Friday, April 03, 2015

Maraknya Kontes di Media Sosial

Bismillahirrahmanirrahim.....

Weleeeh, udah April aja nih. 1 April katanya April Mop ya? Udah ngerjain orangkah Temans kemarin? Atau sebaliknya malah jadi bahan sasaran empuk dikerjain orang-orang terdekat? Xixixixix. Kalau dua-duanya tidak, selamat! Berarti kita termasuk orang yang gak peduli dengan April Mop itu *tooos yuk mariiii*

Btw, ngomongin tentang April Mop yaaa dekatan lah ya dengan yang namanya tipu-tipu gitu tapi masih dalam taraf iseng for fun. Sekarang harusnya udah gak nyaman dong ya namanya kita dengan mudahnya kena tipu. Kenapa? Yaaa karena di tv, koran dan media massa lainnya udah jadi berita sehari-hari kan tentang hal ini jadi harusnya kita kudu lebih extra hati-hati lagi doong. Harus lebih jeli, harus lebih awas diri #eeaaa. 

Jadi ingat beberapa waktu lalu, seorang teman di FB menshare artikel mengenai maraknya kontes tipu-tipu di medsos. Hmm, pasti udah pada tahu kan apa itu? Eehh masih ada juga yang belum tahu? Xoxoxox, itu loohh Temans tentang kontes fotografi. Jadii semacam kontes yang mengajak para orangtua mengikutkan buah hatinya untuk mengikuti kontes fotografi gitu. Ada banyak kategori lomba yang ditawarkan. Pada umumnya sih setiap sesi itu punya tema tersendiri. Jujur, saya menjadi salah satu Emak narsis yang juga telah ikut serta dalam ajang pencarian bakat itu. 

foto yg saya submit untuk kontes itu
Jadi ceritanya seminggu setelah Faraz lahir, Emaknya Ucup *sebut saja demikian* aka Jenk Raya mentag saya di postingan IGnya ngajakin ikut kontes foto. Naahh, sebagai Emak narsis yang banci kontes jadi kepengen ikutan juga nih. Sebelum ikutan, saya tanya-tanya dululah ama Emaknya Ucup perihal kontes tersebut, baru deh memutuskan iyah saya juga akan ikutan. Waktu itu temanya: Me and My Super Dad. Kebetulan banget dapat momennya, malamnya itu si Pak Tuan Suami Bapaknya Faraz lagi asyik menggendong si Baby Faraz yang kala itu masih belum punya fix name. Faraz masih dipanggil Aco (sebutan anak cowok untuk orang Bugis), secara udah nempel banget dari masih di perut disebut-sebut Aco jadi deh lahirnya juga keterusan bahkan sekarang kadang masih dipanggil Aco. Walau sebenarnya sih Mama Mertua udah kasih nama Safar pas lahir, tapi menurut Mama Faraz nama itu udah mendunia- terlalu mainstream, lagian kami ortunya Faraz juga belum menentukan siapa nama anak kami ini. Oups kepanjangan, nanti akan saya cerita asal muasal pemberian nama Faraz yah di lain postingan ;)





Well, kita balik lagi ke lanjutan cerita foto kontes tadi ya!  

terdaftar #018
Setelah dapat foto yang pas, baru deh mencoba peruntungan untuk submit foto tersebut di IG dan mentag tiga orang teman lain untuk ikutan, gak lupa juga mentag si penyelenggara kontes biar dihitung jadi peserta. Saatnya menunggu batas akhir kontes ditutup kemudian juri memberi nilai daaaann eng ing eng saat yang ditunggu-tunggu datang juga. Pagi-pagi banget pas hari H pengumuman langsung cek IG dan ternyata ada notifikasi tag dari si penyelenggara kontes, cek IGnya dan ternyata Faraz dan Bapaknya katanya terpilih jadi Juara 2 Favorite! Selanjutnya peserta yang dinyatakan menang, diharap konfirmasi ke penyelenggara. Cihuuuyy, Emak mana coba yang gak senang klo anaknya dinyatakan menang? :)

hureeee, menaaaang!!

Dengan perasaan riang gembira saya langsung invite BBM penyelenggara dan chat dengan mereka. Kasih alamat untuk pengiriman hadiah dan dibalas deh dengan sejumlah Rupiah yang harus saya transfer ke account mereka. Looh? Koq harus transfer segala? Halaaahh, gak benar ini mending duitnya dipake buat beli keperluan Faraz aja deh. Chat ama Emaknya Ucup lagi yang dinyatakan menang sebagai Juara Umum, apa dia udah konfirm dan transfer? Katanya nanti-nanti aja deh lagi malas ke ATM pun katanya. Arrhh sudahlah saya pun malas juga jadi deh saya gak pernah lagi BBM si Penyelenggara. Eehh klo gak salah 2 minggu kemudian ada BBM yang masuk dari si Penyelenggara menanyakan apa saya sudah transfer? Xixixixix saya diamin aja BBMnya malas pun tanggapinya. Masa kita udah menang harus bayar sih? Sama aja kan ya saya beli piala? Bukan beneran hadiah. 

Lagian, heran deehh. Dari sekian yang ikut kontes koq ya hampir semua peserta bisa-bisanya menang dengan berbagai predikat: juara umum boy (3), juara umum girl (3), juara favorite boy (3), juara favorite girl (3), juara harapan boy (3), juara harapan girl (3) dan juara best boy (1) - girl (1).  See, keren banget kan ya? Semua bisa menang :p 

Juara 2 Favorite Boy: Me and My Superdad
Yasudlah, biarin deh saya dibilang hit & run, yang penting saya gak rugi #EmakOgahRugi :p. Lagian klo anak saya menang, ngapain saya harus bayar segala hadiah dan nanggung ongkos kirim segala? Iyah sih emang gak ada biaya pendaftaran alias gratiiiiss tapi kan banyak juga tuh kontes di dunia maya ini yang bertebaran gratis tanpa dipungut biaya, malah si Empunya hajatan yang ngeluarin duit buat ngasih hadiah ke para pemenang plus nanggung segala ongkirnya pula, macam giveaway yang bertebaran di blogsphare ini. Yang gitu kan lebih realistis! 

Bagi Emak yang mengikutkan anaknya di kontes serupa yaah monggo aja, gak ada larangan atau intervensi koq :) tapi mungkin lebih bijak klo kita mengikutsertakan anak-anak kita pada kontes atau lomba yang lebih bermanfaat yang bisa mengasah kemampuan dan bakat anak :) 

Nah, gimana Maks? Adakah yang pernah ikutan kontes serupa gak? Atau ada info kontes yang gratis gak? Boleh dooong ya di share, xixixiix. 

8 comments:

  1. Aiiish serammmp, kalau sekedar beki piala gak apa sich,cuman takutnya jgn sampe jd korban penculikan secr data ada smuah.. haikzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeiiimm, itumi yg ngeri beeuuh.. bikin takut2 huhuhuhh

      Delete
  2. aku malah baru tau tentang penipuan macam ini Diah. askhirnya postng laga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Mbak, rame loohh di sosmed. di FB ada, di IG juga berseliweran tuh.. huhuhh

      Delete
  3. haha, kok bayar sih?? saya juga gak mau kalo disuruh bayar... betul mbak, run aja deh... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaahh udah kabur koq Mas, hehehehh

      Delete
  4. Hitnya jangan cuma sekali jenk..coba metode hithithit and run..hahha

    Tapi serius, coba ikutkan lagi lomba di tempat yang sama, orangnya memboikot dirimu tidak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhah, ogah mi deh.
      anuu tawwa kemarin lihat lagi *waktu posting itu saya kepoin lagi tuh IGnya* eehh mereka buat lagi tapi sudah ada warningnya yg hit run ndk dimasukkan mi :p

      Delete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers