,

Langkah Praktis Menuju Pertanian Berkelanjutan bersama Solusi Mitra

Selain dikenal sebagai negara maritim, sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sektor pertanian masih memegang peranan penting dalam bidang ekonomi. Tidak hanya itu, sebagian besar mata pencaharian utama penduduk Indonesia masih bekerja di bidang pertanian sebab banyak lahan subur di pedesaan yang bisa diolah dan menghasilkan.

software Astakona

Sebagai negara agraris, Indonesia pun juga dikenal sebagai negara yang komoditas ekspornya didominasi oleh hasil pertanian seperti kelapa sawit, kopi, karet dan masih banyak lagi sumber pertanian lainnya yang menjadi sumber devisa negara yang sangat penting. Oleh sebab itu, sektor pertanian memang butuh perhatian lebih, salah satunya dengan cara menerapkan pertanian berkelanjutan sehingga produktivitas kerja pun juga meningkat.


Mengenal Konsep Pertanian Berkelanjutan

Pertanian berkelanjutan merupakan salah satu upaya mempertahankan petani, sumber daya, serta masyarakat dengan praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan dan tentu saja lebih menguntungkan. Pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) merupakan langkah yang cocok untuk menyempurnakan sistem pertanian sebelumnya yaitu pertanian konvensional dan modern.

Pertanian berkelanjutan juga merupakan inovasi teknologi yang bertujuan mencapai keuntungan ekonomi namun dilakukan dengan cara fokus dalam menjaga kualitas lingkungan hidup. Jadi, bisa dikatakan bahwa pertanian berkelanjutan merupakan sistem pertanian yang dapat membawa manfaat ekonomi namun bermanfaat juga bagi lingkungan.

Pertanian berkelanjutan memanfaatkan limbah tanaman sebagai pupuk kompos alami seperti daun-daun kering, batang, tunggul, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, dapat pula menggunakan kotoran hewan ternak untuk pupuk hayati yang dapat menyuburkan tanah. Siklus daur ulang tanaman dan pupuk kompos dapat menyehatkan tanah, membuat sistem air menjadi bersih, dan tentunya akan mempengaruhi keanekaragaman hayati menjadi lebih baik dan berkelanjutan yang diharapkan dapat memperlambat perubahan iklim dunia.


Manfaat Menerapkan Pertanian Berkelanjutan

Pada pertanian konvensional, petani masih bergantung pada penggunaan pupuk dan pestisida kimiawi yang dapat merusak lingkungan, mencemari tanah, air dan juga udara, serta dapat menghancurkan organisme baik yang ada di dalam tanah yang dapat membantu menjaga kesuburan tanah serta mengendalikan hama secara alami jika penggunaan pupuk kimiawi dilakukan secara berlebihan.


Nah, jika pupuk dan pestisida kimiawi terus menerus digunakan, maka lingkungan akan semakin rusak. Untuk itulah perlunya menerapkan sistem pertanian berkelanjutan yang memiliki manfaat antara lain;

  • Menjaga kesehatan ekosistem alami dan keberlanjutan lingkungan
  • Meningkatkan kualitas tanah dan menjaga kesuburan jangka panjang
  • Mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berpotensi merusak kesehatan manusia maupun hewan
  • Mengurangi polusi
  • Mengurangi risiko resistensi hama dan penyakit terhadap pestisida
  • Meningkatkan kualitas dan nilai gizi pangan
  • Membuka peluang pasar produk-produk organik yang berkelanjutan
  • Membantu meningkatkan kemandirian ekonomi petani.


Penerapan Pertanian Berkelanjutan

Udah jelas banget dong ya kalau pertanian berkelanjutan itu memang dibutuhkan, tidak hanya bagi petani yang menjalankan namun juga lingkungan agar terus bisa memberikan kebermanfaatan bagi kita semua. Nah, apa aja sih penerapan pertanian berkelanjutan itu?

