Thursday, March 06, 2008

Ayat-Ayat Cinta the Movie VS Novel

Bismillahirahmanirrahim..............

Haiii... haiiii... haiiiii.... saya datang lagiiiiiii..... balas dendam update nih yeee, *mumpung ada waktu... besok libur, Sabtu off kagak ada jadwal ngajar, tapi tetep datang k skul tuk ngisi absen... trus Senin mpe Rabu siswa kls 3 pada tryout buat prsiapan UN, jadi kls 1 - 2 libur dan qta pun juga dibolehkan tuk libur* hahahahhhhh maknyooosss, mskipun Senin mpe Rabu itu saya masih harus tetap k kampus coz ada jadwal kuliah *iyaa.. iya, saya KKP ini masih sambil kuliah*

Oh iyaaa... thanks so much yaa temans... atas dukungan kalian smuanyaa.... makasiihhh bangett atas sarannya tuk saya, dan saya banggaaaa bangettt punya kalian smua.... makasiihhh yaa temans, disaat saya merasa tak bersemangat lagi.. Alhamdulillah saya bisa bangkit lagi, itu karena kalian temans... saya terharuuu....*big hugs >:D<*

Well, back to main topic of the day....:DYupzz... gk usah bahas soal jalan ceritanya, coz pasti dah pada tau alur ceritanya kyk gmana kan?? lagian... saya juga waktu itu dah prnah review. Jadiii... yg jlas skrang mw review movie nya aja deh secara keseluruhan... heehhehh *sotoy bangett sih?! siapa lu sih Di?? kyk yg jagonya ngasih review aja :p*

Sejak iklan filmnya membumi dimana-mana, saya pun jadi penasaraaaaaaannn bangettt buat ikutan nonton nih film, gmana nggak klo saya tuh emang demeeeennn bangett ma kisahnya Fahri ini. Walopun gk nonton langsung di bioskop karena kesibukan yg super padat *halaaahhh sok bangett deh* tapi Alhamdulillah saya akhirnya bisa nonton nih film juga lewat kompi kesayangan... hehehhh.

Overall, filmnya oke... meski tak se oke ma cerita di novelnya. Yg mana d novel digambarkan sosok seorang Fahri yg yaaa... waaahh bangett lahh *bisa jadi idaman setiap wanita, sambil nunduk karena pipi memerah :"> huehuehhh, kapan saya dapat seorang Fahri?? :D*

Well, gk basa basi bin gk muluk muluk lagi *sblum ditimpukin keyboard and yg baca pada muak :p* rasanya sosok Fahri di film ini blum bisa spt yg dideskripsikan ma Habiburrahman El Zirasy atawa akrabnya disapa Kang Abik. Fahrinya blum pas deh ma yg d novel... kyknya masih kurang tegar, trus kehidupan Aisha koq sptnya mewah bangett yaa?? lihat aja ketika memberikan hadiah sebuah laptop ke Fahri yg pasti tanpa persetujuan Fahri sendiri, trus jelousnya itu lho.. padahal klo d novel kan gk seperti itu. Nah Maria nya gmana?? hmm.. Maria lumayanlah, tapi koq ada adegan Maria nangis guling-guling karena ditinggal Fahri sih?? trus knapa pula harus pake acara orang-orang suruhan Bahadur nabrak Maria hingga sekarat?? yg jelaslah ini bertolak belakang dengan cerita d novel! Klo Noura nya bisa dibilang dah siiplah..

Tapiii, koq di film ini ada beberapa bagian yg hilang dari cerita sih?? yg mestinya jadi bagian penting dari kisah itu sendiri. Spt dalam novel, Fahri dan Aisha membeberkan bagaimana mereka merancang peta hidup. Selain itu, koq yaa di film nya keluarga Nurul datang ke tempat Fahri tuk minta melamar Nurul juga sih?? yg saat itu Fahri jelas sudah resmi menikah dengan Aisha, padahal klo d novel kan Nurul hanya memberikan surat yg mana isi suratnya mengungkapkan perasaan Nurul yg langsung dibalas oleh Fahri agar dy menemukan orang lain yg lebih tepat untuknya karena dunia ini tak selebar daun anggur.

Hmm... satu lagi, ketika Fahri dimasukkan ke dalam penjara dan menerima siksaan dari sipir-sipir yg tak brtanggung jawab itu... sementara diluar sana, Aisha masih terus berusaha memperjuangkan kehidupan suaminya... meskipun demikian, koq Aisha sempat ragu pada suaminya sih?? tidak percaya sepenuhnya pada Fahri, sampai dy harus mengobrak abrik lagi flat Fahri dan tentu saja dy tidak menemukan apa pun karena emang Fahri gk bersalah!! Trus, cerita d rumah sakit ketika Fahri akan menikahi Maria, di film tidak diceritakan bagaiaman si Fahri sebenarnya menolak kepada Ibu Maria (Madame Nahed) untuk menikah dengan Maria karena disaat ingin menikahi Aisha dy telah berjanji pada Aisha bahwa cintanya hanya untuk Aisha seutuhnya.

Naaahhh... knapa juga di film harus ada penggambaran kehidupan poligami antara Aisha - Fahri - Maria?? padahal d novel kan tidak spt itu!! Yg mana kita tau bersama klo d novel itu setelah Maria memberikan kesaksiannya di depan hakim dan hadirin yg mengikuti sidang, Maria langsung dibawa kembali k rumah sakit karena keadaannya yg kembali memburuk. Stlah itu, dalam Novel diceritakan bahwa Maria sekarat dan didalam koma nya itu, dy melihat surga selanjutnya dy juga membaca Ayat-Ayat Al-Qur'an yg pada akhirnya Maria ingin ikut masuk ke dalam surga itu, tetapi smua pintunya terkunci buatnya karena Maria tidak mengetahui kunci menuju pintu-pintu surga itu. Dan pada akhirnya, ia pun diberi tau juga bagaiamana untuk mendapatkan kunci tersebut... yaitu mengikuti segala ajaran Nabi pilihan Allah - menyebut Dua Kalimat Syahadat. Tapi yg trjadi dalam film ini, Maria meminta untuk Sholat bersama Fahri dan Aisha, yg kemudian Maria pun meninggal.....

Waduuuhhh walaupun crita novel sangat jauh berbeda dengan cerita film.. tapi tak apalah... qta pun harus sadar dan mengerti klo emang susah menghidupkan cerita dalam novel, selain masalah keterbatasan waktu juga karena emang imajinasi itu lebih oke daripada kenyataan kali yaa?? hehehhh...

Yaa sudlaaah, qta nantikan aja cerita lain dari karya-karya Kang Abik spt: Pudarnya Pesona Cleopatra & Setitik Embun Cinta Niyala, Ketika Cinta Bertasbih, Diatas Sajadah Cinta, Dalam Mihrab Cinta, dan kisah-kisah lainnya yg kali aja ada lagi yg bakalan di filmkan.... smoga lebih baik lagi... ;)


Wassalam......


diah

2 comments:

  1. uaahh..panjang sepanjang novel aslinya AAC neh...*seperti kita rumpiin di chat membahas film ini...* ya gtlah Diah...kesanku seehh...filmnya ga sebagus novelnya...aku lebih suka novelnya drpd film kesan di film kaya diburu2 krn waktu yg singkat yaa...

    yoweslah...semoga lebih bagus lagi film2 Indonesia ya..jayalah Indonesia hehe..apapan seehh...
    widi | Homepage | 03.06.08 - 11:38 pm | #

    aku suka banget baca novel AAC..saking penasarannya dlm 2 hari dah selesai bacanya..
    Sekarang juga penasaran sama novelnya kang abik yg ketika cinta bertasbih..katanya juga bagus banget yah???
    penasaran juga pengen nonton filemnya.
    tp bikin illfeel yah..kalo filemnya..banyak banget berbeloknya gituh dr cerita novelnya... mbok yah mending dr awal gak usah mengatasnamakan novelnya...cari aja judul lain
    icHaaWe | Homepage | 03.07.08 - 2:04 am | #

    mmm... ga serame novelnya kalo aku bilang :D

    *padahal nonton versi bajakan, yg mana blum diedit*
    hohohohoho
    uthie | Homepage | 03.07.08 - 11:47 am | #

    emang gitu biasanya ya diah...kek pilem gede juga spt lord of the rings dan harry potter, ga pernah sama persis sama cerita aslinya dari novel....bagusan yg di novel (kata adikku loh yg slalu baca hari potter semuanya), aku sih blom, tebel gitu..malas haha...

    at least dirimu masih bisa menikmati nonton bioskop say ihik ihik(kcuali krn sibuk ya mending di kompi atau vcd)...dulu aku penggemar bioskop, skrg dah ga bisa lg, ntar ben gede baru bales dendam haha nonton terus
    emma | Homepage | 03.07.08 - 1:29 pm | #

    Mungkin filmnya sengaja dibuat gk sama Di biar menimbulkan sensasi beda hihihi...
    tata | Homepage | 03.07.08 - 2:30 pm | #

    say...kalo sama ma novelnya kagak nyampe waktunya neng....
    kan cuma ilustrasinya aja....*sebagai sutradara eikeh protes* hihihi
    mona | Homepage | 03.09.08 - 10:26 pm | #

    Pagi diah,hmm aku jg uda lht bgus jg nih film,wlwpn gk sm dgn novelny, y bsa dimaklumi,kan antara novel ama dipraktekan dlm movie pasti sgt ssh
    Didiet | Homepage | 03.10.08 - 6:13 am | #

    aku lum nonton say..penasaran banget euy..lum sempet. bukunya siy dah tamat
    Mutia | Homepage | 03.10.08 - 7:55 pm | #

    He he he, punya novelnya blom sempet dibaca sampe abis, jadi cuman nonton filmnya aja tuh....
    Eucalyptus | Homepage | 03.11.08 - 8:32 am | #

    hehehehe.... penonton kecewa ya!! bener seh kalo dah baca duluan bukunya pastinya bakalan kecewa ma jalan cerita di film yang banyak banget keluar dari alur cerita....

    ReplyDelete
  2. makanya aku lebih seneng baca aja... biar bebas berimajinasi sesuai dengan alur cerita di buku.
    triplet's mom | Homepage | 03.11.08 - 8:57 am | #

    betul itu...makanya aq males nontonnya..takut kuciwa n merusak imajinasiku
    iie | Homepage | 03.11.08 - 2:35 pm | #

    ~@Mbak Widi: iya Mbak,, banyak bagian yg gk penting yg muncul, sedangkan yg terpentingnya malah di cut,, gmana sih?? anehh... but it's oke lah,, jaya terus film Indonesia, merdekaaaa...:D

    ~@Mbak Icha: iya Mbak,, katanya diangkat dari novel,, koq berbeda gitu sih,, yg penting gk diambil.. harusnya ganti judul yaa... hehehh :D

    ~@Mbak Emma: iya betul tuh Mbak,, Harry Potter juga gituh,, bagusan novel dari film tapi tetep aja digemari yaak :D
    ayyo Mbak,, nti nonton bareng yaa

    ~@Mbak Tata: iya kali yaa Mbak,, pasti sutradara pnya pemikiran lain...*mencoba mencari sstu yg berbeda juga* :D

    ~@Mbak Mona: iyaa yaa Mbak,, klo dituangin dalam novel smuanya bakalan lamaaaa... waahh sutradara ada yg protes toh disini, ampuunn deh Buk :D

    ~@Didiet: iya sih Diet, dimaklumi koq,, mang susah menkonkritkan yg abstrak..*halaaahh apa sih bahasanya :p

    ~@Mbak Mutia: ayyooo Mbak,, dinonton dunkz biar lebih seruu komennya

    ~@Ayu Evi: waduuhhh kebalikan dari Mbak Mutia nih Ayu,, ayoooo Ayu, dibaca juga dunkz novelnya pasti lebih seruuu :D

    ~@Mbak Prima: abis penasaran sih Mbak,, makanya ikutan nonton juga,, padahal dari awal liat trailer nya dah bisa menebak nebakk...skalian biar gk bengong pas orang komen bin crita alurnya hehehhh

    ~@Iie: stujuuuu bangettt!!! imajinasi qta emang lebih bagus ketimbang yg digambarkan di film
    diah | Homepage | 03.12.08 - 2:01 am | #

    aku juga sempat kecewa *dikit* sama film AAC karena beberapa adegan yg rasanya tidak sejalan dengan novel aslinya.. tapi biar bagaimana pun kita harus tetap mengapresiasi film ini karena dibandingkan dengan film2 Indonesia lainnya film ini menyuguhkan banyak sekali pesan moral kepada pemirsanya. selain itu kita pun harus mengacungkan jempol kepada sutradara-nya yg ternyata harus berusaha super keras utk bisa menghasilkan film ini.. mudah2an akan ada lagi film yg berkualitas seperti AAC.. dan, mudah2an lain kali Diah bisa menonton langsung di bioskop :D
    w@hyu | Homepage | 03.12.08 - 4:52 pm | #

    ~@Kak Wahyu: Iya nih kak, rada kecewa... tapi gpp lah, qta harus mengharagai hasil karya orang lain yaakzz

    hehehh... smoga deh bisa nonton yg aslinya lagi langsung di bioskop, mw traktir nonton?? hehehhehh :D
    mpunya rumah | Homepage | 03.14.08 - 3:31 pm | #

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers