Tuesday, October 24, 2017

Diving Manta Nusa Penida

Jika mendengar kata Bali, apa yang terlintas di benak kalian? Liburan, pantai, sunset! Yeaah, pasti kata-kata itu yang sempat terlintas di benak kita. Hmm, klo cuma menikmati pantai dan sunset aja saat liburan sepertinya biasa aja yah. Gimana klo ditambah dengan diving aka menyelam. Kebetulan katanya di Bali itu ada satu spot asyik buat menyelam, tempatnya itu di Nusa Penida. Bisa menyelam sambil ketemu ikan pari loh, Temans.  

Menyelam Bersama Pari Manta di Batu Lumbung dan Telaga Sakti, Nusa Penida

Di pantai selatan Nusa Penida, Bali, ada dua tempat menyelam dimana kita bisa menyaksikan bahkan menyelam bersama ikan pari Manta. Tempat itu juga mempunyai pantai yang indah dengan tebing kapur curam berbentuk unik, berwarna putih ditimpali hijaunya tanaman yang tumbuh di tebing. 

pic source: balidiving.com


Saat terbaik untuk menyelam di kedua tempat itu adalah ketika kondisi laut datar dan tenang. Karena ketika angin yang besar bisa menyebabkan gelombang yang mengakibatkan lonjakan kuat di bawah air. Akibatnya penyelam bisa terombang-ambing terseret gelombang sepanjang 10 meter. 

Dasar lautnya tertutup oleh karang-karang pendek dan batu-batu besar yang jatuh dari tebing dari waktu ke waktu. Lobster, ikan pari kecil, dan hiu bambu juga bisa dijumpai. 

Batu Lumbung
Juga dikenal dengan nama Manta Point atau Manta 1, terletak di bagian tenggara Nusa Penida. Pemandangan di sini luar biasa, tebing kapur dengan deburan ombak di kaki tebing dan teluk kecil berpasir putih. 

Titik masuk untuk menyelam adalah di sebuah teluk kecil di depan tebing, letaknya dari dua buah batu besar agak ke barat. Penyelam memasuki air yang dekat dengan tebing dan turun sekitar 8 meter dimana ada batu besar yang menjadi tempat pembersihan alami untuk Manta. 

Di sini ikan-ikan pari Manta berenang sementara tubuhnya dibersihkan oleh ikan-ikan kecil. Kadang bisa dijumpai banyak Manta, kadang hanya sedikit. Selain Manta, ikan pari biru juga sering dijumpai di area berpasir. 

Batu Lumbung adalah rumah bagi Manta dewasa. Saat musim plankton, Manta akan berenang di permukaan untuk makan. 

Ikan pari Manta tidak berbahaya, dan bisa sangat dekat jika kita tetap diam dan tenang. Jangan mengejar mereka karena ingin melihat lebih dekat, karena mereka akan lari. 

Telaga Sakti
Dikenal juga dengan nama Manta Bay atau Manta II, tempat ini sebenarnya terdiri dari 3 teluk besar.

Karang di dasar lautnya didominasi oleh karang keras. Di area yang lebih dalam terdapat karang yang membentuk formasi yang apik. Manta di tempat ini lebih kecil dan lebih muda, lebih jarang terlihat dibanding dengan yang ada di Batu Lumbung. 

Transportasi ke Pulau Nusa Penida 
Dari bandara Ngurah Rai kita bisa menyewa mobil secara online via situs OMOcars. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke pelabuhan Padang Bai dimana perjalanan akan dilanjutkan menggunakan kapal ferry.

Nusa Penida juga bisa dicapai dari pantai Sanur menggunakan fast boat, dari pelabuhan Tribuana menggunakan sampan atau speed boat, dari pantai Pesinggahan menggunakan kapal kecil, dan dari Tanjung Benoa menggunakan jasa Quicksilver Cruise Bali.

Yeaaay, jadi beneran ingin lihat pari juga ini. Yukss, mari menabung lalu segera terbang ke Bali #EmakButuhLiburan 😁




 

4 comments:

  1. Aku pertama kali tahu ikan pari manta di komik Wild Life. :'D

    ReplyDelete
  2. Pengen banget ke Nusa Penida. :D

    ReplyDelete
  3. wow menyelam bareng ikan pari, ganas g sih ikannya? hehe

    ReplyDelete
  4. Dija pingin banget nih bisa menyelam
    sekarang masih belajar berenang dulu

    kata ibu, kalo sudah bisa berenang, baru belajar menyelam

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers