yg lebih mengerti ttg jual beli onderdil mobil maupun sepeda mototr itu sendiri

    ReplyDelete
  10. Kendaraan bermotor memang jadi kebutuhan utama juga sih menurutku, karena selain mempercepat pekerjaan bisa lebih luwes ya kemana mana

    ReplyDelete
  11. Wow.. cepat banget lakunya. Cuma makan waktu 1 jam aja.. keren nih webnya, besok-besok mau beli atau jual mobil di sini aja ya..

    ReplyDelete
  12. Keren mbak ada aplikasi jual beli mobilnya, yang bisa mempertemukan pembeli dan penjual..

    Untuk tips nya bener banget nih mbak, kita juga harus lebih berhati-hati apabila mau melakukan transaksi

    ReplyDelete
  13. Keren banget kak bisa sepaham ini yaampun biasanya cewe jarang loh urusin ginian hahaha. Ntar deh berdoa dulu biar aku cepet kebeli mobil pake uang sendirinya baru deh rekomendasiin ini ke orang-orang hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah, berguna banget nih mbak buat orang awam yang belum biasa jual beli mobil via online. Thank you for sharing mbak🤗

    ReplyDelete
  15. Mba, ini mobil merk apa saja bisa? Aku ada Timor produlai Indonesia (kala itu Tommy Suharto punya) hehe. Kira-kira bisa dijual melalui situs tersebut nggak ya? Secara ini mobil keluaran tahun 1995 hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu Mbak, apalagi kalau kondisi mobil masih layak. Sekarang kan banyak juga tuh yang koleksi barang antik ataupun barang langka, mungkin nanti mobilnya ada jodohnya. Who knows kan Mbak? Tapi tetap harus waspada ya :)

      Delete
  16. Kalo ada aplikasi gini lebih mudah dan yg pasti trusted ya mbak.. Keinget dulu mau jual mobil susah banget.. Coba tau aplikasi ini dr dulu hehehe

    ReplyDelete
  17. Noted bnget nih kemarin sempet lihat online jual/beli mobil trs ketemu pmbelinya Lansung akhirnya sepakat buat beli mesti bngt cek ricek

    ReplyDelete
  18. Saya pernah menjual mobil saya di situs jual beli online, disaat menunggu pembeli memang banyak sms masuk yang suka jail mau nipu

    ReplyDelete
  19. Saudara saya pernah hampir jadi korban penipuan saat mau jual mobil. Karena transaksinya COD, "calon pembeli" mendatangi saudara saya. Modusnya minta dicoba dulu mobilnya, di tengah jalan saudara saya seperti mau dihipnotis. Alhamdulillah masih dilindungi Allah, mobil dan saudara saya masih selamat. Tapi jadi belahar deh untuk ekstra hati-hati melakukan jual beli mobil, kalau enggak efeknya serem euy...

    ReplyDelete
  20. Ngebantu banget tips-tipsnya.
    bener sekali, sekarnag kita ga bisa itu bagi-bagi informasi secara jelas.
    Dan kalau bisa pas transaksi walaupun masih tahap melihat jangan sendirian.

    ReplyDelete
  21. Bener juga ya jangan ketemuan sama calon penjual maupun pembeli seorang diri. Ngeri kalau ada apa2 ga ada saksi atau takut dihipnotis hehehe. Enaknya kalau lihat mobil tuh terpampang profil penjualnya. Plat mobil iya tentu disamarkan saja.

    ReplyDelete
  22. HARUS BANGET menerapkan tips2 yg udah di-share mba Diah di artikel ini.
    Soalnya, penipu tuh bergentayangan di mana2 ya Mbaaa
    Untunglah ada situs yg keren bgt utk jual beli kendaraan ya

    ReplyDelete
  23. memasarkan atau menjual mobil bekas memang sedikit lebih mudah, tetapi tetap kita harus berhati hati dan pas banget tips yang mba tulis

    ReplyDelete
  24. Teringat beberapa waktu yang lalu saat melihat berita di tivi ada puluhan orang yang tertipu dengan salah satu situs jual beli mobil abal-abal. Kita mesti harus pinter-pinter memilih yang terpercaya

    ReplyDelete
  25. Jual beli mobil itu riskan banget karena kudu ada kepercayaan dr kedua belah pihak. Jujur sbg org yg pernah tertipu waktu beli mobil aplikasi kaya gini membantu banget merekomendasikan penjual dan pembeli yang terpercaya. TFS yaa

    ReplyDelete
  26. Suami kalo jual mobil beberapa kali bertemu calon pembeli sendiri. Berdoa aja sih agar ketemu orang baik. Harusnya memang ngajakin temen ya untuk antisipasi keamanan diri

    ReplyDelete
  27. Jual beli mobil makin mudah skrg, hanya kita harus tetap berhati hati ya mbak

    ReplyDelete
  28. pernah nyoba sih pasang iklan jual mobil di situs. Tapi belum cocok ama pembelinya. Makasih remindernya, perlu nih untuk mengaburkan no mobil. Dulu kok engga kepikir. Siapa tahu kapan-kapan mau jual lagi...

    ReplyDelete
  29. Nah, saya pernah nyoba jual kendaraan di suatu platform e-commerce Mbak.. trus kan persyaratan wajibnya mencantumkan no telfon pula. Jadilah saya terus menerus dihubungi OTK, Ihh sampai parno deh tkt ketipu. Untung sudah ada aplikasinya ya Mbak.

    ReplyDelete
  30. Segera saya informasikan ke teman yang ingin jual mobil nih. Langkah-langkah di atas, cukup mudah juga.

    ReplyDelete
  31. Mmmm ... BeliMobilGue.co.id.

    Aku ingat-ingat, nih. Proses penjualan mobilnya cukup unik, ya. Langsung dilelang setelah proses inspeksi selesai dilakukan. Ini kebayang banget, berapa banyak jaringan yang sudah dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id. Kalau masih sedikit, gimana coba kemungkinan untuk bisa terhubung dengan lebih dari 1000 partner tersebut, kan?

    Semakin memudahkan aja nih ya segala macam transaksi di kehidupan kita.

    ReplyDelete
  32. Yup mbak, dg memahami prosedur jual beli secara online. InshaaAlloh kita terhindar dari penipu yg memanfaatkan ketidak-tahuan kita.

    ReplyDelete
  33. Mom super women, multitasking segala urusan mobil bisa kakak handle. Semangat kakak, jempol buat kakak

    ReplyDelete
  34. Ternyata seperti itu ya?
    Selama ini saya selalu berpikir penjual lah yang curang, barang jelek disebut bagus dst

    ReplyDelete
  35. Nah ini tulisan keren banget. Baru paham saya klo plat nomor bisa disalahgunakan. Pantesan beberapa kali lihat iklan mobil platnya diblur kan

    ReplyDelete
  36. yang pasti mesti sabar sih ya jual mobil karena harganya juga nggak sedikit dan mobil itu jodoh-jodohan juga kata orang.

    ReplyDelete
  37. sebaiknya harus jujur juga
    mobilnya habis kenapa, diperbaiki apanya, lalu sekalian sarannya
    supaya pembeli bisa wanti-wanti dan merasa tidak dibohongi

    ReplyDelete
  38. Tips yang penting nih..Sekarang emang jaman online..segalanya lebih mudah termasuk jual beli mobil..tapi perlu kehati-hatian banget ya..

    ReplyDelete
  39. Kemarenan ayahku jual mobil lamanya karena udah ganti sama yang baru, eh malah hampir ditipu.

    Thanks infonya mbak

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community