1. Praktik Pertanian Organik

Pasti sudah tidak asing lagi dong ya dengan tanaman sayuran organik seperti kangkung, sawi, bayam, cabai, tomat, dan lainnya yang bisa kita tanam di pekarangan rumah bahkan dengan menggunakan bahan seadanya seperti bekas botol atau galon. Nah, ini termasuk metode pertanian organik yang mulai banyak dikenal masyarakat yang mana merupakan salah satu penerapan pertanian berkelanjutan. Di mana metode ini hanya mengandalkan penggunaan pengendalian hama alami dan pupuk hayati untuk bercocok tanam.

manajemen produksi

Jadi, metode pertanian organik ini dapat membantu mengurangi ketergantungan pada pupuk pestisida dan pupuk kimia. Penggunaan kompos dan pupuk organik bertujuan untuk memperbaiki kualitas tanah dan memberikan nutrisi yang seimbang pada tanaman. Pertanian organik juga mengoptimalkan siklus energi dan nutrisi dalam ekosistem pertanian yang dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan kesehatan manusia.


2. Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman merupakan praktik menggantikan tanaman yang ditanam di lahan yang sama secara bergantian setiap musim atau tahun. Rotasi tanaman ini tidak hanya dapat dilakukan pada lahan pertanian yang luas saja lho, namun bagi yang bercocok tanam dengan metode pertanian organik ini juga bisa banget untuk menerapkan rotasi tanaman. Jadi, jika bulan ini menanam kangkung, kemudian panen, maka sebaiknya mengganti tanaman yang akan ditanam pada media tanam tersebut dengan tanaman lainnya seperti bayam, sawi atau sayuran organik lainnya.

Praktik rotasi tanaman ini bertujuan untuk membantu menjaga kesuburan tanah dan mengurangi risiko terjadinya serangan hama dan penyakit.


3. Pengelolaan Sistem Tanah

Tanah merupakan aset berharga dalam pertanian. Pengelolaan tanah yang baik dapat dilakukan dengan mengoptimalkan operasi pengolahan tanah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dalam jangka panjang. Cara yang dapat ditempuh seperti menggali, menjungkirbalikkan, dan mengaduk tanah sehingga menyebabkan pengurangan konsumsi bahan bakar fosil.

Dengan kata lain, jika ingin menggunakan lahan yang sama untuk menanam kembali tanaman lain, tidak perlu lagi menggunakan cara lama seperti membakar tanah yang dipercaya dapat menyuburkan tanah namun dapat menyebabkan polusi dan merusak lingkungan.


4. Penggunaan Pupuk Organik

Salah satu tujuan penerapan pertanian organik yaitu mengurangi ketergantungan terhadap pupuk atau pestisida kimia. Nah, dengan menggunakan pupuk organik seperti kompos yang berasal dari sisa makanan atau dedaunan dan juga pupuk kandang dari kotoran hewan ternak dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi pencemaran air tanah dengan pupuk kimia.


5. Irigasi yang Efisien

Penggunaan air yang efisien sangat penting dalam proses pertanian berkelanjutan, terlebih pada daerah yang rentan kekeringan. Dengan menggunakan sistem irigasi yang tepat seperti tetes (drip) atau semprot (sprinkler) dapat mengurangi pemborosan air akibat penguapan.


6. Penggunaan Energi Terbarukan

Menggunakan sumber energi terbarukan seperti energi matahari, tenaga air, serta turbin angin harus digunakan untuk menggerakkan pertanian yang mana tidak hanya mengurangi emisi karbon saja tetapi juga mengurangi biaya operasional jangka panjang.


Langkah Jitu dalam Penerapan Pertanian Berkelanjutan

Penerapan pertanian berkelanjutan memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan juga lingkungan. Tidak bisa dimungkiri bahwa keberhasilan penerapan pertanian berkelanjutan tidak hanya menjadi tanggung jawab petani saja.

Pemerintah dan organisasi non-pemerintah (NGO) serta sektor swasta juga harus berkolaborasi dan membangun kemitraan yang kuat untuk menerapkan pertanian berkelanjutan ini. Sebab metode ini merupakan inovasi teknologi dalam pertanian yang tentunya harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.
business tools

Mengapa sih harus melibatkan berbagai pihak dalam penerapan pertanian berkelanjutan? Karena dalam menerapkan pertanian berkelanjutan perlu melibatkan penggunaan berbagai business tools dan strategi bisnis yang tepat, seperti Sistem Informasi Geografis (SIG), manajemen produksi, sistem monitoring hama dan penyakit, teknologi pembayaran digital dan masih banyak lagi software teknologi yang dibutuhkan.

Namun tidak perlu khawatir karena sejak tahun 2023 lalu PT Gemilang Astakona Sejahtera (ASTAKONA), sebuah perusahaan yang mengembangkan business tools untuk meningkatkan ekonomi Indonesia dan memberdayakan berbagai sektor, termasuk pertanian melalui software Astakona yang dapat membawa bisnis ke level selanjutnya serta menawarkan layanan komprehensif yang mempercepat pertumbuhan bisnis melalui teknologi.


Solusi Mitra dari Astakona untuk Keberlanjutan Pertanian di Indonesia

Di era digital yang serba modern ini teknologi tentu memiliki peran penting dalam berbagai sektor termasuk pertanian. Sayangnya tidak semua petani bisa memanfaatkan teknologi karena keterbatasan mereka. Untuk itulah diperlukan software teknologi yang dapat membantu efisiensi dan juga produktivitas kerja mereka.

produk Astakona

Produk Astakona terdiri dari berbagai jenis business tools yang hadir dengan layanan berkualitas sebagai pemicu produktivitas tanpa batas, termasuk dalam bidang pertanian yaitu Agrivi. RHE Solution merupakan Solusi Mitra dari Astakona yang membantu Agrivi dalam mengoptimalkan kinerja proses pertanian dengan insight yang diberikan masa depan pertanian Indonesia serta DNE Technologies yang menghadirkan keunggulan dalam produk, solusi, layanan, dan pelaksanaan implementasi.

Dengan adanya layanan dan produk Astakona ini dapat membantu para petani dalam menjalankan metode-metode pertanian termasuk pertanian berkelanjutan.



Penutup

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia hingga saat ini masih dikenal sebagai negara agraris yang mana sumber perekonomiannya masih bergantung pada sektor pertanian begitu pula dengan masyarakatnya yang masih menggantungkan nasib dengan melakukan aktivitas bertani. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan metode pertanian berkelanjutan yang bertujuan menyempurnakan sistem pertanian sebelumnya. Sebab pertanian berkelanjutan ini merupakan inovasi teknologi dengan tujuan mencapai keuntungan ekonomi yang berfokus untuk menjaga kualitas lingkungan hidup.

Dengan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dari petani dalam hal teknologi, maka diperlukan kerja sama dan tanggung jawab dari berbagai pihak dalam pelaksanaan pertanian berkelanjutan seperti pengetahuan akan manajemen produksi agar produk yang dihasilkan lebih banyak, penguasaan software teknologi dan lain sebagainya.

Produk dan layanan software Astakona hadir sebagai langkah praktis yang dapat membantu petani dan berbagai pihak mendapatkan manfaat dari metode pertanian berkelanjutan.

Kunjungi https://astakona.id/id/ sekarang untuk informasi lebih lanjut ya!



Semoga bermanfaat.





Diah
Next Post Previous Post
20 Comments
  • hani
    hani 5:06 PM

    Aku suka taglinenya ASTAKONA, "Hanya ada dua pilihan: ​bergerak maju atau mencari alasan". Pantes berinovasi terus. Aku baru tahu kalau dengan pemikiran pertanian berkelanjutan, jadi menempatkan pertanian sebagai industri, yang perlu teknologi.
    Keren...

  • Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss 8:36 PM

    Di kampung paksu, pertanian menjadi sumber penghasilan di sini, tp kadang aq suka merasa miris aja karena merasa gak di support sekali, alhasil pertaniannya gak maju2

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 8:58 PM

    Di era modern ini, kebutuhan akan pangan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi manusia. Namun, sistem pertanian konvensional yang banyak dipraktikkan saat ini menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan, seperti pencemaran tanah dan air, kerusakan habitat, dan emisi gas rumah kaca. Oleh karena itu, penting untuk beralih ke sistem pertanian berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 11:05 PM

    Manusia sudah mengenal pertanian sejak zaman sudah mulai hidup menetap dan sampai sekarang, dan semakin berkembangnya teknologi tentu kita harus bisa mulai paham bahwa kita tidak harus mengeksploitasi alam tapi hidup berdampingan, pertanian berkelanjutan ini salah satu caranya

  • Priyo Harjiyono
    Priyo Harjiyono 9:45 PM

    Menarik idenya sustainable farming tapi emang perlu banget biar memastikan kebutuhan pangan kita tetap terjaga sampai masa yang akan datang

  • Galeri Wiwid
    Galeri Wiwid 11:45 PM

    Karena perubahan iklim semakin terasa dampaknya terhadap alam, maka semua aspek pembangunan berkelanjutan menjadi penting, termasuk pertanian. Bagaimana kita tidak hanya memikirkan kepentingan ekonomi namun harus selaras dengan kelestarian alam.

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 10:51 AM

    Pertanian berkelanjutan itu emang bagus banget, seneng deh semakin ke sini semakin banyak kegiatan pertanian yang bisa dikolaborasikan dengan teknologi yang tepat guna seperti ini.

  • Afif Dalma
    Afif Dalma 10:23 PM

    wah pengetahuan baru nih, ternyata ada konsep pertanian berkelanjutan.. nice information

  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini 6:55 AM

    Mestinya sudah puluhan tahun lalu kita merencanakan pertanian berkelanjutan kekgini, ya? Sekarang mestinya sudah jadi gaya hidup bertani para petani Indonesia. Tapi yaaa gapapalah lebih baik agak telat ketimbang sama sekali tidak melakukannya.

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 7:39 AM

    Bagus sekali kalau pertanian berkelanjutan ini bisa diterapkan secara konsisten dalam skala luas. Sekaligus menjadi solusi penanganan masalah sampah organik karena bisa diolah jadi kompos.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 9:41 AM

    Wuih keren nih Solusi Mitra dari Astakona ini. Jadi penasaran kayak gimana software ini detailnya. Kudu ke tekape nih buat cari tahu. Siapa tahu bisa aku rekomendasikan ke petani-petanii di sini. ceki-ceki ke tekapeeee...

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 10:36 AM

    Saya awalnya tahu Astakona itu untuk membantu bidang bisnis dan usaha dengan tools bisnisnya, ternyata selain itu Astakona juga dapat membantu dalam bidang pertanian, ya. Mantap nih inovasinya, semakin dapat dirasakan oleh banyak kalangan, termasuk teman-teman yang terjun dalam bidang pertanian

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 10:55 AM

    Senangnya kini ada solusi untuk mitra pertanian berkelanjutan. Ada ragam produk dan layanan dari software Astakona yang hadir sebagai langkah praktis yang dapat membantu petani dan berbagai pihak mendapatkan manfaat dari metode pertanian berkelanjutan.

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 4:58 PM

    Wah ternyata Produk dan layanan software Astakona kini hadir sebagai langkah praktis yang dapat membantu petani dan berbagai pihak mendapatkan manfaat dari metode pertanian berkelanjutan ya

  • Heri Joko
    Heri Joko 5:11 PM

    Pertanian yang berkelanjutan sudah saya mulai dengan ikut dalam suatu komunitas yang belajar pertanian hidroponik, tapi belum saya praktikkan di rumah karena keterbatasan lahan. Jika pertanian ini sudah terdigitalisasi, mudah-mudahan akan dapat mengangkat kesejahteraan para petani Indonesia.

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 6:47 PM

    Wah sekarang metode pertanian berkelanjutan makin canggih ya mbak sudah pakai software Astakona, semoga semakin berjaya dan sejahtera para petaninya, keren

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 10:40 PM

    Keren ya sekarang semuanya serba digitalisasi. Sistem pertanian harus terus diperbaiki, karena pada dasarnya kebutuhan pokok kita tergantung dari para petani ini. dengan adanya bussiness tool dari Astakona sangat membantu kegiatan pertanian terus berkelanjutan

  • Andri Marza
    Andri Marza 8:41 PM

    Apa yang dilakukan oleh Astakona ini patut diapresiasi. Ini bisa jadi langkah yang tepat agar bisa memotivasi generasi muda agar bisa menjadi petani. Menghilangkan stigma petani itu hanya untuk generasi tua dan gaptek. Produktivitas hasil tani bisa meningkat, dan program ekspor bisa lebih digalakkan daripada sebelumnya.

  • Mario Andaru
    Mario Andaru 12:17 AM

    Keren sih ini Astakona perlu diapresiasi mengenai rpogramnya yang memotivasi anak anak muda untuk menjadi petani yang "keren"

  • Heizyi
    Heizyi 8:51 AM

    Jadi menanam sayuran di pekarangan rumah dengan mengandalkan penggunaan pengendalian hama alami dan pupuk hayati untuk bercocok tanam itu termasuk salah satu contoh penerapan pertanian berkelanjutan ya. Wah, makasih tambahan ilmu pengetahuannya kak

Add Comment
comment url